cover
Contact Name
Intan Maulina
Contact Email
intanmaulina1509@gmail.com
Phone
+628177776163
Journal Mail Official
dedikasisainsdanteknologi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sugeng. Komp. Griya Makmur 7. No D29. Deli Serdang.
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Yayasan Cita Cendikiawan Al Khwarizmi
ISSN : -     EISSN : 27771474     DOI : 10.47709/dst
Jurnal Dedikasi Sains dan Teknologi (DST) ini dikelola oleh Information Technology and Science (ITScience) untuk mempublikasikan tulisan dan artikel pengabdian masyarakat yang telah dilakukan. Publikasi artikel pengabdian ini diharapkan dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi masyarakat secara luas.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2025): Artikel Pengabdian Nopember 2025" : 5 Documents clear
Pelatihan Pembuatan Video Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Penggunaan Media Digital di Jemaat Kawatu Muskita, Marleen; Bakarbessy, Derek; Talle, Frity Christin
Dedikasi Sains dan Teknologi (DST) Vol. 5 No. 2 (2025): Artikel Pengabdian Nopember 2025
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/dst.v5i2.6419

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menuntut masyarakat untuk lebih adaptif terhadap media digital sebagai sarana promosi dan pemberdayaan. Namun, di wilayah-wilayah tertentu seperti Jemaat Kawatu Klasis Kairatu, pemanfaatan media digital masih sangat terbatas karena kurangnya keterampilan dan pemahaman teknis. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh Kurangnya Strategi yang Jelas dalam memanfaatkan media digital dan strategi yang matang guna meningkatkan Branding yang kuat ; Kurangnya Literasi Digital dimana tidak semua anggota organisasi memiliki kemampuan atau pemahaman yang cukup dalam menggunakan media digital, serta Keterbatasan Sumber Daya dimana tidak ada tim khusus yang menangani media digital disana. Kegiatan ini dilaksanakan melalui pelatihan intensif yang mencakup pengenalan media digital, teknik dasar pengambilan gambar, penyuntingan video menggunakan aplikasi canva dan capcut, serta strategi penyebaran konten melalui platform media sosial. Selama kegiatan, peserta diberikan materi pelatihan dan praktik langsung pembuatan video promosi yang relevan dengan potensi lokal. Dokumentasi kegiatan menunjukkan antusiasme dan partisipasi aktif dari peserta, yang mayoritas terdiri dari pemuda dan pelayan jemaat. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan peningkatan secara signifikan dalam pemahaman peserta terhadap penggunaan media digital dan kemampuan membuat video promosi sederhana. Sebagai tindak lanjut, peserta diharapkan mampu mengembangkan keterampilan ini secara mandiri dan konsisten mengaplikasikannya untuk mendukung kegiatan jemaat maupun usaha lokal. Kegiatan ini membuktikan bahwa pelatihan yang tepat sasaran dapat menjadi alat pemberdayaan efektif di era digital.
Peningkatan Kreativitas Rumah Produksi Batik Blimbing Malang Dalam Upaya Pelestarian Akulturasi Budaya Tionghoa-Indonesia Sitaresmi, Dhatu; Parga Zen, Bita; Purnomo
Dedikasi Sains dan Teknologi (DST) Vol. 5 No. 2 (2025): Artikel Pengabdian Nopember 2025
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/dst.v5i2.7007

Abstract

:  Rumah Produksi Batik Blimbing Malang merupakan satu-satunya kelompok pengrajin batik di Malang yang mengangkat perpaduan budaya Tionghoa-Indonesia dalam motifnya. Sebagai warisan budaya yang relevan dengan upaya memperkuat hubungan ekonomi Indonesia-Tiongkok, batik akulturasi ini memiliki nilai jual dan daya tarik budaya yang khas. Namun, mitra menghadapi kendala keterbatasan kreativitas desain, inovasi produk, efisiensi produksi akibat peralatan usang, dan jangkauan pemasaran yang masih terbatas pada pasar lokal dengan metode konvensional, Program dilaksanakan melalui lima siklus pendampingan yang meliputi: sosialisasi program, pelatihan kreativitas motif batik naga dan karakter ?, pengadaan peralatan produksi modern, pengembangan platform e-commerce berbasis kecerdasan buatan, dan evaluasi berkelanjutan dengan monitoring partisipatif. dengan melibatkan 11 anggota IKM dan 30 responden evaluasi. Program berhasil mengembangkan motif batik baru yang memadukan unsur budaya Tiongkok naga, karakter ? dengan ikon lokal Malang Tugu dan Topeng, Evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek kreativitas dan daya saing 2,5 menjadi 4,5, peralatan produksi 2,0 menjadi 4,2, pemasaran dan pasar 2,3 menjadi 4,6, serta pengetahuan dan keterampilan pengrajin 2,8 menjadi 4,7. Program memberikan dampak nyata berupa peningkatan efisiensi produksi melalui teknologi modern, dan perluasan akses pasar melalui platform digital terintegrasi. Batik blimbing memperoleh keterampilan baru dalam mengoperasikan peralatan modern dan strategi pemasaran digital yang berkontribusi pada peningkatan daya saing industri kreatif serta stabilitas ekonomi pengrajin. PKM berhasil memberikan solusi komprehensif terhadap permasalahan mitra melalui pendekatan holistik yang menggabungkan pelestarian budaya akulturasi, inovasi teknologi produksi, dan pemberdayaan ekonomi digital. Program ini dapat menjadi model pengembangan batik dengan nilai budaya multikultural untuk meningkatkan daya saing di era digital.
Pelatihan Peningkatan Tata Kelola Manajemen Sumber Daya Manusia Melalui Pembuatan Aplikasi di Puskesmas Sawah Besar di Jakarta Pusat Miranda, Eka; Kurniawati, Yulia Ery; Kusmiyati, Siti; Zakiyyah, Alfi Yusrotis; Aryuni, Mediana; Sano, Albert Verasius Dian
Dedikasi Sains dan Teknologi (DST) Vol. 5 No. 2 (2025): Artikel Pengabdian Nopember 2025
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/dst.v5i2.7015

Abstract

Puskesmas Kecamatan Sawah Besar menghadapi kendala dalam mengelola data kehadiran karyawan. Kendala utama meliputi resiko kecurangan pencatatan data karena kurangnya pengawasan dan proses yang dilakukan masih secara manual. Kendala lain yang dialami Human Resource Development (HRD) dalam memantau kehadiran karyawan yaitu harus memindahkan data dari lembaran kertas ke komputer, hal ini rentan terhadap kesalahan memasukan data atau manipulasi data. Dari kendala yang dihadapi mitra maka kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pelatihan peningkatan tata kelola manajemen sumber daya manusia melalui pembuatan aplikasi mobile yang informatif dan mudah diakses untuk meningkatkan kemapuan HRD mengelola data kehadiran karyawan. Aplikasi yang dibangun memuat fitur untuk mencatat dan mengelola kehadiran karyawan secara online dan dapat diakses melalui perangkat selular. Hasil kegiatan menunjukan adanya peningkatan tata kelola manajemen dan kemudahan pencatatan dan pengelolaan data kehadiran karyawan baik oleh karyawan itu sendiri maupun bagi HRD. Dengan penerapan teknologi digital yang optimal, Puskesmas Kecamatan Sawah Besar dapat memperbaiki efisiensi tata kelola sistem pencatatan kehadiran karyawan; meningkatkan transparasi; membantu HRD dalam memantau,  mengevaluasi kinerja karyawan dan mengambil keputusan secara lebih efisien dan cepat, dengan menyediakan informasi yang terintegrasi dan mudah diakses dari manapun.
Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Melalui Pelatihan Python pada SMAS Tri Ratna Sibolga: Evaluasi Pre-Post Test Felix, Felix; Purba, Ronsen; Kurniawan, Heru; Tanti; Manurung, Juliana Damayanti
Dedikasi Sains dan Teknologi (DST) Vol. 5 No. 2 (2025): Artikel Pengabdian Nopember 2025
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/dst.v5i2.7018

Abstract

Kemampuan berpikir logis merupakan keterampilan penting dalam mendukung proses pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan pemahaman konsep mata pelajaran. Namun, sistem pembelajaran di sekolah masih banyak menekankan metode hafalan, yang menyebabkan siswa kurang terlatih dalam berpikir kritis dan analitis. Oleh karena itu, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat kemampuan berpikir logis siswa melalui pelatihan dasar pemrograman Python. Kegiatan ini dilaksanakan di SMAS Tri Ratna Sibolga dan melibatkan siswa kelas XII IPA 33 orang dan XII IPS 29 orang sebagai peserta. Materi pelatihan mencakup pengenalan logika pemrograman, struktur algoritma sederhana, serta latihan menyusun solusi dari studi kasus menggunakan pendekatan logis. Kegiatan berlangsung selama dua hari dan disampaikan melalui metode ceramah, diskusi, dan latihan berbasis konsep pemrograman. Pelaksanaan dimulai dengan pre-test untuk mengukur pemahaman awal siswa, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi, praktik, dan post-test untuk mengevaluasi hasil. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata peserta baik dalam aspek pemahaman logika pemrograman sebesar 5,83% dan kemampuan logika dasar sebesar 28,37%. Selain itu, siswa menunjukkan minat yang tinggi dalam mengikuti pelatihan dan berpartisipasi aktif selama kegiatan berlangsung berupa pengisian post test dan test yang lengkap mencapai 74,19%. Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi siswa, tetapi juga mempererat kerja sama antara universitas dan sekolah mitra. Secara keseluruhan, kegiatan ini berhasil mencapai tujuannya dan memberikan kontribusi positif dalam pengembangan keterampilan berpikir logis siswa di era digital.
Edukasi Interaktif sebagai Langkah Peningkatan Literasi Keuangan pada Anak Usia Sekolah Dasar Ramadhani, Ayulita; Qadri , Uchi Lilla; Astuti, Astuti; Adhitya , Tiara Reizsa; Siregar , Hashfi
Dedikasi Sains dan Teknologi (DST) Vol. 5 No. 2 (2025): Artikel Pengabdian Nopember 2025
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/dst.v5i2.7037

Abstract

Literasi keuangan merupakan keterampilan dasar yang harus ditanamkan sejak usia dini untuk menumbuhkan perilaku keuangan yang sehat di masa depan. Namun, survei menunjukkan bahwa literasi keuangan di kalangan anak-anak Indonesia masih rendah, sehingga diperlukan intervensi pendidikan di tingkat sekolah dasar. Program layanan masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan siswa SDIT Swasta An-Naas di Binjai melalui pendekatan pembelajaran interaktif partisipatif. Metode yang digunakan meliputi persiapan, pelaksanaan empat sesi pembelajaran interaktif, pemantauan dan evaluasi, serta tindak lanjut melalui pengembangan modul pembelajaran sederhana. Program ini melibatkan 60 siswa dari kelas 4 dan 5, dengan menggunakan media pembelajaran seperti video animasi, kartu flash, peran permainan “belanja cerdas,” dan simulasi pasar mini. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam nilai rata-rata siswa dari 56,2 (pra-tes) menjadi 82,4 (pasca-tes), dengan peningkatan terbesar pada keterampilan pengelolaan uang. Selain itu, siswa menunjukkan antusiasme tinggi dan partisipasi aktif dalam setiap sesi. Kesimpulannya, pendekatan pendidikan interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan literasi keuangan siswa sekolah dasar dan dapat direplikasi di sekolah lain dengan penekanan pada literasi keuangan digital dan Islam.

Page 1 of 1 | Total Record : 5