cover
Contact Name
Fido Rizki
Contact Email
lppm@univbinainsan.ac.id
Phone
+6285267795998
Journal Mail Official
lppm@univbinainsan.ac.id
Editorial Address
Jalan Jendral Besar H.M Soeharto Kel Lubuk Kupang Kecamatan Lubuklinggau Seltatan I Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK)
ISSN : 16934768     EISSN : 26568861     DOI : https://doi.org/10.32767/jurmek.v25i3
Core Subject : Economy,
Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran, pengkajian, dan pengembangan mengenai isu ekonomi, manajemen, dan bisnis. Situs Jurnal Media Ekonomi menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis, berskala nasional, dan sumber referensi bagi akademisi. Editor menerima kiriman artikel yang sudah disesuaikan dengan template dan belum pernah diterbitkan atau dipublikasi pada jurnal lain. Setiap artikel yang masuk sebelum diterbitkan akan melalui proses cek plagiat melalui alat bantu turnitin.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 28 No 2 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus" : 8 Documents clear
PENGARUH MOTIVASI KERJA, BUDAYA KERJA, DISIPLIN KERJA, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU YPI ADABIYAH PALEMBANG
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 28 No 2 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauhmana motivasi kerja, budaya organisasi, disiplin kerjadan lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja guru di Yayasan Pendidikan Islam (YPI) AdabiyahPalembang. Responden dalam penelitian ini 40 guru. Analisis yang digunakan adalah regresi linierdengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian variabel motivasi kerja, budaya kerja, disiplin kerja danlingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja guru di Yayasan Penddidikan Islam Adabiyah. Variabelmotivasi kerja, budaya kerja, disiplin kerja dan lingkungan kerja memiliki hubungan pengaruhsebesar sebesar sebesar 0,864 persen, sedangkan 13,6 persen dipengaruhi variabel lain yangtidak diteliti dalam penelitian ini.
ANALISIS KUALITAS LAYANAN PELANGGAN CAFE LAUNDRY MEDAN
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 28 No 2 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan dan permintaan dibidang usaha jasa menjadikan layanan sebagai suatu tolak ukur dalam mempertahankan konsumen dan sebagai pembeda dari layanan jasa pesaing. Kualitas layanan menentukan seberapa jauh perbedaan antara harapan dan kenyataan yang dirasakan dari pelayanan yang diterima baik sebagian maupun keseluruhan.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami kualitas layanan yang diharapkan oleh pelanggan Cafe Laundry sehingga dapat meningkatkan Kembali jumlah pelanggan. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara semiterstruktur. Sampel dalam penelitian ini adalah 8 orang pelanggan dari Cafe Laundry yang dipilih dengan kategori 4 orang pelanggan tetap yang sudah lebih dari 5 kali menggunakan jasa Cafe Laundry serta 4 orang pelanggan baru dengan minimal penggunaan jasa 1 kali. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan kualitas layanan Cafe Laundry cukup baik mulai dari fasilitas fisik yang disediakan, kemudahan transaksi pembayaran, karyawan yang cepat tanggap serta tersedianya layanan antar – jemput pakaian. Adapun yang perlu ditingkatan Cafe Laundry untuk menghasilkan layanan optimal dan mengatasi menurunnya jumlah pelanggan yaitu ketepatan waktu dalam antar-jemput pakaian, kebersihan area laundri, respons yang cepat dalam komunikasi online, memperbaiki respon karyawan yang kurang sopan dan ramah serta meningkatkan hasil cucian yang kurang maksimal.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BCA KCP HM YAMIN MEDAN
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 28 No 2 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Studi kasus dilakukan di Cabang Pembantu BCA HM Yamin, Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan kuesioner sebagai bentuk pengumpulan data. Banyaknya berita negatif yang beredar tentang layanan yang buruk hingga ketidakamanan transaksi digital memicu daya tarik penelitian. PT BCA dipilih sebagai subjek penelitian karena perusahaan menempati urutan pertama dalam daftar Bank Terbaik Dunia 2023 yang dinilai berdasarkan kepuasan umum seperti kepercayaan, biaya, layanan digital, dan nasihat keuangan (Schwarz, 2023). Sampel penelitian ini adalah 36 nasabah Cabang Pembantu BCA HM Yamin. Analisis penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Cabang Pembantu BCA HM Yamin. Besarnya pengaruh kepuasan nasabah dapat dilihat pada hasil sebesar 0,434 dengan prosentase 43,4%. . Sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan nasabah KCP Bank Asia Tengah HM Yamin Medan sebesar 43,4% dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, sedangkan sisanya sebesar 56,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis dalam penelitian ini.
ANALISIS KUALITAS LAYANAN PELANGGAN CAFE LAUNDRY MEDAN Meisanni, Meisanni; Nugroho, Ngajudin
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 28 No 2 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v28i2.1971

Abstract

Perkembangan dan permintaan dibidang usaha jasa menjadikan layanan sebagai suatu tolak ukur dalam mempertahankan konsumen dan sebagai pembeda dari layanan jasa pesaing. Kualitas layanan menentukan seberapa jauh perbedaan antara harapan dan kenyataan yang dirasakan dari pelayanan yang diterima baik sebagian maupun keseluruhan.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami kualitas layanan yang diharapkan oleh pelanggan Cafe Laundry sehingga dapat meningkatkan Kembali jumlah pelanggan. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara semiterstruktur. Sampel dalam penelitian ini adalah 8 orang pelanggan dari Cafe Laundry yang dipilih dengan kategori 4 orang pelanggan tetap yang sudah lebih dari 5 kali menggunakan jasa Cafe Laundry serta 4 orang pelanggan baru dengan minimal penggunaan jasa 1 kali. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan kualitas layanan Cafe Laundry cukup baik mulai dari fasilitas fisik yang disediakan, kemudahan transaksi pembayaran, karyawan yang cepat tanggap serta tersedianya layanan antar – jemput pakaian. Adapun yang perlu ditingkatan Cafe Laundry untuk menghasilkan layanan optimal dan mengatasi menurunnya jumlah pelanggan yaitu ketepatan waktu dalam antar-jemput pakaian, kebersihan area laundri, respons yang cepat dalam komunikasi online, memperbaiki respon karyawan yang kurang sopan dan ramah serta meningkatkan hasil cucian yang kurang maksimal.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BCA KCP HM YAMIN MEDAN Natalia, Lily; Nugroho, Ngajudin
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 28 No 2 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v28i2.1972

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Studi kasus dilakukan di Cabang Pembantu BCA HM Yamin, Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan kuesioner sebagai bentuk pengumpulan data. Banyaknya berita negatif yang beredar tentang layanan yang buruk hingga ketidakamanan transaksi digital memicu daya tarik penelitian. PT BCA dipilih sebagai subjek penelitian karena perusahaan menempati urutan pertama dalam daftar Bank Terbaik Dunia 2023 yang dinilai berdasarkan kepuasan umum seperti kepercayaan, biaya, layanan digital, dan nasihat keuangan (Schwarz, 2023). Sampel penelitian ini adalah 36 nasabah Cabang Pembantu BCA HM Yamin. Analisis penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Cabang Pembantu BCA HM Yamin. Besarnya pengaruh kepuasan nasabah dapat dilihat pada hasil sebesar 0,434 dengan prosentase 43,4%. . Sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan nasabah KCP Bank Asia Tengah HM Yamin Medan sebesar 43,4% dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, sedangkan sisanya sebesar 56,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis dalam penelitian ini.
PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BUKU DI PT YUDHISTIRA CABANG LUBUKLINGGAU Marliza, Yayuk; Syafitri, Anggia
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 28 No 2 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v28i2.2110

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan konsumen di PT Yudhistira Cabang Lubuklinggau. Metode yang digunakan adalah metode kuisioner yaitu promosi dan harga terhadap keputusan konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Promosi dan Harga memiliki pengaruh terhadap Keputusan Konsumen di PT Yudhistira Cabang Lubuklinggau. nilai thitung adalah sebesar 2,70 dan ttabel adalah sebesar 1,669. tingkat signifikan = 0,000< (α ) 0.05, df (n-2) 50 – 2 = 48 adalah sebesar 1,669 Sehingga dengan demikian bahwa thitung > ttabel. Dan dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan Promosi terhadap keputusan konsumen PT. Yudistira Cabang Lubuklinggaunilai R Square atau koefisien determinasi sebesar 0,42 berarti bahwa varian Keputusan konsumen dijelaskan oleh Promosi dan Harga dapat mempengaruhi keputusan konsumen konsumen sebesar 42%. Dan sisanya (100 – 42) 58%. nilai Fhitung = 41 sedangkan Ftabel = 3,30 dan tingkat kemaknaan secara simultan signifikansinya adalah 0,000 < (α) = 0,05, df = n – k = 50- 2 – 1 = 57 adalah sebesar 41 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. artinya menunjukkan bahwa secara (simultan) variabel bebas X1(Promosi) dan X2 (Harga) memiliki pengaruh signifikan terhadap Y (keputusan konsumen konsumen) jadi bukti kebenarannya dan hipotesisnya dapat diterima PT. Yudistira Cabang Lubuklinggau.
PENGARUH STRES KERJA DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN MUSI RAWAS Zulhendra, Zulhendra; Suwarno, Suwarno; Surajiyo, Surajiyo; Sari, Tri Agriana; Fazza, M. Mifthah
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 28 No 2 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v28i2.2206

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih adanya pegawai yang belum menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu, hal tersebut disebabkan masih adanya pegawai yang kurang berkomitmen untuk mentaati anjuran atasan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Selain itu masih kurangnya komunikasi antar bidang, sehingga menghambat proses penyelesaian pekerjaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 44 orang. Teknik pegumpulan data observasi, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Stres Kerja Berpengaruh signifikan Terhadap Kinerja Pegawai di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Musi Rawas, dibuktikan nilai thitung lebih besar dari ttabel, yaitu 7.477 > 0,681. Komunikasi Berdampak signifikan Terhadap Kinerja Pegawai di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Musi Rawas, dibuktikan nilai thitung lebih besar dari ttabel, yaitu 6,632 > 0,681. Stres Kerja dan Komunikasi berdampak signifikan terhadap kinerja Pegawai Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Musi Rawas, dibuktikan nilai fhitung lebih besar dari nilai ftabel, yaitu 46.747 > 2,84.
PENGARUH MOTIVASI KERJA, BUDAYA KERJA, DISIPLIN KERJA, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU YPI ADABIYAH PALEMBANG Yusuf, M.; Firdaus, Yusnizal; Hushori, Al; Maulana, Muhammad Rizka
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 28 No 2 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v28i2.2231

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauhmana motivasi kerja, budaya organisasi, disiplin kerja dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja guru di Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Adabiyah Palembang. Responden dalam penelitian ini 40 guru. Analisis yang digunakan adalah regresi linier dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian variabel motivasi kerja, budaya kerja, disiplin kerja dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja guru di Yayasan Penddidikan Islam Adabiyah. Variabel motivasi kerja, budaya kerja, disiplin kerja dan lingkungan kerja memiliki hubungan pengaruh sebesar sebesar sebesar 0,864 persen, sedangkan 13,6 persen dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 30 No 2 (2025): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 30 No 1 (2025): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 29 No 3 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 29 No 2 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 29 No 1 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 28 No 3 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 28 No 2 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 28 No 1 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 27 No 3 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 27 No 2 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 27 No 1 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 26 No 3 (2021): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 26 No 2 (2021): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 26 No 1 (2021): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 25 No 3 (2020): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 25 No 2 (2020): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 25 No 1 (2020): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 24 No 3 (2019): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 24 No 2 (2019): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 24 No 1 (2019): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 23 No 3 (2018): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 23 No 2 (2018): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 23 No 1 (2018): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 22 No 3 (2017): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 22 No 2 (2017): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 22 No 1 (2017): Jurnal Media EKonomi (JURMEK) April Vol 21 No 3 (2016): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 21 No 2 (2016): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 21 No 1 (2016): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April More Issue