cover
Contact Name
Frenta Helena Simaibang
Contact Email
ojslppmumht@gmail.com
Phone
+628119114381
Journal Mail Official
ojslppmumht@gmail.com
Editorial Address
Kampus A Universitas Mohammad Husni Thamrin Jl. Raya Pondok Gede No 23-25 Kramatjati, Jakarta Timur
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
ISSN : 25493310     EISSN : 26232901     DOI : 10.37012/jipmht
Core Subject : Education,
Jurnal Inovasi Pendidikan merupakan jurnal yang berisi tentang artikel ilmiah dalam bidang ilmu pendidikan yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa serta para peneliti.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin" : 12 Documents clear
Membangun Sistem Model Learning Style Inventory Untuk Pencapaian Prestasi Belajar Mahasiswa Program E-Learning Agustino, Rano; Pertiwi, Santhi
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v4i2.418

Abstract

In improving the quality of education by teaching, it is the thing that has the greatest effectiveness. Because of a good and appropriate teaching method, it is likely to increase the absorption of knowledge for students, so that the quality of knowledge from students increases. There are several ways to improve the quality of teaching, one of which is to know the learning styles of these students. Methods to determine learning styles such as Visual Auditorial Kinesthetic (VAK), Learning Style Inventory, Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) and others, but in this study using the Learning Style Inventory (LSI) introduced by David Kolb. To see the Learning Style of each student, an online questionnaire was held. Respondents in this study were online students of the Mohammad Husni Thamrin University Informatics Engineering Study Program with 50 students as respondents. By using the Linear Regression model, it shows a significance value of 0.02 which is less than 5%, so the analysis can be continued. On the other hand, the results are based on the value of R Square, which is 0.099 or 0.1, where it is the Coefficient of Determination or it can be interpreted that the LSI Value Variable has the ability to influence 10% of the Student Value Variable.
Analisis Kesalahan Dalam Menggunakan Question Tag Oleh Mahasiswa Semester Dua Program Studi Manajemen Universitas MH. Thamrin Ramdani, Akhmad Subkhi; Anggraeni, Noerlina
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v4i2.426

Abstract

Question tag adalah salah satu jenis pertanyaan yang paling sering muncul dalam percakapan. Namun, dalam pelaksanaannya banyak mahasiswa yang tidak bias menjawab pertanyaan jenis ini dengan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa semester dua Programm Studi Manajemen Universitas MH.Thamrin dalam menggunakan Question tag.Selanjutnya, data penelitian ini dikumpulkan menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Peneliti menggunakan tes untuk mengumpulkan data dan untuk menganalisis pemahaman mahasiswa terhadap Question tag. Selain itu, tes ini juga menggunakan  Cronbach Alpha untuk menemukan reliability. Kemudian, dalam menganalisis data, peneliti menggunakan statistik deskriptif melalui langkah-langkah berikut: 1) memberikan skor pada tes mahasiswa, 2) menemukan nilai rata-rata dari skor mahasiswa, 3) mengubah skor menjadi persentase, dan 4) menggunakan interval untuk menemukan pemahaman mahasiswa dalam penggunaan Question tag. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa kemampuan mahasiswa semester dua Program Studi Manajemen dalam menggunakan Question tag dapat dikatakan baik dengan hasil 81,25%. Namun, peneliti juga menemukan akan adanya interferensi bahasa yang menyebabkan mahasiswa mendapatkan 28,75% kesalahan dalam menjawab soal.
Pengaruh Kemandirian Dan Dukungan Orangtua Pada Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Prestasi Belajar Dimasa Pandemi Covid-19 Supriyadi, Supriyadi
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v4i2.434

Abstract

Pandemi Covid-19 bukan saja memporakporandakan Indonesia akan tetapi  hampir sebagian besar kehidupan umat manusia di seluruh dunia. Pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kemandirian dan Dukungan Orang Tua pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) terhadap Prestasi Belajar Siswa. Tulisan ini didasarkan dari Penelitian kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa MTsN 7 Jakarta Timur yang berjumlah 617 siswa, Jumlah sampel penelitian merujuk pada tabel Isaac & Michael dengan signifikansi 5% sebanyak 221 siswa, menggunakan teknik Proportional random sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen yang valid dan reliabel. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Disimpukan bahwa tidak terdapat pengaruh kemandirian pembelajaran jarak jauh terhadap prestasi belajar siswa, terdapat pengaruh dukungan orang tua pada pembelajaran jarak jauh terhadap prestasi belajar, terdapat pengaruh kemandirian dan dukungan orang tua pada pembelajaran jarak jauh secara simultan terhadap prestasi belajar.Kata Kunci: Kemandirian, Dukungan Orang Tua, Prestasi Belajar, Pandemi Covid-19
Mengembangkan Kreativitas Guru Paud Dalam Menulis Cerita Anak Berbasis Karakter Di Jakarta Dan Sekitarnya Riza, Eva; Jadidah, Muasisah; Puspitasari, Putri Ratih; Fadila, Sisca Nurul
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v4i2.445

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian masih banyak permasalahan dalam penyelenggaran pendidikan Anak Usia Dini, salah satu permasalahan yang ada adalah metode yang digunakan dalam menyampaikan materi pembelajaran agar potensi anak dapat dikembangkan melalui berbagai aktivitas. Salah satu metode yang menyenangkan adalah menggunakan metode bercerita di dalam kelas. Metode bercerita merupakan salah satu metode yang digunakan guru untuk mengembangkan aspek perkembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral (NAM). Belum semua guru mampu menggunakan media dan metode yang tepat untuk pembelajaran. Buku cerita dengan metode bercerita adalah sebagai sarana yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. Keterbatasan buku cerita dan keterbatasan guru dalam menulis cerita masih rendah, belum memahami tata cara penulisan sesuai kaidah, cara menemukan ide atau gagasan cerita anak.  Berdasarkkan  hal tersebut, perlu dilakukan pelatihan bagi guru PAUD, melalui kegiatan PkM Prodi PAUD UMHT dengan  mengadakan pelatihan menulis cerita bagi  guru PAUD di lingkungan sekolah sekitar wilayah Jakarta. Kegiatan ini bertujuan mengembangkan kreativitas guru PAUD dalam menulis cerita anak berbasis karakter. Metode pelaksanaan program ini dengan pelatihan dan pendampingan secara virtual, yaitu pelatihan dengan memberikan pemahaman  tentang sistematika penulisan cerita anak berbasis karakter  serta  guru  dilatih menulis cerita anak. Pelatihan ini diberikan kepada 14 orang guru  mulai bulan Agustus sampai dengan November 2020. Hasil pelatihan adalah terealisasinya 14 naskah cerita dengan nilai-nilai karakter yang telah dijadikan dalam satu buku dengan judul “Ontologi Cerita Anak Berbasis Karakter, Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini”. Hasil pelatihan didapat feedback hasil postest sebagai berikut; 64,3%  materi cerita sesuai dengan kebutuhan;71,4%  materi sangat mudah dipahami;64,3% bimbingan membantu menemukan ide dan membuat naskah cerita;57.1%  waktu dalam membuat naskah cerita cukup; dan  85,7%  termotivasi untuk membuat naskah cerita anak selanjutnya.Kegiatan ini belum difokuskan pada aplikasi keterampilan penyampaian cerita di kelas dikarenakan adanya pandemik Covid-19,  maka belum dapat diketahui sejauh mana hasil pelatihan ini berguna untuk mendukung peningkatan pembelajaran. Saran kegiatan pengabdian selanjutnya adalah melatih guru agar dapat mengaplikasikan di kelas dengan kegiatan pelatihan teknik bercerita  guna mengetahui  lebih lanjut keberhasilan pelatihan menulis cerita untuk guru PAUD. Kata kunci: kreativitas guru PAUD, menulis cerita anak, berbasis karakter
Implementasi Metode Sentra terhadap Kecerdasan Majemuk Pada Peserta Didik Kelas I SD Tazkia Global Islamic School Sentul Bogor Pertiwi, Santhi
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v4i2.448

Abstract

Hal ini peneliti temukan beberapa hambatan di lapangan, yakni ada seorang anak berumur 7 tahun yang duduk di kursi SD kelas I, anak tersebut mengalami beberapa keterlambatan perkembangan, yaitu bicara yang masih terbata-bata bahasa yang masih belum terstruktur ketika bercerita, kerapihan ketika menyimpan kembali alat main, kerapihan ketika menggunting atau membuat karya, klasifikasi bentuk yang masih harus terus diinformasikan. Selain pengetahuan adapun sikap-sikap yang masih perlu dibangun, seperti rasa  tanggung jawab, kedisiplinan, kesabaran dan rasa percaya diri, sebut saja namanya Ano. hambatan tersebut, peneliti mengobservasi kemampuan berbahasa Ano ketika menceritakan hasil gambar yang dibuatnya, ternyata Ano masih membutuhkan arahan agar dapat berbahasa yang terstruktur. Selain bahasa penelitipun mengobservasi keseharian Ano ketika mengikuti pembelajaran, Ano masih sangat perlu bimbingan dan arahan untuk menggunting dengan rapih, masih perlu mengklasifikasikan suatu benda sesuai dengan bentuknya. Selain pembelajaran penelitipun mengobservasi pembiasaan Ano, dari awal masuk kelas sampai proses belajar mengajar di sekolah selesai, ada beberapa sikap yang perlu Ano bangun terlihat ketika merapihkan alat main atau peralatan miliknya Ano masih butuh arahan agar dapat bertanggung jawab menyimpan kembali pada tempatnya dan agar dapat menjaga barang milik pribadinya dengan baik seperti alat tulis yang masih tertinggal bahkan hilang, selain itu Ano pun perlu membangun kesabaran terlihat ketika harus bergantian bercerita dengan temannya dan terakhir Ano perlu membangun rasa percaya diri terlihat ketika bercerita di depan teman-temannya.Berdasarkan data yang didapat dari peneliti mengenai tahapan-tahapan perkembangan Ano yang perlu dibangun kembali dan dengan mengembangkan kecerdasan majemuk untuk Ano dengan menerapkan metode sentra disetiap pembelajarannya. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai implementasi metode sentra terhadap kecerdasan majemuk pada peserta didik Ano kelas I SD Tazkia Global Islamic School.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Implementasi metode sentra di SD Tazkia Global Islamic School dan (2) Cara mengembangkan perkembangan yang terlambat pada siswa Ano. Implementasi metode sentra diartikan sebagai suatu proses penerapan metode pembelajaran pada usia emas untuk mengembangan kecerdasan majemuk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif fenomenologi. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa yang bernama Ano di SD Tazkia Global Islamic School. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi metode sentra terhadap perkembangan kecerdasan majemuk SD Tazkia Gloal Islamic School dilakukan dalam tiga tahap: (a) perencanaan meliputi pembuatan lesson plan (b) pelaksanaan meliputi 4 pijakan yaitu pijakan lingkungan main, pijakan pengalaman sebelum main, pijakan pengalaman saat main dan pijakan pengalaman setelah main. Kecerdasan majemuk yang dikembangkan bisa teridentifikasi dari jenis main yang ditawarkan oleh guru (c) penilaian dilakukan dengan teknik observasi, ceklis, 2) Cara mengembangkan perkembangan yang terlambat pada siswa Ano: (a) data awal berupa hasil wawancara dan hasil observasi awal (b) melakukan berbagai macam jenis main ditiap sentra, (c) melakukan kegiatan pembiasaan yang mengembangkan kecerdasan majemuk. dari awal masuk sekolah sampai pulang sekolah.
KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN LAYANAN SECARA DARING TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 Iskandar, Rhoma; Widiyastuti, Arie; Rista, Nadia; Amalia, Ayu Nurul
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v4i2.477

Abstract

Pandemi Covid 19 telah meluluhlantahkan hampir seluruh kehidupan umat manusia di dunia, termasuk Indonesia. Institusi pendidikan dipaksakan untuk memberikan layanan secara daring. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap kualitas layanan (X1) dan kepuasan layanan (X2) terhadap loyalitas mahasiswa (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Jumlah sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengisi instrumen sebanyak 382 mahasiswa dari 799 mahasiswa semester akhir sebagai populasi. Pengambilan data menggunakan instrumen yang valid dan reliabel. Analisis data menggunakan regresi sederhana. hasil penelitian mengungkapkan: 1) Persamaan regresi linear ganda Ȳ = 1.812 + 0.223X1 + 0.183X2 2) Kualitas layanan berpengaruh positif terhadap Loyalitas mahasiswa; 3) Kepuasan layanan berpengaruh positif terhadap loyalitas mahasiswa 4) Terdapat pengaruh secara bersama-sama (simultan) kualitas layanan dan Kepuasan layanan terhadap loyalitas mahasiswa, 5) Koefisien determinasi Pengaruh Kualitas layanan Kepuasan layanan secara bersama-sama terhadap Loyalitas mahasiswa sebesar 63.7%.
Membangun Sistem Model Learning Style Inventory Untuk Pencapaian Prestasi Belajar Mahasiswa Program E-Learning Agustino, Rano; Pertiwi, Santhi
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v4i2.418

Abstract

In improving the quality of education by teaching, it is the thing that has the greatest effectiveness. Because of a good and appropriate teaching method, it is likely to increase the absorption of knowledge for students, so that the quality of knowledge from students increases. There are several ways to improve the quality of teaching, one of which is to know the learning styles of these students. Methods to determine learning styles such as Visual Auditorial Kinesthetic (VAK), Learning Style Inventory, Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) and others, but in this study using the Learning Style Inventory (LSI) introduced by David Kolb. To see the Learning Style of each student, an online questionnaire was held. Respondents in this study were online students of the Mohammad Husni Thamrin University Informatics Engineering Study Program with 50 students as respondents. By using the Linear Regression model, it shows a significance value of 0.02 which is less than 5%, so the analysis can be continued. On the other hand, the results are based on the value of R Square, which is 0.099 or 0.1, where it is the Coefficient of Determination or it can be interpreted that the LSI Value Variable has the ability to influence 10% of the Student Value Variable.
Analisis Kesalahan Dalam Menggunakan Question Tag Oleh Mahasiswa Semester Dua Program Studi Manajemen Universitas MH. Thamrin Ramdani, Akhmad Subkhi; Anggraeni, Noerlina
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v4i2.426

Abstract

Question tag adalah salah satu jenis pertanyaan yang paling sering muncul dalam percakapan. Namun, dalam pelaksanaannya banyak mahasiswa yang tidak bias menjawab pertanyaan jenis ini dengan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa semester dua Programm Studi Manajemen Universitas MH.Thamrin dalam menggunakan Question tag.Selanjutnya, data penelitian ini dikumpulkan menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Peneliti menggunakan tes untuk mengumpulkan data dan untuk menganalisis pemahaman mahasiswa terhadap Question tag. Selain itu, tes ini juga menggunakan  Cronbach Alpha untuk menemukan reliability. Kemudian, dalam menganalisis data, peneliti menggunakan statistik deskriptif melalui langkah-langkah berikut: 1) memberikan skor pada tes mahasiswa, 2) menemukan nilai rata-rata dari skor mahasiswa, 3) mengubah skor menjadi persentase, dan 4) menggunakan interval untuk menemukan pemahaman mahasiswa dalam penggunaan Question tag. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa kemampuan mahasiswa semester dua Program Studi Manajemen dalam menggunakan Question tag dapat dikatakan baik dengan hasil 81,25%. Namun, peneliti juga menemukan akan adanya interferensi bahasa yang menyebabkan mahasiswa mendapatkan 28,75% kesalahan dalam menjawab soal.
Pengaruh Kemandirian Dan Dukungan Orangtua Pada Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Prestasi Belajar Dimasa Pandemi Covid-19 Supriyadi, Supriyadi
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v4i2.434

Abstract

Pandemi Covid-19 bukan saja memporakporandakan Indonesia akan tetapi  hampir sebagian besar kehidupan umat manusia di seluruh dunia. Pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kemandirian dan Dukungan Orang Tua pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) terhadap Prestasi Belajar Siswa. Tulisan ini didasarkan dari Penelitian kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa MTsN 7 Jakarta Timur yang berjumlah 617 siswa, Jumlah sampel penelitian merujuk pada tabel Isaac & Michael dengan signifikansi 5% sebanyak 221 siswa, menggunakan teknik Proportional random sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen yang valid dan reliabel. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Disimpukan bahwa tidak terdapat pengaruh kemandirian pembelajaran jarak jauh terhadap prestasi belajar siswa, terdapat pengaruh dukungan orang tua pada pembelajaran jarak jauh terhadap prestasi belajar, terdapat pengaruh kemandirian dan dukungan orang tua pada pembelajaran jarak jauh secara simultan terhadap prestasi belajar.Kata Kunci: Kemandirian, Dukungan Orang Tua, Prestasi Belajar, Pandemi Covid-19
Mengembangkan Kreativitas Guru Paud Dalam Menulis Cerita Anak Berbasis Karakter Di Jakarta Dan Sekitarnya Riza, Eva; Jadidah, Muasisah; Puspitasari, Putri Ratih; Fadila, Sisca Nurul
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v4i2.445

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian masih banyak permasalahan dalam penyelenggaran pendidikan Anak Usia Dini, salah satu permasalahan yang ada adalah metode yang digunakan dalam menyampaikan materi pembelajaran agar potensi anak dapat dikembangkan melalui berbagai aktivitas. Salah satu metode yang menyenangkan adalah menggunakan metode bercerita di dalam kelas. Metode bercerita merupakan salah satu metode yang digunakan guru untuk mengembangkan aspek perkembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral (NAM). Belum semua guru mampu menggunakan media dan metode yang tepat untuk pembelajaran. Buku cerita dengan metode bercerita adalah sebagai sarana yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. Keterbatasan buku cerita dan keterbatasan guru dalam menulis cerita masih rendah, belum memahami tata cara penulisan sesuai kaidah, cara menemukan ide atau gagasan cerita anak.  Berdasarkkan  hal tersebut, perlu dilakukan pelatihan bagi guru PAUD, melalui kegiatan PkM Prodi PAUD UMHT dengan  mengadakan pelatihan menulis cerita bagi  guru PAUD di lingkungan sekolah sekitar wilayah Jakarta. Kegiatan ini bertujuan mengembangkan kreativitas guru PAUD dalam menulis cerita anak berbasis karakter. Metode pelaksanaan program ini dengan pelatihan dan pendampingan secara virtual, yaitu pelatihan dengan memberikan pemahaman  tentang sistematika penulisan cerita anak berbasis karakter  serta  guru  dilatih menulis cerita anak. Pelatihan ini diberikan kepada 14 orang guru  mulai bulan Agustus sampai dengan November 2020. Hasil pelatihan adalah terealisasinya 14 naskah cerita dengan nilai-nilai karakter yang telah dijadikan dalam satu buku dengan judul “Ontologi Cerita Anak Berbasis Karakter, Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini”. Hasil pelatihan didapat feedback hasil postest sebagai berikut; 64,3%  materi cerita sesuai dengan kebutuhan;71,4%  materi sangat mudah dipahami;64,3% bimbingan membantu menemukan ide dan membuat naskah cerita;57.1%  waktu dalam membuat naskah cerita cukup; dan  85,7%  termotivasi untuk membuat naskah cerita anak selanjutnya.Kegiatan ini belum difokuskan pada aplikasi keterampilan penyampaian cerita di kelas dikarenakan adanya pandemik Covid-19,  maka belum dapat diketahui sejauh mana hasil pelatihan ini berguna untuk mendukung peningkatan pembelajaran. Saran kegiatan pengabdian selanjutnya adalah melatih guru agar dapat mengaplikasikan di kelas dengan kegiatan pelatihan teknik bercerita  guna mengetahui  lebih lanjut keberhasilan pelatihan menulis cerita untuk guru PAUD. Kata kunci: kreativitas guru PAUD, menulis cerita anak, berbasis karakter

Page 1 of 2 | Total Record : 12