cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnalubs@gmail.com
Phone
+6221-27826500
Journal Mail Official
jurnalubs@gmail.com
Editorial Address
Jl. Terogong Raya No.32, RT.3/RW.6, West Cilandak, Cilandak, South Jakarta City, Jakarta 12430
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Economics and Business UBS
ISSN : 23028025     EISSN : 27747042     DOI : 10.52644
Core Subject : Economy,
Journal of Economics & Business UBS adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh STIE UniSadhuGuna. Jurnal Indonesia Sosial Sains akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu sosial dan ekonomi. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan komprehensif tentang isu-isu penting dan terkini atau ulasan buku-buku ilmiah.
Articles 92 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 3 (2023): Special Issue" : 92 Documents clear
The Influence of Green Product, Green Marketing, and Brand Image on Consumer Purchasing Decisions of Bottled Water Ignatius Agus Suryono; Abdurrazak Alfan; Sudaryatie Sudaryatie
Journal of Economics and Business UBS Vol. 12 No. 3 (2023): Special Issue
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v12i3.223

Abstract

As time progresses, accompanied by the rapid advancement of technology, the awareness and concern of society regarding the importance of preserving the environment has increased. The environmental awareness movement, promoted by both the government and initiatives from society, has begun to be campaigned throughout Indonesia. Business actors as producers who generate various types of waste that have the potential to disrupt environmental sustainability now need to implement the concepts of sustainability and eco-friendliness. Changes in the lifestyle of society, which currently tends to be practical and instant, have resulted in the emergence of various products that support these desires. The bottled water industry in Indonesia has experienced growth and development from year to year. Looking at the various phenomena above, many companies have gradually shifted to using environmentally friendly raw materials for their products. The study was conducted through a survey using a questionnaire as a data collection tool. The population and sample in this study are 128 consumer students from FEB UPN "Veteran" Yogyakarta, using primary data with the purposive sampling method. The criteria for respondents in this study are consumers who are active students of FEB UPN "Veteran" Yogyakarta, considering purchasing bottled water, considering green products when purchasing bottled water products, considering green marketing when purchasing bottled water products, and considering the brand image of bottled water when making a purchase decision. The data analysis technique used is the multiple linear regression technique. The results show that: 1) the Green Product, Green Marketing, and Brand Image together have a significant influence on purchase decisions, 2) the Green Product has a positive and significant influence on purchase decisions, 3) Green Marketing has a positive and significant influence on purchase decisions, 4) Brand Image has a positive and significant influence on purchase decisions.
Pengaruh Stres Kerja, Motivasi, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Philips Industries Batam Dola Sagita Siringo-ringo; Hikmah Hikmah
Journal of Economics and Business UBS Vol. 12 No. 3 (2023): Special Issue
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v12i3.224

Abstract

Salah satu peranan penting dalam suatu perusahaan adalah sumber daya manusia. Perusahaan akan selalu berupaya memaksimalkan karyawan untuk terus meningkatkan keuntungan dan nilai bagi perusahaan, dengan tujuan dapat mejamin kesejahteraan pemilik dan karyawan. Karyawan yang disiplin bekerja dalam suatu perusahaan menjadi aset berharga bagi persiana. Beberapa faktor yang berpengaruh terhadap sumber daya manusia yaitu stres kerja, motivasi kerja, disiplin kerja dan kinerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh stres kerja, motivasi dan disiplin kerja secara simultan terhadap kinerja karyawan pada PT Philips Industries Batam. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT Philips Industries Batam pada departemen MCC (Mother Child Care) yang berjumlah 603 karyawan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 241 dengan menggunakan tehnik simple random sampling. Tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji kualitas data, uji hipotesis, analisis deskriptif. Dalam penelitian ini digunakan program SPSS 26, hasil dari penelitian ini yaitu stres kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap kinerja karyawan, maka pada uji F yang telah dilakukan, diperoleh keterkaitan diantara Stress Kerja, Disiplin Kerja, dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan.
Akad-Akad Umum dalam Penyelenggaraan Asuransi Syari’ah di Indonesia Mhd. Abyan Fauzi
Journal of Economics and Business UBS Vol. 12 No. 3 (2023): Special Issue
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v12i3.225

Abstract

Artikel ini merupakan hasil penelitian kepustakaan melalui penelaahan sejumlah literatur seperti buku, jurnal dan tulisan lainnya dengan data primer yang diperoleh dari peraturan perundang-undangan serta fatwa-fatwa Majeslis Ulama Indonesia yang berkaitan dengan asuransi syari’ah. Tulisan ini menitikberatkan pada pembahasan akad-akad umum yang ada pada asuransi syari’ah di Indonesia dengan tujuan untuk mengetahui akad-akad umum dalam asuransi syari’ah di Indonesia serta masalah-masalah yang berhubungan dengan akad-akad tersebut. Kesimpulan penelitian ini mengungkap bahwa berdasarkan beberapa peraturan perundang-undangan serta beberapa fatwa Majelis Ulama Indonesia, dalam asuransi syari’ah akad yang digunakan adalah akad tabarru’ dan akad tij?rah. Akad tabarru’ adalah akad dengan jenis hibah yaitu dengan menyetorkan sejumlah premi yang merupakan hibah dari peserta asuransi yang diperuntukkan sebagai dana tolong-menolong sesama peserta asuransi tanpa mengharapkan keuntungan. Sementara akad tij?rah adalah akad dengan jenis komersial dengan cara investasi dan keuntungan dibagi bersama sesuai dengan porsi yang ada dalam akad.
Analisis Penerapan Kriteria Malcolm Baldrige (MBCfPE) Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Indonesia Juwarso Juwarso; Erwin Hanggoro Agung Nugroho; Kusuma Chandra Kirana; Setiani Kartika Wati; Erry Kurniawati Widodo
Journal of Economics and Business UBS Vol. 12 No. 3 (2023): Special Issue
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v12i3.229

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kriteria Malcolm Baldrige (MBCfPE) pada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber yang terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kriteria Malcolm Baldrige pada UMKM di Indonesia dapat meningkatkan kualitas dan kinerja UMKM untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, meningkatkan efisiensi operasional, serta meningkatkan kinerja keuangan. Selain itu, penerapan kriteria Malcolm Baldrige juga dapat membantu UMKM menghadapi persaingan global dan memaksimalkan potensi pertumbuhan bisnisnya di masa depan. Namun demikian, masih terdapat beberapa kendala dalam penerapan kriteria Malcolm Baldrige pada UMKM di Indonesia, seperti keterbatasan sumber daya, kurangnya pemahaman tentang manfaat penerapan kriteria tersebut, serta kurangnya dukungan dari pemerintah dan organisasi terkait. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan kriteria Malcolm Baldrige pada UMKM di Indonesia dan mengembangkan strategi yang tepat untuk mendorong penerapan kriteria tersebut.
Analisis Pengaruh Promosi Financial Technology (E-Money) Dan Ketersediaan Dana Melalui Gaya Hidup Terhadap Impulsive Buying (Studi Kasus Pada Karyawan Divisi Sparepart Nila Rahayu; Abdurrahman Abdurrahman; Yeldy Dwi Genadi; Nur Fazillah Milawati
Journal of Economics and Business UBS Vol. 12 No. 3 (2023): Special Issue
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v12i3.230

Abstract

In the era of globalization, shopping activities are not only for buying goods needed or for fulfilling needs, but shopping has become a lifestyle, pleasure & psychological activity. Not only the promotion of e-money, lifestyle, availability of funds (money availability), it also becomes the basis for consumers to make purchases. This study aims to analyze the effect of financial technology promotion (e-money) and the availability of funds through lifestyles on impulsive buying. The population used in this study are employees of PT. Mitra Pinasthika Mulia Surabaya in the spareparts division and the number of samples of this study were 92 people with a purposive sampling method. This research used PLS as analysis. The results showed that e-money promotion had a negative influence on impulsive buying, e-money promotion had a positive effect on lifestyle, the availability of funds had no effect on impulsive buying, the availability of funds had a positive effect on lifestyle and lifestyle had a positive effect on impulsive buying.
Pengaruh Rata Lama Sekolah,Umur Harapan Hidup Serta PDRB Per Kapita Terhadap Kemiskinan Melalui Analisis Jalur Pengangguran di Daerah Istimewa Yogyakarta Ahmad Bayu Bagas Samudra; Mohammad Wahed
Journal of Economics and Business UBS Vol. 12 No. 3 (2023): Special Issue
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v12i3.234

Abstract

Kemiskinan merupakan permasalahan umum di Negara-negara berkembang. Kemiskinan muncul karena ketidakmampuan sebagian masyarakat untuk menyelenggarakan hidupnya sampai suatu taraf yang dianggap manusiawi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tidak langsung antara komponen IPM yaitu Rata-rata Lama Sekalah, Umur Harapan Hidup dan PDRB Perkapita terhadap kemiskinan melalui Tingkat Pengangguran Terbuka di Provinsi Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan metode kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis jalur dengan uji sobel sebagai pengujianya. Data time series menggunakan periode tahun 2002-2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat Penagngguran Terbuka mampu menjadi variabel antara (intervening) yang menjelaskan pengaruh tidak langsung antara Umur Harapan Hidup terhadap tingkat kemiskinan. Selain itu pengaruh tersebut memiliki hubungan positif yang artinya ketika umur harapan hidup masyarakat mengalami peningkatan, maka akan menambah tingkat kemiskinan.
Peningkatan Kepedulian Konsumen Terhadap Produk Ramah Lingkungan Menggunakan Green Brand Image Menghasilkan Green Brand Love Berliana Rasidin; Yolanda Masnita
Journal of Economics and Business UBS Vol. 12 No. 3 (2023): Special Issue
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v12i3.235

Abstract

Green brands are companies that implement sustainable business and preserve the environment. Environmental problems have a negative impact on every living thing, the existence of environmental problems creates companies to carry out green marketing strategies to meet the consumer market that is starting to be aware of the environment. The purpose of this study was to analyze the effect of green brand image, green brand trust, and customer satisfaction on green brand love.  Respondents of this study were users of The Body Shop, Mustika Ratu, or Wardah brand cosmetics. This research instrument is a questionnaire assisted by Google Forms. This type of research data is primary data, to test the hypothesis using structural equation modeling (SEM) analysis. The results in this study are that there is a positive and significant effect of green brand image on green brand trust, there is a positive and significant effect of green brand image on customer satisfaction, there is no positive effect of green brand trust on green brand love, there is a positive effect of customer satisfaction on green brand love, there is a positive and significant effect of green brand image on green brand love.
Faktor-Faktor Lingkungan Kerja Non Fisik Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Dosen di Masa Pasca Pandemi COVID-19 Rezky Amalia Hamka; Agung Widhi Kurniawan; Thamrin Tahir; Nurhaedah Nurhaedah; Sutrisno Sutrisno
Journal of Economics and Business UBS Vol. 12 No. 3 (2023): Special Issue
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v12i3.238

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi lingkungan kerja atau kondisi kerja di masa pasca pandemi covid-19 sebagai aspek yang perlu diperhatikan oleh perguruan tinggi karena mempengaruhi produktivitas kerja, motivasi kerja, kepuasan kerja, prestasi kerja dan kinerja dosen. Untuk merespon hal tersebut maka peneliti melakukan penelitian melalui analisis deskriptif dan regresi linear sederhana. Penelitian ini dilakukan pada dosen ASN Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar dengan jumlah responden sebanyak 64 orang. Penelitian ini menganalisis faktor lingkungan kerja fisik yang mempengaruhi kepuasan kerja dosen di masa pandemi Covid-19. Hasil penelitian menunjukan, lingkungan kerja non fisik X secara keseluruhan masuk ke dalam kategori Cukup Baik. Hal ini menunjukkan bahwa lingkungan kerja non fisik pada Fakultas Ekonomi UNM (FE UNM) telah berjalan baik sesuai dengan yang diharapkan para dosen tetap di FE UNM. Sementara berdasarkan hasil regresi sederhana variabel Faktor Lingkungan Non Fisik (X) terhadap Variabel Kepuasan (Y) Sangat Kuat. pengaruh variabel Faktor Lingkungan Fisik (X) terhadap kepuasan (Y) adalah sebesar 89 %.
Pengaruh Lifestyle, Brand Awareness, dan Design Terhadap Minat Beli pada Busana Muslim Shafa Marwa di Kota Bandung Zayyan Atima Dayyana; Siti Sarah
Journal of Economics and Business UBS Vol. 12 No. 3 (2023): Special Issue
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v12i3.239

Abstract

Pada era moderenisasi seperti sekaraang ini, penggunaan busana muslim bagi setiap umat muslim menjadi suatu kebutuhan baik untuk fashion maupun keperluan. Shafa Marwa merupakan brand lokal yang melengkapi muslimah indonesia dengan berbagai jenis busana yang selalu mengikuti trend. Merujuk pada data transaksi busana muslim Shafa Marwa yang mengalami fluktuasi dalam 1 tahun terakhir yang menunjukan adanya masalah pada minat beli produk busana muslim Shafa Marwa. Faktor pertama yang mungkin membuat kurangnya minat beli yaitu Lifestyle karena dari data prasurvei Lifestyle belum sesuai dengan harapan konsumen. Kemudian Brand awareness yang merujuk pada brand Shafa Marwa yang tidak masuk dalam Top Brand Index. Selanjutnya faktor Design busana muslim Shafa Marwa yang tidak trendy dibandingkan produk lain yang memiliki tipe desain dan model yang serupa. Penelitian ini bertujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Lifestyle (X1), Brand awareness(X2) dan Design (X3) terhadap Minat Beli (Y) pada produk busana muslim Shafa Marwa di Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Analisis data dengan analisis deskriptif menggunakan distribusi frekuensi, dan analisis verifikatif menggunakan analisis linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Lifestyle, Brand awareness, dan Design berpengaruh terhadap Minat Beli. Dibuktikan dengan hasil uji F yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji F diperkuat dengan hasil koefisien korelasi simultan sebesar 0,755 yang menandakan hubungan sangat kuat dan positif. Koefisien regresi sebesar 0,121 mengidentifikasikan setiap terjadi peningkatan Design maka minat beli akan mengalami penurunan. Kontribusi Lifestyle, Brand awareness, dan Design terhadap Minat Beli sebesar 57,1%, sedangkan sisanya 42,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Maka dapat disimpulkan bahwa Lifestyle, Brand awareness, dan Design berpengaruh terhadap Minat Beli.
Pengaruh Diversitas Dewan Komisaris Terhadap Kinerja Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Argenia Skolastika Liem
Journal of Economics and Business UBS Vol. 12 No. 3 (2023): Special Issue
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v12i3.241

Abstract

Kewajaran sebagai salah satu prinsip dalam GCG merupakan kesetaraan perlakuan bagi seluruh stakeholder yang salah satunya adalah dewan komisaris. Namun dewan komisaris sendiri tentu memiliki latar belakang seperti usia, gender dan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diversitas usia, gender dan latar belakang pendidikan dewan komisaris terhadap kinerja perusahaan (ROA) di perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan metode dummy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diversitas usia (AGE) berpengaruh positif terhadap kinerja perbankan, latar belakang pendidikan (EDU) tidak berpengaruh terhadap kinerja perbankan, sedangkan diversitas gender (GENDER) berpengaruh negatif terhadap kinerja perbankan.

Page 1 of 10 | Total Record : 92


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 6 (2025): Journal of Economics and Business UBS Vol. 14 No. 5 (2025): Journal of Economics and Business UBS Vol. 14 No. 4 (2025): Journal of Economics and Business UBS Vol. 14 No. 3 (2025): Journal of Economics and Business UBS Vol. 14 No. 2 (2025): Journal of Economics and Business UBS Vol. 14 No. 1 (2025): Journal of Economics and Business UBS Vol. 13 No. 5 (2024): Journal of Economics and Business UBS Vol. 13 No. 4 (2024): Journal of Economics and Business UBS Vol. 13 No. 3 (2024): Special Issue Vol. 13 No. 2 (2024): Regular Issue Vol. 13 No. 1 (2024): Regular Issue Vol. 12 No. 6 (2023): Special Issue Vol. 12 No. 5 (2023): Special Issue Vol. 12 No. 4 (2023): Special Issue Vol. 12 No. 3 (2023): Special Issue Vol. 12 No. 2 (2023): Journal of Economics and Business UBS Vol. 12 No. 2 (2023): Regular Issue Vol. 12 No. 1 (2023): Regular Issue Vol. 11 No. 2 (2022): Journal of Economics and Business UBS Vol. 11 No. 1 (2022): Journal of Economics & Business UBS Vol. 10 No. 2 (2021): Journal of Economics & Business UBS Vol. 10 No. 1 (2021): Journal of Economics & Business UBS Vol. 9 No. 2 (2020): Journal of Economics & Business Unishaduguna Business School Vol. 9 No. 2 (2020): Journal of Economics & Business UBS Vol. 9 No. 1 (2020): Journal of Economics & Business UBS Vol. 9 No. 1 (2020): Journal of Economics & Business Unishaduguna Business School Vol. 8 No. 2 (2019): Journal of Economics & Business Unishaduguna Business School Vol. 8 No. 2 (2019): Journal of Economics & Business UBS Vol. 8 No. 1 (2019): Journal of Economics & Business UBS Vol. 8 No. 1 (2019): Journal of Economics & Business Unishaduguna Business School More Issue