cover
Contact Name
Juliana Kadang
Contact Email
julikadang@gmail.com
Phone
+6281341060166
Journal Mail Official
jimutfeb@gmail.com
Editorial Address
https://jimutuntad.com/index.php/jimut/about/editorialTeam
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT)
Published by Universitas Tadulako
ISSN : 24431850     EISSN : 24433578     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) terbentuk di tahun 2015 ( SK no. 0005.24433578/JI.3.1/SK.ISSN/2015.4 - 23 April 2015 ) bertujuan untuk mempublikasikan karya tulis ilmiah mahasiswa program studi S1 Manajemen. JIMUT merupakan Open Journal System (OJS) dengan e-ISSN : 2443-3578 dan p-ISSN : 2443-1850. JIMUT mengundang para author dan pakar berpartisipasi mempublikasikan dan membagi ide-ide melalui penelitian ilmiah dan empiris tentang ekonomi bisnis, manajemen dan kewirausahaan. Tujuan publikasi adalah untuk meningkatkan pengetahuan teori, konsep, dan praktik di bidang ekonomi bisnis, manajemen dan kewirausahaan. Partisipasi para pakar nasional di dewan redaksi adalah jaminan keberlanjutan dan kualitas publikasi sebagai kontribusi terhadap pengembangan manajemen dan riset bisnis pada skala nasional. JIMUT akan menerbitkan artikel secara on line tiga kali dalam setahun (Januari, Mei dan September) berisi sepuluh penelitian empiris dalam Bahasa Indonesia. Jurnal ini tidak hanya bagi kalangan sendiri, terbuka bagi para peneliti, dosen atau mahasiswa di luar Universitas Tadulako
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako" : 11 Documents clear
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA “RUMAH LAUNDRY” DI KECAMATAN PALU SELATAN Vera Ningsih; Rosida P Adam; Yobert Kornelius
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (935.903 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v1i1.10

Abstract

The purpose of this study is to determine the influence of quality of service that consists of physical evidence  (X1),  empathy  (X2),  reliability  (X3), responsiveness  (X4)  and  assurance  (X5)  on  consumer satisfaction using  services  "Home  Laundry" in  South  Palu  Sub-district,  both simultaneously  and partially. The type of study is causal-descriptive. The population consists of all consumers who use the services  of  "Home Laundry"  in  South  Palu  Sub-district.  Sampling  technique  is  purposive sampling with a sample size of 60 people. The analytical tool is multiple linear regressions analysis. Based on the results of multiple linear regression analysis show that the quality of service consists of physical evidence (X1), empathy (X2), reliability (X3), responsiveness (X4) and assurance (X5) simultaneously have  significant  influence  on  consumers’ satisfaction  in  using  the  services  of  "Home  Laundry"  in South Palu, with significant values of 0.000> 0.05. Partial test finds that the quality of service consists of  physical  evidence  (X1)  =  0.011,  empathy  (X2)  = 0.001,  reliability  (X3)  =  0.001,  responsiveness (X4) = 0.000 and assurance (X5) = 0.010 significantly have partial influence on customer satisfaction in using the services of "Home Laundry" in South Palu Sub-district. Tujuan dari  penelitian  ini adalah  untuk  mengetahui  pengaruh  kualitas pelayanan  yang  terdiri  dari bukti  fisik  (X1),  empati  (X2),  reliabilitas (X3),  responsiveness  (X4)  dan  assurance  (X5) terhadap kepuasan konsumen  dengan  menggunakan  layanan  "Rumah  Laundry  "di Kecamatan  Palu  Selatan, baik  secara  simultan  maupun  parsial.  Jenis penelitiannya  bersifat  kausal-deskriptif.  Populasi  terdiri dari  semua konsumen  yang  menggunakan  layanan  "Binatu  Rumah"  di Kecamatan  Palu  Selatan. Teknik  pengambilan  sampel  adalah purposive  sampling  dengan  ukuran  sampel  60  orang.  Alat analisisnya  adalah  analisis  regresi  linier  berganda.  Berdasarkan  hasil analisis  regresi  linier  berganda menunjukkan  bahwa  kualitas pelayanan  terdiri  dari  bukti  fisik  (X1),  empati  (X2),  reliabilitas  (X3), daya  tanggap  (X4)  dan  jaminan  (X5)  secara  simultan  berpengaruh signifikan  terhadap  kepuasan konsumen  dalam  menggunakan layanan  di  Rumah  Laundry  di  Palu  Selatan,  dengan  nilai  signifikan 0,000> 0,05.  Uji  parsial  menemukan  bahwa  kualitas  layanan  terdiri  dari bukti  fisik  (X1)  =  0,011, empati (X2) = 0,001, reliabilitas (X3) = 0,001, responsiveness (X4) = 0,000 dan jaminan (X5) = 0,010 berpengaruh secara  signifikan  terhadap  kepuasan  pelanggan  dalam menggunakan layanan  "Rumah Laundry" di Kecamatan Palu Selatan
PENGARUH RASIO PROFITABILITAS PADA INDUSTRI PERBANKAN YANG GO PUBLIC TERHADAP HARGA SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA Syuaib, Syuaib; Muslimin, Muslimin; Adda, Harnida Wahyuni
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.318 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v1i1.6

Abstract

This research aims to determine and analyze the influence of Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), and Net Profit Margin (NPM) on stock price, both simultaneously and partially. The sample  of  this  research consists  of  30  banks  listed  on  Indonesia Stock  Exchange  (IDX).  Method  of analysis  is  multiple  linear  regressions.  The  results  show  that ROA,  ROE,  and  NPM  simultaneously have  significant  influence  on  stock prices  in  Indonesia  Stock  Exchange.  Partially,  ROA,  ROE,  and NPM have significant influence on stock prices in Indonesia Stock Exchange, while the influence of ROE  on  stock  prices  is  negative.  Coefficient  determination indicates  adjusted  R-square  of  0.529, which  means  that  52.90%  of stock  prices  affected  by  ROA,  ROE,  and  NPM,  and  47.10%  of  stock prices affected by other variables that are not studied. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  dan  menganalisis pengaruh  return  on  asset (ROA), return  on  equity  (ROE),  dan  margin laba  bersih  terhadap  harga  saham  secara  simultan  dan  parsial. Sampel  penelitian  ini  terdiri  dari  30  bank  yang  terdaftar  di  Bursa Efek  Indonesia  (BEI).  Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa return on asset, return on equity, dan margin laba bersih secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham  di  bursa   Indonesia.  Secara  parsial, return  on  asset,  return  on  equity,  dan  margin  laba  bersih berpengaruh  signifikan  terhadap  harga  saham  di  bursa  Indonesia, tetapi  efek  dari  return  on  equity terhadap harga saham adalah negatif. Koefisien determinasi menunjukkan adjusted R-square sebesar 0,529, yang  berarti  bahwa  52,90%  dari  harga  saham  dipengaruhi  oleh  ROA,  ROE  dan  NPM,  dan 47,10% dari harga saham dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
PENGARUH AKTIVITAS, MINAT DAN OPINI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA SALON CHIQUITA DI KOTA PALU Widya Lestari; Syamsul Bachri Daeng Parani; Ponirin Ponirin
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.578 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v1i1.11

Abstract

The  purpose  of  the  research  is  to  find  out  the  influence  of  activity, interest,  and  opinion  on consumer  decision  in  using  Chiquita  Salon in  Palu  City.  There  are  4  variables  that  used  in  this research; activity (X1), interest (X2), opinion (X3), and decision of the consumer (Y). Method of study is descriptive causal with a total sample of 60 respondents, who were selected by purposive sampling. Tool  of  analysis  is  multiple  linear regressions  with  Software  SPPS  17.  The  result  finds  that  activity (X1),  interest  (X2),  and  opinion  (X3)  simultaneously influence  the decision  of the  consumer in  using Chiquita  Salon  in  Palu  City,  with  the  level  of  significance  of  0.000  <  α  0.05.  Furthermore,  activity (X1) with the t-sig. value of 0.042; interest (X2) has the t-sig. value of 0.022; opinion (X3) has the t- sig. value of 0.001. These values are < 0.05, which means that each variable partially influences the decision of the consumer in using Chiquita Salon in Palu City. Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  pengaruh aktivitas,  minat,  dan  pendapat konsumen  terhadap  keputusan menggunakan  Chiquita  Salon  di  Kota  Palu.  Ada  4  variabel  yang digunakan dalam penelitian ini; aktivitas (X1), minat (X2), pendapat (X3), dan keputusan konsumen (Y).  Metode  penelitian  adalah  deskriptif kausal  dengan  total  sampel  sebanyak  60  responden,  yang dipilih secara  purposive  sampling.  Alat  analisis  regresi  linier  berganda dengan  Software  SPPS  17. Hasilnya  menemukan  bahwa  aktivitas (X1),  minat  (X2),  dan  pendapat  (X3)  berpengaruh  secara simultan terhadap  keputusan  konsumen  dalam  menggunakan  Chiquita  Salon di  Kota  Palu,  dengan tingkat  signifikansi  0,000  <α  0,05. Selanjutnya,  aktivitas  (X1) dengan  t-sig.  nilai  0,042;  minat (X2)memiliki  t-sig.  nilai  0,022;  pendapat  (X3)  memiliki  t-sig.  nilai  0,001.  Nilai  ini <0,05,  yang  berarti bahwa  masing-masing  variabel  mempengaruhi secara  parsial  keputusan  konsumen  dalam menggunakan Chiquita Salon di Kota Palu.
PENGARUH FAKTOR PRIBADI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN HANDPHONE SAMSUNG DI KOTA PALU Razana Razana; Syamsul Bachri Daeng Parani; Andi Indriani
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.019 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v1i1.7

Abstract

The purpose of this study is to determine the influence of personal factors on customer satisfaction in  using  Samsung  mobile  phone  in  Palu  City.  The  variables  studied  are  age  and  stage  of  life  cycle (X1), job (X2), economic circumstances (X3), lifestyle (X4), personality and self-concept (X5), as well as  customer  satisfaction  (Y).  Research  method  is  descriptive causal  with  sample  of  60  respondents who  selected  by  accidental  side method.  Data  is  analyzed  with  multiple  linear  regressions  in  SPSS software  19.  Based  on  the analysis,  the  results  confirmed  that  age  and  stage  of  life  cycle  (X1),  job (X2),  economic  circumstances  (X3), lifestyle  (X4),  personality  and  self-concept  (X5),  simultaneously and partially  have  significant  influence  on  customer  satisfaction  in  using Samsung  mobile  phone  in Palu City. Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  pengaruh factor pribadi Kepuasan  Pelanggan Menggunakan  Handphone  Samsung di  kota  Palu.  Variabel  yang  digunakan  adalah  variabel  usia  dan tahap siklus hidup (X1), variabel job (X2), variabel keadaan ekonomi (X3), variabel gaya hidup (X4), variabel  kepribadian  dan  self-concept  (X5), serta  variabel  pelanggan  kepuasan  (Y).  Metode  yang digunakan adalah  metode  deskriptif  dengan  sampel  sebanyak  60  responden, dan  teknik  yang digunakan untuk menentukan sampel adalah metode Accidental Side, yang kemudian akan dianalisis regresi linier berganda pada perangkat lunak SPSS 19. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa variabel umur dan tahap siklus hidup (X1), variabel job (X2), variabel keadaan ekonomi (X3), variabel gaya hidup (X4), variabel kepribadian dan self-concept (X5) secara serempak dan partial berpengaruh signifikan terhadap serta kepuasan pelanggan menggunakan handphone Samsung di Kota Palu.
PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SERTA KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KEJAKSAAN NEGERI PALU SULAWESI TENGAH Haslinda Haslinda; Idris Azis; Bakri Hasanuddin
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1287.442 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v1i1.12

Abstract

This  study  aims  to  determine  the  influencet  of  education  and  training  as  well  as  emotional intelligence on the performance of employees at the State Attorney Office of Palu, Central Sulawesi. Sample consists of 31 people, who were selected with census method. Model of analysis multiple linear regressions  with  SPSS  computer  program  for Windows  Release  22.0.  The  research  concludes  that education and training (X1) and emotional intelligence (X2) simultaneously have significant influence on employee performance (Y) in Attorney Office of Palu. This is evidenced by the F test that shows the significance value below 0.05 of 0.000. Education and training (X1) partially has significant influence on employee performance (Y); this is evidenced by the t-test that shows significance value below 0.05, of 0.001. Emotional intelligence (X2) partially has significant influence on employee performance (Y), which is evidenced by the t-test that shows significance value below 0.05 of 0.000. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  pendidikan  dan  pelatihan  serta  kecerdasan emosional  terhadap  kinerja  pegawai  di Kejaksaan  Negeri  Palu,  Sulawesi  Tengah.  Sampel  dalam penomoran adalah  31  orang,  metode  pengambilan  sampel  menggunakan sampel  jenuh  atau  sensus. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresi berganda (multiple regression analysis) dengan bantuan program komputer SPSS for Windows Release 22.0.Analisis data menggunakan  regresi  linier  berganda,  uji  F  dan  uji t.  Hasil  penelitian  menyimpulkan  bahwa pendidikan dan pelatihan (X1) dan emotional intelligence (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap  kinerja  karyawan  (Y)  pada  Kejaksaan  Negeri  Palu.  Hal  ini dibuktikan  dengan  uji  F  yang menunjukkan  nilai  signifikansi  kurang dari  0,05  adalah  0,000.  Pendidikan  dan  pelatihan  (X1)berpengaruh  secara  parsial  terhadap  kinerja  karyawan  (Y),  hal  ini  dibuktikan dengan  uji  t  yang menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,001. Kecerdasan Emosional (X2) berpengaruh secara  parsial berpengaruh  terhadap  kinerja  karyawan  (Y),  hal  ini  dibuktikan dengan  uji  t menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 adalah 0,000.
PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA INDUSTRI MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) Rahmawati, Anita; Nurdin, Djayani; Bidin, Cici Riyanti K
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.939 KB)

Abstract

The value of the company reflects investor’s perception on the success of a company that are often associated with stock prices. High stock price influences the value of the company's and will impress the  market of company's  current  and future  performances.  The  purpose  of  this study  is to  determine the influence of managerial ownership and the size of the company to the value of the company in the manufacturing industry  listed  on the  Indonesia  Stock  Exchange  (BEI)  in  the  period  of 2011-2012. Population consists of manufacturing industry with managerial ownership whose shares are listed and actively  traded  on  the  Indonesia Stock  Exchange  (BEI)  in  the  period  2011-2012.  The  data  in  this research  is  secondary  data  obtained  from  the  Indonesia  Stock Exchange.  Sampling  method  is purposive  sampling.  The  number  of samples  taken  based  on  the  criteria  is  20  companies.  Data analysis method  is  multiple  linear  regression  analysis.  The  test  results  show that  managerial ownership  and  firm  size  simultaneously  have significant  influence  on  the  value  of  manufacturing companies  in the Indonesia  Stock  Exchange.  Partially,  managerial  ownership  and  the size  of  the company  significantly  have  negative  influence  on  the value  of  companies  in  the  manufacturing industry in the Indonesia Stock Exchange. Nilai  perusahaan  merupakan  persepsi  investor  terhadap  tingkat keberhasilan  perusahaan  yang sering  dikaitkan  dengan  harga saham,  harga  saham  yang  tinggi  membuat  nilai  perusahaan  juga tinggi, nilai  perusahaan  yang  tinggi  akan  membuat  pasar  percaya  tidak  hanya pada  kinerja perusahaan  saat  ini  namun  juga  pada  prospek perusahaan  di  masa  depan.  Tujuan  penelitian  ini adalah  untuk mengetahui  pengaruh  kepemilikan  manajerial  dan  ukuran perusahaan terhadap  nilai perusahaan  pada  industrimanufaktur  yang  terdaftar  di Bursa  Efek  Indonesia  (BEI)  periode  tahun 2011-2012. Populasi dalam penelitian ini adalah industri manufaktur dengan kepemilikan manajerial yang  sahamnya  terdaftar  dan  aktif  diperdagangkan  di  Bursa  Efek Indonesia  (BEI)  periode  2011- 2012.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Banyaknya sampel yang  diambil  yaitu  sesuai  dengan  kriteria-kriteria  yang  telah  ditentukan  sebanyak  20  perusahaan. Metode  analisis  data  yang  digunakan  pada  penelitian  ini  adalah analisis  regresi  linear  berganda. Hasil pengujian ini menemukan bahwa secara simultan variabel kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan berpengaruh  signifikan  terhadap  nilai  perusahaan industri  manufaktur di  Bursa  Efek Indonesia. Secara  parsial  variabel  kepemilikan manajerial  dan  ukuran  perusahaan  berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan pada industri manufaktur di Bursa Efek Indonesia.
STRATEGI BERSAING PADA GELATIK RESIDENCE PALU Tanwir D G Djuma; Johnny Tanamal; Syamsul Bachri Daeng Parani
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v1i1.8

Abstract

PT. Regional Trypillian is a company that is engaged in the development of new houses to prosper the  society,  especially  by  providing  residence and  develop  its  role  in  economic  development  in marketing  the residential  products  and  utilization  of  manpower. The  establishment of  the  company initiated by Mr. Sofyan Hudri since February 15, 2014, starting from an attempt to manage, market, and produce home with investors/landowners. Wren's housing residence consists of 2 types: type 50 and type 90. The purpose of this study is to determine competition faced by Wren Residence in Palu and  to examine  alternative  strategies that can  be  used  by  Wren  Residence.  Data  analysis  technique used is the SWOT analysis (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Based on the results of SWOT analysis  in  the  form  of  matrix  diagram  and  IE table,  it  finds  that  competitive  strategies  of  Wren Residence  is focused  on  aggressive  strategy  (growth-oriented  strategy)  that  is suitable  with  the existing opportunities. PT. Regional Trypillian adalah perusahaan yang bergerak dalam pengembangan rumah baru untuk mencapai  kesejahteraan  masyarakat, terutama  dengan  menyediakan  tempat  tinggal  dan mengembangkan perannya  dalam  pembangunan  ekonomi dalam  memasarkan  produk hunian  dan pemanfaatan tenaga kerja. Pembentukan perusahaan yang diprakarsai oleh Bapak Sofyan Hudri sejak 15  Februari  2014  ini,  mulai dari  usaha  mengelola,  memasarkan,  dan  menghasilkan  rumah dengan investor  /  pemilik  lahan.  Tempat tinggal  Wren  terdiri  dari  2 tipe:  tipe  50  dan  tipe  90.  Tujuan  dari penelitian  ini  adalah  untuk mengetahui  kompetisi  yang  dihadapi Wren  Residence  di  Palu  dan untuk mengkaji  strategi  alternatif  yang  dapat  digunakan  oleh  Wren Residence.  Teknik  analisis  data  yang digunakan  adalah  analisis SWOT  (Strength,  Weakness,  Opportunity,  Threat).  Berdasarkan  hasil analisis  SWOT  berupa  diagram  matriks  dan  tabel  IE,  maka  strategi  kompetitif  Wren  Residence difokuskan pada strategi agresif (strategi berorientasi pertumbuhan) yang sesuai dengan peluang yang ada.
PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK, PERIKLANAN, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINUMAN ISOTONIK MIZONE DI KOTA PALU Muh Rizky Fauzan; Maskuri Sutomo; Rahmat Mubaraq
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v1i1.3

Abstract

The  aim  of  the  research  is  to  analyze  the  influence  of  brand  trust (X1),  advertising  (X2),  and product quality (X3) on purchase decision (Y) both simultaneously and partially. Research method is descriptive causal with a sample size of 115 respondents who are selected using purposive sampling technique.  The  results  of  the  study  show  that:  1)  brand  trust, advertising,  and  product  quality simultaneously  have  positive  and significant  influence  on  purchase  decision  of  customer  of  Mizone isotonic  drink in  Palu; 2)  brand trust  has  positive and  significant influence  on purchase  decision of customer  of  Mizone  isotonic  drink  in Palu;  3)  advertising  has  positive  and  significant  influence  on purchase decision of customer of Mizone isotonic drink in Palu; 4) product quality has positive and significant influence on purchase decision of customer of Mizone isotonic drink in Palu. Tujuan  penelitian  ini  adalah untuk  menganalisis  pengaruh Kepercayaan  Merek  (X1),  Periklanan (X2),  dan  Kualitas  Produk  (X3) terhadap  Keputusan  Pembelian  (Y).  Metode  penelitian  yang digunakan adalah metode deskriptif kausal dengan jumlah sampel 115 orang dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Variabel kepercayaan merek, variable periklanan, dan variable  kualitas  produk  secara  simultan  berpengaruh  positif  dan  signifikan terhadap  variable keputusan  pembelian  produk  minuman  Isotonik Mizone  pada  masyarakat di  Kota  Palu;  2).  Variabel kepercayaan merek  secara  parsial  berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap variable  keputusan pembelian produk  minuman  Isotonik  Mizone pada masyarakat  di Kota  Palu;  3).  Variabel  periklanan secara  parsial berpengaruh  positif  dan signifikan  terhadap  variabel  keputusan pembelian  produk minuman  Isotonik  pada  masyarakat  di  Kota  Palu; dan  4).  Variabel  kualitas  produk  secara  parsial berpengaruh  positif dan  signifikan  terhadap  variabel keputusan  pembelian  produk minuman  Isotonik pada masyarakat di Kota Palu
FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN MEMUTUSKAN MEMBELI DAN MENGGUNAKAN SMARTPHONE MEREK OPPO DI KECAMATAN PALU SELATAN Tria Wulan Ndari; Wahyuningsih Wahyuningsih; Yobert Kornelius
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v1i1.9

Abstract

This  study  aims  to  determine  factors  that  consumers  consider  in buying  and  using  smartphones OPPO in South Palu Sub-district. The sampling technique is Accidental Side by selecting 105 people. The analytical  tool  is  factor  analysis.  Based  on the analysis  of  21 indicators, the  study  finds  factors that are considered by the consumers when deciding to buy and use a smartphone brand OPPO are:the  first factors  includes:  promotion  and  price:  X3  (Advertising  media  TV), X12  (promotions convincing),  X14  (Prices  are  affordable),  X15  (the physical  form  of  interest),  X17  (service center/customer service); the second factor is product quality that includes: X2 (friends suggestion), X6 (sophisticated  feature),  X10  (superior  camera  quality),  X11  (good product  quality),  X21 (correspondence  between  price  and  quality);  the third  factor  is  lifestyle  that  includes:  X1  (family suggestion),  X16 (luxury  product  design),  X19  (unique  name  and  easy  to  remember),  X20  (updated trend). Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  faktor-faktor  yang dipertimbangkan  konsumen  dalam membeli  dan  menggunakan smartphone  OPPO  di  Kecamatan  Palu  Selatan.  Teknik  pengambilan sampel  adalah  Accidental  Side  dengan  memilih  105  orang.  Alat analisis  adalah  analisis  faktor. Berdasarkan analisis 21 indikator tersebut, studi ini menemukan faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen  saat  memutuskan  untuk  membeli  dan  menggunakan merek  smartphone  OPPO  adalah:faktor pertama meliputi: promosi dan harga: X3 (media iklan TV), X12 (promosi yang meyakinkan ), X14 (Harga  terjangkau),  X15  (bentuk  fisik  bunga),  X17  (service  center  / customer  service);  Faktor kedua  adalah  kualitas  produk  yang meliputi:  X2  (saran  teman),  X6  (fitur  canggih),  X10  (kualitas kamera superior), X11 (kualitas produk yang baik), X21 (korespondensi antara harga dan kualitas);Faktor ketiga adalah gaya hidup yang meliputi: X1 (family suggestion), X16 (desain produk mewah), X19 (nama unik dan mudah diingat), X20 (mengikuti trend masa kini).
PENGARUH FAKTOR EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN DETERJEN MEREK RINSO DI KELURAHAN LAYANA INDAH KOTA PALU Suriani Labolo; Maskuri Sutomo; Rahmat Mubaraq
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v1i1.4

Abstract

The  research  aims  to  analyze  the  influence  of  brand  equity  that consists  of  brand  awareness, quality perception, brand association, and brand loyalty, on customer purchase decision to buy Rinso at  Layana  Indah Village  in  Palu.  Sample  size  of  the  study  is  72  respondents  who selected  through purposive sampling technique. The results indicate that all variables, namely brand awareness, quality perception,  brand  association, and  brand  loyalty  simultaneously  have  significant  influence  on customer purchase  decision.  The  Adjusted  R  square  of  0.527  indicates  that brand  equity  has  52,7 percent  of  the  variability  of  customer  purchase decision,  while  47,3  percent  influenced  by  other variables  that  are  not studied.  Partially,  all  variables  have  positive  and  significant  influence  on customer purchase decision to buy Rinso detergent. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek yang terdiri atas kesadaran merek,  persepsi  kualitas,  asosiasi  merek, dan  loyalitas  merek  terhadap  keputusan  pembelian  produk deterjen merek Rinso di Kelurahan Layana Indah Kota Palu. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 orang  dengan  teknik  penarikan  sampel menggunakan  purposive  sampling.  Hasil  penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, persepsi kualitas,  asosiasi  merek  dan  loyalitas  merek  memiliki pengaruh  signifikan  terhadap  keputusan konsumen sehingga apabila variabel ekuitas merek diterapkan secara baik maka keputusan pembelian juga akan meningkat, dengan nilai adjusted R square 0.527, artinya bahwa ekuitas merek berpengaruh terhadap  keputusan pembelian  sebesar  52.7 %  dan  sisanya  sebesar  47.3 %  dipengaruhi oleh  variabel lain yang tidak diteliti. Secara parsial variabel kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas  merek berpengaruh  signifikan  terhadap  keputusan  pembelian  dalam menggunakan  produk sabun deterjen merek Rinso.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 3 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 4 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 3 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 6, No 3 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 5, No 3 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 4, No 3 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 1, No 3 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako More Issue