cover
Contact Name
Iin Maulina
Contact Email
jurnal.edukasi.paud@unmuhpnk.ac.id
Phone
+6282154724037
Journal Mail Official
jurnal.edukasi.paud@unmuhpnk.ac.id
Editorial Address
Jalan Ahmad Yani No.111 Pontianak - 78124 Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 23380535     EISSN : 25409913     DOI : 10.29406/jepaud
Core Subject : Education,
Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini merupakan terbitan berkala untuk memfasilitasi tulisan dan hasil karya dari mahasiswa, pendidik, akademisi (guru dan dosen) dan peneliti yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini" : 5 Documents clear
EFEKTIVITAS METODE BERCERITA BERBANTU KAIN CELEMEK FLANELL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD GITANANDA Putri, Nelva Mulia Novianti; Jati, Sri Nugroho; ., Sutrisno
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (712.363 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v6i2.1367

Abstract

Kemampuan membaca permulaan anak secara umum masih rendah dapat dilihat dari penilaian harian 16 anak usia 5-6 tahun  di kelompok B 60% yaitu (10 anak) kemampuan membaca permulaan belum berkembang, ditunjukkan dengan ketidak mampuan anak  dalam mengenal huruf, merangkai huruf menjadi suku kata, merangkai kata menjadi sebuah kalimat sederhana serta dalam memahami perintah terkadang anak masih belum bisa memahami perintah yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan membaca permulaan anak sebelum dan sesudah menggunakan metode bercerita berbantu kain celemek flanell, anak usia 5-6 tahun di PAUD Gitananda. Subjek penelitian berjumlah 10 orang anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jeniseksperimen dapat dikategorikan sebagai penelitian pre-eksperimental dengan tujuan untuk mengetahui variabel sebab dan variabel akibat, yaitu Efektifitas Penggunaan Metode Bercerita Berbantu Kain Celemek Flanell Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B Di Pendidikan Anak Usia Dini GITANANDA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan check list, sedangkan alat pengumpul data  berupa pedoman observasi dan pedoman checklist.  Penelitian ini dilaksanakan di PAUD GITANANDA Pontianak yang terletak di jalan Letkol Sugiono (Komp GOR PANGSUMA) Pada bulan Agustus 2017. Hasil perolehan uji t dengan nilai t hitung sebesar 11,129 dengan tingkat Sig.(2 tailed) = 0,000 dengan df = N – 1 = 10 – 1  = 9, sehingga nilai t tabel = 2,26216 pada taraf signifikansi (α = 0,05), karena t hitung ≥ t tabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya metode bercerita berbantu kain celemek flanell efektif dalam pengembangan kosakata anak. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu pengembangan membaca permulaan anak meningkat setelah diberikan metode bercerita berbantu kain celemek flanell.Kata Kunci: Metode Bercerita, Kain Celemek Flanell, Kemampuan Membaca Permulaan
PENGARUH METODE EKSPERIMEN TEMA GEJALA ALAM TERHADAP PENGETAHUAN ANAK KELOMPOK B1 DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA PONTIANAK BARAT Novira, Puput; Somantri, Elin B; Jati, Sri Nugroho
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.439 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v6i2.1368

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah proses kegiatan pembelajaran guru belum menerapkan metode pembelajaran yang bervariatif  yang mampu meningkatkan pengetahuan gejala alam. Guru sering bercerita, sehingga peran guru dalam pembelajaran lebih banyak dari pada anak. Hal ini menyebabkan banyak anak yang pasif, bosan dan kurang memahami tentang materi yang telah diajarkan, mengakibatkan pengetahuan tentang gejala alam belum berkembang dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengetahuan anak kelompok B1 tentang gejala alam  di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Pontianak Barat sebelum diberikan metode eksperimen. (2) Pengetahuan anak kelompok B1 tentang gejala alam di Taman    Kanak-kanak Negeri Pembina Pontianak Barat sesudah diberikan metode eksperimen. (3) Pengaruh metode eksperimen tentang gejala alam setelah diberikan kepada anak kelompok B1 diTaman Kanak-kanak Negeri Pembina Pontianak Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pre-Experimental One Group.Teknik dan alat pengumpul data menggunakan observasi dan lembar chek list. Teknik analisis data menggunakan Paired Samples Test.Hasil penelitian diperoleh nilai t hitung sebesar 6,250 dengan tingkat Sig.(2 tailed) = 0,001 dengan df = N – 1 = 7 – 1  = 6, sehingga nilai t tabel = 2,447 pada taraf signifikans (α = 0,05), karena t hitung ≥ t tabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya diuji secara statistik dan berdasarkan hasil scoring data observasi pre-test dan post-test bahwa pada dasarnya ada peningkatan menggunakan metode eksperimen gejala alam terhadap pengetahuan anak dan hasil signifikan secara uji analisis statistik maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan anak tentang gejala alam. Perhitungan dengan rumus Uji Paired Sample Test melalui program SPSS Versi 17.0Kata Kunci:    Metode Eksperimen, Pengetahuan, Gejala Alam
KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA MERONCE PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI DISBUN PONTIANAK TENGGARA Ramadina, Della; ., Diana; ., Sutrisno
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.279 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v6i2.1369

Abstract

Berdasarkan pengamatan dilapangan, kemampuan anak perlu ditingkatkan lagi karena ada beberapa anak yang menghitung angka masih ada yang terbalik-balik seperti angka satu menjadi angka tiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kemampuan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan menggunakan media meronce di kelas B yang terdiri dari 19 anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Disbun Pontianak Tenggara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian kualitatif ini diperoleh dari sumber data yang terdiri dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan alat yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu: member check dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan kemampuan mengenal konsep bilangan menggunakan media meronce dapat dilihat dari keseharian anak dalam hal mengenal konsep bilangan dari indikator yang diamati yaitu menyebutkan lambang bilangan1-10, menggunakan lambang bilangan untuk menghitung, mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Kesimpulan hasil yang diperoleh dalam penelitian membuktikan bahwa 10,52%anak yang mangalami kesulitan dalam mengurutkan bilangan masih terbolak-balik di kelas B1 TK Pertiwi Disbun Pontianak Tenggara.Kata kunci: kemampuan mengenal konsep bilangan, media meronce
PEMAHAMAN ORANGTUA TERHADAP KECERDASAN MAJEMUK PADA HASIL ANALISA BAKAT FINGERPRINT DI PAUD LABORATORIUM MODEL UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK Jati, Sri Nugroho; Agustina, Hariyati; ., Yuniarti
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.944 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v6i2.1365

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat kesadaran yang dimiliki para orangtua saat ini mengenai betapa penting untuk mengarahkan anak ke dalam kegiatan yang sesuai dengan potensi yang ada pada diri anak, sehingga membuat mereka tertarik untuk melakukan tes fingerprint yang mampu mendeteksi kecerdasan majemuk pada anak sejak dini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemahaman orangtua mengenai kecerdasan majemuk yang ada pada anak dengan melihat aktivitas yang dilakukan anak sehari-hari dirumah, ataupun melalui hal-hal yang dapat menarik minat anak dengan mudah. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui tentang kemampuan orangtua dalam mengenali kecerdasan majemuk pada anak serta kesesuainnya terhadap hasil  tes fingerprint yang telah dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif dimana sumber data merupakan data primer yang diperoleh melalui wawancara kepada 5 (lima) orangtua murid PAUD Laboratorium Model Universitas Muhammadiyah Pontianak yang telah melakukan tes fingerprint. Analisa data dilakukan melalui pengamatan serta wawancara terkait aktivitas anak sehari-hari di rumah, hal-hal yang menarik minat anak dengan mudah, serta pemahman orangtua mengenai hasil yng ada di dalam laporan tes fingerprint tersebut. Hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa terdapat 3 (tiga) orangtua yang belum mampu memahami makna kecerdasan majemuk pada anak melalui  aktivitas yang dilakukan anak sehari-hari dirumah. Selain itu, juga terdapat 3 (tiga) orangtua yang belum mampu memahami makna dari kecerdasan majemuk melalui hal-hal yang menarik minat anak dengan mudah. Namun, keseluruh orangtua yang berjumlah 5 (lima) orangtua, mampu mengenali kecerdasan majemuk pada anak dan sesuai dengan hasil tes fingerprint yang dilakukan.                   Kata kunci: Kecerdasan majemuk, tes fingerprint
PENGARUH PELATIHAN MENGGAMBAR DENGAN TEKNIK GRAFITTO TERHADAP KREATIVITAS GURU DI RAUDHATUL ATHFAL DHARMA WANITA PERSATUAN KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA KALIMANTAN BARAT Suganda, Lilis; Jati, Sri Nugroho; ., Yuniarti
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (806.689 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v6i2.1366

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi pada guru yaitu kemampuan kreativitas guru di Raudhatul Athfal Dharma Wanita Persatuan Kantor Wilayah Kementerian Agama  Kalimantan Barat dalam kegiatan menggambar, guru kurang memanfaatkan media yang ada,  guru hanya menggambar di papan tulis dan juga seingkali menyalin gambar yang sudah ada di dalam ruangan kelas, sehingga dalam kegiatan menggambar guru belum bisa mengembangkan kreativitas dan memberikan ide-ide  yang kreatif kepada peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Kreativitas guru sebelum diberikan pelatihan menggambar dengan teknik grafitto di Raudhatul Athfal Dharma Wanita Persatuan Kantor Wilayah Kementerian Agama  Kalimantan Barat (2) Kreativitas guru setelah diberikan pelatihan menggambar dengan teknik grafitto di Raudhatul Athfal Dharma Wanita Persatuan Kantor Wilayah Kementerian Agama  Kalimantan Barat  (3) Pengaruh pelatihan menggambar dengan teknik grafitto terhadap kreativitas guru di Raudhatul Athfal Dharma Wanita Persatuan Kantor Wilayah Kementerian Agama  Kalimantan Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental One Group Pre-Test-Post-test. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan lembar chek list dari sampel 9 guru yang kurang kreativitas dalam kegiatan menggambar. Data dianalisis menggunakan rumus Uji Paired T Sample Test. Hasil penelitian diperoleh nilai t hitung sebesar 13,143 dengan tingkat Sig.(2 tailed) = 0,000 dengan df = N – 1 = 9 – 1  = 8, sehingga nilai t tabel = 2,30600 pada taraf signifikansi (α = 0,05). Hasil t hitung ≥ t tabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi, terdapat pengaruh pelatihan menggambar dengan teknik grafitto terhadap kreativitas guru  di Raudhatul Athfal Dharma Wanita Persatuan Kantor Wilayah Kementerian Agama  Kalimantan Barat. Perhitungan dengan rumus Uji Paired Sample Test melalui program SPSS Versi 17.0Kata Kunci: Menggambar, Teknik grafitto, Kreativitas guru.

Page 1 of 1 | Total Record : 5