cover
Contact Name
Paku Kusuma
Contact Email
kalatanda@telkomuniversity.ac.id
Phone
+62 82262130800
Journal Mail Official
kalatanda@telkomuniversity.ac.id
Editorial Address
Gedung Bangkit Lt.2 Kawasan Bandung Technoplex Jl. Telekomunikasi no.1 Terusan Buah Batu, Dayeuhkolot, Bandung 40257
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Kalatanda : Jurnal Desain Grafis dan Media Kreatif
Published by Universitas Telkom
ISSN : 14646912     EISSN : 14649329     DOI : https://doi.org/10.25124/kalatanda.v1i2
Core Subject : Humanities, Art,
Terbitan berkala ilmiah Kalatanda adalah jurnal penulisan hasil karya ilmiah yang berbasis penelitian, temuan, dan kebaruan ide dari karya seni atau desain. Tujuan jurnal untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas civitas akademik perguruan tinggi, praktisi, serta peneliti, dan bagi masyarakat umum dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan di ruang lingkup kesenian, desain, dan kebudayaan. Terbitan berkala ilmiah ini diterbitkan sekurang-kurangnya dua edisi tiap volumenya, dengan menggunakan format sesuai standar akreditasi.
Articles 84 Documents
REPRESENTASI BUDAYA LOKAL (Sub Culture) DAN ESKSISTENSI JATI DIRI DALAM ANIMASI "PADA SUATU KETIKA" Zaini Ramdhan; Arif Budiman
KalaTanda Vol 1 No 1 (2016): Kalatanda
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/kalatanda.v1i1.1366

Abstract

Karya trailer animasi pada suatu ketika yang menggambarkan fenomena transformer pada saat itu dan gambaran situasi sosial politik lingkungan masyarakat urban (sub culture) di kota metropolitan karya dari komunitas Lakon Animasi dengan durasi 4 menit. Gambaran representasi yang dikontruksi berdasarkan dari realitas situasi sosial politik pada saat itu menjadi fenomena dan eksistensi jati diri dari pembuatnya (creator). "Pada Suatu Ketika" merupakan salah satu animasi buatan anak negeri yang mampu memadukan dari hasil adaptasi film Transformer dengan unsur kebudayaan lokal di dalam naratif visualnya. Metode yang digunakan yaitu dengan menganalisis data kemudian mendeskripsikannya dengan pendekatan semiotik tentang Television Culture, The Codes of Television, dari Jhon Fiske. Fenomena transformer, mitos UFO dan keadaan sosial masyarakat (sub culture) pinggiran kota metropolitan dikontruksi dari unsur identitas masing-masing pelaku dalam hal ini yang menjadi satu kesatuan dalam penggambaran realitas dari peristiwa yang tersajikan dimana gambaran situasi ditahun 2011 tersebut setidaknya tergambarkan dari imajinasi hasil karya animasi 3D yang menjadi patokan teknologi saat ini. Eksistensi yang direpresentasikan dengan penggambaran naratif situasi sosial politik tahun 2011. Munculnya komunitas-komunitas animasi yang ingin menampilkan eksistensi keberadaanya pada dunia yang memang menjadi syarat penting diera teknologi digital atau bahkan dalam tataran media digital kreatif.
ANALISIS STRUKTUR VISUAL LAMBANG KOTAPRAJA JAMAN HINDIA BELANDA DARI PERSPEKTIF WACANA POSKOLONIAL Novian Denny Nugraha; Sonson Nursholih
KalaTanda Vol 1 No 2 (2016): Kalatanda
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/kalatanda.v1i2.1372

Abstract

The simbol of municipality (big city) in Indonesia is changing from time to time, as well as changing according to the social and cultural conditions of the city. If in colonial era the simbol of the city is a representation of the power of the government or rule, and then the phenomenon is now beginning to change in the current era, where the simbol of the city functioned also for the needs of tourism. In the late Dutch East Indies colonial era around 1930s, some cities were considered to be self-reliant by government and economy, so that the government at that time made a simbol for the need to run the wheels of his government. The interesting phenomenon of the simbol of the city simbolically is the existence of simbols that are displayed, both simbols affiliated to the ruler (Dutch East Indies) and also the simbol that is a typical simbol of the city's local tradition. Composition and relationship between simbols in the city simbol is interesting to be studied and analyzed. Especially at visual structure area and meaning representation. The analysis is done by qualitative research method which is descriptive interpretative with semiotics theory approach for sign analysis and using postcolonial theory for understanding the meaning of the city simbol. The results of the analysis both in the visual structure and in the meaning shows the existence of different types of simbols that appear, as well as the discovery of the difference of simbol dominance in each simbol of the city. The relation between the simbols generated from the composition of the visual structure results in a new understanding, which in the postcolonial perspective will be interpreted by a binary opposition relationship, or the dominant/hegemonic relationship between the colonial government and the colony state, between “The Other” and “The Occident”, or between colonizing and colonized countries. Furthermore, the simbolic relation on the visual structure and meaning resulted in the ideological significance of the sociocultural conditions of the community at that time.
MITOS KEMATIAN FOTO KARYA OSCAR MATULOH DENGAN PERSPEKTIF ROLAND BARTHES Siti Desintha; Syarip Hidayat; Ira Wirasari
KalaTanda Vol 1 No 2 (2016): Kalatanda
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/kalatanda.v1i2.1379

Abstract

Foto jurnalistik menekankan fakta dimana kekuatan berupa ide, gagasan dan naluri kecepatan fotografer dari sebuah peristiwa yang berlangsung singkat. Oscar Matuloh mendokumentasikan jejak gempa tsunami Aceh yang terangkum dalam buku fotografi Soulscape Road. Karya fotografi beliau memberikan gambaran betapa dahsyatnya bencana tsunami yang kemudian menjadi foto essai. Keilmuan fotografi erat kaitannya dengan nilai makna pesan yang terkandung didalamnya. Pada penelitian ini, penulis tertarik untuk meneliti struktur visual dalam fotografi dan mitos karya Oscar Matuloh. Manfaat praktis dari penelitian ini adalah memecahkan masalah perancangan terutama pada desain komunikasi visual mengenai struktur fotografi sebagai media penyampaian pesan yang efektif bagi khalayak sasarannya. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan fotografi sebagai media penyampaian pesan dan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika Roland Barthes. Pemilihan semiotika dikarenakan karya fotografi sejatinya memiliki tanda dan petanda pada setiap visualnya. Adapun tanda dalam fotografi karya Oscar Matuloh merupakan sekuensi kehancuran dan kematian. Karya beliau merupakan sebuah proses perenungan antara manusia dengan Sang Pencipta. Hal tersebut menjadi mitos bagi manusianya itu sendiri dimana mereka menjadi rapuh, tidak ada tempat aman dan nyaman untuk ditempati.
PERANCANGAN SITUS WEB KUSTOMISASI BENGKEL VIRTUAL DEUS EX MACHINA Sahid Maulana; Paku Kusuma
KalaTanda Vol 1 No 1 (2016): Kalatanda
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/kalatanda.v1i1.1367

Abstract

Tren sepeda motor kustom yang berkembang dikalangan anak muda akhir-akhir ini, tidak lepas dari pengaruh internet sebagai media komunikasi dan informasi. Salah satu pengaruhnya berasal dari sebuah lini dengan nama Deus Ex Machina yang bergerak dibidang kustomisasi sepeda motor. Mereka secara aktif menggunakan internet dan media sosial sebagai media utama dalam berkomunikasi serta promosi. Perancangan sebuah sepeda motor kustom memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu diperlukan sebuah media komunikasi berbasis web yang mampu mengkomunikasikan keinginan pengguna dengan kemampuan builder sepeda motor kustom agar lebih efektif dan efisien. Web aplikasi adalah media yang tepat untuk permasalahan ini, dengan internet sebagai media, dan penjelajah web sebagai jendela. Perancangan web aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi kedua belah pihak dalam merancang sepeda motor kustom yang memuaskan dalam kerjasama yang terjalin.
KESENIAN TARI DOLALAK SEBAGAI BRAND KABUPATEN PURWOREJO, JAWA TENGAH Agus Budi Setyawan
KalaTanda Vol 1 No 2 (2016): Kalatanda
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/kalatanda.v1i2.1373

Abstract

Dolalak di Kabupaten Purworejo sebagai salah satu wujud dari seni tradisi kerakyatan, kehadirannya merupakan kelangsungan kehidupan kultural yang sudah berakar secara turun-temurun yang menjadi salah satu perwujudan budaya. Seiring perkembangannya, Dolalak dijadikan sebagai ikon kesenian untuk mendukung aktivitas branding pariwisata yang dilakukan oleh kabupaten Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab mengapa kabupaten Purworejo memilih Dolalak sebagai ikon keseniannya; upaya apa saja yang sudah dilakukan oleh kabupaten Purworejo dalam membangun brand Dolalak; serta bagaimana strategi pencitraan yang sudah dilakukan yang meliputi strategi visual dan strategi media. Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan pendekatan etnografi, data penelitian didapatkan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian mengungkap bahwa Dolalak dipilih sebagai ikon kesenian karena asli dari Purworejo, memiliki keunikan, eksis sampai saat ini, populer dan keberadaannya diterima oleh masyarakat Purworejo. Berbagai upaya telah dilakukan untuk membangun brand Dolalak, diantaranya dengan mementaskan Dolalak secara rutin dan mengirim Dolalak untuk mengikuti berbagai festival seni budaya di kabupaten/kota lain serta mengalihwahanakan Dolalak ke dalam berbagai media komunikasi visual. Melalui aktivitas branding yang dilakukan, Dolalak semakin dikenal oleh masyarakat, menguatkan positioning Kabupaten Purworejo, serta turut berperan dalam peningkatan kunjungan wisata di Purworejo.
HIBRIDITAS DALAM KULINER BANDUNG: CITARASA RAMEN Patra Aditia; Amaliatun Saleha; Elly Setiawan Sutawikara
KalaTanda Vol 1 No 2 (2016): Kalatanda
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/kalatanda.v1i2.1380

Abstract

Sudah umum diketahui orang bahwa Kota Bandung adalah surga bagi pecinta kuliner. Meski demikian, dalam keragaman tersebut, sulit jika mengatakan bahwa kuliner-kuliner tersebut murni berasal dari Bandung, termasuk ramen. Di Bandung, restoran ramen semakin banyak. Diantaranya yang terkenal adalah Jigoku Ramen, Mie Reman, Ramen House, Nobu Ramen, Udin Ramen, Shifu Ramen, Ramen Cemen, Kuma Ramen, hingga yang dijual di restoran Jepang umum seperti Gokkana Tepan, Suki Soba Restaurant dan Marugame Udon. Berdasarkan observasi, wawancara mendalam, dan studi literatur terhadap sejumlah restoran ramen di Bandung, maka dapat diperoleh simpulan bahwa “Ramen Bandung” mempunyai pertimbangannya sendiri dalam hal citarasa, terkait dengan selera masyarakat di Kota Bandung pada umumnya yang tidak mengonsumsi daging babi dan tidak terlalu bisa menyesuaikan diri dengan rasa makanan Jepang yang asli. Sehingga dibuat berbagai variasi yang menjauhi rasa “ramen Jepang” yang asli. Selain itu, “Ramen Bandung” mempertahankan hibriditas dalam persoalan estetika restoran dan nama-nama pada menu, dengan cara mempertahankan aspek ke-Jepang-an. Hal tersebut menunjukkan bahwa hal-hal terkait Jepang, di mata masyarakat Kota Bandung, masih merupakan hal yang tinggi, menarik, sekaligus juga berkarakter. Secara estetika, masyarakat tidak perlu bersusah payah untuk mengenali sebuah unsur kebudayaan yang berasal dari Jepang
BUKU PANDUAN WISATA BUDAYA KABUPATEN KLATEN Eko Cahyo Kusumo Wibowo; Patra Aditia; Wirania Swasty
KalaTanda Vol 1 No 1 (2016): Kalatanda
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/kalatanda.v1i1.1368

Abstract

Klaten sebagai kabupaten sangat kaya potensi budaya. Potensi harus mampu membuat Klaten menjadi salah satu tujuan wisata budaya selain Solo dan Yogyakarta. Informasi tentang potensi pariwisata budaya kurang disajikan, sehingga banyak informasi menjadi kurang menarik bagi wisatawan. Hal ini tentu mempengaruhi penyebaran informasi ilmu pengetahuan dan potensi wisata baik warisan budaya maupun kerajinan. Selain itu, minat masyarakat tentang potensi budaya masih rendah dilihat dari wisatawan yang berkunjung ke wisata budaya. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk merancang buku panduan wisata yang dapat meningkatkan daya tarik Klaten yang memiliki potensi budaya lokal yang lebih menarik bagi publik. Untuk mengatasi permasalahan di atas, penulis mengumpulkan data yang diperlukan dengan menggunakan metode observasi lapangan, studi literatur, dan wawancara terkait sumber. Setelah mengumpulkan data, penulis merancang buku panduan budaya dan media yang mendukung buku panduan mencakup peta wisata, belly binding, kartu pos, dan kemasan buku. Mudah-mudahan, hal ini akan dapat membantu Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten dalam memperkuat citra pariwisata serta merancang media yang tepat untuk menyampaikan informasi untuk menarik kesadaran masyarakat terhadap keberadaan pariwisata budaya.
FENOMENA KOMUNITAS FILM Syamsul Barry
KalaTanda Vol 1 No 2 (2016): Kalatanda
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/kalatanda.v1i2.1374

Abstract

Era kebangkitan industri film nasional pada medio awal abad 21 membawa demam perfileman di tanah air. Teknologi terkini di bidang perfileman dengan cepat diadopsi sejalan dengan perkembangan teknologi baik teknologi kamera maupun telepon seluler dengan fasilitas dan aplikasinya. Perkembangan ini diikuti pula dengan maraknya pertumbuhan komunitas film di Indonesia, sehingga menyebabkan banyaknya produksi film. Praktek produksi pembuatan film di komunitas berbeda dengan apa yang dijalankan di lingkungan civitas akademik. Pada praktek produksi di komunitas dirasa lebih fleksibel mulai dari kegiatan perencanaan hingga proses perwujudan, dan semuanya mengikuti pada permasalahan yang akan dibuat sehingga dapat dikatakan relatif efisien. Sedangkan di lembaga pendidikan prosesnya berlangsung dengan mengikuti atau berbasis teori pengetahuan perfilman yang telah ada (baku) dan terkesan kaku. Selain memproduksi film, komunitas menyelenggarakan aktivitas berupa pemutaran, dan diskusi/workshop. Bahkan beberapa komunitas mempunyai jurnal yang di publikasikan pada situs di internet. Komunitas-komunitas ini juga membentuk semacam proyek wirausaha berupa melayani jasa pembuatan video program televisi, company profile perusahaan dan jasa dokumentasi hajatan (perkawinan, sunatan) dengan tujuan membiayai jalannya kegiatan di komunitas sekaligus kesejahteraan anggotanya. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan pendekatan survei dan wawancara tidak terstruktur pada narasumber penggiat perfileman di komunitas untuk menemukan sumber ide penciptaan mereka, hingga proses bagaimana mereka berkarya. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan secara deskriptif dengan tujuan bisa menjelaskan fenomena ini yang berasal dari bawah.
ANASIR SUFISTIK DI DALAM WUJUD SI CEPOT GIRI HARJA 3 Lingga Agung Partawijaya
KalaTanda Vol 1 No 1 (2016): Kalatanda
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/kalatanda.v1i1.1364

Abstract

Si Cepot Giri Harja 3 memiliki anasir sufisme yang tersublimasikan melalui wujudnya. Anasir sufisme ini menjadi bagian yang imanem di dalam profanitas wayang golek purwa sebagai sebuah paradoks yang mempertahankan dualitas keseniannya sebagai sebuah tontonan dan tuntunan. Anasir sufisme si Cepot Giri Harja 3 merupakan sebuah entitas yang tercipta dari pelbagai macam konsep sufi yang ada di dalam jagat mistikisme Islam. Akan tetapi, di dalamnya terdapat pula perkelidanan antara bentuk-bentuk kebudayaan lokal: sinkretisme. Hal tersebut dijelaskan melalui konsep wacana, pengetahuan, dan kekuasaan Michel Foucault, karena anasir sufisme si Cepot tersebut melahirkan sebuah pengetahuan baru yang terbentuk dari pelbagai macam entitas di atas. Foucault menyebutnya sebagai Arkeologi Pengetahuan. Anasir sufisme si Cepot secara khusus dianalisis dengan menggunakan teori hermeneutik Paul Ricouer yang menganalisis pelbagai simbol di dalam wujudnya. Dari analisis yang dilakukan, anasir sufisme si Cepot bersifat relasional karena terbentuk dari pelbagai macam konsep sufi dan mistisme Sunda juga Jawa. Sehingga secara eksistensialis,hal-hal tersebut tidak dapat dipisahkan karena secara fundamen menghadirkan anasir sufisme yang tersebar di di dalam maujud dan wujudnya.
PENGARUH ILUSTRASI POSTER FILM SHAW BROTHERS PADA ILUSTRASI COVER CERGAM DAN NOVEL SILAT DI INDONESIA Dimas Krisna Aditya
KalaTanda Vol 1 No 2 (2016): Kalatanda
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/kalatanda.v1i2.1381

Abstract

Cerita silat merupakan bagian dari budaya populer Indonesia sejak lama. Cerita silat merupakan salah satu warisan budaya Peranakan Tionghoa di Indonesia dalam bidang sastra. Berawal dari surat kabar dan majalah, cerita silat pun berkembang pada bentuk budaya populer lainnya, yaitu komik silat. Komik silat Tionghoa sendiri tumbuh sejak tahun 1950-an. Akan tetapi di tahun 1970-an cerita silat dan komik silat pun menjamur hingga akhir 1980-an. Sayangnya visualisasi cerita silat di Indonesia tidak didukung oleh keberadaan referensi budaya karena rezim orde baru melarang segala bentuk literasi dan budaya Tionghoa. Akan tetapi, para perupa visual tetap bisa memainkan imajinasinya dengan kehadiran film-film silat Hong Kong produksi Shaw Brothers di Bioskop. Karena keterbatasan akses informasi, para perupa komik silat hanya mendapatkan referensi dari penerbit berupa poster dan iklan film dari majalah-majalah film. Dengan menggunakan analisis konten dan wawancara yang ada pada metode penelitian kualitatif, serta menggunakan pendekatan kritik seni, tulisan ini akan mengajak kita untuk melihat proses kreasi para perupa komik dan cerita silat dalam berkarya dan menelaah sejauh mana visualisasi poster-poster film Shaw Brothers menjadi referensi dan inspirasi mereka dalam berkarya.