cover
Contact Name
Agus Fahmi
Contact Email
fahmieal2@gmail.com
Phone
+6285214422886
Journal Mail Official
visionary@undikma.ac.id
Editorial Address
Prodi AP Undikma, GD. lantai 3 Jl. Pemuda No. 59/A Mataram Phohe : 085214422886 Email : jurnalvisionary@gmail.com
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
Focus and Scope Jurnal Visionary merupakan jurnal penelitian dan pengembangan di bidang administrasi pendidikan, artikel yang dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian, hasil kajian pustaka, hasil pengembangan, dan hasil penelusuran IPTEK menggunakan metode ilmiah. Scope bidang keilmuan yaitu Pendidikan, tenaga kependidikan, manajemen, administrasi, dan keilmuan lainnya.
Articles 32 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 1 (2024): April" : 32 Documents clear
Penataan Kearsipan di Kantor Camat Belitang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Marlina, Leny; Ibrahim, Ibrahim; Noviani, Sari
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 12 No. 1 (2024): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v12i1.8703

Abstract

Abstract: This study raises the discussion of "Arrangement of Archives in the District Office of Belitang OKU Timur District". This study aims to find out how archives are arranged and to analyze the factors that influence filing arrangements at the Belitang OKU Timur sub-district office. This research is a qualitative research, the research subjects are the head of the archives section and the archives employees. Data collected through three ways, namely: interviews, observation and documentation. This type of research approach is descriptive qualitative. The techniques used in data analysis are data reduction, data presentation and drawing conclusions. The techniques used in checking the validity of the data are source triangulation, source triangulation and time triangulation. The results of this study indicate that the arrangement of archives in the Belitang OKU Timur District Sub-District Office has been running as it should, starting from the archive storage system, archive retrieval, determining archives of the same type, archive compilation, supporting facilities and infrastructure, maintaining and maintaining archives, information archive loan. Keywords: Arrangement, ArchivesAbstrak: Artikel ini mengangkat pembahasan mengenai “Penataan Kearsipan di Kantor Camat Belitang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur”. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penataan kearsipan dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penataan kearsipan di Kantor Camat Belitang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subyek penelitian adalah kepala seksi bidang kearsipan dan para pegawai kearsipan. Data yang dikumpulkan melalui tiga cara yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis pendekatan penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik yang digunakan dalam pemeriksaan keabsahan data adalah triangulasi sumber, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penataan kearsiapn di Kantor Camat Belitang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur sudah berjalan sebagaimana mestinya, mulai dari sistem penyimpanan arsip, penemuan kembali arsip, menentukan arsip yang sama jenisnya, penyusunan arsip, sarana dan prasarana yang mendukung, menjaga dan memelihara arsip, informasi peminjaman arsip.Kata Kunci: Penataan, Kearsipan
Peran Guru dan Pemahaman Psikologi Anak dalam Pembelajaran Astuti, Mardiah; Mutyati, Mutyati; Ibrahim, Ibrahim; Rika, Rika; Lia, Sesi; Kharisma, Windi; Triwahyuni, Diana
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 12 No. 1 (2024): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v12i1.9199

Abstract

Abstract: This research aims to analyze the role of teachers and child psychology in the learning process of third-grade students at State Elementary School 157 Palembang. The method used in this research is qualitative. By using a qualitative descriptive approach, this research is expected to comprehensively describe the roles of teachers and child psychology in learning. Data collection techniques used include interviews, observations, and documentation. The results of this research discuss the roles of teachers and child psychology in the learning process of third-grade students at State Elementary School 157 Palembang. The roles of teachers and understanding child psychology include understanding the characteristics of each student, adopting an approach, and also understanding the conditions that children have in participating in learning activities. Educators are sensitive to the conditions of each of their students and then approach slowly by asking about the difficulties they are facing. In addition to teachers playing a role in the development of child psychology, parents also play a very important role in the development of child psychology, especially at home. The relationship between teachers and parents must be continuous, with good communication and cooperation, to achieve the best goals for the development of child psychology. Keywords: Teacher Role, Understanding Child PsychologyAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dan psikologi anak dalam proses pembelajaran siswa kelas III SD Negeri 157 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini diharapkan dapat mendeskripsikan secara komprehensif tentang peran guru dan psikologi anak dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah membahas tentang peran guru dan psikologi anak dalam pembelajaran siswa kelas III SD Negeri 157 Palembang. Adapun peran guru dan pemahaman psikologi anak diantaranya memahami karakter dari setiap peserta didik, mengadakan sebuah pendekatan dan juga harus memahami dari setiap kondisi yang dimiliki anak-anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Tenaga pendidik peka terhadap kondisi dari setiap peserta didiknya dan kemudian melakukan pendekatan secara perlahan dengan cara bertanya mengenai kesulitan apa yang sedang ia hadapi. Selain guru yang berperan dalam perkembangan psikologi anak, orang tua juga berperan sangat penting dalam perkembangan psikologi anak terutama di rumah. Hubungan guru dan wali murid haruslah berkesinambungan satu sama lain, dengan adanya komunikasi yang berjalan baik serta kerjasama yang baik, maka dapat mencapai tujuan yang baik bagi perkembangan psikologi anak tersebut.Kata Kunci:  Peran Guru, Pemahaman Psikologi Anak
Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMKN 1 Jember Istiqomah, Faizatun Ulil; Aminah, Siti; Ustadzia, Putri Anadatul
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 12 No. 1 (2024): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v12i1.9276

Abstract

Abstract: This article is entitled leadership model of school principals as managers in improving the quality of education at SMKN 1 Jember. The problem that occurs is regarding the leadership of the school principal as a manager who uses a collaboration system. This method uses qualitative methods. The informant in this research is the Head of Curriculum. Data collection techniques use interview observation and documentation methods. The data analysis technique in this research uses data reduction, data presentation, verification and data validity. The research results show that the school principal in his leadership uses a collaboration model where decisions must be made with mutual agreement. Educational leadership can begin by understanding that education is one of the important pillars of development and society in this country. School principals as managers have a very important role in improving the quality of education and organization in schools. In every organization, humans are the main factor that is very important when humans enter the world of organizations, that is the beginning of human behavior in the organization. One of the active organizations/communities besides OSIS is a community that teaches students literacy, namely Angkringan Bu As (Fun Books).Keywords: Leadership, Managers, Quality Of EducationAbstrak: Artikel ini berjudul model kepemimpinan kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 1 Jember. Adapun permasalahan yang terjadi yaitu mengenai kepemimpinan kepala sekolah sebagai manajer yang menggunakan sistem kolaborasi. Dalam metode ini menggunakan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu Waka kurikulum. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah dalam kepemimpinannya menggunakan model kolaborasi yang mana dalam mengambil keputusan harus dengan persetujuan bersama. Kepemimpinan pendidikan dapat dimulai dengan memahami bahwa pendidikan merupakan salah satu pilar yang penting pembangunan dan masyarakat di negara ini. Kepala sekolah sebagai manajer memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan dan organisasi di sekolah. Dalam setiap organisasi manusia merupakan faktor utama yang sangat penting ketika manusia memasuki dunia organisasi maka itulah awal perilaku manusia yang berada dalam organisasi. Salah satu organisasi/komunitas yang aktif selain OSIS adalah komunitas yang mengajarkan siswa dalam berliterasi yaitu Angkringan Bu As (Buku Asik).Kata Kunci : Kepemimpinan, Manajer, Mutu Pendidikan
Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa di SD Baiturrahman Jember Aminah, Siti; Sari, Frisca Nur Kumala; Hasanah, Siti Zumrotun
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 12 No. 1 (2024): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v12i1.9290

Abstract

Abstract: This article is entitled ascertaining the Principal's Strategy in Improving Student Competence at Baiturrahman Elementary School, Jember. The problem that occurs is the difficulty in creating a culture in the school that supports learning and academic success, in addition to the difficulty that teachers have the skills and knowledge to teach students effectively. In this research using qualitative methods, the informant in this research is a school principal. Data collection techniques include interviewing private observations and documenting research results. The results show that the principal of Baiturrahman Elementary School has. Based on the results and discussion above, it can be concluded that the principal of SD Baiturrahman Jember has several strategies in improving the competence of his students, including the first, cultivating a cultural system or habits within the institution, the second, namely exploring the potential of his students. those who have achievements, the third is providing training to their students. Baiturrahman Elementary School has many achievements even at the national level. The Baiturrahman Elementary School principal also makes efforts to improve teacher professionalism to support his students by holding KKG and training for teachers.Keywords: Leadership, Principle Strategic of SchoolAbstrak: Artikel ini berjudul Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa di SD Baiturrahman Jember.Adpun permasalahan yang terjadi, yakni terjadinya kesulitan dalam mencipatakan budaya di sekolah yang mendukung pembelajaran dan keberhasilan akademik selain itu sulitnya memastikan bahwa guru memeiliki keterampilan dan pengetahuan untuk mengajar siswa seccara efektif. Dalam penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif, informan dalam penelitian ini yakni seorang Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data berupa mewawancarai swrta observasi serta dokumentasi hasil penelitian. Hasil menunjukkan bahwa kepala sekolah Sd Baiturrahman memiliki. Berdasarkan hasil dan pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Kepala sekolah SD Baiturrahman Jember memeiliki beberapa strategi dalam meningkatkan kompetensi peserta didiknya, di antaranya yakni yang pertama budayakan ada sistim budaya atau kebiasaan dalam lembaga, yang kedua yakni menggali potensi-potensi akan siswa-siswanya yang memiliki prestasi, yang ketiga yakni memberikan pelatihan terhadap siswa-siswa nya. SD Baiturrahman ini memiliki banyak prestasi bahkan sampai tingkat Nasional. Kepala sekolah SD Baiturrahman juga memiliki upaya-upaya untuk meningkatkan ke profesionalan guru untuk menunjang peserta didiknya dengan diadakannya KKG dan pelatihan terhadap para guru.Kata Kunci: Kepemimpinan, Strategi Kepala Sekolah
Strategi Pengawasan Sarana dan Prasarana di Madraasah Aliyah Al-Ikhsan Sumber Jaya Kecamatan Belitang II-Ogan Komering Ilir Timur Annur, Saipul; Ibrahim, Ibrahim; Wati, Sinta
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 12 No. 1 (2024): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v12i1.9619

Abstract

Abstract: This research discusses the "Supervision Strategy for Facilities and Infrastructure at MA Al-Ikhsan Sumber Jaya, Belitang II District." The objective of this research is to describe how the supervision strategy for facilities and infrastructure is implemented at MA Al-Ikhsan Sumber Jaya. This research employs qualitative research with a descriptive approach, and the main informants in this study are the school principal and the head of facilities and infrastructure. Data collection techniques used include observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques include data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Research data validity is assessed through source triangulation, technique triangulation, and time triangulation. Based on the analysis, the supervision strategy for facilities and infrastructure is functioning effectively, and there have been changes and improvements as a result of the strategy and supervision. Firstly, environmental supervision identification has been conducted, which involves summarizing, reducing, and narrowing down information by reporting to the school principal and consulting with multiple informants to gather relevant information. Secondly, the formulation of the strategy has been well executed, encompassing steps such as preparing alternative strategies, planning supervision strategies, determining supervision strategies, and conducting evaluations. Thirdly, the selection of suitable strategies for overseeing facilities and infrastructure, with the school principal delegating responsibilities to the head of facilities and infrastructure. Fourthly, the use of supervision strategies, which includes planning, decision-making, implementation, and evaluation.Keywords: Strategy, Supervision, Facilities, and InfrastructureAbstrak: Penelitian ini membahas mengenai “Strategi Pengawasan Sarana dan Prasarana di MA Al-Ikhsan Sumber Jaya Kecamatan Belitang II”. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana strategi pengawasan sarana dan prasarana di MA Al-Ikhsan Sumber Jaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskrrptif, dan infoman utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan waka sarana dan prasarana. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Uji keabsahan data penelitian dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil analisis bahwa srategi pengawasan sarana dan prasarana sudah berjalan dengan baik dan ada perubahan dan peningkatan yang terjadi dengan adanya strategi dan pengawasan yang, Pertama, Identifikasi lingkungan pengawasan sudah dilakukan yakni menyimpulkan, mereduksi, dan mempersempit informasi itu dengan cara melakukan pelaporan ke kepala madrasah dan melakukan musyawarah dengan beberapa informan untuk mendapatkan informasi yang relevan. Kedua, perumusan strategi sudah dilakukan dengan baik yakni langkah-langkah yang dilakukan dalam melakukan penilaian pengawasan yang pertama melakukan persiapan strategi alternative, perencanaan strategi pengawasan, menetapkan strategi pengawasan, dan melakukan evaluasi. Ketiga, melakukan pemilihan strategi yang cocok untuk digunakan dalam pengawasan sarana dan prasarana. Dan untuk hal ini kepala sekolah melakukan sistem delegasi ke waka sarana dan prasarana. Keempat, penggunaan strategi pengawasan dalam hal ini melakukan perencanaan, penentuan, pelaksanaan, dan evaluasi.Kata Kunci: Strategi, Pengawasan, Sarana dan Prasarana
Upaya Menjadi Kepala Sekolah yang Sukses (Studi Empiris di SMA IT Nurul Ilmi Kota Jambi) Muspawi, Mohamad; Viola, Mayshel Adinda; Vilanti, Friska Aqilah; Rahman, Indah Afidah; Masita, Masita
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 12 No. 1 (2024): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v12i1.9798

Abstract

Abstract : This article is entitled Efforts to Become a Successful Principal at Nurul Ilmi IT High School, Jambi City. The principal is an educator who is authorized or officially appointed as the principal, who is given the mandate and responsibility to empower and set an example to all school members in order to improve the quality of the school. The school principal is required to be a figure who must be able to act as a mediator who can make decisions, resolve problems and be a source of information for the school community he leads. Educational progress is also determined by the success and leadership of the school principal. The success and leadership success of a school principal in his activities is influenced by factors that can support leadership success, including the goals that will be achieved if there is harmony in relationships, both relationships and interactions between superiors and subordinates. Apart from being influenced by the leader's experience as a personal motivation for success, maturity and freedom in social relationships are also factors that can support leadership success and success. The main topic of discussion in this article is how to become a successful school principal. This research uses qualitative methods with data collection techniques through interview methods and literature review. The results of the interview were as expressed by the principal         Integrade Islamic High School Nurul Ilmi, Jambi City, he revealed several steps that could be considered to improve leadership skills in order to achieve success and success as a principal, including: giving the best, accepting criticism and input from various parties, and overcome various obstacles that exist at school.Key Words : Headmaster, Leadership, Success. School Abstrak : Artikel ini berjudul Upaya Menjadi Kepala Sekolah yang Sukses di SMA IT Nurul Ilmi Kota Jambi. Kepala sekolah merupakan seorang tenaga pendidik yang berwenang atau ditunjuk secara resmi sebagai kepala sekolah, yang diberikan amanah dan tanggung jawab memberdayakan dan memberi contoh kepada seluruh warga sekolah guna meningkatkan mutu sekolah. Kepala sekolah dituntut menjadi sosok yang harus mampu berperan sebagai mediator yang dapat mengambilan keputusan, menyelesaian masalah dan menjadi sumber informasi bagi warga sekolah yang dipimpinnya. Kemajuan pendidikan juga ditentukan oleh keberhasilan dan kesuksesan kepemimpinan kepala sekolah. Keberhasilan dan kesuksesan kepemimpinan seorang kepala sekolah dalam kegiatannya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang dapat menunjang keberhasilan kepemimpinan, antara lain tujuan yang akan dicapai apabila terjalin keselarasan dalam hubungan, baik hubungan atau interaksi antar atasan dengan bawahan. Selain dipengaruhi oleh pengalaman pemimpin sebagai motivasi pribadi untuk sukses, kedewasaan dan keleluasaan dalam hubungan sosial juga merupakan faktor yang dapat menunjang keberhasilan dan kesuksesan kepemimpinan. Adapun pokok pembahasan dalam artikel ini yaitu bagaimana upaya menjadi kepala sekolah yang sukses. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui metode wawancara dan tinjauan kepustakaan. Hasil wawancara seperti yang diungkapkan oleh kepala  Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA IT) Nurul Ilmi Kota Jambi, beliau mengungkapkan beberapa langkah yang dapat dipertimbangkan guna meningkatkan keterampilan kepemimpinan guna mencapai keberhasilan dan kesuksesan sebagai kepala sekolah diantaranya : berikan yang terbaik, menerima kritik dan masukan dari berbagai pihak, serta mengatasi berbagai kendala yang ada di sekolah.Kata Kunci : Kepala sekolah, Kepemimpinan, Kesuksesan, Sekolah.
Pendidikan Islam dan Perannya dalam Membentuk Karakter Mahasiswa Astuti, Mardiah; Herlina, Herlina; Ibrahim, Ibrahim
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 12 No. 1 (2024): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v12i1.9821

Abstract

Abstract: This research discusses Islamic education and its role in shaping the character of students. The focus of this study is the students of the Islamic Education Study Program (MPI C) of the 2022 cohort at UIN Raden Fatah Palembang. The research is qualitative with a descriptive approach. Data collection methods include interviews, observations, and documentation. Data analysis techniques involve the stages of data collection, data presentation, verification, and drawing conclusions. To ensure the validity of the data, the researcher uses data triangulation, consisting of triangulation of time, methods, and sources. The results obtained indicate that the implementation of Islamic education and its role in shaping the character of students has been carried out effectively through various programs, including activities for the development of morals and personality, instilling Islamic values through learning, and character education activities for students. All these activities have a positive impact on developing the moral principles and ethics of students, as well as their ability to empathize, show compassion, and take social responsibility. They also contribute to helping students develop good personalities, grow, and prepare them to become morally upright individuals.Keywords: Islamic Education, Character FormationAbstrak: Penelitian ini membahas tentang pendidikan Islam dan perannya dalam membentuk karakter mahasiswa. Fokus penelitian ini yakni mahasiswa MPI C Angkatan 2022 UIN Raden Fatah Palembang. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Untuk memeriksa keabsahan data, maka peneliti menggunakan triangulasi data, yang terdiri dari triangulasi waktu, metode dan sumber. Hasil yang diperoleh bahwa pelaksanakan pendidikan Islam dan perannya dalam membentuk karakter mahasiswa sudah dilaksanakan dengan baik melalui beberapa program, diantaranya kegiatan pembentukan akhlak dan kepribadian, penanaman nilai-nilai keislaman melalui pembelajaran dan kegiatan pendidikan karakter bagi mahasiswa. Semua kegiatan itu memiliki dampak yang baik dalam mengembangkan prinsip-prinsip moral dan etika mahasiswa serta kemampuan mereka untuk berempati, berbelas kasih, dan tanggung jawab sosial, juga untuk membantu mahasiswa memiliki kepribadian yang baik, tumbuh dan mempersiapkan mereka menjadi mahasiswa yang bermoral.Kata Kunci: Pendidikan Islam, Pembentukan Karakter
Analisis Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan Viola, Mayshel Adinda; Vilanti, Friska Aqilah; Rahman, Indah Afidah; Masita, Masita; Gustian, Indri Fitriyanti; Mawarni, Julia Dwi; Wijaya, Hansein Arif; Tersta, Friscilla Wulan
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 12 No. 1 (2024): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v12i1.10165

Abstract

Abstract : This article aims to find out how to evaluate the education management system in Indonesia, identify problems or obstacles in implementing education management standards, discuss a number of obstacles in managing education, provide an understanding of the importance of education management standards to improve the quality of education in Indonesia, and provide related policy recommendations implementation of educational management standards to overcome various existing obstacles. Education management is the process of planning, organizing, leading and controlling educational resources to achieve educational goals effectively and efficiently. With good educational management, it is hoped that the process of transferring knowledge to students can run effectively and educational goals can be achieved. The topic of discussion in this article is the readiness of Human Resources (HR) who do not yet understand education management standards, budget limitations, weak monitoring and evaluation, low teacher quality, unvaried learning methods, and low student literacy. This research uses a literature study research method. Literature study is a series of actions that include reading, recording, and processing research material. Data sources for this research are books, journals and articles related to the research topic. Low understanding of human resources causes difficulties in planning, implementation, monitoring and evaluation. Budget limitations make it difficult for schools to provide quality facilities and infrastructure. Weak evaluation and supervision make it difficult to measure standard achievement. Low teacher quality causes difficulties in achieving graduate process and competency standards. Learning methods that do not vary make standard targets hampered and conflict with the process. Low student literacy is caused by internal and external factors. The researcher's hope is that this article can be a useful reference regarding the implementation of educational standards policies. Key Words: Implementation; Management; EducationAbstrak : Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengevaluasi sistem pengelolaan pendidikan di Indonesia diterapkan, mengidentifikasi masalah atau hambatan dalam menerapkan standar pengelolaan pendidikan, membahas sejumlah kendala dalam mengelola pendidikan, memberikan pemahaman tentang pentingnya standar pengelolaan pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, dan memberikan rekomendasi kebijakan terkait penerapan standar pengelolaan pendidikan untuk mengatasi berbagai hambatan yang ada. Pengelolaan pendidikan adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Dengan pengelolaan pendidikan yang baik, proses transfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik diharapkan dapat berjalan secara efektif dan tujuan pendidikan dapat tercapai. Adapun topik pemabahasan dalam artikel ini adalah kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang belum memahami standar pengelolaan pendidikan, keterbatasan anggaran, pengawasan dan evaluasi yang masih lemah, kualitas guru yang masih rendah, metode pembelajaran yang tidak bervariasi, dan literasi siswa yang rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kepustakaan. Studi kepustakaan adalah serangkain tindakan yang mencakup membaca, mencatat, dan mengolah materi penelitian. Sumber data untuk penelitian ini adalah buku, jurnal, dan artikel yang berkait dengan topik penelitian. Rendahnya pemahaman SDM menyebabkan kesulitan dalam perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi. Keterbatasan anggaran membuat sekolah sulit memnuhi kualitas sarana dan prasarana. Evaluasi dan pengawasan yang lemah berdampak pada sulitnya mengukur pencapaian standar. Kualitas guru yang rendah menyebabkab kesulitan dalam mencapai standar proses dan kompetensi lulusan. Metode pembelajaran yang tidak bervariasi membuat target standar terhambat dan bertentangan dengan proses. Rendahnya literasi siswa disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Harapan peneliti semoga artikel ini bisa menjadi referensi bermanfaat tentang implementasi kebijakan standar pendidikan.Kata Kunci: Implementasi;  Pengelolaan; Pendidikan
Manajemen Kepala Sekolah Dalam Optimalisasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Rahayu, Yayu Sri; Pristy, Marlin; Yuliawati, Yuyun; Anwar, Ridwan; Rostini, Deti; Wasliman, Eva Dianawati
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 12 No. 1 (2024): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v12i1.10466

Abstract

Abstract: One of the efforts of the Ministry of Education and Culture to support the implementation of the Merdeka curriculum is to carry out a learning transformation process, with one focus being digital transformation. So the Merdeka Mengajar Platform, known as PMM, is an application that is expected to be able to support the development of the competencies of educators and education staff in Indonesia. This research discusses the Principal's efforts to optimize the use of the Merdeka Mengajar Platform (PMM) at Al-Ma'moen High School as a response to the learning crisis after the Covid-19 pandemic. In this case, school principals must implement appropriate management so that the use of digital transformation, especially in the Merdeka Mengajar Platform, can be optimal. The aim of this research is to obtain an overview of the principal's management in increasing the optimization of the use of PMM at Al-Ma'moen High School. This research uses a qualitative approach with a case study method. The results of data analysis show that the school principal's managerial leadership in increasing the optimization of the use of the Merdeka Mengajar Platform has been quite effective. The school principal has carried out these management functions, so that the planned program can run well and achieve the predetermined goals.Keywords: Principal Management, Digital Transformation. Abstrak: Salah satu upaya dari Kemendikbudristek untuk mendukung implementasi kurikulum Merdeka tersebut adalah melakukan proses transformasi pembelajaran, dengan fokus salah satunya adalah transformasi digital. Maka Platform Merdeka Mengajar yang dikenal dengan PMM ini menjadi aplikasi yang diharapkan mampu mendukung pengembangan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan di Indonesia. Penelitian ini membahas upaya Kepala Sekolah dalam mengoptimalkan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) di SMA Al-Ma'moen sebagai respons terhadap krisis pembelajaran pasca-pandemi Covid-19. Dalam hal ini, kepala sekolah harus menerapkan manajemen yang tepat agar pemanfaatan transformasi digital terutama dalam Platform Merdeka Mengajar ini dapat optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan optimalisasi pemanfaatan PMM di SMA Al-Ma’moen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil analisis data menunjukan bahwa kepemimpinan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan optimalisasi pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar telah berjalan cukup efektif. Kepala sekolah sudah melaksanakan fungsi manajemen tersebut, sehingga program yang sudah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan.Kata Kunci: manajemen kepala sekolah, transformasi digital.
Implementasi Kegiatan Pramuka Siaga dalam Membentuk Nilai Karakter Siswa di SD Negeri Puncaklawang Purnama, Deni; Hasan, Hasan; Rosandi, Dede; Jamjuri, Jamjuri; Santosa, Santosa; Rostini, Deti; Wasliman, Eva Dianawati
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 12 No. 1 (2024): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v12i1.10502

Abstract

Abstract : The character values that are the basis for organizing standby scouting activities at Puncaklawang State Elementary School, Cidaun subdistrict, Cianjur district are based on the school's Vision and Mission, although other values are still developed in every scouting education activity. This research uses a qualitative approach. The data collection methods and techniques used are observation, interviews, focus group discussions, literature studies. The data analysis technique in this research uses descriptive analysis techniques, then the data will be reduced, displayed, drawing conclusions and verification. The results of the research show that activities carried out regularly and on a schedule using the creative game method in scouting activities will foster the impact of character values that are born naturally. The impact of Scouting activities in shaping the character values of students at Puncaklawang State Elementary School is very significant and can directly shape values. positive student character and fostering noble character, the value of discipline, responsibility and leadership values will emerge.Key Words: Implementation, Scouting, Student character valuesAbstrak : Nilai-nilai karakter yang menjadi dasar penyelenggaraan kegiatan kepramukaan siaga di SD Negeri Puncaklawang kecamatan Cidaun kabupaten Cianjur didasarkan pada Visi dan Misi sekolah, meskipun nilai-nilai lain tetap dikembangkan dalam setiap kegiatan pendidikan kepramukaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik Observasi ,Wawancara ,Focus Group Discussion ,Studi literatur.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisa deskriptif kemudian data akan direduksi,didisplay, pemgambilan kesimpulan dan perivikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan yang dilakukan secara rutin dan terjadwal dengan menggunakan metode permainan yang pareatif dalam kegiatan pramuka akan menumbuhkan dampak nilai karakter yang lahir secara alamiah .Dampak kegiatan Pramuka dalam membentuk nilai karakter siswa di SD Negeri Puncaklawang ini sangat signifikan secara langnsung bisa membentuk nilai karakter siswa yang positif dan menumbuhkan budi pekerti yang luhur, maka akan lahir nilai kedisiplinan, nilai tanggungjawab dan nilai kepemimpinan.Kata Kunci: Implementasi, Pramuka,Nilai karakter Siswa

Page 1 of 4 | Total Record : 32