cover
Contact Name
ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Contact Email
arbitrer.jurnal@gmail.com
Phone
+6285243260251
Journal Mail Official
arbitrer.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Kampus FKIP Universitas Pattimura Poka-Ambon, 97233, Indonesia.
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by Universitas Pattimura
ISSN : -     EISSN : 26851873     DOI : https://doi.org/10.30598/arbitrervol1no1tahun2019
Arbitrer: Jurnal Pendidikan dan Bahasa Indonesia memuat artikel-artikel ilmiah dalam bidang Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, termasuk Bahasa dan Sastra Daerah, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Artikel dapat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan kajian pustaka.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2021): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia" : 5 Documents clear
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH APRESIASI SASTRA (PROSA, PUISI, DRAMA) Prawoto, Eko Cahyo
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1 (2021): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol3no1hlm395-404

Abstract

Apresiasi Sastra (Prosa, Puisi, dan Drama) adalah matakuliah yang ditempuh oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia pada semester III. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan secara daring memerlukan persiapan yang lebih dibandingkan dengan pembelajaran luring. Sebab dosen harus mennyusun semua materi, sumber belajar, dan media pembelajaran sebelum perkuliahan dilaksanakan, yang interaktif dan atraktif, untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami materi pembelajaran. Oleh sebab itu, mengacu pada hal tersebut diperlukan penelitian yang mengkaji tentang efektifitas pembelajaran daring pada mata kuliah tersebut, untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan pembelajaran yang dicapai. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek penelitian ini ialah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berjumlah 83 orang. Berdasarkan pada penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa, pembelajaran daring yang dilakukan melalui LMS Virlenda dan penggunaan media pembelajaran berbasis digital dapat dikatakan efektif. Sebab, berdasarkan hasil penelitian sebanyak 90% (78 orang) mendapat nilai di atas KKM. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring pada Mata Kuliah Apresiasi Sastra (Prosa, Puisi, dan Drama).
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA PRODUKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON Lewier, Mariana; Somelok, Grace; Yoris, Anatasya
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1 (2021): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol3no1hlm405-422

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran multiliterasi yang dilakukan dalam proses perkuliahan Mata Kuliah Keterampilan Menulis semester genap tahun akademik 2019/2010. Model pembelajaran multiliterasi merupakan salah satu model pembelajaran yang relevan dan aktual dengan konsep pendidikan abad XXI. Melalui penelitian ini diharapkan akan terjadi perbaikan dan peningkatan kemampuan menulis mahasiswa, baik secara akademik maupun nonakademik demi menunjang tercapainya mutu kelulusan calon pendidik dalam bidang bahasa dan sasrra Indonesia yang berkualitas. Pengumpulan data yang digunakan yaitu penugasan menulis artikel ilmiah populer, lembar observasi, angket, pedoman wawancara dosen dan mahasiswa, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, dianalisis, dan direfleksi dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Simpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Multiliterasi pada materi menulis artikel ilmiah dapat meningkatan kemampuan menulis mahasiswa berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan selama 2 siklus. Dengan demikian, penembelajaran model Multiliterasi dapat direkomendasikan dalam upaya meningkatkan kemampuan berbahasa produktif mahasiswa.
PELESTARIAN BAHASA TULEHU BERBASIS SINERGISITAS MASYARAKAT DAN SEKOLAH DI KECAMATAN SALAHUTU, MALUKU TENGAH da Costa, Romilda Arivina; Lewier, Mariana; Hiariej, Chrissanty; Ode, Safira Hasanah Aulia
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1 (2021): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol3no1hlm447-456

Abstract

Bahasa daerah akhir-akhir ini menjadi permasalahan karena cukup banyak yang telah ditinggalkan penuturnya, terutama generasi muda. Mereka menggantikan bahasa daerahnya dengan bahasa lain (terutama dengan lingua franca atau bahasa pengantar) sehingga bahasa daerahnya mulai dan terus tergerus. Padahal, bahasa daerah mencirikan identitas dan mencerminkan budaya. Untuk itu, membangun kesadaran generasi muda sebagai pewaris bahasa daerah identik dengan membangun kecintaan generasi muda akan bahasa daerahnya. Dengan melihat korelasi timbal baliknya dengan pendidikan, maka dalam membangun kecintaan berbahasa daerah yang bermuara pada pelestariannya, maka penelitian menyangkut pelestarian bahasa Tulehu berbasis sinergitas masyarakat dan sekolah di Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan situasi kebahasaan di tengah masyarakat penutur bahasa Tulehu dan mengidentifikasi ranah-ranah penggunaan bahasa Tulehu. Dengan pendekatan kualitatif, metode yang dimanfaatkan untuk mengumpulkan data adalah observasi, survei, dan wawancara. Sumber data penelitian adalah para responden dan para informan dari generasi muda (GM), generasi transisi (GT), dan generasi lanjut usia (GL) yang berprofesi tenaga edukatif, pensiunan, petani, pedagang, juga tukang bangunan, serta generasi muda yang berstatus pelajar dan mahasiswa. Hasil penelitian memberi gambaran bahwa penggunaan bahasa Tulehu masih berlangsung pada ranah keluarga, ranah transaksi, dan ranah adat dengan tingkat kekerapan di bawah 50%. Di samping itu, kosakata yang dimiliki oleh para penutur pun sudah sangat mengerucut dalam perbandingan antara penutur GL, GT, dan GM.
RETORIKA INTERPERSONAL DALAM RESPONS ADU MULUT ORANG AMBON MELALUI MEDIA SOSIAL (KAJIAN SOSIOPRAGMATIK) Pesiwarissa, Leonora Farilyn; Hiariej, Chrissanty; Soffianto, Intan Rukmawati
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1 (2021): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol3no1hlm437-446

Abstract

Suatu respons dengan menggunakan kata-kata biasanya merupakan wujud kebahasaan yang berupa tuturan verbal maupun nonverval. Makna yang terkandung pada respons pun menjadikan percakapan sejalan dengan konteks yang tersirat dan tersurat secara retorik. Hal itu menjadikan hampir semua percakapan dalam komunikasi memberikan kontribusi yang menjadikan adanya variasi percakapan. Variasi percakapan yang banyak ditampilkan berdasarkan fakta pada era 4.0 ini adalah sejumlah perilaku yang muncul lebih personal yang mengarah secara retorik. Retorika personal diperlihatkan melalui ungkapan, pernyataan emosi yang bertujuan menjelaskan keadaan batin penutur agar diketahui mitra tutur. Jika respons yang ditunjukkan mengarah pada hal yang sifatnya emosional, baik positif atau negatif dapat menjadikan tuturan dipahami secara berbeda berdasarkan latar belakang penutur. Oleh karena itu, tidak mudah memaknai suatu tuturan, apalagi mengenali maksud yang tersirat pada tuturan. Efek yang akan terjadi ketika ketidaksesuaian antara maksud penutur dengan orang lain mejadikan pertuturan terkendala, bahkan salah paham. Respons yang dihasilkan pun akan menyebabkan terjadi adu mulut atau saling berbalas tulisan dengan ungkapan-ungkapan tertentu. Umumnya respons yang mempunyai efek besar pada aktivitas penutur dinyatakan pada media sosial. Dalam hal ini dikhususkan pada media facebook. Hal ini disebabkan karena pengguna media sosial ini banyak dan dapat dibaca oleh sebagian besar keluarga, teman, patner kerja bahkan orang asing. Dengan demikian, fenomena ini dapat dijadikan sebagai suatu kajian penelitian bahasa yang mengarah pada kajian sosiopragmatik, yang bertujuan mendeskripsikan bentuk, fungsi dan perilaku retorika interpersonal dalam respons adu mulut orang Ambon melalui media sosial. Metode penelitian ini akan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Untuk menganalisis data yang diperoleh. Tentu saja dengan menggunakan tahapan-tahapan penelitian kualitatif.
KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI MELALUI DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL SINEMATISASI PUISI KARYA DEWESY PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNPATTI Latupeirissa, Elsa
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1 (2021): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol3no1hlm423-436

Abstract

Kemampuan mengapresiasi puisi dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mendesain media pembelajaran audiovisual sinematisasi puisi. Kemampuan mengapresiasi puisi merupakan kemampuan memberi penilaian atau penghargaan terhadap karya itu dengan melibatkan aspek kognitif, aspek emotif dan aspek evaluatif. Kemampuan mendesain media pembelajaran merupakan upaya untuk ketersediaan media pembelajaran yang dijadikan sebagai bahan ajar serta sebagai upaya merevitalisasi karya sastra. Penilaian terhadap desain media ini dengan menggunakan beberapa kriteria yaitu pada teks puisi itu, pemeran tokoh , audio, dan visual. Lima belas responden dipakai untuk memberikan penilaian terhadap desain media pembelajaran. Hasil yang diperoleh adalah mahasiswa mampu mendesain media pembelajaran audiovisual sinematisasi puisi karya Dewesy sebagai bentuk kemampuan mereka dalam mengapresiasi puisi. Kemampuan apresiasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unpatti sudah pada tahap produktif, yakni mampu mengahsilkan wajah karya sastra dalam kemasan yang baru, tanpa menghilangkan makna dari karya itu sendiri.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 7 No 2 (2025): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7 No 1 (2025): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 3 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 3 (2023): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 2 (2023): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 1 (2023): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4 No 3 (2022): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4 No 2 (2022): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4 No 1 (2022): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 3 (2021): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 2 (2021): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1 (2021): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 3 (2020): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 1 (2020): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 3 (2019): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 2 (2019): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2019): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia More Issue