cover
Contact Name
Rian Adam
Contact Email
rian.adam@uii.ac.id
Phone
+62274-895287
Journal Mail Official
rian.adam@uii.ac.id
Editorial Address
Gedung FTI Universitas Islam Indonesia Jl Kaliurang km 14.4 Sleman Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Automata
ISSN : 27211940     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Automata mempublikasikan penelitian internal mahasiswa dan dosen Teknik Informatik Universitas Islam Indonesia. Topik-topiknya mencakup: Informatika Teori dan Sistem Cerdas Forensika Digital Sains Data Rekayasa Perangkat Lunak Informatika Medis
Articles 53 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2020)" : 53 Documents clear
Pengembangan CMS Sistem Informasi Akademik Tingkat Sekolah Menengah Pertama Modul Penilaian Siswa Mirotus Solekhah; Nur Wijayaning Rahayu
AUTOMATA Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : AUTOMATA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mengolah nilai siswa tentunya dilakukan oleh seluruh sekolah. Beberapa sekolah pada saat ini masih menggunakan metode lama yaitu Microsoft Excel untuk membantu mengelola nilai siswa, dengan metode tersebut siswa tidak dapat melihat nilai yang diperoleh secara cepat. Sistem informasi akademik modul penilaian akan menjadi metode baru bagi beberapa sekolah dalam melakukan kegiatan pengolahan nilai siswa. Sistem informasi akademik modul penilaian menggunakan metode CMS (Content Management System), HMVC, dan akan dilakukan pengujian dengan metode SUS (System Usability Scale) pada dua Sekolah Menengah Pertama (SMP) antara lain SMPN 8 Yogyakarta dan SMP PIRI Sleman.Sistem informasi akademik modul penilaian telah dilakukan pengembangan hingga tahap perbaikan prototipe. Perbaikan prototipe yang dilakukan antara lain perbaikan tampilan antarmuka dan perbaikan fitur yang masih belum berfungsi hingga dihasilkan prototipe yang sesuai dengan kebutuhan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada saat ini.
Design Thinking Dalam Pembuatan Aplikasi Bisnis Startup Platform eSport Rafi Hidayat Tarmizi; Hari Setiaji; Beni Suranto
AUTOMATA Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : AUTOMATA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kompetisi Esport di Indonesia berkembang pesat, terbukti dari banyak munculnya tim-tim Esport dari Indonesia yang mengikuti turnamen di kancah nasional maupun internasional serta dukungan pemerintah Indonesia dengan hal yang berkaitan dengan kompetisi Esport. Peluang bisnis startup platform kompetisi Esport di Indonesia sangat besar. Pembuatan aplikasi platform kompetisi Esport Arenasia difokuskan untuk para event organizer turnamen dan para pemain Esport. Pembuatan aplikasi platform ini dibuat dengan menggunakan pendekatan design thinking dan business process model untuk mengetahui peluang bisnis dan memudahkan pengambilan keputusan aplikasi ke depan.
Pengelolaan Data Pelanggan pada Retail Online Isobel Algar Wibowo; Sri Mulyati
AUTOMATA Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : AUTOMATA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu bentuk bisnis retail online adalah Ecommerce yang memberikan kemudahan bertransaksi secara online dimanapun dan kapanpun tanpa perlu membuat pelanggan keluar rumah. Penting untuk pihak retail mencari tahu siapa saja pelanggan aktual dan potensial serta hal apa yang memotivasi mereka untuk membeli. Oleh karena itu mereka membutuhkan sebuah sistem untuk mengelola atau memanajemen hubungan mereka dengan para pelanggan yang dapat diwujudkan dengan Customer Relationship Management (CRM). CRM memiliki peran yang sangat penting dan positif dalam pangsa penjualan seperti meningkatkan produktivitas serta memberikan kepuasan dan wawasan yang lebih baik untuk para pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengumpulan data dapat dilakukan dengan wawancara. Pengembangan sistem dilakukan dengan metode Prototyping. Sistem CRM diimplementasikan dengan platform website menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Sistem memiliki fitur tren penjualan, tren produk, tren wilayah serta tren pembeli aktif.
Deteksi Cyberbullying pada Cuitan Media Sosial Twitter Nassharih Abdulloh; Ahmad Fathan Hidayatullah
AUTOMATA Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : AUTOMATA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi konten yang mengandung makna perundungan secara daring (Cyberbullying) pada media sosial. Dalam kasus ini, penulis memilih media sosial Twitter sebagai obyek penelitian. Setidaknya, ada 1971 baris data yang telah dikumpulkan. Data - data tersebut berisi dua jenis cuitan baik cuitan yang memiliki kecenderungan Cyberbullying dan yang tidak. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan lima langkah penelitian, yaitu pengumpulan data, preprocessing, ekstraksi fitur, klasifikasi, dan evaluasi. Empat algoritma Machine Learning diimplementasikan dalam penelitian ini, yaitu K-Nearest Neighbor (KNN), Multinomial Naïve Bayes, Logistic Regression, dan Support Vector Machine with linear kernel (SVM). Dapat disimpulkan bahwa keempat algoritma tersebut memiliki performa yang relatif sama. Akurasi dari masing masing algoritma dituliskan sebagai berikut Multinomial Naïve Bayes 0.9616, Logistic Regression 0.9949, Support Vector Machine with linear kernel 0.9975, and K-Nearest Neighbor (KNN) 0.9188.
Evaluasi Perancangan Antarmuka Kompetisi E-Sports Dengan Pendekatan Human-Centered Design pada Aplikasi Arenasia Heydar Arif Satrio; Hari Setiaji, S.Kom., M.Eng.; Beni Suranto, S.T., M.Soft.Eng.
AUTOMATA Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : AUTOMATA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kompetisi E-Sports kini sedang berkembang pesat di Indonesia. Terbukti dengan para gamers di Indonesia sekarang berlomba lomba membangun tim E-Sports untuk berkompetisi mengikuti turnamen. Di Indonesia ada beberapa platform kompetisi E-Sports namun masih memiliki permasalahan user interface (UI) serta user experience (UX) yang kurang sesuai dengan pengguna. Hasil pengujian menunjukan bahwa permasalahan UI dan UX pada platform kompetisi E-Sports disebabkan rata rata informasi yang diperoleh kurang jelas atau tidak detail, proses validasi pendaftaran yang rumit serta tampilan UI yang kurang E-Sports oriented. Dari permasalahan tersebut maka akan dikembangkan aplikasi baru yaitu Arenasia sebagai penyempurna dari platform E-Sports sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode Human-Centered Design (HCD) dengan tahapan proses yaitu observasi, membuat ide, membuat prototype serta pengujian dengan melibatkan langsung pengguna yaitu para player game dalam merancang platform ini agar sesuai dengan requirement yang tepat sasaran. Hasil dari penelitian ini menghasilkan feedback evaluasi permasalahan yang memberikan referensi yang valid untuk mengembangkan platform sesuai dengan usability sudut pandang E-Sports.
Comparison of CNN and SVM for Ship Detection in Satellite Imagery Nur Jati Lantang Marfu'ah; Arrie Kurniawardhani
AUTOMATA Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : AUTOMATA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Satellites with optical sensors generate images of the Earth over relatively large areas. Optical satellite images provides unique insights into various markets, including agriculture, defense and intelligence, and energy. Ship detection using satellite images is very important because it can help manage marine traffic services, defense and intelligence, and fisheries management. In this study, optical satellite images are used for training models for detecting ship. Machine Learning (ML) algorithms such as deep learning and Support Vector Machine (SVM) have been applied to detect objects in previous studies. Convolution Neural Network (CNN)-based deep learning technology outperformed many algorithms that have existed to some extent[1]. CNN has proven to be able to outperform SVM to detect ships with an average training accuracy is 0,9912 or 99.12% and the validation accuracy is 0,9798 or97,89%. While SVM gets an accuracy of 0,9438 or 94,38%.
Analisis Algoritma Akuisisi Digital Forensik Terbaik: AFF, RAW, dan E01 Sujatmiko Wikantiyoso
AUTOMATA Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : AUTOMATA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses akuisisi forensik memerlukan waktu yang lama. Ada beberapa faktor yang membuat proses akuisisi forensik menjadi lama. Diantaranya pemilihan format image file yang menjadi penyebabnya belum lagi jika diperlukan kompresi data nantinya. Setiap format memiliki algoritma yang berbeda yang berpengaruh pada hasil akhir pada proses akuisisi dikarenakan iinformasi yang diambil berbeda-beda. Faktor tersebut yang mungkin mempengaruhi kecepatan akuisisi disamping spesifikasi hardware ataupun storage yang digunakan. Pada paper ini akan dilakukan analisis terhadap beberapa format file akuisisi, yaitu AFF, E01, dan RAW yang berfokus hanya pada analisis algoritma pada masing-masing format untuk melihat informasi apa saja yang diambil pada saat proses akuisisi digital forensik tiap format.
Sistem Informasi Geografis Pemetaan Untuk Melihat Tingkat Kesetaraan Gender Di Indonesia Muhammad Zufar Al Rafif; Elyza Gustri Wahyuni; Lizda Iswari
AUTOMATA Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : AUTOMATA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract—Penyampaian data di Indonesia masih belum informatif dan sukar dipahami oleh kebanyakan orang. Data yang ada disajikan hanya dalam bentuk tabel dimana hanya beberapa pihak yang mengerti dan memahami data tersebut. Belum adanya sistem informasi yang menyajikan data lebih mudah dipahami menjadi salah satu kendala dalam penyampaian informasi. Terutama data mengenai tingkat kesetaraan gender di Indonesia yang masih sulit ditemukan jika tidak ditelusuri lebih dalam. Hal ini akan berdampak pada program kebijakan pemerintah yang akan dikeluarkan. Oleh karenyanya dibutuhkan sebuah sistem yang dapat menyampaikan informasi mengenai tingkat kesetaraan gender di Indonesia. Makalah ini akan membahas mengenai sistem informasi geografis pemetaan untuk melihat tingkat kesetaraan gender di Indonesia menggunakan metode k-medoids. Hasil dari penelitian ini dari sisi masyarakat adalah dapat melihat daerah-daerah di Indonesia dengan tingkat kesetaraan gendernya, dan dari sisi pemerintah atau instansi terkait adalah dapat memantau tingkat kesetaraan gender di Indonesia dan mengeluarkan program kebijakan agar tepat sasaran.
Migrasi Basis Data Non-Relasional MongoDB ke MySQL Menggunakan Pentaho Data Integration Mahisa Agni Satria Panatagama
AUTOMATA Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : AUTOMATA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract— Dalam menangani sebuah basis data yang memiliki ukuran data yang sangat besar hingga jutaan data, tentunya diperlukan penanganan khusus untuk mengolahnya, terlebih dalam melakukan migrasi dan pemetaan data yang berasal dari berbagai sumber data ke sebuah Database Management System (DBMS). Adapun tahapan yang biasa dilakukan dalam melakukan migrasi basis data diantaranya dimulai dari mengumpulkan data, memilah data (extract), transformasi (transform), dan memuat setiap data ke dalam DBMS (load). Proses migrasi dan pemetaan basis data dapat dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP atau Java, namun hal tersebut akan menyulitkan dikarenakan proses yang tidak mudah dan memakan waktu cukup lama. Hal tersebut menjadi lebih sulit dikarenakan saat dilakukan proses migrasi, terkadang ditemukan kondisi data yang tidak seharusnya atau tidak sesuai dengan kondisi DBMS yang dituju, seperti dalam hal tipe data, penamaan atribut, value, dan juga struktur data, sehingga perlu digunakan tool khusus untuk menanganinya. Salah satu tool open source terbaik yang ada di pasar saat ini untuk menangani kasus tersebut adalah Pentaho Data Integration. Pentaho Data Integration adalah sebuah tools yang memiliki kemampuan untuk extract, tranform, dan load (ETL) data pada multi platform database. Adapun di dalam Pentaho terdapat cukup banyak fitur untuk membuat sebuah workflow control atau job, dan data workflow atau tranformation. Dengan menggunakan Pentaho Data Integration, diharapkan dapat menunjang kemudahan dalam melakukan pembaharuan sistem dimana data pada sistem lama masih dibutuhkan.
PENGHASIL KUIS OTOMATIS DENGAN KONSEP LINKED DATA Reza Nouryan Rachman
AUTOMATA Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : AUTOMATA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

      I.          Makalah ini memberi rancangan model dan antarmuka yang interaktif sebagai cara efektif membantu pengajar di instansi perkuliahan dalam menyalurkan ilmu pengetahuan kedalam sebuah platform pembelajaran yang bisa diintegrasikan di kelas. Sebagai contoh, berbagai macam cara telah dilakukan untuk memanfaatkan metode menggunakan linked data untuk menghasilkan kuis untuk materi pembelajaran di kelas. Namun, diamati bahwa pendekatan yang sudah ada masih mengalami beberapa keterbatasan yang pada umumnya masih tergantung dan didasarkan pada template spesifik domain atau pembuatan template kuis sangat bergantung pada ahli ontologis dan pakar Data Terkait  serta kendala utama yang dimiliki bersama oleh sistem pembuatan kuis yaitu adalah masalah yang bergantung pada domain.