cover
Contact Name
Dina Indriyani
Contact Email
dinaindriyani08@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalpphk@unsur.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan, Universitas Suryakancana, Cianjur. Dr. Muwardi, By Pass Cianjur
Location
Kab. cianjur,
Jawa barat
INDONESIA
JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan)
ISSN : 20875185     EISSN : 26228718     DOI : -
This jurnal explores the researchers in citizenship studies i.e civic education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), political education, law education, moral education, and multicultural education, and Law Enformcement. We are also interested in scholarship that crosses disciplinary lines and speaks to readers from a range of theoretical and methodological perspectives. this journal seeks for any manuscript related to civics and civics education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan" : 5 Documents clear
PENGARUH PEMBERIAN SANKSI EDUKATIF TERHADAP PENINGKATAN DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SMK PASUNDAN 1 CIANJUR Auliandini, Rifqa; Rois, Munawar; Sarkosih, Banan
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 13, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jpphk.v13i2.3865

Abstract

ABSTRAK Artikel ini membahas mengenai penelitian yang dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui gambaran serta hasil yang didapatkan dari pengaruh pemberian sanksi edukatif terhadap peningkatan disiplin peserta didik di SMK Pasundan 1 Cianjur. Pemberian sanksi edukatif bertujuan untuk meningkatan disiplin peserta didik di SMK Pasundan 1 Cianjur. Adapun metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMK Pasundan 1 Cianjur yang berjumlah 392 peserta didik yang terdiri dari dua belas kelas. Sedangkan sampel peserta didik diambil secara acak dari total populasi sebanyak 15% yaitu 60 orang peserta didik. Hasil penelitian diperoleh temuan bahwa pemberian sanksi edukatif ternyata memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan disiplin peserta didik di SMK Pasundan 1 Cianjur.Kata Kunci: Positif, Sanksi Edukatif, Peningkatan disiplin
PERAN GURU PPKN DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING DI SMAN 1 CIRANJANG Pitri, Anisa; Sumarna, Sumarna; Suhendar, Ilham Fajar
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 13, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jpphk.v13i2.3866

Abstract

Abstrak Guru adalah seseorang yang penting melalui perannya untuk menciptakan dan membentuk sikap serta mencerdaskan siswa melalui ilmu pengetahuan. Guru PPKn merupakan pendidik dan inspirator di lingkungan sekolah yang bertujuan menjadikan siswa kreatif, inovatif dan terampil. Namun tidak hanya itu guru PPKn mempunyai peran penting untuk mencegah terjadinya hal yang menyimpang termasuk tindakan perilaku bullying pada siswa di lingkungan sekolah. Hal tersebut dikarenakan perilaku bullying sering terjadi terhadap siswa di lingkungan sekolah, banyak siswa menjadi korban bullying. Begitupun berdasarkan fakta yang ada saat ini pada kenyatannya masih banyak siswa yang melakukan perundungan atau kekerasan di lingkungan sekolah, baik itu bullying fisik maupun verbal. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru PPKn dalam mencegah perilaku bullying di SMA Negeri 1 Ciranjang. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif yang menjelaskan hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat yaitu peran guru PPKn dalam mencegah perilaku bullying. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah mengumpulkan data angket, wawancara dan studi dokumentasi. Sampel penelitian ditarik dari kelas XI SMA Negeri 1 Ciranjang sebanyak 25% dari jumlah populasi. Maka dari itu 25%dari jumlah populasi 180 populasi dapat diambil 45 siswa.  Kesimpulan dalam peneltian ini bahwa Guru PPKn di SMAN 1 Ciranjang telah melaksanakan perannya yang baik sebagai pendidik dan inspirator kepada peserta didik, hal tersebut dapat terlihat sebagai bentuk edukasi kepada peserta didik dalam memberikan penjelasan untuk mencegah perilaku bullying. Kata kunci: Guru PPKn, Perilaku Bullying
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN HARIAN BERBASIS PEMBIASAAN DI SMA NEGERI 1 MANDE Mukti, Funny W
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 13, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jpphk.v13i2.3339

Abstract

Artikel ini membahas mengenai penelitian yang dilakukan untuk mengetahui gambaran serta hasil yang didapatkan dari implementasi kegiatan harian berbasis pembiasaan yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Mande dengan nama programnya yaitu "Pembiasaan Karakter Pelajar Pancasila". Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode naturalistik. Dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan, peneliti menemukan bahwa program pembiasaan ini dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari peserta didik, bahkan manfaatnya dapat tetap di rasakan oleh peserta didik ketika mereka berada di luar lingkungan sekolah serta ketika berada dalam dunia kerja. Sehingga diperlukan suatu pembiasaan baik yang diharapkan dapat menjadi sebuah kebiasaan yang dapat mengubah bahkan membentuk kebudayaan baru yang lebih berguna bagi kehidupan manusia di masa yang akan datang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Mande, peneliti menemukan jawaban dari rumusan masalah yang sudah ditentukan sejak awal, yaitu penerapan kegiatan harian berbasis pembiasaan di SMA Negeri 1 Mande ini berpengaruh terhadap perubahan dan pembentukan karakter dari peserta didik, serta penting untuk diimplementasikan dan dilanjutkan hingga generasi berikutnya.
PARTISIPASI POLITIK SISWA DALAM MEMBANGUN GENERASI YANG PEDULI DENGAN DEMOKRASI Oktaviana, Dera Ananda
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 13, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jpphk.v13i2.3340

Abstract

Artikel ini membahas mengenai partisipasi politik memiliki peran penting dalam membangun generasi yang peduli dengan demokrasi. Melalui keterlibatan aktif dalam kegiatan politik, siswa dapat mengembangkan kesadaran politik, pengetahuan konstitusi, dan pemahaman tentang hak dan tanggung jawab. Pemberian pembelajaran demokrasi yang efektif mendorong siswa untuk menjadi warga negara yang aktif ,membantu mereka memahami pentingnya kebebasan berpendapat dan pengambilan keputusan yang baik. partisipasi politik siswa tidak hanya terbatas pada pemilihan siswa di sekolah tetapi ada juga kegiatan diskusi politik yang dimana siswa belajar untuk berpikir kritis dan dapat berkolaborasi dengan secara siswa untuk mengatasi isu-isu politik yang relevan dengan kehidupan mereka. Melalui pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang berorientasi pada partisipasi politik, siswa merupakan suatu pendekatan yang penting dan strategis dalam membangun generai yang peduli dengan demokrasi. Dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses politik memberikan mereka kesempatan untuk belajar dan mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan tanggung jawab sebagai warga negara.
PERANAN GURU PPKN DALAM MENANGGULANGI BULLYING DI SMP NEGERI 4 CIBEBER Puspitasari, Indah; Hermawan, Iyep Candra; Indriyani, Dina
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 13, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jpphk.v13i2.3752

Abstract

Artikel ini membahas mengenai penelitian yang dilakukan oleh peneliti diharapkan dapat mengetahui, memperjelas dan mengkaji lebih dalam tentang peranan guru PPKn dalam menanggulangi bullying di SMP Negeri 4 Cibeber. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) diharapkan mampu menanamkan kesadaran pada setiap individu untuk tertib dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan instrumen observasi dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 4 Cibeber. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah purposive sampling karena sampel yang diambil sesuai dengan kriteria penelitian. Berdasarkan penelitian bahwa, peranan guru PPKn mempunyai peran penting untuk peserta didik. Guru Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) di SMP 4 Cibeber mengajarkan tentang moral, pendidikan karakter, bela negara, dan disiplin. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan bukan hanya sekedar teori namun, harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari baik berada di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat. Jenis bullying yang ditemukan, yaitu verbal bullying dan physical bullying. Simpulan penelitian ini peranan guru PPKn dalam menanggulangi bullying di SMP Negeri 4 Cibeber, yaitu membimbing peserta didik yang bertanggung jawab, mempunyai akhlak yang mulia, dan menghormati semua perbedaan terhadap peserta didik yang lain. Berbagai tindakan tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman, sikap dan perilaku peserta didik. Saran untuk guru PPKn dan pihak sekolah memberikan pengawasan lebih kepada korban dan pelaku bullying.Kata kunci: Peranan Guru PPKn, Bullying

Page 1 of 1 | Total Record : 5