cover
Contact Name
Parea Rusan Rangan
Contact Email
pareausanrangan68@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
journaldynamicsaint@gmail.com
Editorial Address
Jalan Nusantara No. 12 Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan
Location
Kab. tana toraja,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal Dynamic SainT
ISSN : 23554169     EISSN : 27225364     DOI : https://doi.org/10.47178
Journal Dynamic SainT is a scientific journal in Engineering Fields consist of lectures, researchers and practitioners which is published by Engineering Faculty of Universitas Kristen Indonesia Toraja since 2014. This journal publishes including : Regional and Spatial Planning, Civil Engineering and Environment, Mechanical Engineering, Electrical Engineering, Information Technology, Industrial Engineering
Articles 163 Documents
PERENCANAAN WAKTU PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG KAMPUS I UKI TORAJA DENGAN PRIMAVERA PROJECT PLANNER parea russan rangan
Journal Dynamic Saint Vol. 2 No. 2 (2016): Jilid 2 Volume 2
Publisher : Publikasi dan UKI Press UKI Toraja.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.803 KB) | DOI: 10.47178/dynamicsaint.v2i2.102

Abstract

Penjadwalan untuk proyek diawali dengan identifikasi aktivitas dan perhitungan volume pekerjaan berdasarkan data primer dan sekunder. Langkah berikutnya adalah melakukan perhitungan durasi berdasarkan koefisien Standar Nasional Indonesia Tentang Analisa Biaya Pekerjaan Konstruksi. Pengolahan data dengan program Primavera Project Planer versi 3.0 yang mempermudah proses monitoring dan controlling serta mempercepat proses updating selama pelaksanaan dilapangan. Output hasil perencanaan adalah berupa tampilan grafis Barchart & Time schedule yang memperlihatkan aktivitas pekerjaan dalam diagram batang. Schedule Report, yang terdiri dari early start-early finish, late start-late finish. Jaringan Kerja (Network planning) memperlihatkan hubungan saling ketergantungan antar aktivitas pekerjaan yang dihubungkan oleh anak panah dalam kurun waktu kerja yang diprediksikan secara otomatis dengan lebih jelas berikut jalur kritis untuk dimonitor sehingga tidak terjadi keterlambatan. Dengan bantuan program komputer diperoleh hasil waktu pelaksanaan pekerjaan selama 1005 hari dengan penggunaan tenaga kerja sesuai yang tersedia di lapangan.
DESAIN DAN IMPLEMENTASI INSTRUMEN DIGITAL PENGUKUR KECEPATAN, JARAK DAN PEMBAKARAN KALORI PADA SEPEDA GUNUNG BERBASIS MIKROKONTROL ATMEGA32 Lantana Dioren Rumpa
Journal Dynamic Saint Vol. 2 No. 2 (2016): Jilid 2 Volume 2
Publisher : Publikasi dan UKI Press UKI Toraja.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2881.284 KB) | DOI: 10.47178/dynamicsaint.v2i2.103

Abstract

Bicycle is one of the most popular transportation and in Indonesia there are still many people used it. Static bike or stationary bicycle is one of many kind of bicycle and people used it in indoor room. Static bike has an electronic panel that could help people who used it to know how far the distance, what abaout their speed and how many calories they have burned. Many people said that static bike is more fun and more interesting than outdoor bicycle especially from mountain bike because the static bike has the electronic panel. The electronic panel from static bike will be used on mountain bike so it can be more interresting as static bike. Microcontroller will used as minicomputer to processing all data from magnetic sensor that show the rotation of bike’s tires and then the microcontroller will show the result on seven segment display about the distances, the speed, and the calories burned.
PENGEMBANGAN APLIKASI KATEGORI RSS (RICH SITE SUMMARY) BERBASIS WEB Andrea Stevens Karnyoto
Journal Dynamic Saint Vol. 2 No. 2 (2016): Jilid 2 Volume 2
Publisher : Publikasi dan UKI Press UKI Toraja.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (655.648 KB) | DOI: 10.47178/dynamicsaint.v2i2.104

Abstract

Kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap informasi sangat besar jika dilihat dari semakin berkembangnya media-media berita online dan semakin banyaknya situs-situs website yang sangat sering melakukan pembaharuan berita. Dibutuhkan fasilitas untuk memberikan kemudahan dalam melakukan klasifikasi kategori berdasarkan kata-kata yang populer sesuai yang terdapat pada Google Trends agar mempermudah pencari berita membaca berita-berita yang terkait satu dengan yang lainnya baik pada media yang sama maupun lintas media. Metode yang digunakan untuk membuat kategori dengan cara membaca RSS(Rich Site Summary) dan mengelompokkannya berdasarkan kata-kata yang terdapat didalamnya, metode tersebut dieksekusi dengan menjalankan crontab secara berkala sehingga server dapat membaca RSS dan memprosesnya dan melakukan klasifikasi kategori untuk seluruh website media yang telah didaftar sebelumnya, medote yang digunakan untuk melakukan klasifikasi kategori adalah menggunakan metode keterkaitan kata antara satu kata dengan kata-kata yang lainnya. Hasil dari proses klafisikasi kategori akan ditampilkan pada halaman website yang menarik dan sistem pencarian yang mudah bagi pengguna.
STUDI FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN DAN TEKNIK PERBAIKAN LAPIS PERMUKAAN ASPAL BETON RUAS JALAN MAKALE – RANTEPAO (Km. 310 + 010 - Km. 322 + 000) Henrianto Masiku
Journal Dynamic Saint Vol. 2 No. 2 (2016): Jilid 2 Volume 2
Publisher : Publikasi dan UKI Press UKI Toraja.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1072.209 KB) | DOI: 10.47178/dynamicsaint.v2i2.105

Abstract

Jalan Nasional merupakan jalan penghubung antar Kabupaten, dimana jalan ini volume lalu lintasnya sangat padat, khususnya jalan Nasional penghubung kota Makale – Rantepao. Dengan kondisi perkembangan lalu lintas yang tinggi dan berdampak pada perkembangan pengguna jalan Nasional, tampaknya penambahan tinggi permukaan jalan dan perawatan jalan masih diperlukan. Hasil studi faktor penyebab kerusakan lapis permukaan aspal beton ruas jalan Makale – Rantepao adalah, faktor eksternal yang tidak terkontrol (environment) seperti akibat panas, hujan dan pengaruh lingkungan lainnya, faktor eksternal yang dapat dikontrol, seperti intensitas beban lalu lintas, faktor internal yang dapat dikontrol, yakni kualitas dari konstruksi jalan itu sendiri. Mengenai kualitas konstruksi jalan ini, dapat dipengaruhi oleh kondisi lapangan, seperti: drainase sekitar jalan, tanah dasar, lapis pondasi agregat, serta lapis permukaan campuran aspal. Dimana teknik perbaikan lapis permukaan aspal beton ruas jalan Makale – Rantepao ini menggunakan teknik perbaikan diantaranya teknik perbaikan fungsional yang meliputi, P1 : Penebaran pasir, P2 : Pengaspalan, P3 : Melapisi retakan, P4 : Mengisi retakan, P5 : Penambalan lubang, P6 : Perataan, teknik perbaikan struktural yakni teknik perbaikan dengan cara Overlay, dimana diperolehtebal lapis permukaan Overlay (Laston MS.744) adalah 4,5 cm, tebal Lapis AUS (Wearing Course) (Laston MS.340) adalah 3 cm, Lapis Perkerasan (Binder Course) adalah 10 cm.
ANALISIS PENGARUH WAKTU PERLAKUKAN PANAS TERHADAP NILAI KEKERASAN KARBURASI BAJA KARBON RENDAH Yeni Yusuf Tonglolangi
Journal Dynamic Saint Vol. 2 No. 2 (2016): Jilid 2 Volume 2
Publisher : Publikasi dan UKI Press UKI Toraja.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.049 KB) | DOI: 10.47178/dynamicsaint.v2i2.106

Abstract

Logam mempunyai peran aktif dalam kehidupan manusia, oleh karena itu dilakukan usaha untuk memperbaiki sifat-sifat dari logam tersebut yaitu merubah sifat mekanis dan sifat fisiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh waktu perlakuan panas terhadap kekerasan baja karbon rendah.Salah satu cara untuk meningkatkan nilai kekerasannya adalah dengan melakukan proses karburasi, yaitu proses perlakuan panas untuk mendapatkan kulit logam yang lebih keras dari sebelumnya. Dari hasil penelitian diperoleh dari variasi waktu perlakukan panas 30 menit, 45 menit, 60 menit dan 75 menit dengan media pendingin air garam, diperoleh nilai kekerasan tertinggi pada waktu pemanasan 75 menit yaitu 69,67 kg/mm2.
EFEK PERSENTASE BARIUM KARBONAT DENGAN ARANG TEMPURUNG KELAPA TERHADAP KEKERASAN BAJA KARBON AISI 2015 Frans Robert Bethony
Journal Dynamic Saint Vol. 2 No. 2 (2016): Jilid 2 Volume 2
Publisher : Publikasi dan UKI Press UKI Toraja.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (890.469 KB) | DOI: 10.47178/dynamicsaint.v2i2.107

Abstract

Prosesperlakuan panas merupakan salah satu proses pengerasan permukaan baja karbon AISI 2015 dengan proses difusi atom karbon. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisefek persentase BaCO3sebagai bahan energizerdengan serbuk arang tempurung kelapa (SATK) pada perlakuan panas dengan metode prosespengarbonan padat (PackCarburizing Process Method)untuk meningkatkan kekerasan pada lapisan permukaan baja karbon AISI 2015. Serbuk arang tempurung kelapa dengan mesh 30 yang digunakan sebagai media penambah unsur karbon pada permukaan baja karbon AISI 2015.Persentase0, 5, 10, dan 20% berat BaCO3 dengan 100, 95, 90, dan 80% berat serbuk arang tempurung kelapa, denganspesimenbaja karbon AISI 2015 berdiameter 25 mm, tebal 15 mm. Bajakarbon AISI 2015memiliki unsur-unsur kimia sebagai berikut: 98,482% Fe; 0,194 % C; 0,152 % Si; 0,637% Mn; 0,032% P; 0,032% S; 0,095% Ni; 0,014% Mo; 0,197% Cu; 0,025% Sn; 0,134% Cr, dan unsur-unsur kimia lainnya dalam persentase tertentu. Prosespengarbonan padat dilakukan pada suhu 900oC, dengan lama waktu prosespemanasan 3 jam. Pengerasan permukaan dilakukan dengan memanaskan kembali spesimen pada suhu 840oC ditahan selama 20 menit kemudian di-quenching dengan media air padasuhu kamar. Hasil pengujian kekerasan menunjukkan bahwa penambahan 20% berat BaCO3sebagai energizerdengan 80%berat arang tempurung kelapa dengan mesh 30,memberikan tebal lapisan keras pada bagian permukaan spesimen yang optimal. Padaprosespengarbonan padat dangan lama waktu pemanasan 3 jam memberikan kekerasan lapisan permukaan spesimen baja karbon AISI 2015 dapat mencapai 800 VHN atau sekitar 8 kali kekerasan awalnya.
EVALUASI TINGKAT PELAYANAN JALAN PERKERASAN KAKU DENGAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) – STUDI KASUS JL. AHMAD RAZAK, JL. TANDIPAU & JL. KHM. KASIM KOTA PALOPO ABDIAS TANDY ARRANG
Journal Dynamic Saint Vol. 2 No. 2 (2016): Jilid 2 Volume 2
Publisher : Publikasi dan UKI Press UKI Toraja.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.336 KB) | DOI: 10.47178/dynamicsaint.v2i2.108

Abstract

Beban lalu lintas yang berulang-ulang seiring dengan berjalannya waktu akan menimbulkan kerusakan yang berdampak pada menurunnya tingkat pelayanan jalan. Hal ini terjadi bukan hanya pada struktur perkerasan lentur tapi juga pada perkerasan kaku. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menilai tingkat pelayanan jalan adalah metode PCI (Pavement Condition Index). Penelitian ini dilakukan dengan melakukan survey dengan mengamati secara visual jenis-jenis kerusakan dan tingkat kerusakan yang ada di sepanjang Jl. Ahmad Razak, Tandipau dan KHM Kasim di Kota Palopo. Data survey pengamatan kemudian diolah yang akan menghasilkan nilai numerik PCI yang dapat mengindikasikan tingkat pelayanan pada jalan yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jl. Ahmad Razak memiliki nilai PCI 87 dengan ratingGood, sementara Jl. Tandipau nilai PCI 85 dengan rating satisfactory dan Jl. KHM Kasim nilai PCI 91 dengan rating Good.
ANALISIS SISTEM TENAGA LISTRIK SULAWESI DENGAN PENDEKATAN SEKURITI PEMBEBANAN AMBABUNGA, YUSRI
Journal Dynamic Saint Vol. 2 No. 2 (2016): Jilid 2 Volume 2
Publisher : Publikasi dan UKI Press UKI Toraja.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (103.895 KB) | DOI: 10.47178/dynamicsaint.v2i2.109

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan batasan sekuritas sistem tenaga pada keadaan awal ketika terjadi beban puncak sebelum dan sesudah kegagalan sistem terjadi ( kontingensi ), mengetahui ada tidaknya pelanggaran batas batas sekuriti sebelum dan sesudah terjadinya kontingensi serta mengetahui kemampuan komponen komponen peralatan sistem yang digunakan pada saat terjadinya kontingensi. Penelitian ini merupakan studi kasus, yang diawali dengan perumusan masalah, melakukan kajian studi pustaka, pengumpulan data,studi kasus dengan simulasi program serta penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa beban puncak pada tanggal 02 Juli 2009 pada siang hari mencapai 392,48 MW dan pada malam hari mencapai 487,84 MW. Batasan operasi tegangan sistem yang diijinkan pada saat terjadi kontingensi berada pada kisaran - 5% sampai +5% dan batasan operasi daya sistem yang diijinkan pada saat terjadi kontingensi berada pada kisaran -10% sampai 10%
PENGAIRAN SAWAH TEPI ALIRAN SUNGAI DENGAN POMPA OTOMATIS MEMANFAATKAN TENAGA ALIRAN SUNGAI DI KABUPATEN TANA TORAJA Alexander Pakiding
Journal Dynamic Saint Vol. 2 No. 2 (2016): Jilid 2 Volume 2
Publisher : Publikasi dan UKI Press UKI Toraja.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (661.851 KB) | DOI: 10.47178/dynamicsaint.v2i2.110

Abstract

Sebagian sawah yang ada di Kabupaten Tana Toraja berada di Daerah Aliran Sungai (DAS), yaitu berada sekitar 3 – 10 meter di atas permukaan aliran air sungai. Walaupun demikian sebagian sawah tersebut tidak mendapatkan aliran air irigasi sehingga tidak produktif di saat musim kemarau. Salah satu solusi untuk menangani masalah tersebut adalah dengan pengairan pompanisasi otomatis memanfaatkan tenaga arus sungai sehingga diharapkan sawah tersebut dapat berproduksi sepanjang tahun dan pendapatan petani meningkat.
ANALISA PERENCANAAN BANDAR UDARA BARU DI KABUPATEN TANA TORAJA Parea Rusan Rangan
Journal Dynamic Saint Vol. 1 No. 1 (2014): Jilid 1 Volume 1
Publisher : Publikasi dan UKI Press UKI Toraja.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.419 KB) | DOI: 10.47178/dynamicsaint.v1i1.122

Abstract

Kabupaten Tana Toraja di dalam tatanan regional dan nasional adalah sebagai wilayah tujuan wisata nasional dan internasional, sehingga pembangunan dan pengembangan sistem transportasi sangat dibutuhkan untuk mendukung dan menunjang kegiatan tersebut. Keberadaan Bandar Udara Pongtiku yang berlokasi di Rantetayo kurang mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dan wisatawan karena hanya memiliki panjang landasan pacu 1.275 x 23 meter yang hanya mampu didarati jenis pesawat Cassa 212 dengan kapasitas 18-24 penumpang. Dalam penulisan ini, mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh ICAO, FAA dan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara serta di dukung oleh data-data yang diperoleh dari lapangan serta disusun berdasarkan teori-teori pendukung dari buku-buku literatur yang ada hubungannya dengan lapangan terbang. Dalam rangka meningkatkan mutu pariwisata di Tana Toraja maupun Toraja Utara, bertambahnya jumlah penduduk dan PDRB Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara yang tiap tahunnya mengalami peningkatan, tentunya akan mempengaruhi pertumbuhan di bidang ekonomi, sehingga mempengaruhi pertambahan jumlah penumpang. Berdasarkan hasil analisa, diperoleh bahwa pesawat rencana B737-500 pada tahun rencana 2025 sudah bisa beroperasi dengan membutukan panjang runway 2.900 x 30 meter, taxiway 64 x 15 meter dan apron 265 x 81 meter.

Page 1 of 17 | Total Record : 163