cover
Contact Name
Rumondang, S.Pi., M.Si
Contact Email
lppmuna123@gmail.com
Phone
+6281262070788
Journal Mail Official
lppmuna123@gmail.com
Editorial Address
Gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Asahan Jln. Ahmad Yani Kisaran – 21224 – Sumatera Utara
Location
Kab. asahan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL PIONIR
Published by Universitas Asahan
ISSN : 25493043     EISSN : 26553201     DOI : 10.36294/pionir.v2i4
Jurnal Pionir merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Asahan yang bertujuan sebagai sarana komunikasi ilmiah dan untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian kepada praktisi dan pengamat ilmu pengetahuan. Jurnal Pionir mencakup berbagai bidang kajian ilmu pengetahuan karena jurnal ini bersifat multidisiplin ilmu. Seperti Ilmu Hukum, Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Ilmu Teknologi dan Informatika dan ilmu-ilmu lainnya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 5 (2018): Juli-Desember" : 12 Documents clear
PERANCANGAN APLIKASI TATA CARA MELAKSANAKAN IBADAH HAJI DAN UMROH BERDASARKAN SYARIAT ISLAM BERBASIS ANDROID Zunaida Sitorus
JURNAL PIONIR Vol 2, No 5 (2018): Juli-Desember
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.579 KB) | DOI: 10.36294/pionir.v2i5.323

Abstract

Haji merupakan mengunjungi Baitullah (Ka'bah) di Mekah untuk melakukan amal ibadahtertentu dengan syarat-syarat tertentu pula. Ibadah Haji merupakan salah satu dari rukun Islam. yaknipada rukun yang kelima yang wajib dikerjakan bagi setiap muslim, baik itu laki-laki maupun perempuanyang mampu dan telah memenuhi syarat. Orang yang melakukan ibadah haji wajib memenuhi ketentuanketentuannya.Ketentuan haji selain pengertian haji diatas, juga syarat haji, rukun haji, wajib haji,larangan haji, tata cara haji, serta sunnah-sunnah haji.Perancangan aplikasi tata cara melaksanakan ibadah haji dan umroh berdasarkan syariat islammerupakan wujud kepedulian peneliti untuk menyelesaikan masalah yang terjadi dan menggantikan bukupanduan yang manual ke sistem digital.Uji coba telah dilakukan pada emulator Jallybean (4.0.3). Sedangkan implementasi programdilakukan pada smartphone samsung. Secara umum, hasil yang ditampilkan dari emulator dansmartphone samsung tidak jauh berbeda dengan hasil emulator Jallybean (4.0.3), hanya saja Androiddengan versi yang lebih tinggi memiliki kecepatan akses yang lebih cepat.Kata Kunci : Panduan Ibadah Haji dan Umroh, Syariat Islam, Android
PERBANDINGAN PEMIJAHAN IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus) SECARA ALAMI DAN BUATAN TERHADAP JUMLAH TELUR YANG DIHASILKAN Khairani Laila
JURNAL PIONIR Vol 2, No 5 (2018): Juli-Desember
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (75.675 KB) | DOI: 10.36294/pionir.v2i5.319

Abstract

Lele dumbo (Clarias gariepinus) adalah salah satu jenis ikan air tawar yang dapatdibudidayakan. Bila dibandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya, ikan lele dumbo memilikibeberapa keunggulan yaitu pertumbuhannya yang cepat, mudah dipelihara, tahan terhadap kondisi airyang buruk serta memiliki nilai gizi dan nilai ekonomis yang cukup tinggi. Mengingat pemijahan ikanlele dumbo secara buatan memiliki keunggulan penetasan dan sintasan yang tinggi serta tahan terhadappenyakit. Maka dilakukan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan pemijahan secara alami danbuatan pada ikan lele dumbo terhadap jumlah telur dan daya tetas yang dihasilkan. Pelaksanaan penelitianini dilakukan pada bulan April 2017 bertempat di Laboratorium Budidaya Perairan Fakultas PertanianUniversitas Asahan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemijahan dengan cara alami padaikan lele hasilnya tidak lebih baik dari pada pemijahan buatan dengan suntikan hipofisa maupun ovaprim.Pada pemijahan buatan menghasilkan penetasan merupakan hasil tertinggi 90%.Kata Kunci : Pemijahan, Ikan Lele Dumbo
KAJIAN PUSTAKA : BALAKKA (Phyllanthus emblica L.) SEBAGAI HASIL HUTAN BUKAN KAYU YANG TIDAK TERKELOLA DENGAN BAIK DI SUMATERA UTARA Lanna Reni Gustianty
JURNAL PIONIR Vol 2, No 5 (2018): Juli-Desember
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.053 KB) | DOI: 10.36294/pionir.v2i5.324

Abstract

Hasil Hutan Bukan Kayu potensial di hutan Indonesia diantaranya adalah balakka, yang tersebarsalah satunya di Propinsi Sumatera Utara. HHBK ini dikelola dengan tidak optimal dan tidak bijaksana.Potensi balakka di Indoensia khususnya di Sumatera Utara belum banyak diketahui dan diperhatikan, baikdari segi kandungan, budidaya, keragaman individu maupun manfaatnya. Pohon ini lebih digunakansebagai campuran bumbu masakan daerah khususnya ikan Mas atau ikan Jurung, yang dikenal dengannama holat. Sedangkan di India dan China sudah lama dikenal dan telah banyak dibudidayakan sertadikembangkan. Faktor penghambat pembudidayaan balakka di Indonesia terutama di Sumatera Utaraantara lain adalah adanya degradasi lahan menjadi perkebunan rakyat yaitu untuk tanaman karet dankelapa sawit, dikhawatirkan balakka akan punah pada masa yang akan datang jika terjadi penebangansecara terus-menerus terhadap pohon ini. Faktor penghambat lainnya adalah kurangnya informasimengenai manfaat balakka. Manfaat balakka adalah dapat digunakan untuk beragam aplikasi dalamperawatan kesehatan atau obat herbal, makanan dan minuman, kosmetik, industri, pewarnaan,penyamakan, dll. Bagian yang digunakan untuk manfaat-manfaat tersebut adalah buah segar dan buahkering, biji, daun, akar, kulit dan bunga. Oleh sebab itu pemanfaatan dan pengelolaan balakka pada masayang akan datang, khususnya di Sumatera Utara, perlu ditingkatkan melalui penelitian dan publikasibalakka pada masyarakat luas.Kata Kunci : Phyllanthus emblica L., Hasil Hutan Bukan Kayu, degradasi lahan.
PENGARUH KOMUNIKASI, LINGKUNGAN KERJA DAN TINGKAT ABSENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KESYAHBANDARAN DAN OTORITAS PELABUHAN TANJUNG BALAI ASAHAN Abdul Khauf Pase
JURNAL PIONIR Vol 2, No 5 (2018): Juli-Desember
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (89.782 KB) | DOI: 10.36294/pionir.v2i5.315

Abstract

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Balai Asahan adalah perangkatpemerintah daerah Kota Tanjung Balai yang bertugas melaksanakan fungsi, keselamatan dan keamananpelayaran dipelabuhan Tajung Balai Asahan. Dalam menjalankan kegiatannya tidak terlepas daripenggunaan tenaga kerja manusia.Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk menganalisa sejauh mana pengaruh komunukasi,lingkungna kerja dan tingkat absensi terhadapkinerja pegawai pada Kantor Kesyahbandaran dan OtoritasPelabuhan Tanjung Balai Asahan.Selanjutnya penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan model regresi berganda.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pegawai Kantor Kesyahbandaran dan OtoritasPelabuhan Tanjung Balai Asahan, dengan sampel 45 orang pegawai. Data yang diperoleh diproses denganmenggunakan analisis regresi berganda, koefisien determinasi dan uji – t dengan menggunakan bantuanprogran SPSS 17.0 For Windows.Hasil penelitian yang diperoleh adalah menunjukkan bahwa komunikasi, lingkungan kerja dantingkat absensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kesyahbandarandan Otoritas Pelabuhan Tanjung Balai Asahan. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,901 artinyakemampuan variabel komunikasi, lingkungan kerja dan tingkat absensi dalam meningkatkan kinerjapegawai yaitu sebesar 90,1% dan sisanya 9,9% dipengaruhi variabel lain yang tidak dianalisis dalampenelitian ini.Kata Kunci : Komunikasi, Lingkungan Kerja, Tingkat Absensi, Kinerja Pegawai
FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI PEPAYA DI KECAMATAN SEI DADAP KABUPATEN ASAHAN Muhammad Ansori
JURNAL PIONIR Vol 2, No 5 (2018): Juli-Desember
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.839 KB) | DOI: 10.36294/pionir.v2i5.320

Abstract

Produksi pertanian di Indonesia saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah melalui program –program nasional yang dicanangkan untuk lima tahun kedepan. Sehingga petani dapat hidup lebih layakdengan produksi pertanian yang dibidanginya. Produksi pepaya di Indonesia masih dapat dikatakan baikuntuk pasar local dan pasar internasional. Di supermarket dapat kita lihat bahwa kualitas papaya localdengan papaya impor tidak jauh berbeda . Sehingga papaya Indonesia masih tetap berproduksi sesuaidengan permintaan pasar.Produksi pepaya di Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan memiliki berbagi jenis pepayadiantaranya papaya Bangkok ( Thailand ), pepaya malaysia , dan pepaya jingga sebagai persilangan daribeberapa pepaya yang diproduksi. Jumlah permintaan konsumen terhadap papaya semakin hari semakinbertambah apalagi pada saat cuaca panas, maka kebutuhan papaya semakin meningkat.Faktor-fakor yang mempengaruhi produksi papaya iyalah factor luas lahan pertania dan hargaterhadap produksi papaya di Kecamatan Sei Dadap Kabupaten AsahanKata Kunci : Pengaruh produksi pertanian, Pepaya, Kecamatan Seidadap Kabupaten Asahan
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN GUNUNG SARI 2 DI SIPAKU AREA KEC. AIR BATU ASAHAN Abdul Rahman
JURNAL PIONIR Vol 2, No 5 (2018): Juli-Desember
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.972 KB) | DOI: 10.36294/pionir.v2i5.316

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas cita rasa, harga danpelayanan terhadap minat beli konsumen pada Rumah Makan Gunung Sari 2. Permasalahan dalampenelitian ini adalah sejauh mana pengaruh kualitas cita rasa, harga dan pelayanan pada konsumenterhadap minat beli konsumen pada Rumah Makan Gunung Sari 2. Responden yang terlibat dalampenelitian ini sebanyank 100 orang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : Kualitas Cita Rasa, Harga danpelayanan pada konsumen berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada Rumah Makan Gunung Sari2.Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, jenis penelitian adalahdeskriptif kuantitatif, metode pengumpulan data dilakukan melelui observasi, wawancara, dan daftarpertanyaan. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi melalui uji F dan uji t. Hasil analisis datamenunjukkan bahwa kualitas cita rasa (X1), harga (X2) dan pelayanan (X3) secara serempak berpengaruhpositif dan signifikan terhadap minat beli (Y) pada Rumah Makan Gunung Sari 2.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikananatara variabel kualitas cita rasa (X1), variabel harga (X2), variabel pelayanan (X3) terhadap minat beli(Y), ini terbukti dari hasi uji f yaitu sebesar 131.228, untuk pengujian hipotesis bahwa kualitas cita rasa,harga dan pelayanan berpengaruh terhadap minat beli (Y), ini dapat dilihat dari hasil pengujian statistiksebesar nilai t hitung dari kualitas cita rasa (X1) sebesar 4.133, harga (X2) sebesar 15.228 dan pelayanan(X3) sebesar 2.905, dengan nilai signifikan 0.00. Nilai tersebut menunjukkan bahwa kualitas cita rasa,harga dan pelayanan pada konsumen secara serempak berpengaruh signifikan terhadap minat belikonsumen pada Rumah Makan Gunung Sari 2. Secara parsial variabel kualitas cita rasa, hargaberpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen, dan variabel pelayanan pada konsumenberpengaruh positif terhadap minat beli konsumen.Kata Kunci : Kualitas Cita Rasa, Harga, Pelayanan, Minat Beli
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN FRONTLINER TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH PADA PT BANK SUMUT CABANG PEMBANTU LIMA PULUH. Rosnaida Rosnaida
JURNAL PIONIR Vol 2, No 5 (2018): Juli-Desember
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.216 KB) | DOI: 10.36294/pionir.v2i5.321

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Kepuasan Nasabahpada PT Bank SUMUT Cabang Pembantu Lima Puluh. Faktor- Faktor tersebut yaitu Bukti Fisik, Empati,Daya Tanggap dan Kehandalan yang meningkat secara terus menerus akan memberikan dampak positifterhadap Perusahaan sehingga tujuan perusahaan tercapai. Analisis yang digunakan yaitu uji Validitas,Uji Reliabilitas, Regresi Linier Berganda, Uji Hipotesis dan uji Asumsi Klasik dengan bantuan KomputerProgram SPSS Versi 17.Secara Parsial (uji t), dapat disimpulkan bahwaVariabel Bukti Fisik (X1) berpengaruh positif dasignifikan terhadap Kepusan Nasabah. Nilai thitung sebesar 2,450 (lebih besar dari ttabel 1,98) dan nilaisignifikan 0,003 (lebih kecil dari 0,05). Variabel Empati (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadapKepuasan Nasabah. Nilai thitung sebesar 3,672 ( lebih besar dari ttabel 1,98) dan signifikan sebesar 0,004..Dengan menggunakan batas signifikan 0,05, maka nilai signifikan tersebut lebih kecil dari 0,05. VariabelDaya Tanggap (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Nilai thitung sebesar4,567 ( lebih besar dari ttabel 1,98) dan signifikan sebesar 0,003 .Dengan menggunakan batas signifikan0,05, maka nilai signifikan tersebut lebih kecil dari 0,05. Variabel Kehandalan (X4) berpengaruh positifdan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Nilai thitung sebesar 5,562 ( lebih besar dari ttabel 1,98) dansignifikan sebesar 0,002. Dengan menggunakan batas signifikan 0,05,maka nilai signifikan tersebut lebihkecil dari 0,05. Dengan demikian berarti bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa Vaiabel Bebasmemiliki pengaruh terhadap Kepuasan Nasabah dapat diterima (Ha diterima).Dari Hasil penelitian diperoleh hasil estimasi persamaan regresi linear, Y = 7.621 + 0,241 X1 +0,444 X2 +0,424 X3+0,566 X4+e. Hasil perhitungan regresi dapat diketahui bahwa Koefisien determinasi(adjusted R2) yang diperoleh sebesar 62,4% berarti 62,4% Tingkat Kepuasan Nasabah dipengaruhivariabel bebas dan sisanya diengaruhi oleh variabel yang tidak diajukan dalam penelitian ini.Kata Kunci: Bukti Fisik, Empati, Daya Tanggap, Kehandalan, Kepuasan Nasabah
PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA JASA KERETA API EKONOMI PADA PT. KAI (PERSERO) KISARAN. Hadi Suriono
JURNAL PIONIR Vol 2, No 5 (2018): Juli-Desember
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (106.355 KB) | DOI: 10.36294/pionir.v2i5.317

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendiskripsikan pengaruh antara harga, promosi,dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa transportasi kereta api Putri Deli. Populasinyaadalah pengguna kereta api Putri Deli yang telah beberapa kali menggunakan jasa KA. Putri Deli Kisaran.Sedangkan sampelnya adalah pengguna jasa kereta api Putri Deli Kisaran sebanyak 125 responden,dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling.Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan uji validitas,uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasilperhitungan menunjukkan bahwa variabel harga terhadap kepuasan konsumen adalah signifikan.Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa variabel promosi terhadap kepuasan konsumenadalah signifikan. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa variabel fasilitas terhadapkepuasan konsumen adalah signifikan.Berdasarkan hasil estimasi atau regresi, persamaan regresi dapat dirumuskan Y = 1,598 + 0,407 X1+ 0,089 X2 + 0,509X3thitung untuk variabel harga sebesar 6,993 sedangkan ttabel sebesar 1,979 dengan signifikansi 0,000 <0,05.Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (6,993 > 1,979) hal ini menyatakan bahwa adapengaruh positif dan signifikan harga terhadap kepuasan konsumen.thitung untuk variabel promosi sebesar 2,061 sedangkan ttabel sebesar 1,979 dengan signifikansi 0,041< 0,05.Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (2,061 > 1,979) hal ini menyatakan bahwa adapengaruh positif dan signifikan promosi terhadap kepuasan konsumen.thitung untuk variabel fasilitas sebesar 7,892 sedangkan ttabel sebesar 1,979 dengan signifikansi 0,000< 0,05.Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (7,892 > 1,979) hal ini menyatakan bahwa adapengaruh positif dan signifikan fasilitas terhadap kepuasan konsumen.Nilai Fhitung = 127,619 > Ftabel = 2,68 dan sig = 0,000 < 0,05 ini berarti variabel independen harga,promosi, dan fasilitas secara simultan benar-benar berpengaruh signifikan terhadap variabel dependenkepuasan konsumenKata kunci : Harga, Promosi, Fasilitas, Kepuasan Konsumen
KONSEP NEGARA HUKUM RULE OF LAW DALAM SISTEM KETATANEGARAAN INDONESIA Zaid Afif
JURNAL PIONIR Vol 2, No 5 (2018): Juli-Desember
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.159 KB) | DOI: 10.36294/pionir.v2i5.322

Abstract

Negara hukum (rechtsstaat) diintrodusir melalui RR 1854 dan ternyata dilanjutkan dalam UUD1945 H. tentang kebebasan dan persamaan (vrijheid en gelijkheid) yang semul dalam konsep liberaldemocratischerechtsstaat sifatnya yuridis formal, dalam konsep social rechtsstaat ditafsirkan secara riildalam kehidupan masyarakat (reele maatschappelijke gelijkheid), bahwa tidak terdapat persamaan mutlakdidalam masyarakat antara individu yang satu dengan yang lain.Rule of law merupakan penyelenggaraan negara yang diatur melalui suatu pertauran perundangundanganserta menjunjung tinggi supremasi hukum yang dibangun atas prinsip keadilan.Rule by Law, harus dipertahankan, dan mengambil kelebihan-kelebihan dalam melakukankontrol sosial kepada masyarakat serta memberikan kepastian kepada masyarakat. Dalam hal menutupikekurangan Rule by Law, hendaknya setiap Peraturan Perundangan-undangan diberlakukan terdapat asasasas,nilai-nilai yang ada di masyarakat, sehingga Peraturan Perundangundangan tidak hanya digunakansebagai sebuah alat oleh penguasa, namun juga dapat mewakili keadilan yang ada di dalam masyarakat.Kata Kunci : Konsep Negara, Hukum Rule Of Law, Sistem Ketatanegaraan Indonesia
PERANAN BUMN DALAM MEMBERIKAN PINJAMAN MODAL KEPADA PENGUSAHA KECIL Irda Pratiwi
JURNAL PIONIR Vol 2, No 5 (2018): Juli-Desember
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.213 KB) | DOI: 10.36294/pionir.v2i5.318

Abstract

Pelaksanaan perjanjian pinjaman modal antara Pihak BUMN dengan pengusaha kecil terkadangtidak berjalan dengan semestinya, dikarenakan adanya pengusaha yang tidak dapat menjalankankewajibannya dnegan baik, hal ini disebabkan kurangnya kesadaran akan pentingnya kewajibanpengembalian pinjaman modal yang diberikan, serta tidak adanya sanksi yang tegas dari pihak BUMN.Peranan BUMN dalam memberikan pijaman modal kepada pengusaha kecil pada dasarnyaditujukan pada pelaku usaha kecil yang berada disekitar perusahaan. Pelaksanaan program kemitraankepada pelaku usaha kecil yang dilakukan oleh perusahaan BUMN adalah wujud dari tanggung jawabsocial perusahaan kepada masyarakat sekitarnya, yang mewajibkan kepada seluruh perusahaan BUMNuntuk menyisihkan laba setelah pajak maksimal sebesar 2% (dua persen) atau hasil bunga pinjaman,bunga deposito dan jasa giro dari dana program kemitraan setelah dikurangi beban operasi. Bentukperjanjian dan tanggung jawab para pihak dalam pemberian pinjaman modal dibuat dalam bentuk SuratPerjanjian Pinjaman yang telah baku (standart). Dalam suarat perjanjian pinjaman tersebut memuat hakdan kewajiban dari masing-masing pihak dan selanjutnya Notaris mengesahkan tanda tangan danmenetapkan kepastian tanggal surat perjanjian pinjaman di bawah tangan tersebut dengan mendaftarkandalam buku khusus. Pengesahan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menjamin keabasahannya,sehingga dnegan demikian akan memiliki kekuatan hukum. Terhadap Surat Jaminan (Surat keteranganCamat dan Sertifikat) yang dijadikan sebagai jaminan (agunan) dalam program kemitraan selanjutnyadilakukan pengikatan dalam bentuk akte notariil, yaitu: Akte Pengakuan Hutang, Akte Kuasa UntukMenjual dan SKMHT.Kata Kunci : BUMN, Pinjaman Modal, Pengusaha Kecil

Page 1 of 2 | Total Record : 12