cover
Contact Name
ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Contact Email
arbitrer.jurnal@gmail.com
Phone
+6285243260251
Journal Mail Official
arbitrer.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Kampus FKIP Universitas Pattimura Poka-Ambon, 97233, Indonesia.
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by Universitas Pattimura
ISSN : -     EISSN : 26851873     DOI : https://doi.org/10.30598/arbitrervol1no1tahun2019
Arbitrer: Jurnal Pendidikan dan Bahasa Indonesia memuat artikel-artikel ilmiah dalam bidang Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, termasuk Bahasa dan Sastra Daerah, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Artikel dapat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan kajian pustaka.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia" : 8 Documents clear
ANALISIS KESALAHAN TATA BAHASA PADA SKRIPSI MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN UKIM Pattipeiluhu, Lisse; Ajawaila, Della Paula
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol6no2hlm1165-1174

Abstract

Skripsi adalah sebuah karya tulis ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa sebagai salah satu persyaratan untuk memperoleh gelar sarjana. Tujuan utama skripsi adalah untuk menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam menghasilkan kontribusi baru dalam bidang studi tertentu. Skripsi yang dihasilkan mencerminkan pembimbingan dan proses sistematis yang harus dilalui oleh mahasiswa. Proses ini memerlukan beberapa bulan karena mahasiswa dituntut berpikir dan bertindak dengan konsisten untuk menyelesaikan setiap tahapan. Namun dalam praktiknya, seringkali ditemukan adanya kesalahan tata bahasa dalam skripsi mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tata bahasa pada skripsi mahasiswa Fakultas Kesehatan UKIM. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan data. Pengumpulan data dokumentatif dari skripsi mahasiswa Fakultas Kesehatan. Teknik pengumpulan melalui dua metode yaitu baca dan catat. Analisa yang digunakan adalah univariat untuk menggambarkan karakteristik tata bahasa dengan tujuh variabel yang diteliti. Adapun tahapan yang dilakukan: (1) Pengidentifikasian data, (2) Pengklasifikasian data, dan (3) Penjelasan data. (4) Pengevaluasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa kesalahan penulisan skripsi mahasiswa pada tiga angkatan (2019, 2020, dan 2021) yaitu penggunaan PUEBI (huruf kapital, kata turunan, gabungan kata, penulisan kata depan, penulisan kata ganti, tanda baca titik, tanda baca koma, dan unsur serapan), struktur laporan sesuai panduan fakultas, pengutipan, konsistensi format laporan, isi karya tulis, kesimpulan, penulisan daftar pustaka, dan kalimat efektif. Kesalahan penulisan skripsi secara keseluruhan berada pada kategori rendah dan sedang.
TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DI SLB TUNAS KASIH SURABAYA (KAJIAN PRAGMATIK) Oktaviary, Halimatus; ., Suhartono; Turistiani, Trinil Dwi
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol6no2hlm1103-1116

Abstract

Abstract: This study aims to describe directive speech acts and teacher speaking strategies at SLB Tunas Kasih Surabaya. The study uses a qualitative descriptive approach with data in the form of speech containing directive speech acts and teacher speaking strategies. Data collection was carried out using the STLC (Listening Without Speaking) method by recording teacher conversations in class. Data analysis used the Miles & Huberman method through 3 steps, namely data reduction, presentation, and verification conclusions. The findings of the study in the form of teacher speech acts amounted to 209 data consisting of commanding speech (75), requesting (34), advising (43), challenging (31), and recommending (24). In addition, 157 teacher speaking strategies were also found consisting of strategies for speaking frankly without further ado (99), speaking with positive politeness (54), and speaking with negative politeness (4). Keywords: Directive Speech, Speech Strategies, Pragmatic
PERANG BAHASA DI MEDIA SOSIAL KASUS PENGANIAYAAN PADA ANAK SELEBGRAM EMY AGHNIA: KAJIAN SEMANTIK DAN PRAGMATIK Aulia, Nanda Fitri; Ardhianti, Mimas
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol6no2hlm1117-1132

Abstract

The purpose of this research is to find out (1) semantic studies and (2) pragmatic studies in the utterances of @emyaghnia's post upload comments. Researchers used a qualitative description type of research in this study. The upload of @emyaghnia's Instagram post is the source of data in this study. The data used in this study are in the form of screenshots of @emyaghnia's Instagram post upload comments. Data collection researchers use free listening techniques and record in this study as an instrument in this study, the data analysis technique used in this study is data reduction, data presentation and the last step is conclusion drawing. Based on the results of data analysis found by researchers, it can be concluded into two. First, the form of lexical and grammatical meaning in the comments of @emyaghnia's posts. The second data type of illocutionary speech acts found is expressive, and declarative. With this research, researchers can expand their understanding of semantics and pragmatics more deeply.
PENOLAKAN PADA KATA GAK SEBAGAI BENTUK PELANGGARAN KETIDAKSANTUNAN BERBAHASA MAKSIM KEMUFAKATAN DI PASAR TRADISIONAL SURABAYA Susanti, Siti Avi; Indrayanti, Tri; Budiono, Sunu Catur
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol6no2hlm1133-1144

Abstract

Penolakan kata Gak merupakan salah satu tuturan ketidaksantunan berbahasa yang diucapkan masyarakat di pasar tradisional Surabaya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penolakan kata Gak sebagai bentuk pelanggaran ketidaksantunan berbahasa maksim kemufakatan di pasar tradisional Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa frasa, kata, dan kalimat tuturan penolakan kata Gak yang dituturkan masyarakat di pasar tradisional Surabaya yang mempunyai unsur ketidaksantunan berbahasa. Sumber data yang digunakan ialah tuturan atau ujaran masyarakat di pasar tradisional Surabaya, khususnya Pasar Pagesangan, Pasar Pucang, Pasar Genteng, Pasar Turi, dan Pasar Manukan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak atau mendengar, mencatat, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif. Ketidaksantunan berbahasa pada maksim kemufakatan ditemukan ada 12 pelanggaran ketidaksantunan dalam berbahasa pada kata Gak, 10 di antaranya ditemukan di Pasar Manukan, 1 pelanggaran ditemukan di Pasar Pucang, dan 1 pelanggaran lain ditemukan di Pasar Pagesangan.
ABREVIASI DALAM PERCAKAPAN GRUP MAHASISWA PBSI ANGKATAN 2017 MELAUI MEDIA SOSIAL MESSENGER ., Astrianti; da Costa, Romilda Arivina
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol6no2hlm1145-1164

Abstract

Abreviasi merupakan proses morfologis yang menanggalkan satu atau beberapa bagian leksem atau kombinasi leksem sehingga menghasilkan bentuk baru yang berstatus kata. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan bentuk, jenis dan proses pembentukan abreviasi dalam percakapan grup mahasiswa PBSI angkatan 2017 melalui media sosial messenger. Metode dalam penelitian ini ialah metode kualiatatif. Data dalam penelitian ini berupa bentuk kata, frasa yang mengandung abreviasi. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini ialah media sosial messenger pada grup mahasiswa PBSI angkatan 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik simak, sadap dan catat. Teknik pengumpulan data yang dominan digunakan dalam penelitian ini ialah teknik simak dan sadap untuk memperoleh data berupa bentuk kata atau frasa yang mengandung abreviasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan abreviasi bentuk kata dan frasa, yang terbentuk melalui akronimisasi, kontraksi, penyingkatan, pemenggalan, dan perlambangan huruf, dengan adanya pengekalan huruf, pengekalan suku kata, pengekalan huruf dan suku kata, hingga menghasilkan akronim, kontraksi, singkatan, penggalan dan lambang huruf. Adapun abreviasi yang paling dominan digunakan dalam sebuah percakapan grup mahasiswa PBSI angktan 2017 yaitu, abreviasi berjenis singkatan.
BENTUK SAPAAN BAHASA FORDATA DALAM DIALEK SEIRA DI DESA THEMIN KECAMATAN WERMAKTIANKABUPATEN KEPULAUAN TANIMBAR (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK) Samangun, Hermanus Stenli; Sasabone, Carolina; Somelok, Grace
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol6no2hlm1103-1116

Abstract

Semua bahasa mempunyai bahasa tutur sapa sama halnya dengan bahasa Fordata, yakni sistem yang mempertautkan seperangkat kata-kata atau ungkapan yang dipakai untuk menyapa para pelaku dalam satu peristiwa sehingga sapaan juga merupakan kesantunan berbahasa. Penutur bahasa Fordata merupakan masyarakat kepulaun Fordata yang bermigrasi ke Pulau Seira di Desa Themin. Selain itu masyarakat di desa Themin juga tetap menjaga dan melestarikan bahasa Fordata dengan sangat baik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk sapaan bahasa Fordata di desa Themin Kecamatan Wermaktian Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan data penelitian yaitu data verbal berupa tuturan dalam bahasa Fordata di desa Themin Kecmatan Wermaktian Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang terdapat sapaan dalam komunikasi mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Bahasa Fordata memiliki empat bentuk sapaan. Empat Bentuk sapaan yaitu, bentuk sapaan berdasarkan jenis kelamin yang terbagi menjadi 2 yakni sapaan terhadap laki-laki dan sapaan terhadap perempuan. Berikunya bentuk sapaan berdasarkan usia yang terbagi menjadi 4 yakni sapaan untuk usia 50 tahun ke atas, sapaan untuk usia menengah, sapaan untuk usia dewasa, dan sapaan untuk usia remaja dan anak-anak. Bentuk sapaan selanjutnya adalah bentuk sapaan berdasarkan status sosial, dan bentuk sapaan berdasarkan pronomina.
CARA MEMAKNAI FORUK ETNIK TANIMBAR MELALUI POLA PEMAKNAAN KORELASI Maspaitella, Martha
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol6no2hlm1207-1216

Abstract

Foruk disampaikan secara metaforis melalui pengetahuan dan pengalaman pelantun foruk, sehingga memiliki konsep-konsep yang abstrak untuk dimaknai. Oleh karena itu, perlu memahami konsep-konsep itu terlebih dahulu dengan menghubungkannya pada simbol yang digunakan sebagai domain sumber untuk mendapatkan makna foruk secara utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara memaknai foruk melalui pola korelasi konsep dan objek dalam metafora kognitif. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan semantik kognitif. Data metafora kognitif berupa satuan lingual kata dan kelompok kata ditemukan dalam foruk yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, rekaman, dan catatan lapangan dari para pelantun foruk yang menjadi sumber data. Selanjutnya, menggunakan teori struktur metafora konseptual Kovecses untuk melihat pola korelasi konsep dan objek dalam metafora kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metafora kognitif di dalam foruk memiliki korelasi kuantitas-vertikalitas dan korelasi motivasi-tujuan.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP KRISTEN 1 SERAM BARAT KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT Sasabone, Carolina; Kuhuwael, Maria
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol6no2hlm1217-1236

Abstract

Menulis adalah salah satu keterampilan yang sangat penting untuk diajarkan di sekolah, di samping keterampilan membaca, berbicara dan mendengar atau menyimak. Menulis dikatakan sangatlah penting karena keterampilan menulis adalah bentuk keterampilan yang sangat jarang diterapkan seseorang dalam kehidupannya sehari-hari. Guru telah berusaha memberikan treatment atau rangsangan untuk membangkitkan daya berpikir siswa namun rasa malas dan bosan yang menjadi penyebab proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan baik. Oleh sebabitu cara yang cara yang efektif untuk mempermudah siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi yaitu penggunaan media video. Dengan tujuan media video ini mampu meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Kristen 1 Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat. Dalam penelitian ini, metode yang dipakai adalah true experimental design dalam bentuk pretest-posttests control group design. Dalam desain pretest-postest control group design terdapat dua kelompok yang dipilih secara acak”. Jadi setiap kelompok yang akan menjadi kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol intinya akan dipilih secara acak. Berdasarkan hasil uji paired samples t test maka dapat diketahui bahwa hipotesis dalam penelitian ini yaitu Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh penggunaan media video terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 7 No 2 (2025): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7 No 1 (2025): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 3 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 3 (2023): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 2 (2023): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 1 (2023): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4 No 3 (2022): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4 No 2 (2022): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4 No 1 (2022): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 3 (2021): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 2 (2021): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1 (2021): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 3 (2020): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 1 (2020): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 3 (2019): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 2 (2019): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2019): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia More Issue