Jurnal Industri Pariwisata
Articles published on Jurnal Industri Pariwisata are based on research. This journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Universitas Sahid which is published twice every year. This journal is intended as one of the media in terms of publishing the results of research activities of academics who are interested in the field of tourism such as Culinary and Shopping Tour, Cultural Heritage, History and Religion, Marine Tourism, Eco-tourism, Adventure Tour, Countryside Tour, MICE, and also Halal Tourism
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2023"
:
10 Documents
clear
STRATEGI HUMAS POKDARWIS KERUJUK LESTARI DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG KE EKOWISATA KERUJUK PASCA GEMPA BUMI 2018
Syaoki, Muhammad;
Sarita, Rahma
Jurnal Industri Parawisata Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2023
Publisher : Universitas Sahid
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36441/pariwisata.v5i2.1419
Humas memiliki peran yang penting dalam menjaga citra sebuah sebuah lembaga, terlebih dalam situasi krisis. Citra yang baik akan membuat nama lembaga juga semakin baik dan memiliki daya saing. Sebaliknya citra yang buruk akan membuat nama sebuah lembaga juga buruk oleh karena itu keberadaan Humas sangat menentukan maju mundurnya sebuah lembaga. Penelitian ini berusaha untuk mengkaji peran strategis Humas Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kerujuk Lestari dalam rangka mensosialisasikan Ekowisata Kerujuk pasca gempa bumi Lombok Tahun 2018. Dengan menggunakan metode kulitatif, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Humas Pokdarwis Kerujuk Lestari menggunakan beberapa strategi dalam mensosialisasikan Ekowisata Kerujuk pasca gempa bumi tahun 2018. Strtagi tersebut diantaranya, pertama: melakukan rebranding wisata dari awalnya wisata alam dan permainan tradisional menjadi wisata alam, permainan, dan kuliner dengan dibuknya Pasar Minggu. Kedua, Humas Pokdarwis Kerujuk Lestari melakukan kerjasama dengan awak media untuk mensosialisasikan kembali Ekowisata Kerujuk. Ketiga, Humas Pokdarwis menerima masukan dari para pengunjung dan stakeholders lainnya sebagai bahan evaluasi dan perbaikan. Adapun kendala yang dihadapi oleh Humas Pokdarwis Kerujuk Lestari yaitu terbatasnya personel yang membantu kerja-kerja kehumasan.
ADVERTISEMENT EFFECTIVITY ANALYSIS ON FOODGRAM TOWARDS FOOD SELLING VOLUME (SURVEY ON ACCOUNT PROMOTION SERVICE USERS @DUNIAKULINERBDG)
Wahyuni, Sri;
Sudono, Agus;
Red, Armandha
Jurnal Industri Parawisata Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2023
Publisher : Universitas Sahid
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36441/pariwisata.v5i2.1420
The aim of this research is to analyze the dominant factors that affect advertising efficiency and to set up strategies to optimize those factors in order to increase sales volume. The research method used is the quantitative method with correlation studies and SWOT analysis. Researcher disseminate cohesion using simple random sampling techniques to 100 users of the foodgram @duniakulinerbdg account promotion service. The result shows that advertising efficiency on foodgram simultaneously affects sales volume with a ratio of 0.752, which means that it has a strong correlation level. Furthermore, the result of t-test partial proved that empathy and communication as sub variable of independent variabel partially effect sales volume. Thus, those two aspects need to be optimized when promoting their product through foodgram.
COTO MANGKASARA SEBAGAI MAKANAN TRADISIONAL DAN IDENTITAS DAERAH KOTA MAKASSAR, SULAWESI SELATAN
Lestari, Nia Kurnia;
Rahmanita, Myrza;
Ingkadjaya, Rahmat
Jurnal Industri Parawisata Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2023
Publisher : Universitas Sahid
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36441/pariwisata.v5i2.1421
Coto Mangkasara merupakan salah satu makanan tradisional Kota Makassar sejak abad 16 yang memiliki ciri khas bahan baku menggunakan 40 macam rempah dan kuah yang menggunakan gilingan kacang tanah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Coto Mangkasara apakah telah memenuhi kriteria makanan tradisional, telah memenuhi dimensi sebagai identitas daerah Kota Makassar, dan strategi pengembangan Coto Mangkasara sebagai makanan tradisional dan identitas daerah Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif eksploratif dan telah dipelajari secara mendalam. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam dengan masing-masing sumber. Hasil penelitian menjelaskan bahwa permasalahan Coto Mangkasara terdiri dari beberapa rumah makan yang tidak menjadikan Coto Mangkasara sebagai menu utama, pengolahan dan alat yang tidak konvensional, Coto Mangkasara dicampur dengan makanan tradisional lainnya, wisatawan dan masyarakat kurang mengetahui sejarah, tradisi dan acara kuliner yang diselenggarakan oleh pemerintah.
THE CHALLENGE OF LEARNING TOURISM ONLINE DURING A PANDEMIC: STUDENTS VIEWPOINT
Hariyadi, Bagus Reza;
Astuti, Yuni;
Firmansyah, Dian Bayu
Jurnal Industri Parawisata Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2023
Publisher : Universitas Sahid
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36441/pariwisata.v5i2.1422
The impact of the COVID-19 outbreak has caused every college and school to stop offline learning activities. For one year, online tourism learning has become a learning option, as well as a new challenge for students and lecturers. This study aims to find out the problems and challenges faced by students during online tourism learning during the pandemic. Respondents from this study were 67 students who took tourism courses. The results showed that students experienced a number of difficulties during online learning such as signal difficulties, lack of motivation to study, difficulty concentrating, and difficulties in practicing tour guiding online. The positive sides of online learning include; unlimited distance, prevent the transmission of the covid-19 virus, no need to meet in person. Overall, students prefer offline tourism learning compared to online learning due to the difficulties they face during the implementation of online learning. It is hoped that lecturers can convey interesting methods and techniques in online tourism teaching to boost student motivation and performance to study tourism in this pandemic situation.
INDONESIA EFFORT TO ATTRACTING INVESTMENT IN TOURIST DESTINATION DEVELOPMENT
Parlindungan, Henky Hotma;
Manurung, Hendra
Jurnal Industri Parawisata Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2023
Publisher : Universitas Sahid
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36441/pariwisata.v5i2.1423
This study aims to discuss Indonesia implemented strategy in optimizing effort in strengthening and enhance collaboratively to get investment. In fact, Indonesia's economic growth in 2020 had experienced a contraction due to the outbreak of the COVID-19 pandemic. At that time, the second-quarter decreased and gradually recovered in the third and fourth quarters. In the second quarter of 2021, Indonesian economic growth hit around seven percent. A thriving and financially sound capital market helps and supports the country's economic growth and can enhance inter-community cooperation. The factors for developing tourism companies and the creative economy of the 21st century are structured management, use of high-technology, employee skills and capital adequacy. However, Indonesia’s market opportunities in tourist destinations are still increasingly generated and have become the capital for promoting to foreign investors interested in realizing their investments. This research reveals the improving of investment of the tourism sector and the creative economy supporting Indonesia's economic growth is promising challenges.
PENGARUH DINING ATMOSPHERE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN D’ANCLOM
Adiatma, Dani;
Rukma, Deden Firman Syuyaman;
Juniarifa, Tiara
Jurnal Industri Parawisata Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2023
Publisher : Universitas Sahid
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36441/pariwisata.v5i2.1424
Berlokasi di Jalan Cimanuk No 38,Garut. D’Anclom memiliki lokasi yang strategis. Penelitian yang dibuat bermaksud untuk mengetahui pengaruh dari variabel dining atmosphere dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Data dalam penelitian didapatkan melalui internet, rujukan artikel dan kuesioner yang disebar melalui link Google form. Setelah melakukan beberapa uji dalam aplikasi SPSS, data menunjukkan jika dining atmosphere dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji tersebut menjadikan para konsumen D’Anclom datang secara berulang (langganan), karena unsur yang terkandung dalam kedua variabel saling memiliki hubungan untuk keberlangsungan usaha satu ini.
PENERAPAN KONSEP COMMUNITY BASED TOURISM DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA BURAI
Fifiyanti, Debby;
Taufiq, Muhammad Luqman;
Ermawati, Kris Cahyani
Jurnal Industri Parawisata Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2023
Publisher : Universitas Sahid
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36441/pariwisata.v5i2.1425
Desa wisata merupakan salah satu bentuk pengembangan destinasi wisata yang dianggap mampu menarik masyarakat lokal untuk ikut berpartisipasi dalam mengembangkan dan menggali potensi wisata yang ada pada suatu desa. Selain itu pengembangan suatu desa wisata diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang penerapan konsep Community Based Tourism (CBT) untuk mencapai pengelolahan destinasi wisata secara berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekaan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara langsung dan menggunakan platform media online, observasi, dan dokumentasi. Identifikasi penerapan konsep Community Based Tourism (CBT) dengan tiga tahapan yakni  mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan pengelolaan destinasi wisata di Desa Burai, Ogan Ilir berawal dari inisiatif masyarakat lokal yang disebut dengan local hero yang kemudian mengajak masyarakat lainnya untuk berpartisipasi dalam mengembangkan desa wisata dan menggali potensi wisata yang ada, membentuk lembaga atau kelompok masyarakat untuk mengelolah destinasi wisata, melakukan kegiatan konservasi lingkungan dan membuat beberapa usaha masyarakat lokal.
IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM PEDAGANG MUSLIM PADA DESTINASI WISATA PANTAI LOMBANG
Rahmawati, Dyah Ayu;
Faraby, Muhammad Ersya
Jurnal Industri Parawisata Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2023
Publisher : Universitas Sahid
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36441/pariwisata.v5i2.1426
Penelitian ini membahas tentang bagaimana penerapan etika bisnis Islam pedagang muslim pada destinasi wisata Pantai Lombang di Kabupaten Sumenep. Hal ini menjadi salah satu alasan peneliti tertarik untuk meneliti lebih mendalam mengenai penerapan nilai-nilai etika bisnis Islam pedagang muslim pada destinasi wisata Pantai Lombang di Kabupaten Sumenep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adaldah pelaku usaha pedagang muslim destinasi wisata pantai Lombang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, lalu untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahap analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian yaitu di Pantai Lombang di Desa Lombang, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui etika bisnis Islam pedagang muslim pada destinasi wisata pantai Lombang.
ANALISIS IMPLEMENTASI ECOLOGICAL GREEN MARKETING DI WORK COFFEE INDONESIA
Shalsabilla, Meylinda Rossiana;
Alam, Syah;
Candella, Yokkeu Hanna;
Andari, Rini
Jurnal Industri Parawisata Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2023
Publisher : Universitas Sahid
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36441/pariwisata.v5i2.1427
Marketing tidak hanya diperlakukan sebagai penjahat utama karena peran nya dalam merangsang permintaan dan konsumsi yang tidak berkelanjutan, tetapi juga sebagai penyelamat lingkungan yang potensial melalui penerapan mekanisme pasar yang mengatasi masalah lingkungan yang dikenal sebagai “Green Marketingâ€. Work Coffee Indonesia adalah sebuah Coffee shop yang sudah terkenal di Kota Bandung dan merupakan salah satu pelopor Coffee shop yang melaksanakan Green Marketing. Untuk itu peneliti ingin mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana implementasi green marketing yang dilaksanakan pada Work Coffee Indonesia di Kota Bandung. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan wawancara kepada pengelola dari Work Coffee Indonesia. Hingga akhirnya didapati bahwa Work Coffee Indonesia menerapkan konsep green marketing sejak pertama kali berdiri. Dengan slogan “Less Waste, More Coffee†serta â€Zero Plastic†yang diimplementasikan dengan mengganti semua alat makan dan minum yang terbuat dari plastik sekali pakai, menajdi bahan yang bisa digunakan kembali. Selain itu, mereka juga mengolah sampah organik menjadi pupuk. Hal ini membuktikan bahwa mereka serius terhadap penerapan green marketing dan tentunya peduli terhadap lingkungan.
STUDI IMPLEMENTASI KEARIFAN LOKAL PADA PENGEMBANGAN FASILITAS WISATA, DESA BUDO, KABUPATEN MINAHASA UTARA
Towoliu, Benny Irwan;
Mandulangi, Jufrina;
Wenas, Pearl Loesye;
Bawole, Merryany
Jurnal Industri Parawisata Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2023
Publisher : Universitas Sahid
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36441/pariwisata.v5i2.1428
Sebelum bahkan setelah melewati waktu yang panjang dengan adanya pandemi Covid-19, industri pariwisata masih tetap menjadi andalan untuk mempercepat pemulihan ekonomi di seluruh Indonesia. Pemicu utamanya adalah dukungan dari pemerintah Indonesia yang menetapkan pariwisata sebagai leading sector, dimana wisata desa menjadi andalan dari daerah untuk bisa tumbuh dan berkembang, menopang pariwisata secara nasional. Namun, tampaknya kecepatan pembangunan wisata desa tidak berbanding lurus dengan kemampuan masyarakat untuk mempertahankan identitas lokal agar tetap eksis. Kasus penelitian ini adalah di salah satu desa yang masuk dalam anugerah desa wisata, desa Budo, Kabupaten Minahasa Utara. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman masyarakat desa dalam mengimplementasikan identitas lokal dalam pengembangan fasilitas wisata. Metode yang digunakan bersifat deskriptif melalui survei, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat belum memahami peran identitas sosial budaya lokal dalam mengembangkan fasilitas wisata, dan umumnya hanya berdasarkan apriori atau firasat saja.Â