cover
Contact Name
Arif Zainudin
Contact Email
zainudin.ups@gmail.com
Phone
+6287730994000
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Halmahera Km. 1 Kota Tegal
Location
Kota tegal,
Jawa tengah
INDONESIA
Sasando : Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya
ISSN : -     EISSN : 26158515     DOI : https://doi.org/10.24905/sasando
Core Subject : Education,
Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal kemudian dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Pancasakti Tegal. Jurnal ini memuat ragam artikel ilmiah yang berkaitan dengan penelitian di bidang Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya. Ruang lingkup Pendidikan Bahasa Indonesia mencakup Kajian Bahasa, Kajian Sastra, dan Pengajaran Bahasa Indonesia. Cakupan topik dalam jurnal secara spesifik dapat meliputi Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pengembangan Bahasa Indonesia, Pembuatan Bahan Ajar Bahasa Indonesia, Teknologi dan Media Bahasa Indonesia, Evaluasi Program dan Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2023): SASANDO VOL 6 NO 1 APRIL 2023" : 10 Documents clear
KEMAMPUAN BERCERITA PADA ANAK USIA 9 TAHUN Syaimah Kusnari Putri; Yuanita Fitriyana; Dona Aji Karunia Putra
Sasando Vol 6 No 1 (2023): SASANDO VOL 6 NO 1 APRIL 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/sasando.v6i1.194

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bercerita pada anak usia 9 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari tiga anak usia 9 tahun berinisial NAR, LP dan MA. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara peneliti memberikan objek gambar kepada anak, kemudian anak menceritakan objek gambar yang diberikan sesuai dengan kemampuan dan pengalamannya. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah dengan membaca, menyimak, dan mencatat. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa anak usia 9 tahun memiliki kemampuan menulis cerita berdasarkan pengalaman pribadi sesuai dengan objek yang diberikan peneliti, seperti mampu menulis cerita dengan ejaan yang baik, mengetahui isi objek gambar, dan mampu menerapkan tata krama yang harus dilakukan di dalam objek gambar. Hal inilah yang membuat anak usia 9 tahun mampu menulis cerita dengan baik dan terstruktur.
UNSUR KEBUDAYAAN DALAM CERITA RAKYAT SUMATRA BARAT PUTI BANDUIK KARYA KRISNAWATI: TINJAUAN ANTROPOLOGI SASTRA : UNSUR KEBUDAYAAN DALAM CERITA RAKYAT SUMATRA BARAT PUTI BANDUIK KARYA KRISNAWATI: TINJAUAN ANTROPOLOGI SASTRA Bahtiar, Ahmad; Anggraini, Dewi; Lestari Hidayah, Endah; Julianto, Haekal; Jelita, Najah
Sasando Vol 6 No 1 (2023): SASANDO VOL 6 NO 1 APRIL 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/sasando.v6i1.197

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan unsur kebudayaan dalam cerita rakyat Sumatra Barat Puti Banduik karya Krisnawati. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan tinjauan antropologi sastra. Sumber data dalam penelitian adalah buku cerita rakyat Puti Banduik karya Krisnawati. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis isi. Berdasarkan analisis isi data, ditemukan tujuh data terkait dengan unsur kebudayaan, yaitu sistem religi, bahasa, sistem organisasi dan sosial, sistem mata pencaharian, sistem pengetahuan, sistem peralatan hidup dan teknologi, dan kesenian. Abstract The purpose of this study was to identify and describe cultural elements in the folklore of West Sumatra Puti Banduik by Krisnawati. The method in this study is descriptive qualitative and anthropological review of literature. The source of the data in this research is the folklore book Puti Banduik by Krisnawati. The data analysis technique in this research is content analysis technique. Based on data content analysis, seven data were found related to cultural elements, namely religious systems, language, organizational and social systems, livelihood systems, knowledge systems, systems of living equipment and technology, and the arts.
PEMANFAATAN E-MODUL INTERAKTIF PADA MATERI TEKS FABEL: UTILIZATION OF INTERACTIVE E-MODULES IN FABLE TEXT MATERIALS Selvia Nur Qomarina; Didah Nurhamidah
Sasando Vol 6 No 1 (2023): SASANDO VOL 6 NO 1 APRIL 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/sasando.v6i1.199

Abstract

This study aims to describe the use of interactive e-modules to assist in learning Fable Texts. Interactive e-module applications are android-based applications that teach about PUEBI by presenting material summaries, learning videos, material slides, and practice questions. This research method uses a descriptive qualitative method. The questionnaire for the research sample was 24 grade 7 students at SMP IP Yakin Jakarta. The results of the study showed that the use of interactive e-module media for learning, especially in fable text material, received a good response, seen from the positive responses of students in filling out the questionnaire. The interactive e-module application is considered capable of being an innovative learning medium for teaching Fable Texts in a more attractive and less boring way.
PENERAPAN ASESMEN UNJUK KERJA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2022/2023 Ikram Azizul Hakim; Andiopenta Purba; Priyanto
Sasando Vol 6 No 1 (2023): SASANDO VOL 6 NO 1 APRIL 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/sasando.v6i1.200

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan asesmen unjuk kerja dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Jambi Tahun Ajaran 2022/2023. Pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya menulis teks eksposisi merupakan kegiatan yang sulit dilakukan apa lagi seusia anak sekolah menengah pertama dan belum diketahui kualitasnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena pendekatan tersebut lebih tepat dalam memahami keadaan pada penelitian lapangan secara alamiah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penerapan asesmen unjuk kerja dalam menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Jambi dalam bentuk teks eksposisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan asesmen unjuk kerja materi menulis teks ekposisi sudag dilaksanakan dengan baik berdasarkan teori asesmen unjuk kerja dalam persiapan merancang, menerapkan, dan mengevaluasi hasil penilaian. Bentuk asesmen unjuk kerja di terapkan pada penilaian produk dan portofolio. Terdapat kendala-kendala yang muncul dalam penerapan asesmen unjuk kerja menulis teks eksposisi kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Jambi yang di sebabkan oleh faktor internal dan eksternal yaitu pengoptimalan waktu, kurangnya motivasi belajar dari peserta didik dan interpretasi siswa yang kurang.
IDENTIFIKASI STRUKTUR KALIMAT DAN KESALAHAN BERBAHASA PADA TUTURAN BILINGUAL SISWA KELAS 5 SD : IDENTIFICATION OF STRUCTURE AND LANGUAGE ERRORS IN BILINGUAL SPEECH OF 5th GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS Siti Aulia Umami; Khusnul Khotimah
Sasando Vol 6 No 1 (2023): SASANDO VOL 6 NO 1 APRIL 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/sasando.v6i1.203

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikolingusitik untuk mengukur kemampuan siswa dalam menyusun kalimat dan mengidentifikasi bentuk kesalahan berbahasa pada tuturan bahasa ibu dan bahasa kedua siswa kelas 5 SD. Data yang digunakan pada penelitian ini berupa tuturan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris siswa yang diperoleh buku cerita bergambar Frog, Where Are You?. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tuturan bahasa asing siswa tidak terlepas dari kebiasaan bertutur bahasa ibu baik secara strutkur kalimat, kesalahan berbahasa, dan alih kode. Struktur kalimat dalam bahasa ibu lebih beragam daripada struktur kalimat bahasa asing. Kesalahan berbahasa yang terjadi pada bahasa asing berkaitan dengan kebiasaan tata bahasa ibu. Dan alih kode eksternal akan dilakukan siswa ketika menyebutkan beberapa kata asing akan beralih ke bahasa ibu.
PENINGKATAN AKTIVITAS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MELALUI MODEL CIRC PADA TEMA PENGALAMAN DI SEKOLAH DASAR Mila Roysa; Sumaji
Sasando Vol 6 No 1 (2023): SASANDO VOL 6 NO 1 APRIL 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/sasando.v6i1.211

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktvitas kemampuan membaca pemahaman siswa menggunakan model CIRC pada tema pengalaman di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancanagan penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan penelitian meliputi (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) tindakan penelitian; dan (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD 1 Soco. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan model CIRC dalam meningkatkan aktivitas kemampuan membaca pemahaman tentang isi bacaan pada siklus I sebesar 80,42% menjadi 83,61% pada siklus II dalam kategori baik. Dari hasil penemuan menyimpulkan bahwa aktivitas kemampuan membaca pemahaman menggunakan model CIRC mengalami peningkatan dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran siswa.
PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI INDIVIDUAL TERHADAP GURU SMPN 4 PEKALONGAN Masykur; Ary Sulistyowati
Sasando Vol 6 No 1 (2023): SASANDO VOL 6 NO 1 APRIL 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/sasando.v6i1.214

Abstract

Penelitian ini berjudul: “Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Individual Terhadap Guru SMPN 4 Pekalongan”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Individual Terhadap Guru SMPN 4 Pekalongan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan bahwa Supervisi Individual dapat meningkatkan Kinerja Guru SMPN 4 Pekalongan. Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Bagi para Kepala Sekolah yang mengalami kesulitan yang sama maka dapat menggunakan Supervisi Individual sebagai solusinya. (2) Agar penerapan Supervisi Individual mendapatkan hasil yang maksimal diharapkan Kepala Sekolah melaksanakan Supervisi Individual secara intensif dan berkelanjutan
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DENGAN MODEL SINEKTIK DAN MODEL PETA KONSEP PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Suprapti; Vivi Kumalasari Subroto
Sasando Vol 6 No 1 (2023): SASANDO VOL 6 NO 1 APRIL 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/sasando.v6i1.215

Abstract

Penelitian ini berjudul “Keefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Model Sinektik dan Model Peta Konsep pada Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan keterampilan menulis cerpen antara siswa yang diajar dengan model sinektik dengan siswa yang mendapatkan model peta konsep ? Tujuan dari penelitian ini adalah memaparkan ada tidaknya perbedaan kemampuan menulis cerpen dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa SMP dengan digunakannya model sinektik dan model peta konsep. Pembelajaran menulis cerpen di sekolah belum menarik minat siswa. Siswa beranggapan bahwa kegiatan menulis cerpen merupakan materi pembelajaran sulit, bahkan beberapa siswa mengalami kesulitan untuk memulai menulis cerpen. Penyebab tersebut timbul karena siswa tidak memahami kriteria menulis cerpen yang baik, kurang menguasai alur, konflik, klimaks bahkan penokohan yang ada dalam sebuah cerpen. Untuk itu, peneliti memandang bahwa guru perlu melakukan inovasi dalam pembelajaran agar pembelajaran menulis cerpen dapat terlaksana secara efektif. Peneliti berpendapat bahwa model dari cerpen ke cerpen dan model bersafari mengandung aspek-aspek yang dapat meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran menulis cerpen. Penelitian ini terfokus pada keefektifan pembelajaran menulis cerpen di SMP antara kelas yang diberi model sinektik dengan kelas yang diberi model peta konsep. Sesuai dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan keberhasilan pembelajaran menulis cerpen dengan digunakannya kedua model tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen 1 dengan kelompok eksperimen 2. Perbedaan itu ditunjukkan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 dengan tingkat signifikansi di kelompok eksperimen 1, yaitu model sinektik. Didapat nilai rata-rata 80,02 dengan standar deviasi 1,99 apabila dibandingkan dengan kelompok eksperimen 2 dengan nilai rata-rata 71,93 dengan standar deviasi 2,04, yaitu model peta konsep. Model sinektik lebih efektif dibandingkan dengan model peta konsep dalam pembelajaran menulis cerpen di SMP. Simpulan yang diperoleh yaitu model sinektik sangat efektif dalam pembelajaran menulis cerpen di SMP. Dengan demikian, penelitian ini menarik dikembangkan lebih lanjut untuk lingkup sekolah menengah atas yang lebih luas, sehingga keefektifan model sinektik akan membawa dampak positif bagi pembelajaran bahasa Indonesia pada umumnya dan menulis cerpen khususnya. Kata kunci: menulis cerpen, model sinektik, model peta konsep.
MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PLATFORM SOSIAL VIDEO PENDEK DAN IMPLEMENTASINYA DALAM MATA KULIAH BAHASA INDONESIA Aida Azizah; Evi Chamalah; Meilan Arsanti
Sasando Vol 6 No 1 (2023): SASANDO VOL 6 NO 1 APRIL 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/sasando.v6i1.216

Abstract

Sebagai pendidik harus dapat memilah strategi yang tepat agar tercapai tujuan pembelajaran sesuai sasaran dan juga sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mahasiswa. Melalui penelitian ini, penulis mengimplementasikan media pembelajaran pada mata kuliah Bahasa Indonesia dengan menggunakan media yang sedang viral dan digemari oleh mahasiswa yaitu platform sosial video pendek. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran MKWU Bahasa Indonesia Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unissula menggunakan media platform sosial video pendek. Sering kita ketahui bahwa mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika identik belajar menggunakan teori dan rumus matematika. Menyikapi hal ini peneliti berupaya memberikan model pembelajaran dengan inovasi baru yang belum pernah digunakan sebelumnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian qualitative-descriptive research.
KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA CERPEN BERLINDUNG DI BAWAH PAYUNG YANG ROBEK KARYA AHMADUN YOSI HERFANDA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Sukini; Tri Mulyono; Siti Faridah
Sasando Vol 6 No 1 (2023): SASANDO VOL 6 NO 1 APRIL 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/sasando.v6i1.217

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui masalah sosial pada cerpen Berlindung di Bawah Payung yang Robek Karya Karya Ahmadun Yosi Herfanda dan implementasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitis. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder dari cerpen yang berjudul Berlindung di Bawah Payung yang Robek Karya Karya Ahmadun Yosi Herfanda. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik simak catat dari isi cerpen Berlindung di Bawah Payung yang Robek. Data dianalisis menggunakan teori sosiologi sastra dengan pendekatan mimetik yaitu suatu pendekatan dalam kritik sastra mengenai tiruan atau rekaan atas kehidupan yang sebenarnya. Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan bahwa terdapat dua masalah sosial dalam cerpen tersebut, yaitu 1) masalah kriminal yang dilakukan oleh ormas bergolok, dan 2) penindasan (fisik dan emosional) aktivis ormas bergolok kepada Bu Lurah.

Page 1 of 1 | Total Record : 10