cover
Contact Name
Iin Maulina
Contact Email
jurnal.edukasi.paud@unmuhpnk.ac.id
Phone
+6282154724037
Journal Mail Official
jurnal.edukasi.paud@unmuhpnk.ac.id
Editorial Address
Jalan Ahmad Yani No.111 Pontianak - 78124 Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 23380535     EISSN : 25409913     DOI : 10.29406/jepaud
Core Subject : Education,
Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini merupakan terbitan berkala untuk memfasilitasi tulisan dan hasil karya dari mahasiswa, pendidik, akademisi (guru dan dosen) dan peneliti yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini" : 5 Documents clear
ANALISIS PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLES TIME DENGAN SENTRA BAHAN ALAM PADA KELOMPOK A1 DI TAMAN KANAK-KANAK MUJAHIDIN I PONTIANAK ., Fitrianingsih; ., Diana; ., Yuniarti
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.674 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v6i1.1362

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh telah banyak Taman kanak-kanak yang menerapkan pendekatan BCCT,terkadang yang di teori tidak sama dengan pelaksanaan di lapangan, maka dari itu peneliti ingin mengetahui lebih jauh pelaksanaan pendekatan BCCT di lapangan dan teori. Tujuan dari penelitian adalah peneliti ingin mengetahui tentang Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Pendekatan Beyond Centers and Circles Time dengan Sentra Bahan Alam pada Kelompok A1 yang terdiri dari 26 anak di Taman Kanak-Kanak Mujahidin I Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian kualitatif ini diperoleh dari sumber data yang terdiri dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan alat yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan foto, teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu: Member check, dan Triangulasi. Hasil dari penelitian ini (1) Perencanaan: guru bersama kepala sekolah pada awal tahun ajaran baru dalam suatu rapat kerja membuat program tahunan, semester, mingguan, dan kemudian dijabarkan secara rinci dalam RPPH. (2) Pelaksanaan: dilakukan setiap hari tetapi dengan peserta didik yang berbeda, karena pelaksanaan sentra dengan sistem rolling, kegian ini menggunakan empat pijakan yaitu pijakan lingkungan main, pijakan sebelummain, pijakan selama main, pijakan setelah main.  (3) Evaluasi:  guru dapat mengetahui perkembangan kemampuan anak, serta keterlibatan anak dalam Pembelajaran Sentra Bahan Alam melalui lembar penilaian.Kata Kunci: Analisis, BCCT, Sentra Bahan Alam.
PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK DARUL ULOOM PONTIANAK ., Mariana; ., Sutrisno; ., Yuniarti
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.16 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v6i1.1363

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perilaku kemandirian anak pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Darul Uloom Pontianak secara umum sudah cukup baik, meskipun secara keseluruhan belum sesuai dengan apa yang diinginkan pihak sekolah, hal tersebut dapat dilihat dari perilaku mandiri anak yang tidak bertanggung jawab dan masih bergantung kepada orang lain, seperti pada saat mengamati masih terdapat anak yang tidak bertanggung jawab pada saat selesai bermain anak tidak membereskan alat mainnya. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk memperoleh informasi tentang peran guru dalam mengembangkan perilaku kemandirian anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Darul Uloom Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi , pedoman wawancara, dan dokumentasi dari guru dan anak kelas B. Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu member check dan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh mengenai peran guru dalam mengembangkan perilaku kemandirian adalah: 1) Perencanaan yang dilakukan guru sebagai fasilitator, yaitu guru menyediakan segala perlengkapan atau media yang akan digunakan dalam pembelajaran. 2) Pelaksanaan yang dilakukan guru sebagai model, yaitu membiasakan anak berani, sabar, dan bertanggung jawab, serta guru memberikan pengertian kepada anak secara berulang-ulang untuk mengembangkan perilaku kemandirian anak dan guru sebagai motivator, yaitu memberi pujian terhadap keberhasilan anak berupa tepuk tangan dan stiker. 3) Evaluasi yang digunakan, yaitu melakukan pengamatan dari awal sampai akhir pembelajaran tanpa menggunakan lembar penilaian tertulis. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa peran guru dapat mempengaruhi perilaku kemandirian anak yang lebih baik apabila pengembangan perilaku kemandirian anak dilakukan secara terus menerus.Kata Kunci: Peran guru, perilaku, kemandirian, anak.
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI METODE BERMAIN BILANGAN POHON BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK AL KAUTSAR PONTIANAK SELATAN ., Novitasari; Maulina, Iin; ., Sutrisno
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.338 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v6i1.1364

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak-anak di kelas A3 Taman Kanak-kanak Al Kautsar Pontianak Selatan yang memiliki kemampuan kognitif dalam mengenal bilangan yang masih rendah, serta belum bisa mengetahui konsep banyak dan sedikit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perencanaan dengan metode bermain bilangan melalui media pohon bergambar, pelaksanaan dengan metode bermian bilangan melalui media pohon bergambar, dan peningkatan kemampuan kognitif anak dengan metode bermain bilangan melalui media pohon bergambar pada anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan bentuk penelitiannya yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian terdiri atas 14 orang anak, sedangkan tempat penelitiannya yaitu di kelas A3 Taman Kanak-kanak Al Kautsar Pontianak Selatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu: Triangulasi dan member check. Teknik analisis data dimulai dengan menelaah data yang tersedia dari berbagai sumber yaitu dari pengamatan yang sudah ditulis, dokumen foto dan format penilaian. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam bermain bilangan pohon bergambar, maka rata-rata pada kriteria berkembang sangat baik (BSB) dengan tiga aspek yang diamati yaitu membilang banyak benda 1-10, mengenal lambang bilangan, dan mengetahui konsep banyak dan sedikit, pada siklus I sebanyak 14,2%, siklus II sebanyak 50%, dan siklus III sebanyak 92,8%. Dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan kognitif anak melalui metode bermain bilangan pohon bergambar yaitu tergolong dalam kriteria 80% dengan interpretasi berkembang sangat baik (BSB).Kata kunci :Kemampuan kognitif, bermain bilangan, pohon bergambar
STUDI IDENTIFIKASI DINI DIAGNOSA KLINIS PROBLEM SELD (SLOW EXPRESSIVE LANGUAGE DEVELOPMENT) PADA ANAKMELALUI HASIL VINELAND ADAPTIVE BEHAVIOUR SCALE Jati, Sri Nugroho
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (595.117 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v6i1.1360

Abstract

Keterlambatan bahasa menjadi salah satu indikator permasalahan neurodevelopmental selama periode tumbuh kembang anak. Penelitian menunjukkan bahwa 90% anak berusia 24 bulan memiliki kosa kata minimal 40-50 kata dan sekitar 85% menggabungkan kata-kata dan diidentifikasi mengalami keterlambatan atau Slow Expressive Language Delay (SELD). Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan identifikasi dini terhadap kesulitan belajar ditinjau dari perkembangan bahasa ekspresif dan reseptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah interview, observasi, hasil skrining adaptasi dari skala vineland adaptive behavior pada ranah komunikasi bahasa eksprsif usia 0-5 tahun. Subjek penelitian adalah siswa di TK Aisyiyah Busthanul Athfal 1 dan 3.  Hasil penelitian secara kualitatif dari 50 siswa berdasarkan  hasil pengukuran adaptasi dari skala  vineland adaptive behavior terdapat 3 anak yang di identifikasi mengalami hambatan dalam capaian perkembangan bahasa ekspresif dan respetif dengan hasil age equivalent kemampuan bahasa < 2 tahun.Kata Kunci :Identifikasi, SELD, VABS.
EFEKTIFITAS METODE BERCERITA MENGGUNAKAN KARTU CERITA BERGAMBAR TERHADAP PENGEMBANGAN KOSAKATA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK KANAK PERTIWI I PONTIANAK BARAT Hermayani, Riska; Jati, Sri Nugroho; ., Yuniarti
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (645.305 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v6i1.1361

Abstract

Kemampuan kosakata anak secara umum masih rendah, hal ini diperlihatkan dari penilaian harian 16 anak usia 5-6 tahun  di kelompok B3 60% yaitu (11 anak) kemampuan kosakata belum berkembang, ditunjukkan dengan ketidakmampuan anak  dalam merangkai kata menjadi sebuah cerita serta dalam pengucapan terkadang anak masih belum terarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kosakata anak sebelum dan sesudah menggunakan metode bercerita menggunakan kartu cerita bergambar anak usia 5-6 ahun di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Pontianak Barat. Subjek penelitian berjumlah 11 orang anak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pre-experimental design dengan jenis One-Group Pre-Test – Post-Test Design dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi dan check list kemudian perolehan uji t dengan nilai t hitung sebesar 18,024 dengan tingkat Sig.(2 tailed) = 0,000 dengan df = N – 1 = 11 – 1  = 10, sehingga nilai t tabel ana= 2,22814 pada taraf signifikansi (α = 0,05), karena t hitung ≥ t tabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya metode bercerita menggunakan kartu cerita bergambar efektif dalam pengembangan kosakata anak. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu pengembangan kosakata anak meningkat setelah diberikan metode bercerita menggunakan kartu cerita bergambar.Kata Kunci: Metode Bercerita, Kartu Cerita Bergambar, Kosakata.

Page 1 of 1 | Total Record : 5