cover
Contact Name
Aan Widiyono
Contact Email
aan.widiyono@unisnu.ac.id
Phone
+6285712553775
Journal Mail Official
tunasnusantarapgsd@unisnu.ac.id
Editorial Address
Jl. Taman Siswa, Kauman, Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59451 » Tel / fax : (0291)595320 / 08157705852
Location
Kab. jepara,
Jawa tengah
INDONESIA
Tunas Nusantara
ISSN : 26563223     EISSN : 27465675     DOI : https://doi.org/10.34001/jtn.v4i1
Core Subject : Education,
Jurnal Tunas Nusantara p-ISSN: 2656-3223; e-issn: 2746-5675 is peer reviewed open-access journal published by Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara focuses on conceptual notions, studies and application of theories, practitioners writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary education. Every submitted manuscript will be reviewed by at least two peer-reviewers using double blind review method. This journal is published biannually For author interested in submitting the manuscript, kindly ­register yourself. The author guidelines can be viewed it here, and the manuscript template can be downloaded here
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2023)" : 7 Documents clear
IMPLEMENTASI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Nurjanah, Septiani; Ismaya, Erik Aditia
Tunas Nusantara Vol 5, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jtn.v5i2.5993

Abstract

Pembelajaran IPS saat ini terkesan hafalan sehingga berdampak pada pemahaman materi siswa masih rendah. Berpijak dari masalah tersebut, perlu adanya suatu pendekatan yang dapat mengarahkan siswa dalam belajar lebih intergrasi, lebih mengena dan produktif yaitu pendekatan keterampilan proses sosial. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada pendekatan keterampilan proses sosial. Metode yang digunakan yakni penelitian Tindakan kelas dengan model Kemmis dan MC Taggart. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang dipergunakan yaitu lembar tes, dan observasi. Hasil penelitian memperoleh adanya peningkatan hasil belajar pada siklus I memperoleh rataan nilai 74,64 sedangkan untuk siklus II rataan nilai siswa naik jadi 87,23. Kenaikan dari siklus I dan siklus II sebesar 12,59. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pendekatan keterampilan proses sosial memberi dampak baik pada hasil belajar IPS. Untuk keterampilan proses sosial selama proses pembelajaran menunjukan adanya peningkatan setiap sintaknya yaitu Peer relational skill dan Academics skils.  Pembelajaran IPS melalui model keterampilan proses sosial ini lebih mengena, antuasias, dan menyenangkan dalam menganalisis masalah dalam Sejarah.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI GAMBAR DAN SMALL GRUP DISCUSSION (SGD) DI KELAS VI SDN 4 GULANG Kundono, Kundono; Ismaya, Erik Aditia
Tunas Nusantara Vol 5, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jtn.v5i2.6032

Abstract

Pendidikan sangat penting bagi makhluk hidup untuk perubahan yang lebih baik. Sistem Pendidikan Nasional termuat dalam Pasal 1 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 20 Tahun 2003.  Pendidikan IPS pada tingkat sekolah dasar ini menggunakan pendekatan secara terpadu. Kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran IPS pada tingkat sekolah dasar menjadi problematika dalam pembelajaran. Materi-materi yang ada pada mata pelajaran IPS kebanyakan bersifat hafalan-hafalan. Penelitian ini dilakukan di SD 4 Gulang pada kelas VI tentang kenampakan alam dan keadaan sosial di Indonesia dan negara tetangga (ASEAN). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas Arikunto yang dikembangkan oleh Kemmis and Taggart. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa adanya peningkatan 30% dari siklus I (61%) ke siklus II (91%).  Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas VI SD 4 Gulang tentang kenampakan alam dan keadaan sosial di Indonesia dan negara tetangga (ASEAN) memberikan dampak baik pada hasil belajar IPS siswa
PENGEMBANGAN MEDIA POSTER BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN SEKS EDUKASI PADA ANAK Muhaimin, Muh; Sutriyani, Wulan; Wiranti, Dwiana Asih; aprilian, afinda dwi; wakit, ahmat
Tunas Nusantara Vol 5, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jtn.v5i2.5929

Abstract

The occurrence of child sexual violence in the digital era has witnessed a concerning increase, exemplified by an escalation from 8,730 cases in 2020 to 2021. As of January 2022, there were already 797 recorded cases. This research aims to develop and evaluate an audio-visual-based poster media as an educational tool for children's sexual education, focusing on enhancing understanding to prevent sexual violence. Adopting a Research and Development approach, the study follows the developmental stages outlined by Plomp's model, involving needs analysis, initial design, field trials, and revisions. Data were gathered through literature reviews, interviews with sexual education experts, and field observations to formulate content suitable for children's comprehension. The development method includes designing posters with audio-visual elements such as images, diagrams, and short narratives. Expert validation was conducted to ensure the accuracy and suitability of the poster's content and design. The results of expert validation contributed positively to improvements and refinements in the design. Subsequently, the poster media underwent field trials with children to measure its effectiveness. The results of the field trials indicated an improvement in children's understanding of sexual education materials. Media validation was performed by collecting data from various sources, including feedback from teachers and parents. The results of media validation demonstrated that the audio-visual-based poster is effective in supporting children's understanding of issues related to sexuality. This study contributes to the development of an innovative and relevant sexual education media model for children in the modern era, aiming to mitigate the alarming prevalence of child sexual violence.
Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Model Matematika Nalaria Realistik (MNR) terhadap Komunikasi Matematis Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Faizah, Anissatul; Kusumadewi, Rida Fironika; Ulia, Nuhyal
Tunas Nusantara Vol 5, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jtn.v5i2.6054

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa yang berbeda-beda untuk menciptakan pembelajaran yang inklusif agar dapat mendukung perkembangan maksimal dari setiap siswa. Penelitian ini menggunakan metode Pre Experimental Designs (Non Designs). Metode eksperimen ini digunakan untuk mengetahui tingkat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis model MNR terhadap komunikasi matematis. Populasi penelitian ini ada seluruh siswa kelas V SD Negeri Gaji 1 dan sampel 20 siswa dengan teknik pengambilan sampling jenuh (penuh) atau sampling total. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes. Peneliti melakukan pretest dan postest untuk mengetahui hasil komunikasi matematis siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan pembelajaran berdiferensiasi berbasis model matematika nalaria realistik (MNR). Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil postest lebih tinggi dibanding pretest. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji sample paired t-test bahwa nilai sig. (2-tailed) = 0,000 yang berarti nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 maka Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan rata-rata nilai sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Berdasarkan pengujian diatas menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis model MNR terhadap komunikasi matematis siswa kelas V di SD Negeri Gaji 1.
IMPLEMENTASI APLIKASI MEDIA TALITINA SEBAGAI SARANA MEMPERMUDAH BELAJAR PERKALIAN BAGI PESERTA DIDIK SD DI KELAS IV Damayanti, Sehla Safira; Afrianingsih, Anita
Tunas Nusantara Vol 5, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jtn.v5i2.5741

Abstract

TALITINA media is a media that is able to facilitate students in learning multiplication calculations, so that its implementation is easy to practice both in learning conditions at home or at school. The purpose of this study was to determine the activities of implementing the TALITINA media application as a means of facilitating multiplication learning for elementary school students. Methods for data collection used were observation, interviews and documentation. The results of the study indicate that the TALITINA media has a positive impact on increasing student competence, especially in the multiplication calculation indicator. keywords: applications, TALITINA media, and students
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 3 MANTINGAN Ni'mah, Nia Uzlifatun
Tunas Nusantara Vol 5, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jtn.v5i2.3818

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran di sekolah hingga saat ini masih menghadapi banyak kendala dan hambatan, salah satunya yaitu penggunaan model pembelajaran yang masih bersifat konvensional yang menyebabkan hasil belajar peserta didik. Dibuktikan dengan data hasil nilai rata-rata peserta didik kelas VB SDN 3 Mantingan hanya 59,3 dari KKM yang telah ditetapkan 65. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Mantingan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang dilakukan dengan dua tahapan, yaitu pra siklus dan siklus I. Penelitian dilakukan di SD Negeri 3 Mantingan Jepara dengan sasaran penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V B berjumlah 21 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang dapat dilihat rata-rata nilai pada prasiklus yang menunjukkan 59,3 dengan tingkat ketuntasan hanya mencapai 29 % mengalami peningkatan pada siklus I yaitu nilai rata-rata 77,4 dengan tingkat ketuntasan mencapai 81%. Pada pra siklus hanya 6 peserta didik yang mencapai ketuntasan hasil belajar, dan terjadi peningkatan pada siklus II sebanyak 17 peserta didik yang telah mencapai ketuntasan belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe STAD dalam pembelajaran IPS terbukti mempu meningkatkan hasil belajar peserta didik.Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Hasil belajar
Kiat Mendidik Shalat Anak Berkebutuhan Khusus dan Relevansinya Bagi Kesehatan Mental Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Analisis Buku “Aku Abk, Aku Bisa Shalat” Karya Muhammad Yamin Muhtar) Astutik, Sri Puji; Mufid, Mufid
Tunas Nusantara Vol 5, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jtn.v5i2.5690

Abstract

Prayer education is a parent's obligation to begin before the child reaches puberty. This does not only apply to children with normal abilities and growth but also to children with special needs. To capture the material being taught, ABK needs tips for teaching prayer that are appropriate to their age development. This type of research is library research. The primary data source is the book Aku ABK, Aku Can Pray, secondary data comes from books and other relevant research. The results of the research show that tips for educating children with special needs to pray according to Muhammad Yamin Muhtar in the book Aku ABK, I Can Pray are (a) Introduction to prayer for ABK (b) Teaching ABK prayers through remedial methods (c) Parents as role models (d) characteristics what parents need to have: patience, always full of hope and prayer, etc. (e) Initial preparation: providing a special time, special place, preparing prayer equipment, preparing gifts. (f) Stages and Methods: Accompaniment, independence, independence, and refinement and improvement stages (g) Delivering concise prayer readings (h) Creating a good environment (i) Praying for children (j) Fostering sincerity in prayer. The relevance of prayer for the mental health of crew members is that it can train focus and concentration, increase brain intelligence, as social therapy, and increase interpersonal sensitivity.

Page 1 of 1 | Total Record : 7