cover
Contact Name
ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Contact Email
arbitrer.jurnal@gmail.com
Phone
+6285243260251
Journal Mail Official
arbitrer.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Kampus FKIP Universitas Pattimura Poka-Ambon, 97233, Indonesia.
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by Universitas Pattimura
ISSN : -     EISSN : 26851873     DOI : https://doi.org/10.30598/arbitrervol1no1tahun2019
Arbitrer: Jurnal Pendidikan dan Bahasa Indonesia memuat artikel-artikel ilmiah dalam bidang Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, termasuk Bahasa dan Sastra Daerah, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Artikel dapat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan kajian pustaka.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia" : 8 Documents clear
IMPLEMENTASI HIDDEN CURRICULUM DAN INTERAKSI GURU DENGAN PESERTA DIDIK TPA BAITURRAHMAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER Hasibuan, Revi Mariska
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol6no1hlm1077-1088

Abstract

Pelaksanaan hidden kurikulum berjalan melalui suatu sistem organisasi, sistem sosial, budaya dan dari berbagai sisi lainnya. Hidden curriculum menjadi salah satu bentuk kurikulum pendidikan di Indonesia berupa gagasan yang didapatkan untuk perubahan dan perkembangan yang lebih baik. Hidden curriculum menunjukkan pada interaksi guru dan peserta didik yang tidak dipelajari dan direncanakan dalam sebuah program di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan konsep hidden curriculum serta interaksi seorang guru kepada peserta didiknya yang terjadi pada hidden curriculum selama proses belajar mengajar berlangsung pada peserta didik TPA Baiturrahmah. Pengajaran ini berlangsung pada kegiatan-kegiatan yang diimplementasikan menjadi suatu kebiasaan dalam proses belajar mengajar berlangsung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model akhir yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan dan hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa kegiatan hidden curriculim yang diimplementasikan pada peserta didik TPA Baiturrahmah melalui interaksi yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik pada penerapan hidden curriculum yang terdiri atas empat interaksi, yaitu generalisasi, modeling, explication dan imbalan serta hukuman. Temuan dan kesimpulan penelitian ini terkait implementasi hidden curriculum pada peserta didik TPA Baiturrahmah, dapat menambah pemahaman dan wawasan mengenai penerapan model pembelajaran seorang pendidik dalam pembentukan karakter peserta didik.
ANALISIS REKONSTRUKSI PENILAIAN SUMATIF SOAL PTS TEKS KARYA ILMIAH KELAS XI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Handayani, Ihda Putri
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol6no1hlm1021-1032

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan butir soal pada kelas XI kurikulum merdeka khususnya pada teks karya ilmiah. Penelitian ini menggunakan tiga sekolah yaitu SMA Islam swasta di Semarang, SMA Negeri di Cilacap, dan SMA Negeri di Purbalingga. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif menggunakan kata-kata didalamnya dan perolehan datanya dengan wawancara dengan guru terkait. Butir soal yang digunakan yaitu dari hasil penilaian sumatif di SMA dengan kurikulum merdeka. Menggunakan pedoman pembelajaran dan asesmen kurikulum merdeka yang diterbitkan oleh Kementerian dan Kebudayaan yang sudah dirancang dengan sedemikian rupa. Mengikuti pedoman dari tujuan pembelajaraan, pembelajaran abad 2.1, dan profil pelajar pancasila.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 3 AMBON Papilaya, Green G.; Somelok, Grace
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol6no1hlm1001-1010

Abstract

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan judul Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Melalui Model Pembelajaran Contekstual Teaching and Learning Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Ambon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan peningkatan kemampuan menulis teks anekdot melalui model pembelajaran contekstual teaching and learning siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Ambon. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang dari X MIPA 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, angket, dan penugasan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran terdapat 2 siklus, yaitu proses pembelajaran siklus I belum maksimal dilihat dari ketuntasan belajar siswa yaitu 10 orang siswa tidak tuntas dan 10 orang laninya tuntas dengan prsesentase 50% berbeda dengan proses pembelajaran siklus II yang lebih efesien karena terdapat 17 siswa dinyatakan tuntas dan 3 siswa lainnya dinayatakan tidak tuntas tuntas dengan presentase 85%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menulis teks anekdot siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3Ambon mengalami peningkatan.
KAJIAN LINGUISTIK: PEMANFAATAN APLIKASI MOBILE LEARNING SEBAGAI SARANA MEMPERMUDAH SISWA DIFABEL (TUNA RUNGU) SEKOLAH DASAR DALAM BERKOMUNIKASI Handayani, Sri Murni
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol6no1hlm1089-1101

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan agar Masyarakat tahu peran teknologi memiliki manfaat yang besar dalam membantu siswa-siswa difabel tersebut khususnya siswa tunarungu berdasarkan dari hasil kajian linguistiknya. Pada penelitian ini, peneliti akan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), dengan pendekatan kualitatif (meta-analisis). Hasil dari penelitian ini yatitu didukung oleh kajian linguistik yang menyoroti pentingnya pragmatik dalam memahami kemampuan komunikatif individu dengan gangguan pendengaran dan pentingnya kecakapan komunikatif bagi penutur bahasa dalam menggunakan bahasa sesuai dengan konteks komunikatifnya. Dengan demikian, sebelum menerapkan mobile learning kepada siswa difabel, penting untuk mencari aplikasi yang sesuai dan cocok agar dapat mempermudah komunikasi sehari-hari mereka. Kata Kunci: Kajian Linguistik, aplikasi mobile learning, difabel (tunarungu).
PENGARUH PENGGUNAAN RAGAM BAHASA INDONESIA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS PATTIMURA TAHUN 2023 Noya van Delsen, Marlon Stivo; Umkeketony, Sarleoki Nancy
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol6no1hlm1011-1020

Abstract

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi sekaligus bahasa nasional di Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan varietas yang dibakukan dari bahasa Melayu, rumpun Austronesia yang digolongkan kedalam rumpun Melayu yang merupakan cabang turunan dari Melayu dan Polinesia. Bahasa Indonesia sejak lama digunakan sebagai basantara di wilayah kepulauan Indonesia yang rata-rata memiliki kemajemukan linguistika. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif karena menggambarkan suatu peristiwa secara sistematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pembahasan penelitian ini yaitu (1) penjelasan secara rinci pola interaksi mahasiswa dengan dosen dalam pembelajaran mengunakan ragam bahasa, (2) penjelasan secara rinci interaksi mahasiswa dalam pembelajaran menggunakan ragam bahasa, (3) pola interaksi dalam pembelajaran menggunakan ragam bahasa terhadap mahasiswa. Kesimpulan berdasarkan pembahasan yang telah dijabarkan pada pembahasan maka dapat diambil kesimpulan yaitu, terdapat pola interaksi mahasiswa dengan dosen dalam pembelajaran, adanya interaksi mahasiswa dalam pembelajaran, dan pola interaksi dalam pembelajaran menggunakan ragam bahasa terhadap mahasiswa melalui pola satu arah dan pola dua arah
BENTUK DAN FUNGSI IMPLIKATUR PERCAKAPAN ANAK USIA 3—6 TAHUN Hiariej, Chrissanty; Wuarlela, Mouren
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol6no1hlm1033-1048

Abstract

Implikatur percakapan merupakan bagian dari pertuturan yang digunakan untuk menyampaikan maksud penutur. Umumnya implikatur sering ditemukan dalam percakapan orang dewasa. Namun, setelah diteliti, implikatur juga dapat muncul dalam percakapan anak-anak. Anak-anak khususnya usia 3—6 tahun sudah memahami dan mengekspresikan perasaan, keinginan dan harapan mereka yang diperoleh dari keluarga, lingkungan, dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan bentuk implikatur percakapan bahasa Indonesia anak usia 3—6 tahun, (2) mendeskripsikan fungsi implikatur percakapan bahasa Indonesia anak usia 3—6 tahun. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik yang dipakai dalam pangumpulan data implikatur percakapan anak usia 3—6 tahun di Ambon adalah teknik observasi, teknik pemancingan, teknik rekaman, dan teknik catatan lapangan. Penganalisisan data penelitian ini menggunakan metode padan alat penentu pragmatis. Prosedur penganalisisan data dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan untuk menjawab semua rumusan masalah penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikatur percakapan anak usia 3—6 tahun muncul ketika anak bersama banyak orang, seperti berada dengan kumpulan teman-teman yang sebaya dan orang dewasa di sekitarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, bentuk implikatur percakapan anak usia 3—6 tahun terdiri atas tiga macam, yaitu implikatur percakapan umum, implikatur percakapan khusus, dan implikatur berskala. Kedua, berdasarkan hasil penelitian tentang fungsi implikatur percakapan khusus anak usia 3—6 tahun terdiri atas empat fungsi implikatur percakapan, antara lain fungsi kompetitif, fungsi menyenangkan, bekerja sama, dan bertentangan. Fungsi kompetitif terdiri atas memerintah dan meminta. Fungsi menyenangkan terdiri atas menawarkan, mengajak, dan menyapa. Fungsi bekerja sama yaitu melapor. Fungsi bertentangan terdiri atas mengancam, menuduh, menyumpahi, dan memarahi.
SIKAP APATIS TOKOH RACHEL DALAM NOVEL SAKURA DALAM PELUKAN KARYA AUNI FA (KAJIAN PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD) Umamit, Julianti; Lewier, Mariana; Hiariej, Chrissanty
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol6no1hlm1063-1076

Abstract

Karya sastra merupakan karya yang mengulas tentang permasalahan kehidupan yang bersifat imajinatif. Permasalahan yang sering terjadi pada kehidupan manusia seperti konflik antara manusia dengan manusia lainnya. Permasalahan tersebut dapat diungkapkan dalam salah satu jeniskarya sastra yaitu novel.Novel yang membahas salah satu konflik yang terjadi antara tokoh dengan tokoh lainnya adalah novel Indonesia yang dibicarakan dalam penelitian ini, yang berjudul Sakura dalam Pelukan karya Auni Fa.Novel Sakura dalam Pelukan karya Auni Fa menceritakan seorang anak yang bernama Rachel tinggal dan tumbuh di keluarga yang berada, namun ia memiliki sikap apatis terhadap Ayahnya dikarenakan Ayahnya sibuk bekerja dan jarang meluangkan waktu bersama keluarga. Konflik yang terjadi antara Rachel dengan Ayahnya menyebabkan Rachel memiliki kepribadian yang apatis terhadap Ayahnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan sikap apatis tokoh Rachel dalam novel Sakura dalam Pelukan karya Auni Fa dengan kajian psikoanalisis Sigmund Freud. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kalimat langsung dan kalimat tak langsung yang merujuk pada sikap apatis tokoh Rachel, sedangkan sumber data yang digunakan ialah novel Sakura dalam Pelukan karya Auni Fa. Teknik pengumpulan data penelitian ini teknik kepustakaan. Langkah-langkah analisis dilakukan dengan tahapan: (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, dan (4) Verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini adalah: (1) Sikap aptis tokoh Rachel dalam novel Sakura dalam Pelukan karya Auni Fa yang menunjukkan id dan ego. Aspek dari struktur kepribadian Sigmund Freud yang paling dominan pada tokoh Rachel adalah aspek ego, sedangkan superego tidak ada pada tokoh Rachel dalam novel Sakura dalam Pelukan. (2) Mekanisme pertahanan ego. Tokoh Rachel dalam menghadapi sikap apatisnya menggunakan mekanisme pertahanan ego yaitu penolakan, melawan diri sendiri, dan sublimasi.
RAGAM GAUL PADA MEDIA SOSIAL FACEBOOK REMAJA USIA 10-19 TAHUN DI DESA POKA KECAMATAN TELUK AMBON Parwati, Rina; da Costa, Romilda Arivina; Pesiwarissa, Leonora Farilyn
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol6no1hlm1077-1088

Abstract

Ragam gaul merupakan bahasa nonformal berasal dari bahasa rahasia yang diciptakan dikalangan masyarakat dalam bahasa lisan maupun tulisan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bentuk dan makna serta fungsi ragam gaul yang digunakan pada media sosial facebook remaja usia 10-19 tahun di Desa Poka Kecamatan Teluk Ambon. Metode dalam penelitian ini ialah metode kualitatif. Data dalam penelitian ini ialah tuturan dalam status maupun komentar facebook. Sumber data yang digunakan ialah media sosial facebook. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi yang dilakukan dengan menyimak tuturan dalam media sosial facebook. Pelaksanaan teknik simak didukung dengan teknik sadap (baca), teknik simak libat cakap, dan teknik catat. Teknik yang lain yang digunakan ialah pendokumentasi yang dilakukan dengan mengambil tangkapan layar berupa status dan komentar dari media sosial facebook. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 4 bentuk ragam gaul yakni jargon, prokem argot dan colloquial. Bentuk ragam gaul dalam status dan komentar yang terjadi memanfaatkan pemendekan kata (akronim), vokal, kata dasar, ungkapan, reduplikasi, perubahan bunyi, penambahan suku kata, perubahan fonem dan pemendekan kata (penggalan). Makna dalam ragam gaul lebih mengarah pada maksud-maksud tertentu. Fungsi-fungsi sosial yang ditemukan dalam ragam gaul 1) ekspresi kedekatan, 2) keterkaitan hubungan, 3) ekspresi solidaritas, 4) mengalihkan topik, 5) rasa humor, 6) menyatakan kesenangan, 7) keakraban dan keintiman, 8) sarana kebencian, dan 9) membuat orang terkesan bingung.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 7 No 2 (2025): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7 No 1 (2025): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 3 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 3 (2023): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 2 (2023): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 1 (2023): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4 No 3 (2022): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4 No 2 (2022): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4 No 1 (2022): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 3 (2021): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 2 (2021): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1 (2021): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 3 (2020): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 1 (2020): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 3 (2019): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 2 (2019): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2019): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia More Issue