cover
Contact Name
Supandi Rahman
Contact Email
mutawazinjurnal@gmail.com
Phone
+6285240213292
Journal Mail Official
mutawazinjurnal@gmail.com
Editorial Address
Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo Jl. Sultan Amai Desa Pone Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Indonesia 96219 Telp: (62)-0435-880251-882398; HP: +62-853-4021-3292 e-mail: jurnaljpi.pasca@iaingorontalo.ac.id; jpi.pasca.iaingorontalo@gmail.com Website: http://www.journal.iaingorontalo.ac.id/
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Mutawazin (Jurnal Ekonomi Syariah)
ISSN : 28077431     EISSN : 28077385     DOI : -
Mutawazin Jurnal Ekonomi Syariah adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan sekali yaitu bulan Juni dan Desember berisi tulisan ilmiah dari hasil riset/penelitian, kajian kepustakaan, gagasan konseptual dan pengalaman praktis yang belum pernah diterbitkan di jurnal atau media lainnya baik cetak/online. Cakupan pembahasan dalam jurnal ini meliputi, perbankan dan keuangan syariah, manajemen ekonomi syariah, Ekonomi, hukum ekonomi syariah, manajemen sumber daya insani, manajemen lembaga ZISWAF (Zakat, Infak, Shodaqoh dan Wakaf), kewirausahaan dan bisnis syariah, pemikiran ekonomi syariah, ekonomi syariah berbasis kearifan lokal, akuntansi syariah, asuransi syariah dan lain sebagainya. Mutawazin yang berasal dari kata dalam bahasa arab yang artinya seimbang, merupakan spirit bagi kami pengelola untuk menyajikan berbagai kajian yang membahas masalah fundamental/umum tentang ekonomi syariah dengan tidak berat sebelah.
Articles 36 Documents
ANALISIS PENGELOLAAN KELOMPOK EXECUTING PADA SIMPAN PINJAM KELOMPOK PEREMPUAN PERSPEKTIF PEMBIAYAAN MUDHARABAH (Studi pada Pengelolaan SPKP di Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo) Nonce Pakaya; Suriati Lamatenggo; Abdul Latif
MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah) Vol. 1 No. 1 (2020): Mutawazin (Jurnal Ekonomi Syariah) | April
Publisher : Prodi Ekonomi Syariah Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54045/mutawazin.v1i1.143

Abstract

Perumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan kelompok pelaksana pada SPKP di UPK Kecamatan Paguyaman dan bagaimana perspektif pembiayaan mudharabah dipandang pada pengelolaan Kelompok Pelaksana pada SPKP di UPK Kecamatan Paguyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana mengelola kelompok yang melaksanakan SPKP di UPK Kecamatan Paguyaman dan untuk mengetahui apakah fasilitas yang diberikan oleh kelompok pelaksana sudah sesuai dengan perjanjian pembiayaan syariah mudharabah/Syariah Syariah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang dilengkapi dengan fenomena tentang apa yang diperoleh peserta peneliti dengan menggambarkannya dalam bentuk kata dan bahasa menggunakan berbagai metode ilmiah. Setelah data dianalisis, hasilnya disajikan secara deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam mendapatkan data sesuai dengan masalah yang akan dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok pengelola yang melaksanakan kelompok tabungan dan pinjaman perempuan di unit pengelola Kecamatan Paguyaman telah menggunakan sistem pola bagi hasil dan sesuai dengan penggunaan pembiayaan mudharabah. Hal ini terbukti dalam perjanjian pembelian yang belum dilakukan setelah tanggal jatuh tempo, tidak akan dikenakan biaya sehingga tidak akan disetujui.
PERAN PELAYANAN DALAM PENINGKATN KEPUASAN KONSUMEN DI RUMAH MAKAN JOGLO IJO KOTA GORONTALO Rapsan Kuku; Supandi Rahman; Andi Mardiana
MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah) Vol. 1 No. 1 (2020): Mutawazin (Jurnal Ekonomi Syariah) | April
Publisher : Prodi Ekonomi Syariah Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54045/mutawazin.v1i1.144

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pelayanan dalam meningkatkan kepuasan konsumen di restoran Joglo Ijo Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menjelaskan peran pelayanan dalam meningkatkan kepuasan konsumen di restoran Joglo Ijo, Kota Gorontalo dengan menggunakan lima aspek kualitas layanan: Berwujud, keandalan, responsif, jaminan dan empati. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti kepada konsumen Joglo Ijo Restaurant City of Gorontalo dapat disimpulkan bahwa layanan yang diberikan oleh karyawan Joglo Ijo Restaurant secara keseluruhan baik. Dari jawaban informan dapat mengetahui kualitas layanan dengan dimensi kelima memiliki peran dalam meningkatkan kepuasan konsumen.
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT NASABAH UNTUK MENGAJUKAN PINJAMAN DANA PADA PT.BPR PARO DANA Maryam Suleman; Sulha Ali; Azhar J. Habu
MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah) Vol. 1 No. 1 (2020): Mutawazin (Jurnal Ekonomi Syariah) | April
Publisher : Prodi Ekonomi Syariah Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54045/mutawazin.v1i1.145

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. BPR Paro Dana dalam meningkatkan minat nasabah berdasarkan teori Kotler, yaitu marketing mix marketing mix yang terdiri dari 4P, yaitu produk, harga, promosi dan tempat. Manfaat dari penelitian ini adalah menggambarkan penggunaan strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT. BPR Paro Dana. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mendapatkan gambar objek yang sedang dipelajari. Pendataan dilakukan dengan mewawancarai informan yaitu karyawan dan pelanggan PT. BPR Paro Dana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh PT. BPR Paro Dana dengan menerapkan marketing mix yang terdiri dari 4P yaitu produk, harga, promosi dan tempat dapat meningkatkan minat nasabah saja Tentunya ada kendala yang ditemui, yaitu penggunaan variabel promosi (tempat) dan tempat (tempat) yang kurang maksimal sehingga dapat menyebabkan penurunan minat nasabah.
PENGARUH PROMOSI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK TABUNGAN HAJI DI BANK MUAMALAT CABANG GORONTALO Siti Magfirah Z. Boroma; Rosita R. Mootalu
MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah) Vol. 1 No. 1 (2020): Mutawazin (Jurnal Ekonomi Syariah) | April
Publisher : Prodi Ekonomi Syariah Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54045/mutawazin.v1i1.146

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi dan kepercayaan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk tabungan haji di bank Muamalat sebagian. Serta mencari tahu dan menganalisis pengaruh promosi dan kepercayaan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk hi tabungan di Bank Muamalat secara bersamaan. Dari hasil uji parsial (t test) antara variabel promosi dan keputusan nasabah dalam seleksi produk Haji Tabungan, nilai Tcount lebih kecil dari Ttable dengan nilai 1,806 <1,984 dan memiliki nilai sig 0,074 lebih besar dari 0,05. Ini menunjukkan bahwa variabel promosi tidak memiliki efek yang signifikan pada keputusan pelanggan dan variabel kepercayaan memiliki efek positif dan signifikan pada keputusan pelanggan.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENGAMBILAN KREDIT TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK RAKYAT INDONESIA UNIT KOTA UTARA Nuravifah Bugi; Sri Dewi Yusuf
MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah) Vol. 1 No. 1 (2020): Mutawazin (Jurnal Ekonomi Syariah) | April
Publisher : Prodi Ekonomi Syariah Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54045/mutawazin.v1i1.147

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas layanan pengambilan kredit mempengaruhi kepuasan nasabah unit Bank BRI North City. Situasi persaingan yang ketat telah menyebabkan perusahaan sulit untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Di pasar yang ada, terlalu banyak produk dengan banyak keuntungan dan nilai yang ditawarkan oleh pesaing, sehingga sulit bagi perusahaan untuk merebut pasar pesaing. Oleh karena itu, alternatif yang lebih baik adalah melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan pasar yang ada melalui peningkatan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel Accidental sampling Atau convinience sampling, dan jumlah sampel 97 sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan menyebarkan kuesioner diproses menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini diperoleh hasil persamaan regresi y = a + b x kemudian diperoleh hasil persamaan: Y = 4,249 + 0,898 X. Dan dibuktikan dengan pencapaian hasil pengukuran r = 0,820 dan R ² = 0,672. Dengan demikian, 67,2% kepuasan nasabah dapat dijelaskan dengan kualitas layanan yang diberikan oleh unit Bank BRI North City. Sementara 32,8% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dan test T memperoleh jumlah t = 13.958 dan tabel t = pada α = 0,05 = 1,671 Ini menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima. Karena jumlah T = 13,958 ˃ t = 1,671.
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT NASABAH UNTUK MENGAJUKAN PINJAMAN DANA PADA PT.BPR PARO DANA Nur Shaffitri Hudodo; Roni Mohamad
MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah) Vol. 1 No. 2 (2020): Mutawazin (Jurnal Ekonomi Syariah) | Oktober
Publisher : Prodi Ekonomi Syariah Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54045/mutawazin.v1i2.150

Abstract

Bank Syariah Mandiri cabang Gorontalo sebagai salah satu bank syariah di Provinsi Gorontalo terus berupaya dalam meningkatkan strategi pemasarankepada nasabah dalam rangka pencapaian target perusahaan salah satunya dengan meningkatkan kuantitas mitra untuk produk pembiayaan BSM Implan. Dari segi pemilihan jenis serta mekanisme pembiayaan, BSM Implan sebenarnya sudah cukup menarik karena produk pembiayaan ini tidak dapat ditemukan di bank syariah lain. Hal ini mencakup pada teknik dan kualitas promosi dari marketing Implan itu sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah promosi dapat mempengaruhi minat nasabah mengajukan pembiayaan Implan di Bank Syariah Mandiri Cabang Gorontalo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dilengkapi Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BSM Implan yang sedang melakukan angsuran pada periode 2018.Dan yang menjadi sampel adalah sebanyak 70 nasabah yang diperoleh dari populasi nasabah angsuran BSM Implan 2018.Adapun metode pengumpulan data adalah metode angket.Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda. Dan mempunyai taraf signifikan sebesar 0,05. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan observasi, pengisian form kuwsioner, dan dokumentasi dalam memperoleh data sesuai dengan masalah yang akan diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengujian antara variabel promosi terhadapminat pada pembiayaan Implan menunjukkan bahwa variabel promosiberpengaruh signifikan terhadap minat pembiayaan BSM Implan di Bank Syariah Mandiri cabang Gorontalo.
PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN DAN PENGETAHUAN TERHADAP KEPATUHAN DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI DESA BUNUO KABUPATEN BONE BOLANGO Sitti Nur’ain Podungge; Yusran Zainuddin
MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah) Vol. 1 No. 2 (2020): Mutawazin (Jurnal Ekonomi Syariah) | Oktober
Publisher : Prodi Ekonomi Syariah Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54045/mutawazin.v1i2.151

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh tingkat pendapatan dan pengetahuan berpengaruh terhadap kepatuhan dalam membayar pajak bumi dan bangunan di Desa Bunuo Kab.Bone Bolango.Hasil penelitian diperoleh bahwa variabel Tingkat Pendapatan pengaruh yang signifikan terhadap Kepatuhan dalam membayar pajak bumi dan bangunandi Desa Bunuo Kabupaten Bone Bolango dan variabel pendapatan berpengaruh yang signifikan terhadap kepatuhan dalam membayar pajak bumi dan bangunan di Desa Bunuo Kabupaten Bone Bolango.
KONTRIBUSI PAJAK HOTEL TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA GORONTALO Sri Ainun Hakim; Muhdar HM
MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah) Vol. 1 No. 2 (2020): Mutawazin (Jurnal Ekonomi Syariah) | Oktober
Publisher : Prodi Ekonomi Syariah Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54045/mutawazin.v1i2.153

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi dan efektifitas pajak hotel terhadap PAD Kota Gorontalo tahun 2012-2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersifat time series dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2017.Data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis kontribusi dan efektifitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa kontribusi penerimaan pajak hotel terhadap pendapatan asli daerah Kota Gorontalo selama enam tahun terakhir yaitu dari tahun 2012 sampai tahun 2017 rata-rata berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan asli daerah. Rata-rata persentase kontribusi pajak hotel terhadap pendapatan asli daerah sebesar 3.16%. Sedangkan tingkat efektivitas pajak hotel terhadap pendapatan asli daerah tergolong efektif meskipun target pajak hotel yang dianggarkan tiap tahunnya dinaikkan.
ANALISIS SEKTOR BASIS DI KABUPATEN GORONTALO UTARA Nur Rizky Putri Mahadi; Syawaluddin
MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah) Vol. 1 No. 2 (2020): Mutawazin (Jurnal Ekonomi Syariah) | Oktober
Publisher : Prodi Ekonomi Syariah Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54045/mutawazin.v1i2.154

Abstract

Pertumbuhan ekonomi adalah proses perubahan kondisi perekonomian suatu wilayah, daerah, ataupun negara selama periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi akan menciptakan kesejahteraan bagi masyarakatnya. Pertumbuhan ekonomi sangat erat hubungannya dengan pembangunan. Pengelolaan sumber daya yang baik dan terkonsentrasi penuh terhadap kemampuan suatu wilayah akan menciptakan pembangunan yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sektor basis di Kabupaten Gorontalo Utara. Data yang digunakan adalah data PDRB Kabupaten Gorontalo Utara tahun 2013-2017. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Location Quotient (LQ). Hasil penelitian ini memperoleh bahwa sektor basis di Kabupaten Gorontalo Utara adalah setor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan, sektor Pertambangan dan Penggalian, dan sektor Jasa Lainnya.
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM PEMBANGUNAN DESA Ansar Sahabi
MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah) Vol. 1 No. 2 (2020): Mutawazin (Jurnal Ekonomi Syariah) | Oktober
Publisher : Prodi Ekonomi Syariah Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54045/mutawazin.v1i2.155

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi masyarakat program pembangunan desa yang dilihat berdasarkan gambaran umum dan potret desa dengan mendeskripsikan persepsi masyarakat terhadap Program Pembangunan desa dalam pemenuhan kebutuhan dasar,penguatan kelembagaan, peningkatan infrastruktur pedesaan, pengembangan wilayah pedesaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yakni penelitian menjelaskan objek tentang Persepsi Masayarakat Terhadap Program Pembangunan Desa di Desa Meyambanga Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, metode pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dalam mendapatkan data yang sesuai dengan masalah yang akan dikaji. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi masyarakat terhadap program pembangunan desa di Desa Meyambanga Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari persepsi masyarakat mengenai pembangunan yang ada di desa Meyambangadi mana program pembangunan desa yang di jalankan pemerintah tentulah sangat mendukung perkembangan wilayah pedesaan diukur dari proses perencanaan penyusunan serta pelaksanaan program pembangunan desa baik dalam pemenuhan kebutuhan dasar, penguatan kelembagaan masyarakat, peningkatan infrastruktur dan pengembangan wilayah pedesaan yang ada di desa Meyambanga seperti program di bidang keagamaan, pendidikan, kesehatan dan pertanian.

Page 1 of 4 | Total Record : 36