cover
Contact Name
Frenta Helena Simaibang
Contact Email
ojslppmumht@gmail.com
Phone
+628119114381
Journal Mail Official
ojslppmumht@gmail.com
Editorial Address
Kampus A Universitas Mohammad Husni Thamrin Jl. Raya Pondok Gede No 23-25 Kramatjati, Jakarta Timur
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
ISSN : 25493310     EISSN : 26232901     DOI : 10.37012/jipmht
Core Subject : Education,
Jurnal Inovasi Pendidikan merupakan jurnal yang berisi tentang artikel ilmiah dalam bidang ilmu pendidikan yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa serta para peneliti.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin" : 10 Documents clear
Pengembangan Literasi Budaya Berbasis Virtual Reality Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Iman Sampurna; Rian Fauzi; Dede Kurnia Adiputra; Suwarno Suwarno
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v6i1.735

Abstract

Pembelajaran IPS yang selama ini diajarkan kurang memberikan sentuhan yang kuat kepada siswa karena kurangnya inovasi dalam pembelajaran dan terlalu tekstual sehingga cenderung membosankan bagi siswa. Selain itu, guru di kelas kurang mengaitkan keberagaman budaya yang sedang terjadi dalam masyarakat sehingga siswa kurang mengenal tentang budaya yang ada disekitarnya. Pembelajaran yang diterapkan guru juga masih tampak kurang keterpaduan, baik dengan mata pelajaran lain maupun pemilihan model dan strategi pembelajarannya. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang tujuannya adalah untuk mengembangkan literasi budaya berbasis virtual reality (VR). Metode penelitian ini menggunakan pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop and Disseminate). Pengembangan model 4D terdiri dari empat tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Keunggulan dari penelitian ini ditunjukkan pada virtual reality yang memuat atau menonjolkan bentuk keragaman budaya yang ada di Baduy, Hasil penelitian berupa potensi sumber daya alam udara, air, hutan, tambang, laut, sehingga kearifan lokal dapat dijaga secara arif agar potensi sumber daya alam dapat terjaga sampai ke generasi berikutnya, siswa senang menggunakan VR kebudayaan Baduy sehingga meningkatkan literasi budaya
Persepsi Mahasiswa Tadris Biologi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Terkait Kurikulum 2022 Desty Ramadhayanti; Mufidatul Husna Siregar; Novia Elyza
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v6i1.776

Abstract

Kurikulum merupakan perangkat mata pelajaran yang berisi rancangan pelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik. Dalam perkembangannya, kurikulum diIndonesia terus mengalami perbaikan dan pembaharuan seperti perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum 2022. Namun, tidak banyak dari kalangan mahasiswa yang mengetahui terkait kurikulum 2022 atau disebut denga kurikulum prototipe. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik penelitian dengan wawancara terpimpin yaitu menyiapkan draf pertanyaan sebelum melakukan wawancara. Subjek penelitian ini yaitu, mahasiswa/mahasiswi tadris biologi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), dengan uji keabsahan data yang dihasilkan menggunakan uji triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari seluruh subjek penelitian, terdapat 80 % yang tidak mengetahui terkait kurikulum 2022, dan hanya 20 % hanya mengetahui dan tidak memahami maksud dan isi dari kurikulum tersebut. Dan 40 % dari jawaban mahasiswa tidak setuju dengan adanya perubahana kurikulum 2022, dan 60 % setuju. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa setelah menegatuhi isi, tujuan, dari kurikulum 2022, mereka setuju terkait pemberlakuan dan diwajibkan atas penerapan kurikulum 2022, namun tidak dipaksakan dalam penerapannya.
KAJIAN PERUNDUNGAN PESERTA DIDIK SMA DAN YANG SEDERAJAT DI KECAMATAN PARE, KEDIRI JAWA TIMUR TAHUN 2021 maryam Sulaeman
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v6i1.768

Abstract

Kajian tentang Perundungan Anak Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Pare Tahun 2021 ini dilaksanakan di 5 SMA Negeri dan yang sederajat yang tersebar di beberapa kecamatan. Dari 5 SMA tersebut, 2 sekolah merupakan SMA negeri dan 3 sekolah lainnya merupakan SMA swasta. Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui permasalahan peserta didik Sekolah Menengah Atas yang terjadi di Kecamatan Pare. penelitian ini merupakan penelitian survei, di mana tujuan penelitian survei adalah untuk memberikan gambaran secara detail tentang latar belakang, sifat-sifat, serta karakter-karakter yang khas dari kasus atau kejadian suatu hal yang bersifat tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah menengah atas yang berada di Kota Pare pada tahun 2021. Untuk kasus ini yang dijadikan target penelitian adalah peserta didik Sekolah Menengah Atas, Sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan memakai teknik sampel yaitu non-random sampling. Ditemukan Faktor dominan yang menyebabkan perundungan dalam penelitian ini adalah faktor media sosial yang meningkat dikarenakan melandanya wabah Covid-19 di Indonesia yang mewajibkan semua kegiatan di dalam rumah. Hasil prosentase perundungan cyber untuk pelaku dan korban (84,5% dan 88,9 %)Keywords; Perundungan, Sekolah Menengah Atas
Pengaruh Penggunaan Media TV Sekolah dan Metode Belajar Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Ernawati Harahap; Sri watini
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v6i1.799

Abstract

This study aims to reveal the effect of using school television media and Contextual Teaching and Learning (Ctl) learning methods on children's cognitive abilities. This research is a quantitative research. The sampling technique used was Cluster Random Sampling. The research sample amounted to 22 students in group B. The test results of the research instrument showed that the reliability of the cognitive ability instrument was 0.921. The data analysis technique used is simple regression analysis. The conclusions of this study are 1) the cognitive ability of students who are given school TV has a positive effect on the cognitive abilities of students who are given the CTL method; 2) The cognitive ability of students given the school TV affects the cognitive abilities of students given the CTL method; 3) the coefficient of determination R Square = 0.150, which means that 15.0% of the variation of the variable cognitive ability of students given school TV can be influenced by the variable of cognitive ability of students given the CTL method.Keywords: Cognitive Ability, School TV, Contextual Teaching Learning
Pengaruh Media Sosial, Kecerdasan Emosional Dan Dukungan Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Supriyadi Supriyadi
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v6i1.874

Abstract

Mengungkap pengaruh media sosial, dukungan orang tua, dan kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa dimasa pandemi COVID-19 merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Jakarta Timur yang berjumlah 840 siswa. Merujuk pada tabel sample Isaac dan Michael untuk jumlah populasi 840 siswa pada signifikansi 5% diperoleh jumlah sample sebanyak 205 siswa, penentuannya dengan teknik random sampling. Data penelitian diperoleh melalui instrumen yang valid dan reliabel. Uji coba instrumen motivasi berprestasi diperoleh rata-rata reliabilitasnya sebesar 0,891, instrumen media sosial diperoleh realibilitas sebesar 0.672, instrumen kecerdasan emosional reliabilitasnya sebesar 0,872 dan reliabilitas instrumen dukungan orang tua sebesar 0,912. Hasil penelitian dapat disimpulkan 1). Media sosial berpengaruh positif terhadap motivasi belajar; 2). Dukungan orang tua berpengaruh positif terhadap motivasi belajar; 3). Kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap motivasi belajar ; 4). Media sosial, dukungan orang tua dan kecerdasan emosional secara stimulan mempunyai pengaruh positif terhadap motivasi belajar; Pengaruh variabel media sosial, dukungan orang tua, kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar sebesar 83,2%.
Pengaruh Media Sosial dalam Pemahaman Pendidikan Seksual Peserta Didik Sekolah Menengah Atas di Pare, Kediri; Perspektif Guru dan Peserta Didik Marlina - Yuli
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v6i1.757

Abstract

AbstrakMedia sosial yang sangat mempengaruhi kehidupan di dua tahun terakhir karena covid-19 telah  mengakibatkan berubahnya kebiasaan  hidup masyarakat Indonesia. Hal ini menjadikan  media sosial satu-satunya jalan untuk menghilangkan kejenuhan di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap pemahaman pendidikan seksual peserta didik SMA dan  sederajat di Pare, Kediri  pada tahun 2021.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek media sosial yang begitu cepat dalam pemahaman pendidikan seksual remaja. Bentuk analisis yang digunakan adalah analisis mix method, dimana peneliti telah melakukan analsis kuantitative dan deskriptive yang  terjadi melalui interview dan pengumpulan data yang terjadi dilapangan. Keunggulan memakai metode ini adalah  penelitian dilakukan berdasarkan pemahaman yang baru yang kompleks, mendetail dan komprehensif. Analisis tersebut adalah; (1)Analisis Diskriminan (Discriminant Analysis), dan (2) Analisis Struktural Equation Modelling (SEM) Penelitian ini dilaksanakan di Pare, Kediri. Populasi dalam penelitian ini adalah 5 sekolah  di Kecamatan Pare, 2 Sekoah SMA Negri dan 3 Sekolah SMA swasta dengan marjin error 5%. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive, dan hasil penelitian yang diperoleh antara lain ; a) adanya  pengaruh  yang sangat rendah antara media sosial dengan pemahaman pendidikan sex peserta didik SMA dan yang sederajat  sebesar 1% , dengan spesifik pertanyaan bahwa peserta didik  pernah membicarakan hal tersebut dengan sesama teman dan mendapat pembekalan di sekolah.
Pelaku dan Korban Cyber Bullying di Sekolah Menengah Atas Se Kecamatan Pare Kabupaten Kediri nur aida
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v6i1.767

Abstract

Penggunaan internet dalam era globalisasi, memberi kemudahan bagi penguna melakukan aktifitasnya sampai melewati batas dunia melalui dunia maya. Aktifitas yang dilakukan tidak saja yang bersifat positif, namun tindakan perbuatan yang tidak disenangipun dapat dilakukan melalui media sosial dalam bentuk bullying. Kecanggihan alat elektronik ini juga didominasi pemakaiannya oleh remaja atau generasi muda yang usianya rata-rata adalah usia sekolah/pelajar. Mereka acapkali melakukan aktifitas melalui media sosial tanpa berpikir bahwa isi dan informasi yang diberikan dapat menimbulkan akibat hukum, terutama hukum Pidana yang menjerat mereka karena kurangnya pengetahuan bahwa informasi yang dibuat dapat bersifat melawan hukum. Metode yang digunakan adalah diskriptif  kualitatif.  Pelaku dan korban perundungan umumnya saling mengenal, sehingga perbuatan perundungan dapat disebut sebagai  bentuk lain dari interaksi negatif dalam dunia maya.
Bullying Dalam Perspektif Bahasa Dan Dampaknya terhadap Karakter Masyarakat Tahir Wijaya
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v6i1.762

Abstract

Mungkin saat ini beberapa orang tidak begitu mengerti apa terjemahan kata bully dalam Bahasa Indonesia. Mengatakan hal yang tak menyenangkan ataupun memanggil seseorang dengan julukan yang buruk, Mengabaikan atau mengucilkan seseorang dari suatu kelompok karena sebuah tujuan, Memukul, menendang, menjegal atau menyakiti orang lain secara fisik, serta mengatakan kebohongan atau rumor yang tidak benar mengenai seseorang atau membuat orang lain tidak menyukai seseorang dan hal-hal semacamnya.Buyyling juga merupakan suatu perundungan. Penggunaan kata perundungan sepertinya tidak begitu populer dalam masyarakat Indonesia. Khususnya masyarakat awam. Hal itu dapat dibuktikan dengan tidak banyak atau tidak ada media berita populer menggunakan kata tersebut.Pemaknaan tentang Buyyling sangat penting untuk diketahui, agar kita tahu manfaat dan  kekurangan serta mudhorot menggunakan kata tersebut.Penulisan ini menggunakan metode kuantitatif  dengan pendekatan deskriptif analisis dengan mengumpulkan makna bullying dari beberapa sumber buku atau referensi lalu penulis membuat kesimpulan akhir sebagai kesan dari makna yang disajikan.Dari hasil penelitian tersebut didapat bahwa banyak  dari para peserta yang sering menggunakan kata buyyling dalam bergaul dengan teman, sehingga penggunaan tersebut sesungghnya tidak tepat.
Pengaruh Penggunaan Media Digital dan Peran Keluarga Terhadap Perilaku Sosial Para Remaja Cahyono Cahyono
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v6i1.769

Abstract

Pola kehidupan sehari-hari yang terjadi saat ini telah berubah sejak adanya teknologi internet masuk dalam sebuah perangkat yang bersifat mobile sehingga orang dapat berkomunikasi di manapun berada. Pesatnya perkembangan media sosial di kalangan remaja sebagai alat komunikasi yang mudah digunakan oleh siapa saja dan dapat diakses di mana saja membuat fenomena besar terhadap arus informasi, tidak hanya itu pertumbuhan media sosial membawa trend baru dalam masyarakat sebagai ajang untuk melakukan tindakan penindasan secara online atau yang lebih dikenal dengan sebutan cyberbullying. Berdasar hasil analisis diperoleh Koefisien jalur media digital terhadap perilaku sosial berpengaruh negatif sebesar -0,11. artinya 11% perilaku sosial dipengaruhi karena keberadaan media digital. Adapun indikator yang paling kuat suka mengoleksi film pertarungan. Untuk koefisien jalur keluarga terhadap perilaku sosial berpengaruh positif sebesar 0,65. artinya 65% keluarga memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap perilaku sosial. Adapun indikator yang paling kuat adalah ortu selalu mencukupi kebutuhan. Sedangkan untuk koefisien jalur keluarga, dan media digital berpengaruh negatif bersama-sama terhadap perilaku sosial sebesar -0,11 dan -0,33. Adapun dimensi yang paling kuat merefleksikan perilaku sosial adalah pernah membedakan/mendeskripsikan teman
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Orang Tua Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Ernawati Harahap; Eunike Novitasari; Venty Indah Puspitasari; Indro Wiyarno; Tita Juwita; Femi Indriyatama; Nuris Azizah; Siti Maesyaroh; Miftahul Jannah; Nurlaelah Nurlaelah; Pujiarto Pujiarto
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v6i1.995

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Gaya kepemimpinan (X1) dan Budaya organisasi (X2) terhadap kepuasan pembelajaran anak usia dini (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Penelitian ini dilakukan berdasarkan persepsi orang tua siswa terkait dengan variabel Gaya kepemimpinan (X1), variabel Budaya organisasi (X2) dan variabel kepuasan pembelajaran anak usia dini (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua siswa kelompok B di TA/TK Al Azhar Syifa Budi dengan sampel penelitian orang tua siswa kelompok B yang berjumlah 54 orang. Dengan teknik sampel jenuh seluruhnya sebanyak 54 orang digunakan sebagai sampael penelitian. Pengambilan data menggunakan instrumen yang valid dan reliabel. Analisis data menggunakan regresi sederhana untuk menguji pengaruh (X1) terhadap (Y), Pengaruh X2 terhadap Y, dan analisis regresi ganda menguji X1 dan X2 secara simultan terhadap Y. Hipotesa penelitian a). diduga Gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kepuasan pembelajaran anak usia dini.; b) Budaya organisasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pembelajaran anak usia dini.; c). Gaya kepemimpinan dan Budaya organisasi secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kepuasan pembelajaran anak usia dini.Kata Kunci: Gaya kepemimpinan, Budaya organisasi, kepuasan pembelajaran, Anak Usia Dini

Page 1 of 1 | Total Record : 10