cover
Contact Name
Eko Supraptono
Contact Email
eko@i-rpp.com
Phone
-
Journal Mail Official
eko@i-rpp.com
Editorial Address
Jl. Sampangan Baru IV B / 9 A, SEMARANG, Jawa Tengah
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
ISSN : 25410385     EISSN : 25410393     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in the journal are projected to inspire circles of education in conducting innovation in the teaching and learning process.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 4 (2018): Edisi Desember 2018" : 11 Documents clear
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI LINGKUNGAN RUMAH MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS 1 Rusiawati, Endang
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 3, No 4 (2018): Edisi Desember 2018
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Tentang Rangka Manusia Dengan Alat Perga Torso dilatarbelakangi oleh teori Jean piaget yang menyatakan anak SD berada pada tahap konkret operasional sehingga membutuhkan alat peraga. Masalah yang menjadi fokus kajian penelitian “Apakah pembelajaran dengan alat peraga torso tentang rangka manusia dapat meningkatkan proses belajar dan aktivitas siswa?”. Tujuan penelitian ini adalah (1) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan alat peraga torso pada materi rangka manusia, (2) Meningkatkan aktivitas siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan alat peraga torso pada materi rangka manusia. Penelitian ini dilakukan di kelas IV dengan jumlah 34 siswa yang terdiri dari 18 laki-laki dan 16 perempuan siswa. Dari hasil analisis data, disimpulkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam hasil belajar dan aktivitas siswa. Hasil belajar siswa dari tahap persiklusnya menunjukan rata-rata 65; 79; 85. Dan aktivitas siswa dari tahapan persiklusnya menunjukan prosentase 52,78; 61,11; 80,56. Ini membuktikan bahwa alat peraga torso dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI PEMBINAAN BERKELANJUTAN -, Hidayati
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 3, No 4 (2018): Edisi Desember 2018
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan motivasi Guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dilaksanakan ini dalam 2 siklus, siklus I dan siklus II. Adapun tahapan-tahapan dalam setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (Observasi) dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 10 orang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan teknik non tes, sedangkan alat pengumpul data berbentuk butir tugas tertulis dan lembar observasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : rata-rata skor kemampuan guru dalam menyusun RPP pada siklus  I 75,5 atau 75,5 %, pada siklus II 94 atau 94%, indikator keberhasilan 80%. Hasil observasi motivasi dan keaktifan guru dalam mengikuti pembinaan pada siklus I 15,5 atau 73,80% pada siklus II meningkat menjadi 19,1 atau 90,95%, skor maksimal 21. Hasil angket pada siklus I rata-rata skor 70,5 atau 70,5%, di siklus II meningkat menjadi 84 atau 84%, skor maksimal 100. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah degan menerapkan pembinaan berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan dan motivasi guru dalam menyusun RPP. Dengan selesainya penelitian ini peneliti sarankan kepada guru  bahwa guru  harus menguasai dan memahami pembuatan  RPP, sebab  RPP merupakan perangkat utama yang dipakai guru sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran.
PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN MEMAHAMI KONSEP BILANGAN PECAHAN -, Murni
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 3, No 4 (2018): Edisi Desember 2018
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan motivasi memahami konsep bilangan pecahan  pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kedungsukun 01, dan 2) meningkatkan keterampilan memahami konsep bilangan pecahan  pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan ini terbagi menjadi tiga siklus yang masing-masing dua kali pertemuan, dengan prosedur 1) perencanaan (planning), 2) tindakan (action), 3) observasi (observation), dan 4) refleksi (reflektion) dalam setiap siklusnya. Waktu penelitian selama empat bulan yaitu pada bulan Januari sampai dengan April 2016. Subjek penelitian adalah peserta didik sebanyak 33 orang terdiri dari 17 anak laki-laki dan 16 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, analisis dokumen,dan angket. Pengujian validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara trianggulasi, yaitu dengan menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi metode pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik statistik deskriptif. Teknik analisis data kualitatif  menggunakan deskriptif komparatif. Hasil penelitian dikemukakan sebagai berikut. 1) pembelajaran dengan menggunakan media Komik semakin meningkatkan motivasi memahami konsep bilangan pecahan  peserta didik. Pada siklus I motivasi memahami konsep bilangan pecahan  peserta didik mencapai 84,92%, pada siklus II mencapai 89,48% dan pada siklus III mencapai 94,52%. 2) Penggunaan media komik dapat meningkatkan keterampilan  memahami konsep bilangan pecahan.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN BILANGAN CACAH MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA MANIPULATIF -, Nurhayati
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 3, No 4 (2018): Edisi Desember 2018
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan pada rumusan masalah : Apakah penggunaan alat peraga/bahan manipulatif sedotan bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi hitung perkalian bilangan cacah? Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang penggunaan alat peraga/bahan manipulatif sedotan bilangan dalam meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi hitung perkalian bilangan cacah. Penelitian ini dilaksanakan, bulan Juli sampai dengan Desember 2016.  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus perbaikan pembelajaran. Objek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 26 siswa dengan rincian 8 siswa laki-laki dan 18  siswa perempuan. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran, lembar pengamatan guru dalam proses pembelajaran, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari kondisi awal (60) menjadi 77,78, pada siklus II (kondisi akhir). Di samping itu jumlah siswa yang mencapai batas kriteria ketuntasan minimal pun meningkat dari 11 siswa pada kondisi awal menjadi 25 siswa pada kondisi akhir. Dari hasil penelitian di atas dapat dinyatakan bahwa penggunaan alat peraga/bahan manipulatif sedotan bilangan dan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi hitung perkalian bilangan cacah. Untuk itu guru diharapkan selalu menggunakan alat peraga yang tepat dalam pembelajaran untuk mengurangi verbalisme dan meningkatkan hasil belajar siswa.
PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI KEGIATAN IN HOUSE TRAINING (IHT) -, Sapruloh
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 3, No 4 (2018): Edisi Desember 2018
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah melalui In House Training (IHT) dapat meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar mengetahui sejauh mana peningkatan kompetensi guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar setelah pelaksanaan In House Training (IHT). Subjek penelitian ini adalah guru berjumlah 7 orang guru kelas dan 2 guru mapel. Metode pengumpulan data meliputi observasi, Skenario pembelajaran, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil siklus I, ada peningkatan  kompetensi guru  dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Dari 8 orang guru yang terlibat, 5 orang guru sudah mendapat skor dengan kategori “baik” sedangkan 3 orang dengan kategori “cukup”.Oleh karena itu dilanjutkan dengan tindakan siklus II yang hasilnya secara umum ada peningkatan ke arah yang lebih baik yaitu 75% guru sudah mendapatkan kategori “baik”.Hal ini sudah sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditetapkan.
PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RPP MELALUI KEGIATAN WORKSHOP BAGI GURU -, Sapuah
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 3, No 4 (2018): Edisi Desember 2018
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP melalui kegiatan workshop penyusunan RPP,  mengetahui langkah-langkah pelaksanaan kegiatan workshop penyusunan RPP untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP bagi guru. Subjek penelitian ini adalah guru penyusunan RPP yang berjumlah 7 orang guru kelas. Metode pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian pada kondisi awal, guru yang mampu menyusun dokumen RPP dengan kriteria layak hanya 1 orang (14,3%), pada siklus I guru yang mampu menyusun dokumen RPP dengan kriteria layak menjadi 2 orang atau 28,6%, pada siklus II guru yang mampu menyusun dokumen RPP dengan kriteria layak menjadi 6 orang atau 85,7%.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATERI SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI METODE DISKUSI Iriani, Sulistiyo Endah
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 3, No 4 (2018): Edisi Desember 2018
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar materi Soal Cerita Matematika melalui kegiatan penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 33 orang siswa yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan aktivitas belajar dan tes prestasi belajar materi Soal Cerita Matematika. Teknik analisis data dengan membandingkan prosentasi aktivitas belajar dan prestasi belajar antar siklus, kemudian menafsirkannya dalam bentuk kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase aktivitas belajar, siklus I ke siklus II terdapat peningkatan, yaitu sangat aktif meningkat dari 9 % menjadi 24 %, aktif meningkat dari 19 % menjadi 27 %, cukup aktif naik dari 21 % menjadi 40 %, kurang aktif menurun dari 27 % menjadi 6 % , Tidak aktif turun dari 24 % menjadi 3 %. Ketuntasan belajar klasikal siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan, yaitu pra siklus 42 %, siklus I menjadi 64 % dan siklus II meningkat menjadi 100 %. Rata-rata nilai atau daya serap juga mengalami kenaikan dari siklus I 64 naik menjadi 78. Simpulan: Metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar materi Soal Cerita Matematika pada siswa kelas IV.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA TERHADAP KEBERANIAN BERKOMUNIKASI DI KELOMPOK B -, Sumiyati
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 3, No 4 (2018): Edisi Desember 2018
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pokok permasalahan yang diangkat dalam tulisan ini adalah: 1) masih banyak anak yang belum menguasai bahasa. 2). masih banyak anak yang belum berani berkomunikasi dengan orang lain. 3). kemampuan untuk mengungkapkan pikiran,perasaan,sikap,dan pendapat melalui bahasa yang sederhana secara tepat bagi anak Taman Kanak-Kanak masih kurang, 4). Media boneka masih belum banyak diminati. Bagaimanakah kemampuan berbahasa anak Kelompok B. Apakah penggunaan media boneka dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak ? Berdasarkan pokok masalah, tujuan penelitian adalah : Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa terhadap keberanian berkomunikasi di Kelompok B. Subyek penelitian adalah Kelompok B dengan jumlah anak laki-laki 9, perempuan 6 dengan materi kemampuan bahasa. Metode yang digunakan adalah bercakap-cakap dan bercerita menggunakan boneka (sandiwara boneka) sebagai upaya peningkatan kemampuan berbahasa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar pengamatan dan hasil tindakan. Dari penelitian ini dapat di deskripsikan bahwa sebelum tindakan tingkat Taman Kanak-Kanak antusiasan, 57 % ketepatan, 66% keberanian 71%, kemauan 71%. Sedangkan setelah diadakan tindakan menjadi 9,5%, 4,7%, 4.7%.4.7%. Hasil kesimpulan bahwa melalui media boneka, dapat meningkatkan keberanian berkomunikasi sehingga ada peningkatan kemampuan berbahasa. Dengan nilai analisis perkembangan; belum berkembang mencapai 61,9 % sebelum perbaikan dan menjadi 6,3 % anak yang belum berkembang.
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU PPKn DALAM PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING MELALUI ‘LATBING’ PENGAWAS SEKOLAH -, Haryanto
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 3, No 4 (2018): Edisi Desember 2018
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil supervisi Pengawas Sekolah terhadap guru di sekolah binaannya diperoleh data/informasi bahwa kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran masih tergolong rendah dengan rata-rata kinerja sebesar 63,57 dan tingkat ketuntasan kelompok sebesar 14,29 %. Tujuan dari penelitian tindakan kepengawasan ini adalah: (1). Untuk mengetahui seberapa besar pembinaan pengawas sekolah melalui Latihan Terbimbing (Latbing) dalam meningkatkan kemampuan  guru PPKn melaksanakan pembelajaran, (2). Untuk mengetahui efektivitas penerapan Latihan Terbimbing  oleh Pengawas Sekolah dalam meningkatkan kemampuan  guru PPKn melaksanakan pembelajaran di SMP Binaan Kabupaten  Brebes tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus melalui pembinaan Pengawas Sekolah berupa Latihan Terbimbing. Hasil penelitian terbukti dapat meningkatkan kemampuan guru PPKn  dalam melaksanakan pembelajaran secara signifikan. Dari kondisi awal rerata kemampuan guru sebesar 63, 57, setelah memperoleh tindakan pembinaan Pengawas Sekolah sampai dengan siklus III meningkat menjadi 82,14, hal ini berarti mengalami kenaikan nilai rerata sebesar 18,57 atau terdapat peningkatan kemampuan guru sebesar 29,21 %. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembinaan supervisi akademik Pengawas Sekolah efektif meningkatkan kemampuan  guru PPKn dalam melaksanakan pembelajaran secara kelompok pada siklus III dengan tingkat ketuntasan mencapai sebesar 100 %.
ESTIMASI POTENSI SUMBER DAYA SPEKULATIF PANAS BUMI KARANGREJO ARJOSARI PACITAN MENGGUNAKAN PENGUKURAN LANGSUNG -, Sunardi
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 3, No 4 (2018): Edisi Desember 2018
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur suhu air permukaan episentrum, jarak terjauh suhu air permukaan normal dan luasan lahan sumber panas bumi di Karangrejo dan menghitung cadangan daya energi panas bumi di Karangrejo juga memberikan kontribusi pemikiran untuk pemanfaatan energi alternatif dalam penyelamatan lingkungan. Pacitan memiliki potensi energi panas bumi dengan daya masih dibawah standar disyaratkan. Dinas Pertambangan dan Energi meneliti dua sumber panas bumi di Kecamatan Arjosari, yakni di Mlati dan Karangrejo. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksplorasi ini bersifat kualitatif dan diskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Daya panas bumi biasa dinyatakan sebagai daya dalam kapasitas listrik masa ekstraksi selama proyeksi 30 tahun. Daya terhitung mencapai 1900,04074 GWe, dan daya tersebut diekstrak 50% persen saja menjadi 950,0203700545 GWe sebagai recoverable energy. Setelah faktor recovery diperoleh, hasil daya dalam bentuk listrik sebesar 228,0048888 GW.

Page 1 of 2 | Total Record : 11