cover
Contact Name
ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Contact Email
arbitrer.jurnal@gmail.com
Phone
+6285243260251
Journal Mail Official
arbitrer.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Kampus FKIP Universitas Pattimura Poka-Ambon, 97233, Indonesia.
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by Universitas Pattimura
ISSN : -     EISSN : 26851873     DOI : https://doi.org/10.30598/arbitrervol1no1tahun2019
Arbitrer: Jurnal Pendidikan dan Bahasa Indonesia memuat artikel-artikel ilmiah dalam bidang Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, termasuk Bahasa dan Sastra Daerah, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Artikel dapat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan kajian pustaka.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 3 (2023): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia" : 5 Documents clear
VIRAL, TRENDING, DAN LATAH: EKSISTENSI PANTUN IKAN HIU MAKAN TOMAT SEBAGAI PERWUJUDAN SASTRA DIGITAL Indriyani, Jiphie Gilia; Ulinnuha, Nurissaidah
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 3 (2023): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol5no3hlm929-948

Abstract

Kemunculan “Ikan Hiu makan tomat” sebagai trending topic Twitter pada tahun 9 Desember 2020 menjadi tanda eksistensi pantun—sastra lisan—dalam dunia digital, sebuah bentuk kelisanan kedua. Tanggapan pembaca yang beragam merupakan respon masyarakat Twitter terhadap blank space teks sastra tersebut. Ingatan kolektif masyarakat menjadikan jembatan interaksi antara teks sastra dan pembaca. Keberagaman tanggapan pembaca ini yang menjadi objek material dalam menelusuri respon pembaca. Respon pembaca “Ikan Hiu makan tomat” di Twitter dihimpun dengan metode Data Mining. Terdapat empat tahapan dasar dalam data mining yaitu pengumpulan data. Pada penelitian ini, data berasal dari API Twitter. Hasilnya ditemukan sejumlah 16.720 tweet pantun yang merupakan tanggapan pembaca. Data tersebut kemudian ditelaah sebagai bentuk resepsi menggunakan teori Wolfgang Iser. Berdasar hasil analisis tersebut, diperoleh jeni-jenis tema resepsi berupa tweets dan retweet bertema ungkapan cinta, perasaan rindu, motivasi, kekecewaan dan ragam iklan yang mengisi blank space dari “Ikan Hiu Makan Tomat”.
Proyek Video Kreatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Wibowo, Yermia Nugroho Agung; Mukhzamilah, Mukhzamilah; Kayati, Afiyah Nur
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 3 (2023): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol5no3hlm989-1000

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan mata kuliah wajib yang bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang terampil dalam berbicara. Dalam mata kuliah tersebut, terdapat teori dan praktik. Kegiatan praktik dalam perkuliahan keterampilan berbicara telah dilakukan. Bentuk kegiatan praktik tersebut berupa mendongeng, presentasi, melaporkan berita, dan kegiatan lain. Sayangnya, kegiatan tersebut belum dapat meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa. Tidak semua mahasiswa melaksanakan praktik berbicara dengan baik dan bersemangat. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan melakukan eksperimen berupa proyek video kreatif untuk meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan tugas proyek. Data berupa nilai pretest, posttest, dan nilai video kreatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia yang terdiri atas dua kelas. Analisis data dilakukan dengan statistik sederhana. Hasil yang diperoleh adalah proyek video kreatif dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa yang terbukti dari nilai video kreatif, nilai keterampilan berbicara mahasiswa, dan peningkatan nilai pretest ke posttest yang lebih baik daripada kelas kontrol. Selain itu, melalui proyek video kreatif motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan melaksanakan tugas juga meningkat. Kata kunci: video kreatif, pembelajaran berbasis proyek, keterampilan berbicara
NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NYANYIAN YORWOY DI PULAU MOA KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA Lewier, Mariana -; Maspaitella, Martha; Septory, Jean V.
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 3 (2023): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol5no3hlm949-958

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam nyanyian Yorwoy. Yorwoy sebagai salah satu nyanyian adat berbahasa Moa di di Desa Tounwawan, Pulau Moa, Maluku Barat Daya masih dilantunkan dalam berbagai peristiwa adat sesuai konteks peristiwa. Nilai pendidikan karakter ini sangat penting di era globalisasi saat ini untuk menyiapkan generasi muda yang berkarakter kuat dalam menghadapi segala tantangan. Nyanyian Yoryow bersifat naratif dan diciptakan pada peristiwa pemberian nasihat kepada generasi muda. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, rekaman, wawancara, dan catatan lapangan, kemudian diverifikasi melalui kelompok diskusi terpumpun, serta triangulasi teori dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nyanyian Yorwoy memiliki nilai karakter cinta damai, disiplin, toleransi, mandiri, peduli sosial, kerja keras,dan tanggung jawab. Kata kunci: nilai, pendidikan karakter, nyanyian Yorwoy
CK, AK ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM KELUARGA MULTIKULTURAL PADA VLOG YOUTUBE KIMBAB FAMILY (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK) Rumalean, Iwan -; ., Wiwin
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 3 (2023): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol5no3hlm959-972

Abstract

penelitian ini bertujuan mendeskripsikan alih kode dan campur kode dalam percakapan keluarga multikultural pada vlog youtube kimbab family. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian kualitatif yang dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teori dan pendekatan linguistik transformasional. Data berupa kalimat, kata, frasa, dan kalusa pada Vlog Youtube Kimbab Family yang mengandung alih kode dan campur kode. Sumber data yang digunakan ialah satu Vlog Youtube Kimbab Family dengan judul vlog Pertama Kali Masak Makanan Khas Malang (Feat.Korea Reomit) di unggah tanggal 03 Mei 2020. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak yang dilakukan dengan menyimak percakapan pada Vlog Youtube Kimbab Family dan teknik catat yang dilakukan dengan mencatat data percakapan pada Vlog Youtube Kimbab Family yang mengandung alih kode dan campur kode. Langkah-langkah analisis dilakukan dengan tahapan: 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) verifikasi atau penarikan kesimpulan, dan 5) validasi data. Hasil penelitian diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) alih kode bentuk eksternal, (2) campur kode bentuk kata, frasa, dan klausa dalam tuturan Vlog Youtube Kimbab Family.
PEMERTAHANAN BAHASA SELWASA DI DESA BATU PUTIH KECAMATAN WERMAKTIAN KABUPATEN KEPULAUAN TANIMBAR Fenanlabir, Ursula Margarita; da Costa, Romilda Arivina; Pesiwarissa, Leonora F
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 3 (2023): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol5no3hlm973-988

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena sosial pemertahanan bahasa di Desa Batu Putih, Kecamatan Wermaktian, Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif yang berfokus pada pemertahaan bahasa, yang dilihat berdasarkan penggunaan bahasa pada ranah keluarga, ranah tetangga, ranah tetangga, ranah kerja, ranah agama, ranah adat, dan ranah pendidikan. Untuk pengumpulan data, metode yang digunakan ialah observasi, rekaman, wawancara, kuesioner dan pendokumentasian gambar. Hasil penelitian menunjukan bahwa di Desa Batu Putih persentase bahasa Selwasa tertinggi terlihat pada ranah keluarga, ranah adat dan didukug ranah tetangga. Bahasa Melayu Ambon memiliki persentase terendah jika dibandingkan dengan penggunaan bahasa Selwasa pada ketiga ranah tersebut. Sedangkan menurut usia penutur, penutur GL memiliki persentase tertinggi diikuti GT dan disusul GM dengan persentase terendah. Sedangkan utuk pekerjaan,petani memiliki persentase penggunaan bahasa Selwasa tertinggi dibandingkan persentase penggunaan bahasa Selwasa oleh pekerjaanyang lai. Sehigga dapat dikatakan bahwa bahasa Selwasa masih dipertahankan dengan baik di Desa Batu Putih.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 7 No 2 (2025): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7 No 1 (2025): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 3 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 3 (2023): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 2 (2023): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 1 (2023): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4 No 3 (2022): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4 No 2 (2022): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4 No 1 (2022): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 3 (2021): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 2 (2021): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1 (2021): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 3 (2020): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 1 (2020): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 3 (2019): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 2 (2019): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2019): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia More Issue