cover
Contact Name
Herson Anwar
Contact Email
herson.anwar@iaingorontalo.ac.id
Phone
+6281392251255
Journal Mail Official
jurnaljpi.pasca@iaingorontalo.ac.id
Editorial Address
Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Al-Minhaj
ISSN : 2622965X     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan sekali yaitu bulan Juni dan Desember berisi tulisan ilmiah dari hasil riset/penelitian, kajian kepustakaan, gagasan konseptual dan pengalaman praktis yang mencakup lingkup kajian Dasar Pendidikan Islam (Studi Al-Quran dan Hadis; Filsafat Pendidikan Islam; Sejarah Pendidikan Agama Islam), Kelembagaan Pendidikan Islam (Kebijakan Pendidikan Islam, Politik Pendidikan Islam, Pengelolaan Pendidikan Islam), Profesionalisme lingkup Pendidikan Islam (Pengembangan lingkup ilmu pengetahuan, pengembangan bahan/materi, pengembangan karir dan pekerjaan), Kurikulum Pendidikan Islam (Isi Kurikulum, Islamisasi Sains, dll), Pemanfaatan dan Pengembangan media ICT dalam dunia Pendidikan Islam, E-Learning dalam Pendidikan Islam, Lingkungan Pendidikan Islam yang memupuk nilai-nilai, Pendidikan Islam berbasis kearifan lokal, Pendidikan Karakter, Pendidikan Gender dan berbagai penelitian atau kajian yang membahas masalah fundamental/umum tentang paradigma pendidikan Islam
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 3 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam" : 20 Documents clear
Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sujud Syukur, Sahwi Dan Tilawah Di Kelas VII SMPN Satap Pomoman Ningsih, Indah Wahyu
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 3 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sujud melalui penerapan metode demonstrasi di kelas VII SMPN Satap Pomoman Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah Classroom Action Research (CAR) yang mengikuti model Kemmis dan Taggart, terdiri dari dua siklus dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa, dan wawancara dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah. Rata-rata nilai siswa meningkat dari siklus pertama ke siklus kedua, diiringi dengan peningkatan keterlibatan dan interaksi sosial di dalam kelas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode demonstrasi, didukung oleh media audiovisual, tidak hanya memperkuat pemahaman konsep, tetapi juga menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif. Oleh karena itu, disarankan agar metode ini diterapkan secara luas dalam pembelajaran pendidikan agama Islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Karakter Jujur Pada Siswa Kelas 4 SD Inpres Sukur Mukaromah, Khoirotul
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 3 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter jujur pada siswa kelas 4 SD Inpres Sukur melalui penerapan metode pembelajaran berbasis role playing. Karakter jujur merupakan salah satu nilai penting dalam pembentukan kepribadian siswa, terutama dalam konteks pendidikan dasar. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Inpres Sukur yang berjumlah 10 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan penilaian kinerja siswa selama kegiatan role playing. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah peningkatan perilaku jujur siswa yang diukur melalui perubahan sikap dan tindakan mereka dalam berbagai situasi yang disimulasikan dalam role playing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing secara signifikan meningkatkan karakter jujur pada siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan skor kejujuran siswa antara siklus pertama dan siklus kedua. Selain itu, siswa menjadi lebih terbuka dalam mengungkapkan pendapat mereka, serta lebih bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan selama pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode role playing merupakan strategi pembelajaran yang efektif dalam membentuk dan mengembangkan karakter jujur pada siswa sekolah dasar. Disarankan agar guru lebih sering menggunakan metode ini dalam pembelajaran karakter untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif dan mendidik.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pada Materi Senangnya Belajar Hadis Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Melalui Penggunaan Metode Index Card Match di Kelas III SDN 2 Motabang Herawati Paputungan, Lili
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 3 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, pada materi senangnya belajar hadis mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan menggunakan metode Index Card Match. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah Fase C kelas III SDN 2 Motabang Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Index Card Match berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Senangnya belajar Hadis. Sebelum diterapkannya metode Index Card Match hasil belajar pada materi senangnya belajar hadis rendah, setelah diterapkan metode Index Card Match pada Siklus I sebanyak 6 orang siswa (40%) yang tuntas dan 8 orang siswa (57,14%). Pada Siklus II terjadi peningkatan sebanyak 12 orang siswa 85,71%) dan ada 2 orang siswa (14,28%) yang tidak tuntas dalam pembelajaran. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode Index Card Match mendukung siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran.
Implementasi Gaya Hidup Berkelanjutan Untuk Mewujudkan Sekolah Produktif Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SD Negeri 1 Pinonobatuan Mamonto, Mardia
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 3 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Negeri 1 Pinonobatuan, dengan fokus pada tema gaya hidup berkelanjutan untuk mewujudkan sekolah produktif. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta pengelolaan sampah dengan konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan P5 berhasil meningkatkan kesadaran lingkungan siswa dan menciptakan peluang usaha sekolah berbasis 3R. Artikel ini juga membahas pentingnya integrasi antara teori dan praktik dalam pembelajaran berbasis proyek.
Penggunakaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Masa Kanak-Kanak dan Remaja Nabi Muhammad Saw Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Kelas III SD Negeri Mondatong Adampe, Mardiani
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 3 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Masa Kanak-Kanak dan Remaja Nabi Muhammad Saw Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan menggunakan media Audiovisual. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah Fase B SD Negeri Mondatong Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh penggunaan media Audiovisual berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Masa kanak-kanak dan remaja nabi Muhammad Saw. Sebelum diterapkannya media Audiovisual hasil belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa (30%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 44. Setelah diterapkannya media Audiovisual pada siklus I sebanyak 5 siswa (50%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 66,8 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 8 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 85,6. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran
Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Hadits Kebersihan Kelas V SDN Kecil Tangkasi Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara Ibrahim, Maulana
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 3 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

kurangnya kesadaran siswa dalam menjaga kebersihan diri, lingkungan kelas, dan sekolah. Mengatasi masalah ini, perlu diterapkan pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan aplikatif. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Penerapan PJBL pada materi hadis kebersihan diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap pentingnya kebersihan serta hasil belajar mereka secara keseluruhan. Penelitian ini difokuskan pada siswa fase C (kelas 5) di SDN Kecil Tangkasi Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara. Penerapan metode Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning) terbukti dapat meningkatkan hasil belajar materi hadits kebersihan pada siswa di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecil Tangkasi Wori Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara Tahun Pelajaran 2022/2023, terbukti dari adanya peningkatan hasil penelitian pada setiap siklusnya. Bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus 1 adalah 70,34, dengan jumlah siswa tuntas 58,3 % siswa, jumlah siswa belum tuntas 41,7 % Setelah dilaksanakan siklus II hasilnya yaitu nilai rata-rata siswa 78, dengan jumlah siswa tuntas 80,25 % siswa, jumlah siswa belum tuntas 19,75%. Setelah dilaksanakan siklus 2 hasil nilai siswa mengalami perubahan yang baik.
Meningkatkan Kesadaran Hidup Damai Melalui Pembelajaran Kolaboratif Di Kelas V SD Negeri 3 Molibagu Tobuhu, Melisa
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 3 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman hidup damai dalam kebersamaan melalui pembelajaran kolaboratif di Kelas V SD Negeri 3 Molibagu. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya keterampilan siswa dalam bekerja sama secara harmonis, yang sering menyebabkan konflik dan kesulitan dalam mencapai tujuan kelompok. Pendidikan dasar merupakan tahap penting dalam pembentukan karakter dan keterampilan sosial siswa, sehingga penting untuk menanamkan nilai-nilai hidup damai sejak dini. Metode pembelajaran tradisional yang cenderung individualis tidak cukup mendukung pengembangan keterampilan kolaboratif. Oleh karena itu, penelitian ini mengimplementasikan pembelajaran kolaboratif sebagai strategi untuk meningkatkan kesadaran hidup damai.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif dapat secara signifikan meningkatkan pemahaman hidup damai di kalangan siswa. Pada siklus pertama, siswa menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterlibatan dalam kegiatan belajar. Siklus kedua menghasilkan peningkatan lebih lanjut dalam pemahaman dan kepercayaan diri siswa, terutama dalam kegiatan membaca Al-Qur’an dan menjelaskan pesan-pesan pokok dari ayat-ayat yang dipelajari.Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran kolaboratif tidak hanya efektif dalam meningkatkan pemahaman akademik, tetapi juga dalam membentuk sikap toleransi dan kerja sama di antara siswa. Dengan demikian, metode ini dapat diterapkan lebih luas dalam konteks pendidikan dasar untuk mendukung pembentukan karakter siswa yang lebih baik. Hasil penelitian ini juga memberikan rekomendasi untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam rangka meningkatkan kesadaran hidup damai di kalangan siswa.
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning Pada Materi Beriman Kepada Nabi dan Rasul Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMPN 10 Dumoga Amin Bonde, Mohammad
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 3 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta diidi pada materi beriman kepada nabi dan rasul fase D di smp negeri 10 dumoga Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 17 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I pertemuan pertama terdapat Peserta didik yang tuntas 9 orang atau 53 % tetapi hal ini belum memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan yaitu minimal 75 %. Maka dari itu penelitian dilanjutkan pada siklus selanjutnya atau siklus II. Pada siklus II pertemuan pertama ini meningkat menjadi 14 orang atau 82 %. hal ini sudah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan yaitu minimal 75% dan telah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan. Hal ini menandakan bahwa hasil belajar dapat meningkat menggunakan model Problem Based Learning (PBL).
Penerapan Metode Jigsaw Pada Materi Jasa Khulafaurasyidin Untuk Dunia Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Meningkatkan Daya Ingat Peserta Didik Kelas VI SDN 1 Lolak Gumalangit, Nia Savitri
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 3 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya ingat peserta didik pada materi Jasa khulafaurasyifin untuk dunia mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti melalui Metode Jigsaw. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah SDN 1 Lolak Tahun Ajaran 2021/2022, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Jigsaw berhasil meningkatkan daya ingat peserta didik pada materi Jasa Khulfaurasyidin untuk dunia. Sebelum diterapkannya metode Jigsaw daya ingat peserta didik secara klasikal hanya 3 peserta didik (30%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 58.00. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 4 Peserta didik (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.00 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 8 peserta didik (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 85.00. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran
Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Materi Zakat Melalui Penerapan Metode Pembelajaran “Team Quizz” Kelas VI SD Negeri 1 Tadoy Bolaaang Mongondow Dilapanga, Novita
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 3 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini membahas upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi zakat melalui penerapan metode pembelajaran team quiz p di Kelas VI di SD Negeri 1 Tadoy Bolaang Mongondow. Metode penelitian yang digunakan adalah menetode penelitian Tindakan kelas, Penelitan tindakan kelas (PTK) menjadi salah satu model penelitian yang dilakukan pada bidang pendidikan dimana peneliti melakukan penelitian secara langsung. dalam penelitian ini peneliti sejak perencanaan penelitian senantiasa terlibat, selanjutnya peneliti memantau, mencatat dan mengumpulkan data, lalu menganalisa data serta berakhir dengan melaporkan hasil penelitiannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode team quiz berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 100% hal ini membuktikan bahwa guru dan peserta didik memahami langkah-langkah metode team quiz. Motivasi Belajar peserta didik setelah menggunakan metode team quiz pada materi zakat kelas VI berada pada kategori pada kategori “tinggi” dengan rata-rata 46,08 dibandingkan sebelum menggunakan metode team quiz berada pada kategori “rendah” dengan rata-rata 34,67 dengan selisih skor 32,91%

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 7 No 2 (2025): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 4 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 3 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 2 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 4 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 3 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 2 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 4 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 3 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 4 (2021): Al-Mihnah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 3 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 2 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 1 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 4 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 3 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 2 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 1 (2019): Jurnal al-Minhaj Vol 2 No 1 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 4 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 3 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 2 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2018): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam More Issue