cover
Contact Name
Juniarto Rojo Prasetyo
Contact Email
-
Phone
+6281293805765
Journal Mail Official
jurnalmanajemenkewirausahaan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Kewirausahaan
ISSN : 18581408     EISSN : 26549247     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Manajemen Kewirausahaan (JMK) is a journal published twice a year (June and December) by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta that focused on management studies. The aim of the journals is to disseminate the research in management studies that include marketing, finance, production, human resources, and strategic management. This journal did not give limitation on research methods, both quantitative and qualitative can be accepted and the data from primary, secondary, and literature review.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 1 (2016): JMK Edisi Juni 2016" : 9 Documents clear
PENGARUH DEPRESIASI RUPIAH DAN TINGKAT SUKU BUNGA DEPOSITO TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE JULI – OKTOBER 2015 Miralda Indiarti
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 13, No 1 (2016): JMK Edisi Juni 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v13i1.8

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya pengaruh variabel bebas pertama yaitu Depresiasi Rupiah dan variabel bebas kedua yaitu Tingkat Suku Bunga Deposito di Indonesia terhadap variabel terikat yaitu Indeks Harga Saham Gabungan di BEI pada periode Juli – Oktober 2015.Dengan menggunakan metode analisa regresi linier berganda dan uji – F ANOVA akan diuji apakah koefisien tingkat suku bunga dan nilai tukar adalah nol, versus paling tidak ada satu koefisien yang bukan nol.Dengan bantuan program SPSS versi 16 didapat hasil penelitian bahwa determinasi koefisien nilai R sebesar 0,895 dan sedangkan nilai R Square sebesar 0,801 atau 80,1%, hal ini dapat dinyatakan dengan hasil analisa secara bersama-sama variabel independen Depresiasi Rp (X1) dan suku bunga deposito 1th (X‚ ) terhadap variabel dependen IHSG (Y) memiliki nilai positif dan tingkat persentase pengaruhnya sangat tinggi yaitu sebesar 80,1% dan sisanya sebesar 19,9% disebabkan oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan pada hasil uji ANOVA didapat nilai ratio - F sebesar 155,123 dengan signifikansi sebesar 0,000 karena nilai tersebut lebih kecil dari level signifikansi á Ã 0,01 maka Ho ditolak. Selanjutnya dapat dikatakan variabel Depresiasi Rp (X1) dan suku bunga deposito 1th (X‚ ) secara bersama-sama berpengaruh sangat signifikan dengan variabel IHSG (Y) yaitu Hipotesis alternatif (Ha) terbukti.Kesimpulan dari penelitian ini adalah IHSG BEI dipengaruhi secara bersama-sama oleh tingkat suku bunga deposito rupiah dan nilai tukar Rp/USD. Hubungan linier negatif dan sangat signifikan. Kata Kunci: Depresiasi Rupiah, Suku Bunga Deposito dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PROGRAM SARJANA STIE IPWIJA Eswato Sugeng Rahayu
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 13, No 1 (2016): JMK Edisi Juni 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v13i1.10

Abstract

Tujuan  penelitian ini  adalah  untuk  mengetahui  apakah terdapat  pengaruh variabel dari motivasi, lingkungan dan minat berwirausaha terhadap sikap  berwirausaha mahasiswa Program Sarjana STIE IPWIJA.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Analisis Regresi. Peneliti menyebarkan kuesioner kepada 100 responden.Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap sikap berwirausaha mahasiswa STIE IPWIJA adalah minat berwirausaha. Pengaruh variabel berikutnya secara berurutan adalah  lingkungan dan motivasi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa semua variabel mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap sikap berwirausaha mahasiswa Program Sarjana STIE IPWIJA.IPWIJA; 2. Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan berwirausaha terhadap sikap berwirausaha pada mahasiswa Program Sarjana STIE IPWIJA; 3. Terdapat pengaruh yang signifikan antara minat berwirausaha terhadap sikap berwirausaha pada mahasiswa Program Sarjana STIE IPWIJA; 4. Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel motivasi berwirausaha, lingkungan dan minat berwirausaha terhadap sikap berwirausaha pada mahasiswa Pro- gram Sarjana STIE IPWIJA; 5.2.  Saran 1. minat merupakan salah satu pengaruh untuk meningkatkan sikap berwirausaha, dibandingkan dengan dua faktor yang lain minat berwirausaha juga dapat meningkatkan sikap berwirausaha masahasiswa. 2. Sedangkan lingkungan juga berpengaruh terhadap sikap berwirausaha dikarena lingkungan berperan penting dalam meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa, lingkungan yang strategis dan lingkungan yang berkembang juga dapat mempengaruhi sikap berwirausaha mahasiswa. 3. Selanjutnya yang mempengaruhi sikap berwirausaha adalah motivasi beriwirausaha, minat berwirausaha di ikuti dengan motivasi yang tinggi dapat mempengaruhi sebuah sikap berwirausaha dan diharapkan mampu menumbuhkan wirausahawan yang baik dalam melakukan kegiatan usaha 4. Bagi instasnsi terkait dapat membentuk sikap berwirausaha dengan memberikan masukan masukan atau memberikan acuan acauan dan juga memberikan peluang yang tepat sehingga dapat menumbuhkan sikap berwirausaha yang tinggi bagi para mahasiswa. Alma, Buchari. (2010) Kewirausahaan (edisi revisi). Bandung: CV Alfabeta. B. Siswanto Sastrohadiwiryo, DR, (2003) Manajemen Tenaga Kerja In- donesia, edisi 2, PT. Bumu Aksara, Jakarta. Benedicta Prihatin Dwi, Riyanti. (2003) Kewirausahaan Dari Sudut Pandang. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Grasindo. Bratanata, S.A. (2001) Pengertian- pengertian Dasar dalam Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Depdikbud. Buchari Alma. (2007) Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta. Helmi , Avin F & Megasari, Rista B (2006) Kewirausahaan dari perspektif Psikologi, http:// avin.filsafat.ugm.ac.id/ index.php?option=com_content&task=viwi2 2&Itemid=34, diakses 5 Oktober 2010. Jogiyanto. (2004) Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman Pengalaman. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Kadarsih, _________. (1995) Pengantar Kewiraswastaan. Jakarta: Intermedia Kasmir. 2007. Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Notoatmodjo, Stevenson, Nancy. (2001) Seni Motivasi. Penerjemah Dwi Prabantini. Edisi 1. Yogyakarta: Andy. Soemanto, W. 2008. Pendidikan Wiraswasta. Jakarta: Bina Aksara Sugiyono, Prof. Dr. (2005) Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta. _________. (2011) Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta. S., Alam (2007). Ekonomi 3 Untuk SMA Kelas XII. Jakarta: Esis/ Erlangga. ISBN 979-734-533-5. Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rhineka Cipta. Suryana. (2003) Kewirausahaan . Salemba Empat, Jakarta.Kata kunci :  motivasi, lingkungan, minat, wirausaha
ALTERNATIF STRATEGI PENGEMBANGAN WIRASWASTA DI SEKTOR PARIWISATA Indah Pangesti
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 13, No 1 (2016): JMK Edisi Juni 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v13i1.7

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan keberhasilan wiraswasta. Selain itu menentukan strategi pengembangan wiraswasta di sektor pariwisata.Metode yang digunakan adalah Analytical Hierarchy Process (AHP). Data yang digunakan didapat dari para pakar di bidang wiraswasta dan wawancara dengan turis lokal dan asing yang datang di Cengkareng Jakarta.Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan berwiraswasta ditentukan oleh motivasi 50%, jujur 20%, berani menangambil risiko 10%, melihat peluang 10%, dan bersyukur 10%. Alternatif strategi: Pantai 60%, Budaya 20%, Flora dan Fauna 20%. Kata Kunci: Strategi, Wiraswasta, Sektor Pariwisata
APLIKASI STRATEGIS ANALISA SWOT (KOMBINASI ANTARA TEORI DAN KONDISI LAPANGAN) Sahat M.P. Tanjung
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 13, No 1 (2016): JMK Edisi Juni 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v13i1.11

Abstract

In all of applications of various kinds of tools at management field there are many variances have been found out.There is a tendency among people to leave many tools that have been known and used in the past by the upcoming new ones found later on in the progress. One of them is the so called SWOT Analysis.But this analysis that practically have been widely deemed as old fashioned actually have been used very successfully until today. At the 80 decades this analysis have shown that it had helped such a big and worlwidely company named Apple Computer Company saved from its fall by the reemergence of IBM who survived to produce also the personal computers.The SWOT Analysis is a very practical tool. It does not need a special or sophisticated equipment. It also does not require any special trained personnel to work with and it is very easily understood by everyone.This combined comparison between the theory and the strategic applications of SWOT Analysis is written by explorative method, confirming the great necessity still needed up to now about the daily usage.The analysis comprises the big two types named the Traditional one and the Matrix type. Any of the usage is depended on the dominant element of the SWOT appeared in practices.Keywords:  Strategic Management, SWOT, Strategic Applications, Traditional type analy- sis, Matrix type analysis.
PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA PELATIHAN (STUDI KASUS KONSUMEN C&G TRAINING NETWORK) Corry Amelia; Susilowati Budiningsih
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 13, No 1 (2016): JMK Edisi Juni 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v13i1.6

Abstract

Banyak faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, antara lain harga dan promosi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian.Penelitian dilakukan di C&G Training Network, dengan mengambil 100 sampel. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga variabel, yaitu satu variabel tidak bebas (keputusan membeli) sebagai variabel Y dan dua variabel bebas (harga dan promosi) sebagai variabel X1 dan X2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat kuantitatif, yaitu dengan mendeskripsikan data penelitian. Adapun analisis statistik yang dilakukan terdiri dari analisis regresi linier berganda, pengujian signifikan simultan (Uji F), dan pengujian signifikan parsial (Uji t).Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara simultan maupun secara parsial, harga dan promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Kata Kunci: Harga, Promosi, Keputusan Pembelian
KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI DALAM MEMPENGARUHI KINERJA KARYAWAN DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Pradhipta Devie Kusuma Wardhani; Yuli Triastuti
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 13, No 1 (2016): JMK Edisi Juni 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v13i1.12

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan dan kompensasi terhadap kinerja karyawan di PT. Trijalaharta Trans dengan motivasi sebagai variabel intervening.Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis inferensial. Kuesioner digunakan untuk mendapatkan data penelitian yang dibagikan kepada 30 karyawan PT. Trijalaharta Trans. Analisis yang digunakan adalah analisis jalur.Analisis menghasilkan nilai koefisien regresi standadized pada model persamaan regresi linier ganda Y = 0.403X1 + 0.413 X2 + 0.519 dan model persamaan regresi linier sederhana Z =0.584Y + 0.659. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa Kepemimpinan (X1) berpengaruh dengan arah positif terhadap kinerja (Z) dengan motivasi (Y) sebagai variabel intervening. Kompensasi (X2) berpengaruh dengan arah positif dan signifikan terhadap kinerja (Z) dengan motivasi (Y) sebagai variabel intervening.Upaya meningkatkan kinerja pegawai akan lebih bermakna apabila upaya perbaikan kepemimpinan dan peningkatan kompensasi ditujukan untuk memotivasi karyawan tidak secara langsung dalam jangka pendek untuk meningkatkan kinerja.  Kata Kunci: Kepemimpinan, Kompensasi, Motivasi, Kinerja
PENGARUH PENDIDIKAN PELATIHAN DAN KESEJAHTERAAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. PPKAG DI JAKARTA Hidayat A. R.; Joni Heruwanto
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 13, No 1 (2016): JMK Edisi Juni 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v13i1.1

Abstract

Penelitian ini ditujukan kepada PT PPKAG berkaitan dengan pendidikan pelatihandan kesejahteraan kerja yang dapat meningkatkan kepuasan kerja. Tujuan penelitian iniguna mengetahui pengaruh tiap variabel independen terhadap variabel dependen danpengaruh yang diberlakukan secara bersamaan dari kedua variabel independen. Dalampenelitian ini digunakan teknik pengambilan sampel dengan acak yang dimana ditentukanjumlah populasi dengan jumlah 170 dan diambil secara acak dengan jumlah 63 pegawaitanpa melihat tingkatan umur dan pendidikan. Data yang diperoleh dengan penyebarankuisioner dan pengolahan data menggunakan SPSS.Dalam penelitian ini digunakannya analisis data dengan uji hipotesis yangmenghasilkan nilai sig 0.002 < 0.05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, ataudinyatakan dengan kalimat ada pengaruh pendidikan pelatihan terhadap kepuasan kerjayang diberlakukan untuk variabel X1, sedangkan untuk variabel X2 nilai sig 0.000 < 0.05yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, atau dinyatakan dengan kalimat ada pengaruhkesejahteraan terhadap kepuasan kerja.Uji hipotesis yang dinyatakan dengan hasil nilai F didapatkan nilai sig. 0.000 <0.05. Hal ini berarti Ho tolak dan Ha diterima atau dapat diartikan terdapat pengaruhyang signifikan secara simultan antara pendidikan pelatihan dan kesejahteraan terhadapkepuasan kerja. Selain itu juga didukung dengan hasil persamaan regresi yangmenghasilkan bentuk persamaan Y = 4.862 + 0.348X1 + 0.543X2, yang secara positifvariabel pendidikan pelatihan dan kesejahteraan dapat menjadi pengaruh dalampeningkatan kepuasan kerja pada PT PPKAG Jakarta.Kata Kunci : Pendidikan Pelatihan, Kesejahteraan, Kepuasan Kerja
KUALITAS LAYANAN DALAM MEMPENGARUHI KOMITMEN DAN LOYALITAS PELANGGAN RESTORAN CEPAT SAJI Pitria Pitria; Heru Mulyanto
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 13, No 1 (2016): JMK Edisi Juni 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v13i1.13

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan yaitu kehandalan dan fasilitas sebagai elemen dari kualitas layanan terhadap komitmen serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan Restoran Cepat Saji.Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif verifikatif. Data penelitian diperoleh dari hasil jawaban kuesioner yang diberikan oleh 150 pelanggan restoran cepat saji KFC Cikeas. Data penelitian dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan software IBM-AMOS versi 20.Penelitian menghasilkan temuan bahwa model struktural pengaruh Kehandalan dan Fasilitas Terhadap Komitmen serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan KFC Cikeas diterima sebagai model struktural yang baik/layak dengan persamaan regresi linier ganda standardized KOM = 0.416HDL + 0.154FAS, Errorvar.= 0.23  , R² = 0.77 dan LP =  0.666KOM, Errorvar.= 0.44, R² = 0.56. Kehandalan berpengaruh dengan arah positif terhadap komitmen dan berdampak pada loyalitas pelanggan, sedangkan fasilitas tidak berpengaruh terhadap komitmen sehingga tidak berdampak pada loyalitas pelanggan.Model struktural pengaruh kehandalan dan fasilitas terhadap komitmen serta dampaknya terhadap loyalitas KFC Cikeas dapat dijadikan landasan kebijakan restoran cepat saji baik KFC Cikeas maupun organisasi sejenis lainnya dalam rangka meningkatkan loyalitas pelanggan. Namun demikian, penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan model dan pengukuran secara lebih rinci ataupun obyek berbeda.Kata Kunci: Kualitas layanan, Kehandalan, Fasilitas, Komitmen, Loyalitas
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN SERTA STRATEGI PROMOSI TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT.EQUITY LIFE INDONESIA Muh. Ali Maskuri; Rindu Okta Milia Wati
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 13, No 1 (2016): JMK Edisi Juni 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v13i1.9

Abstract

Kualitas Pelayanan dan Strategi Promosi merupakan dua dari beberapa faktor yang diduga relative besar dalam mempengaruhi kepuasan nasabah. Untuk membuktikan pengaruh kedua faktor tersebut, maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Serta Strategi Promosi Terhadap Kepuasan Nasabah PT.Equity Life Indonesia.Penelitian dilakukan pada nasabah PT.Equity Life Indonesia, Jakarta Pusat dengan mengambil 100 sampel dalam waktu Agustus, dengan metode yang digunakan dalam accidental sampling, dan dilakukan uji validitas. Pengambilan data dilakukan dengan instrument kuesioner skala likert.Penelitian menghasilkan tiga temuan utama sesuai dengan hipotesis yang diajukan, yaitu: 1) Kualitas pelayanan (X1) mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan nasabah (Y), dimana koefisien regresinya sebesar b1 = 0,608 dengan probabilitas Sig = 0.000 2) Strategi Promosi (X2) mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan nasabah (Y), dimana koefisien regresinya sebesar b1 = 0,309 dengan probabilitas Sig = 0.000 3) Kualitas Pelayanan (X1) dan Strategi Promosi (X2) secara bersama-sama memiliki pengaruh positif terhadap Kepuasan Nasabah (Y) sebesar 51,7%, sementara sisanya (100% - 51,7% = 48,3%) di pengaruhi variabel lain yang tidak di teliti.Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk memberikan bahan masukan atau pertimbangan bagi perusahaan PT. Equity Life Indonesia dalam rangka pengembangan kualitas pelayanan dan strategi promosi untuk menghadapi persaingan pasar asuransi yang disarankan untuk memperhatikan kualitas pelayanan dan strategi promosi yang lebih baik karena hal ini akan membentuk loyalitas nasabah dan meningkatkan profit perusahaan. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Dan Strategi Promosi.

Page 1 of 1 | Total Record : 9