cover
Contact Name
-
Contact Email
emphatycons@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
emphatycons@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pawiyatan Luhur IV No. 17 Bendan Dhuwur Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia 50233
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Emphaty Cons : Journal of Guidance and Counseling
Published by Universitas IVET
ISSN : -     EISSN : 26569655     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal empathy cons adalah jurnal yang menerbitkan karya ilmiah di bidang bimbingan dan konseling yang terkait dengan bidang pendidikan dan non pendidikan. Jurnal ini menyediakan kesempatan bagi para peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiahnya, bidang konseling dan psikologi yang akan dipublikasikan secara online dan offline. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun, didokumentasikan dengan baik dalam bentuk jurnal. Artikel yang akan dipublikasikan melalui proses review dari mitra bestari.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2025): Agustus 2025" : 7 Documents clear
Hubungan Antara Penyesuaian Diri di Sekolah dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Agus Salim Semarang Novitasari, Dewi; Redjeki, Sri; Haksasi, Banun Sri
Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling Vol 7 No 2 (2025): Agustus 2025
Publisher : Guidance and Counceling Program of Ivet University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/emp.v7i2.4123

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan model administrasi bimbingan dan Tugas perkembangan siswa dalam menyesuaikan dirinya untuk menunjang kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial. Penyesuaian diri siswa yang baik mempengaruhi motivasi belajar pada siswa. Motivasi mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hubungan antara penyesuaian diri di sekolah dengan motivasi belajar siswa SMP Agus Salim Semarang. Dalam penelitian ini menggunkan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan korelasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus analisis deskriptif serta analisis korelasional dengan teknik analisis data menggunakan korelasi pearson product moment dengan bantuan SPSS versi 25.00 for windows. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan 169 sampel dan dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki penyesuaian diri yang sangat tinggi dan memiliki motivasi belajar yang sangat tinggi pula. Sehingga terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penyesuaian diri dengan motivasi belajar siswa SMP Agus Salim Semarang dengan korelasi berkategori rendah.
Hubungan Antara Kecerdasan Sosial Dengan Semangat Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Ivet Semarang Fatmala, Yanuaristi; Indarwati, YM; Ahdiansyah, M Hafidz
Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling Vol 7 No 2 (2025): Agustus 2025
Publisher : Guidance and Counceling Program of Ivet University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/emp.v7i2.4118

Abstract

Kecerdasan sosial disini merupakan tumpuan atau kemampuan pada mahasiswa yntuk berinteraksi dengan lingkungannya. Kecerdasan sosial yang tinggi dapat memengaruhi semangat belajar pada mahasiswa. Semangat belajar membantu mahasiswa dalam mencapai kesuksesan akademis. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Hubungan antara Kecerdasan Sosial dengan Semangat Belajar pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Ivet Semarang. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan korelasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus anlisis deskriptif serta analisis koralisonal dengan teknik analisis data menggunakan korelasi pearson product moment dengan bantuan SPSS versi 25.00 for windows. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan 35 sampel dan dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang memiliki kecerdasan sosial yang sangat tinggi memiliki semangat belajar yang tinggi juga. Sehingga terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan sosial dengan semangat belajar mahasiswa program studi bimbingan dan konseling Universitas Ivet Semarang dengan korelasi berkategori kuat.
Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mencegah Perilaku Bullying pada Siswa SMK Texmaco Semarang Sanjaya, Deki Dwi; Sayekti, Sri; Redjeki, Sri
Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling Vol 7 No 2 (2025): Agustus 2025
Publisher : Guidance and Counceling Program of Ivet University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/emp.v7i2.4124

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran mengetahui Guru Bimbingan Konseling dalam mencegah perilaku bullying pada siswa SMK Texmaco Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi yang kemudian di analisis secara kualitatif. Subjek penelitian ini merupakan 3 guru Bimbingan Konseling. Dari hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa peran guru dalam mencegah perilaku bullying , maka dapat disimpulkan bahwa masalah bullying di SMK Texmaco Semarang bahwa bullying dapat dicegah dan diatasi. Dari 4 (empat) pertemuan 3 (tiga) kali wawancara peneliti menjadi tau apa bentuk bullying yang paling sering terjadi, dampak-dampak, baimana menyikapi adanya bullying sebagai seorang guru Bimbingan Konseling..
Model Administrasi Manajemen BK Berbasis Kurikulum Merdeka Pada SMK Negeri Se Kota Semarang Nugraha, Sidiq; Haksasi, Banun; Prihandoko, Tri Leksono
Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling Vol 7 No 2 (2025): Agustus 2025
Publisher : Guidance and Counceling Program of Ivet University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/emp.v7i2.4119

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan model administrasi bimbingan dan konseling kurikulum 2013 (2) Mendeskripsikan rancangan dan konsep model administrasi bimbingan dan konseling berbasis kurikulum merdeka. Jenis Penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif dipilih untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen bimbingan dan konseling. Objek dari penelitian merupakan data primer dalam penelitian ini yakni Guru BK, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, dan Kepala Sekolah serta data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumen administrasi Guru BK. Instrumen berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi divalidasi oleh ahli. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Perencanaan yang Kurang Matang (2) Pelaksanaan yang Tidak Konsisten (3) Monitoring dan Evaluasi yang Lemah (4) Kurangnya Kolaborasi (5) Kurangnya Penggunaan Data. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi langsung disekolah. Hal ini berarti bahwa manajemen BK yang efektif dan efisien sangat penting untuk memastikan layanan BK yang optimal bagi peserta didik
Konseling Berbasis Nilai sebagai Strategi Penguatan Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Guru: Studi Eksperimental di Lembaga Darussalam Fitriyatinur, Qurnia
Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling Vol 7 No 2 (2025): Agustus 2025
Publisher : Guidance and Counceling Program of Ivet University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/emp.v7i2.4128

Abstract

Meningkatkan kualitas perilaku organisasi dan kepemimpinan guru bukan sekadar agenda administratif, melainkan sebuah upaya strategis untuk membangun iklim sekolah yang hangat, kolaboratif, dan penuh kepercayaan. Di ranah pendidikan anak usia dini, seperti di Lembaga Darussalam, sinergi antarpendidik menjadi kunci agar setiap anak tumbuh dalam lingkungan yang aman dan inspiratif. Penelitian ini berangkat dari keyakinan bahwa guru yang berjiwa pemimpin dan memiliki perilaku organisasi yang positif akan lebih mampu menciptakan energi kolektif bagi kemajuan sekolah. Melalui pendekatan kuasi-eksperimen pretest-posttest control group, penelitian ini melibatkan 30 guru 15 dalam kelompok eksperimen dan 15 dalam kelompok kontrol—yang dipilih secara purposive. Guru di kelompok eksperimen mengikuti enam sesi konseling berbasis nilai yang dirancang bukan sekadar untuk mengubah perilaku, tetapi juga menumbuhkan kesadaran diri dan komitmen moral. Setiap sesi memadukan diskusi reflektif, analisis dilema moral yang dekat dengan pengalaman guru, dan simulasi kepemimpinan yang mendorong kolaborasi nyata. Pengukuran dilakukan menggunakan skala perilaku organisasi, skala kepemimpinan berbasis nilai (? = 0,89), dan observasi keterlibatan peserta. Hasil analisis ANCOVA menunjukkan lonjakan signifikan dalam kepemimpinan partisipatif (p = 0,003), komunikasi efektif (p = 0,005), dan perilaku pro-sosial (p = 0,007) di kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol. Temuan ini menegaskan bahwa intervensi berbasis nilai mampu melampaui sekadar perubahan perilaku permukaan; ia menanamkan prinsip moral yang menjadi fondasi kepemimpinan autentik di tingkat mikro-organisasi. Kontribusi utama penelitian ini adalah menghadirkan model konseling yang memadukan pendekatan psikologis, pedagogis, dan nilai moral sebuah formula yang tidak hanya memberdayakan guru secara individu, tetapi juga memperkuat jalinan kebersamaan di seluruh komunitas sekolah.
Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Menggunakan Media Kartu Emosi Untuk Meningkatkan Kemampuan Regulasi Emosi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Semarang Hadi, Nur; Angga Dewi, Widya Novi; Rimayati, Elfi
Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling Vol 7 No 2 (2025): Agustus 2025
Publisher : Guidance and Counceling Program of Ivet University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/emp.v7i2.4120

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing menggunakan media kartu emosi untuk meningkatkan kemampuan regulasi emosi pada siswa kelas X SMK Negeri 10 Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian true experimental design, dengan jenis metode penelitiannya adala control group pretest-posttest. Dalam penelitian ini teknik analisis data menggunakan Uji Independen Sampel T-test. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan regulasi emosi siswa kelas X ML 2 SMK Negeri 10 Semarang berada dalam kategori sedang dengan memperoleh hasil perhitungan analisis deskriptif presentase sebesar 66%. Perhitungan rata-rata pretest kelompok eksperimen sebesar 54,80, kelompok kontrol 60,30. Setelah diberikan perlakuan hasil posttest nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 69,70, kelompok kontrol 65,00. Berdasarka hasil Uji Independent Sampel T-test nilai sig. (2-tailed) 0,28<0,05 menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan. Maka (Ho) ditolak, dan hipotesis (Ha) diterima.
Korelasi Antara Self Regulation Dengan Sindrom Fear of Missing Out (FOMO) Dalam Penggunaan Media Sosial Pada Siswa di SMP Institut Indonesia Semarang Rahmawati, Lukiana; Handayani, Dwi Asih Kumala; Indarwati, YM
Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling Vol 7 No 2 (2025): Agustus 2025
Publisher : Guidance and Counceling Program of Ivet University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/emp.v7i2.4121

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan antara self regulation dengan sindrom fear of missing out (fomo) dalam penggunaan media sosial pada siswa di SMP Institut Indonesia Semarang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 100 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 40 siswa. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dengan bantuan SPSS 25 for windows. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini nilai r?? = - 0,449 dan p = 0,004 (p < 0,05) yang artinya adanya hubungan negatif antara self regulation dengan sindrom fomo pada siswa kelas VIII di SMP Institut Indonesia Semarang. Dari data tersebut menunjukan bahwa semakin rendah self regulation maka semakin tinggi sindrom fomo yang terjadi dan sebaliknya. Sumbangan yang diberikan self regulation terhadap sindrom fomo sebesar 20,1%, yang artinya self regulation memiliki pengaruh terhadap sindrom fomo.

Page 1 of 1 | Total Record : 7