cover
Contact Name
Yudha Eka Nugraha
Contact Email
yudhaekanugraha@gmail.com
Phone
+6281236395938
Journal Mail Official
yudhaekanugraha@gmail.com
Editorial Address
Politeknik Negeri Kupang Kampus Penfui : Jalan Adisucipto P.O. BOX 139 Kupang Telp. (0380) 881246, 881245 Fax.(0380) 881245
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
ISSN : 26222876     EISSN : 26854511     DOI : https://doi.org/10.32511/tourism.v2i2.620
Jurnal Tourism adalah jurnal yang dikelola oleh Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang yang mempublikasikan hasil penelitian yang berhubungan dengan tema Perjalanan Wisata, Perhotelan, Budaya, Destinasi, dan Event. Jurnal ini akan diterbitkan 2 kali dalam setahun pada bulan Mei dan November.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2023): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE" : 8 Documents clear
ANALISIS BIBLIOMETRIK CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM SEKTOR PARIWISATA Ajie Wicaksono
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 6 No 1 (2023): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/tourism.v6i1.965

Abstract

Penelitian mengenai CSR di bidang pariwisata di Indonesia masih sangat terbatas, meskipun regulasi dan himbauan dari pemerintah terkait sudah dicanangkan. Implementasi CSR di sektor pariwisata yang dilakukan oleh para pelaku usaha di sektor pariwisata masih sangat sedikit. Hal ini dimungkinkan karena dampak negatif secara sosial dan lingkungan akibat pariwisata belum dipahami secara luas. Para pelaku usaha masih berfokus pada keuntungan secara ekonomi dan belum mengalokasikan anggaran untuk menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Penelitian ini menganalisis secara bibliometrik mengenai penelitian terkait CSR di bidang pariwisata. Hasil penelusuran menggunakan Publish or Perish (PoP) pun menunjukkan minimnya jurnal penelitian mengenai CSR di sektor pariwisata. Melalui VOSviewer, diperoleh gambaran bahwa CSR bidang pariwisata masih perlu dikaji dan potensial untuk diteliti. Kata kunci: analisis bibliometrik, pariwisata, corporate social responsibility, csr, vos viewer.
STRATEGI ACCOUNT PAYABLE DALAM MELAKUKAN PEMBAYARAN KEPADA SUPPLIER SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SWISS-BELHOTEL RAINFOREST KUTA BALI Putu Dessy Wulandari; A.A.Nym.Sri Wahyuni; Victor Bangun Mulia
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 6 No 1 (2023): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/tourism.v6i1.1030

Abstract

Hotels are one of the tourism sectors affected by the pandemic. The aim of the research is to analyze the strategy of the account payable section in making payments to suppliers and its impact during the co-19 pandemic at Swiss- Belhotel Rainforest. The theory used is the Eisenhower Decision Matrix theory and qualitative research methods. The results of the study, there are four Swiss-Belhotel Rainforest account payable strategies in making payments to suppliers; 1) Mapping operational needs, 2) Making a list of payments 3) Flexible payments, 4) Negotiating with suppliers. The positive impact of the strategy used is that the hotel continues to survive because the fulfillment of operational needs can still be carried out. The negative impact is that some problems arise such as missing notes and the process of filing by accounts payable is slightly delayed due to incomplete supporting files.
PREFERENSI WISATAWAN TERHADAP DESTINASI WISATA DI KABUPATEN BANGLI I Nyoman Sudiarta
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 6 No 1 (2023): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/tourism.v6i1.999

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis preferensi wisatawan terhadap destinasi wisata di Bangli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan kuisioner untuk mengumpulkan data. Kuisioner didistribusikan kepada 200 responden yang terdiri dari 100 wisatawan domestic dan 100 wisatawan asing. Analisis data dilakukan secara kuantitatif menggunakan Analisis Crosstab. Hasil analisis data menemukan bahwa wisatawan domestik dan mancanegara lebih suka mengunjungi dan merasakan wisata petualangan di Bangli. Di urutan kedua adalah wisata alam, kemudian disusul wisata pedesaan. Sedangkan yang paling tidak disukai adalah ekowisata. Berdasarkan analisis data, prioritas pengembangan destinasi wisata di Bangli adalah mengembangkan wisata petualangan yang menawarkan pengalaman berbeda kepada wisatawan. Selain itu, pengembangan destinasi pariwisata di Kabupaten Bangli harus mempertimbangkan empat aspek; daya tarik, amenitas, aksesibilitas, dan layanan tambahan.
ANALISIS PERSEPSI MAKNA DALAM MENENTUKAN POSISI STRATEGIS DESTINASI WISATA PENGUNJUNG TAMAN IMPIAN JAYA ANCOL JAKARTA Muhammad Addien Riski; Ratna Roostika
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 6 No 1 (2023): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/tourism.v6i1.1031

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan serta pengaruh antara citra destinasi, kualitas destinasi, persepsi makna, dan niat kunjungan kembali terhadap destinasi wisata taman impian jaya ancol. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling juga dengan metode purposive sampling. Data yang akan dimunculkan dalam penelitian ini didapatkan dari hasil penyebaran kuesioner secara daring dari 266 pengunjung destinasi wisata taman impian jaya ancol yang valid. Penelitian ini menggunakan purposive sampling didasarkan pada hal peneliti membutuhkan kriteria tertentu agar sampel yang diambil cocok dengan tujuan penelitian agar menghasilkan solusi dalam permasalahan penelitian dan memberikan nilai yang tepat. Pengujian hipotesis menggunakan metode PLS-SEM. Hasil dari Variabel yang digunakan dalam penelitian ini Citra Destinasi, Kualitas Destinasi, Persepsi makna, Niat Berkunjung Kembali. Pengaruh dari Hasil penelitian skripsi ini diharapkan dapat membantu wisatawan dan destinasi wisata ancol dalam menentukan peran persepsi makna menjadi mediasi antara citra destinasi dan kualitas destinasi terhadap niat berkunjung kembali wisatawan.
ANALISIS POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA BERKELANJUTAN BERBASIS KOMUNITAS DI DESA LANGGAHAN, KINTAMANI I Wayan Kiki Sanjaya; I Wayan Sudiarta
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 6 No 1 (2023): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/tourism.v6i1.996

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memetakan potensi wisata yang ada di Desa Langgahan untuk dapat dikembangkan sebagai tujuan pariwisata berkelanjutan yang berbasis community-based tourism (CBT). Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa Desa Langgahan memiliki potensi wisata alam dan budaya namun tidak memiliki wisata buatan. Potensi wisata alam yang ada di Desa Langgahan adalah air terjun Pelisan, perkebunan jeruk dan kopi, serta hutan pinus. Sedangkan potensi wisata budaya adalah upacara melukat dan upacara agama. Potensi tersebut dapat dikembangkan dengan (1) melibatkan seluruh masyarakat dalam perencanaan, pengembangan, dan pengelolaan pariwisata, (2) menyelenggarakan pelatihan kepariwisataan untuk masyarakat, (3) mengembangkan media promosi dengan mengoptimalkan sosial media, (4) melibatkan pihak lain dalam mempromosikan, seperti agen perjalanan wisata, (5) memperbaiki infrastruktur dan akses ke Desa Langgahan, dan (6) menyusun regulasi untuk melindungi sumber daya alam dan budaya.
PENERAPAN PRINSIP COMMUNITY BASED TOURISM DALAM PENGEMBANGAN WISATA DAN HOMESTAY DI DESA WISATA HIJAU SESAOT-LOMBOK BARAT Anak Agung Ngurah Sedana Putra; Lalu Ahmad Zaki; I Wayan Adi Putra Ariawan
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 6 No 1 (2023): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/tourism.v6i1.1032

Abstract

The green tourist village area is a tourist destination which is currently becoming a trend. Green tourist villages offer psychological healing for tourists with natural charm that is natural and free of pollution. In NTB itself there are several green tourism villages that have developed homestays within CBT, one of which is Sesaot Village, Narmada District, West Lombok district, NTB. The research method used is this research uses qualitative research methods. Researchers try to describe the actual conditions or circumstances by collecting data and information in the field and explaining in the form of descriptions without testing hypotheses or making previous predictions. Based on the research conducted, in fact seen from several aspects, communication related to business development planning based on CBT principles is considered not to have been carried out properly, both village- owned enterprises and local community do not understand each other's duties so that every decision in the development effort is taken unilaterally.
BERTAHAN DI ERA PANDEMI COVID-19 (SANGGAR DOKA TAWA TANA DALAM PENGELOLAAN DESA WISATA UMAUTA) Bernardus Tua
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 6 No 1 (2023): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/tourism.v6i1.985

Abstract

Doka Tawa Tana merupakan sanggar budaya pengelola Desa Wisata Umauta di Kabupaten Sikka. Dalam pengelolaan desa wisata tersebut, Sanggar Doka Tawa Tana dihadapkan dengan berbagai peristiwa negatif. Penelitian ini bertujuan menganalisis kendala-kendala dalam pengelolaan pariwisata, khususnya wisata budaya oleh Sanggar Doka Tawa Tana di Desa Wisata Umauta, termasuk dampak Coronavirus Desease 2019 (Covid-19), faktor-faktor yang memengaruhi pengelolaan desa wisata oleh Sanggar Doka Tawa Tana di era Covid-19 dan upaya-upaya yang dilakukan oleh sanggar dalam menghadapi situasi sulit tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini mengungkap upaya bertahan hidup dari Sanggar Doka Tawa Tana di era pandemi Covid-19 dalam pengelolaan Desa Wisata Umauta dengan membangun koneksi dan kolaborasi serta pengembangan kapasitas adaptif.
ANALISIS PENERAPAN PROTOKOL CHSE DI HOTEL BERBINTANG DI KABUPATEN TABANAN Nelsye Lumanauw; Luh Sri Damayanti; Dinar Sukma Pramesti
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 6 No 1 (2023): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/tourism.v6i1.1029

Abstract

This research aimed at analyzing the implementation of CHSE protocol and the strategies applied by the managements of star hotels in Tabanan Regency in welcoming the new normal era. This was descriptive qualitative research involving two hotels that were Natya Hotel and Nirjhara. Data were collected by doing observation, interview, and document analysis. The data were analyzed qualitatively. The results showed that the hotels implemented the CHSE protocol well as it was mentioned by the Ministry of Creative Economic and Tourism of Republic of Indonesia. To welcome the new normal era, the hotels applied several strategies. The first strategy was publishing the information about CHSE protocol implemented in the hotels to the public to build trust and providing discounts and promotion to attract guests to stay. Besides hotels also developed official procedures of CHSE implementation to maintain the consistency of the implementation of the protocol.

Page 1 of 1 | Total Record : 8