cover
Contact Name
tedy ardiansyah
Contact Email
tedy.ardiansyah@unindra.ac.id
Phone
+6287728003460
Journal Mail Official
tedy.ardiansyah@unindra.ac.id
Editorial Address
Jl. Nangka no.58 C (TB Simatupang), kelurahan tanjung barat kecamatan jagakarsa jakarta selatan 12530
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal USAHA
ISSN : -     EISSN : 27462471     DOI : 10.30998
Business entrepreneurship Entrepreneurship kontekstual : Social entrepreneurship Public entrepreneurship Political entrepreneurship Ethnic entrepreneurship Agripreneurship Agropreneurship Rural entrepreneurship Urban entrepreneurship Minority entrepreneurship Spiritual entrepreneurship Economy entrepreneurship
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2024): Desember" : 10 Documents clear
Strategi Tiktok Live Streaming dan Celebrity Endorser dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Produk Erigo Amran, Ali; Rahmadi, Egi; Dewi, Sri W K
Jurnal USAHA Vol 5, No 2 (2024): Desember
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v5i2.2913

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh live streaming dan celebrity endorser dalam keputusan pembelian produk Erigo pada aplikasi tiktok. Data dikumpulkan dengan melakukan survei menggunakan kuesioner kepada 100 pengguna tiktok yang berdomisili di Kota Bandung dan ditentukan dengan teknik purposive sampling. Alat analisis data menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan live streaming secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, celebrity endorser secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dan terdapat pengaruh positif secara simultan antara live streaming dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian. Manfaat penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis cara tepat untuk menerapkan strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan melalui live streaming dan celebrity endorser pada media sosial.
The Influence of Religiosity and Ideology on Customer Commitent at lapis talas Bogor Nuzila, Hasna -; Nuh, Ahmad; Widodo, Andrian A
Jurnal USAHA Vol 5, No 2 (2024): Desember
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v5i2.3381

Abstract

This study aims to examine the influence of religiosity and ideology on customer commitment to Lapis Talas Bogor products. In this context, religiosity refers to the extent to which religious values influence purchasing decisions, while ideology pertains to the beliefs or views related to the consumer's cultural and social identity. The research method employed includes surveys and interviews with Lapis Talas Bogor customers, consisting of both local consumers and tourists. The findings show that religiosity has a significant impact on consumer loyalty and purchasing decisions, particularly regarding halal certification, which enhances trust among Muslim consumers. Furthermore, the ideology embedded in local products, such as the reinforcement of Bogor's cultural identity, also contributes to customer commitment. This study concludes that the integration of religiosity and ideology in marketing strategies can enhance customer commitment and loyalty, as well as contribute to the market sustainability of Lapis Talas Bogor.
PENGETAHUAN WIRAUSAHA TERHADAP KINERJA USAHA PADA PENGUSAHA GENERASI Z Zahra, Fatimah; Franawati, Nadia Fitria; Nufus, Hayatun; Wulan Suci, Ifa Nofika Puspita; Ardiansyah, Tedy; Rizqallah, Muhammad
Jurnal USAHA Vol 5, No 2 (2024): Desember
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v5i2.3139

Abstract

Entrepreneurial knowledge plays a crucial role in managing and developing their businesses.. This research is meant to analyze the relationship between entrepreneurial knowledge and business performance. The population in this study is residents of the z generation at 18 to 21 years of age. The sample in this study was divided into two classes of control and experimental classes. As for this study using a quantitative method with an experimental approach. As a result of testing obtained thitung value = 3.46, the value of ttabel = 2.002 of the value is clear that the value t counts 3.46 > ttable = 2.002. Thus, it can be concluded that the h1 was accepted and simultaneously rejected and that "there was an impact of entrepreneurial knowledge on the performance of business in the z-generation entrepreneurs."AbstrakPengetahuan wirausaha memainkan peran krusial dalam mengelola dan mengembangkan usaha mereka.. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pengetahuan wirausaha dengan kinerja usaha. Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha generasi Z pada rentang umur 18-21 tahun. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden dengan responden dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Adapun penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Setelah dilakukan pengujian diperoleh nilai thitung = 3,46, sedangkan nilai ttabel = 2,002 Dari nilai tersebut jelaslah bahwa nilai t hitung 3,46 > ttabel = 2,002. Maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan sekaligus ditolak dan “Terdapat Pengaruh Pengetahuan Wirausaha Terhadap Kinerja Usaha Pada Pengusaha Generasi Z.”
Peran Financial Management Behavior Sebagai Mediasi Fintech Dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja UMKM Kota Batam Hikmah, Hikmah; Khoiri, M
Jurnal USAHA Vol 5, No 2 (2024): Desember
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v5i2.3394

Abstract

This study aims to analyze the effect of financial literacy and financial technology (fintech) on business performance mediated by financial management behavior. This study uses a quantitative research design using covariance-based partial least square (PLS).Data collection was carried out through distributing questionnaires online and offline to fintech users spread across the Batam City area, especially in Sagulung and Batu Aji sub-districts. By using the Jacob Cohen formula, the sample in this study was 204 respondents. The instrument used in the study was a questionnaire. The research shows the following results: First, fintech has a significant positive effect on business performance. Second, financial literacy also has a significant positive effect on business performance.  Third, financial management behavior has a significant positive effect on business performance.  Furthermore, the fourth and fifth hypotheses prove that fintech and financial literacy have a significant positive effect on financial management behavior.
PENGARUH CONTENT MARKETING TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT PADA INSTAGRAM MUMS GARDEN Nurcahyani, Dwi; Fitria, Dona
Jurnal USAHA Vol 5, No 2 (2024): Desember
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v5i2.3144

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh content marketing yang terdiri dari reader cognition, sharing motivation, persuasion, decision making, dan life factor terhadap customer engagement pada Instagram Mums Garden. Populasi penelitian ini adalah followers atau pengikut Instagram Mums Garden dengan jumlaha 1.464 pengikut. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data yang dikumpulkana melalaui kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda. Pengaruh ini terlihat dari bentuk persamaan regresi yang dihasilkan dalam penelitian adalah Y = 5,875 + 0,569 X1+ 0,256 X2 + 0,709 X3 + 0,719 X4 + 0,404 X5. Koefisien determinasi menunjukan bahwa content marketing berpengaruh terhadap customer engagement sebesar 81% sedangkan sisanya 19 dipengaruhi oleh faktor lain. Darai hasil uji F dan uji t membuktikan bahwa content marketing yang terdiri dari reader cognition, sharing motivation, persuasion, decision making, dan life factor secara silmutan dan parsial berpengaruh terhadap customer engagement pada Instagram Mums Garden.Kata Kunci: Content Marketing; Customer Engagement.
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GREEN PURCHASE INTENTION DIMODERASI OLEH GREEN BRAND KNOWLEDGE Elistia, Elistia; Rohmatin, Sartika Dwi
Jurnal USAHA Vol 5, No 2 (2024): Desember
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v5i2.3490

Abstract

Environmental issues have become a serious concern for marketers, when the amount of waste continues to increase and is difficult to recycle. This study aims to analyze the factors that influence green purchase intention moderated by green brand knowledge. This study uses a quantitative approach with a descriptive causality method. The population in this study were consumers who were interested in buying environmentally friendly products of the Tupperware brand. The sampling method used non-probability sampling through purposive sampling techniques with a total of 152 respondents analyzed using SEM-PLS. The results showed that Attitude, Subjective Norm, Perceived Behavioral Control, Green Brand Positioning and Green Brand Knowledge had a positive effect on Green Purchase Intention. However, green brand knowledge which is a moderating variable shows that it does not have a moderating effect on the relationship between Attitude, Subjective Norm, Perceived Behavioral Control and Green Purchase Intention. The findings of this study indicate that Green Brand Knowledge has a moderating effect, but weakens the relationship between Green Brand Positioning and Green Purchase Intention.
Peran Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Mempersiapkan Entrepreneuship Masa Depan Dewi, leni Puspita; Nurlina, Delia; Dewi, Leni P; Sianturi, Risbon
Jurnal USAHA Vol 5, No 2 (2024): Desember
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v5i2.3370

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan atas latar belakang adanya peran pendidikan dalam meningkatkan entrepreunership. Penelitian ini bertujuan untuk lebih mendalami mata kuliah entrepreneurship pendidikan dan mengetahui lebih dalam terkait peran lembaga pendidikan anak usia dini untuk mengembangkan entrepreneursip dimasa depan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif deskriptif. Pendidikan berperan mempersiapkan entrepreneur-entrepreneur masa depan. Dalam proses pendidikan para peserta didik diajarkan akan sifat-sifat entrepreneursip seperti sifat bertanggungjawab, kreatif, mampu menghadapi tantangan hidup, dan mampu untuk hidup secara natural. Implikasi pendidikan entreprenership untuk dapat membentuk manusia secara utuh (holistik) sebagai insan yang memiliki karakter, pemahaman dan keterampilan sebagai wirausaha.
Analisis Penerapan Metode Economic Order Quantity (EOQ) pada Pengendalian Persediaan Material Pelumas di Pabrik Minyak Kelapa Sawit Vikaliana, Resista; Ompusunggu, Ester Claudia; Aryani, Fika
Jurnal USAHA Vol 5, No 2 (2024): Desember
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v5i2.3529

Abstract

PT Karya Serasi Jaya Abadi sebuah perusahaan yang melakukan produksi kelapa sawit menjadi Crude Palm Oil. Pada saat proses produksi membutuhkan material pendukung yaitu material pelumas di antaranya Shell Omala S2 G 220, Shell Omala S2 G320, Oil Shell Turbo T 68, Turalik 52, Oil Rored Had 90, Grease Neutron 099, Grease Neutron 088 HT, Shell Gadus S2 V100 yang merupakan kategori material stok rutin yang sering dipakai secara terus menerus oleh pabrik. Material Pelumas ini berfungsi sebagai pendukung mesin-mesin di pabrik untuk melakukan proses produksi Crude Palm Oil di Pabrik Minyak Kelapa Sawit, Kurangnya pelumas  dapat mengakibatkan penghentian proses produksi. Oleh karena itu, pengelolaan persediaan sangat diperlukan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan mencapai operasional yang optimal. Ada beberapa permasalahan dalam penelitian ini, antara lain overstocking, stockout, dan kurangnya metode manajemen inventaris yang digunakan oleh Gudang pabrik minyak kelapa sawit. Studi yang dilaksanakan ini mempunyai untuk mengidentifikasi dampak bagaimana metode EOQ diaplikasikan pada suatu perusahaan dengan cara membandingkan  total biaya persediaan hasil metode EOQ dan jumlah biaya keseluruhan pengelolaan persediaan perusahaan. Kuantitas pesanan optimal, safety stock, frekuensi pemesanan, titik pemesanan kembali, persediaan maksimum dan minimum, serta total biaya penyimpanan yang  dikeluarkan perusahaan. Studi yang dilaksanakan ini memakai delapan pelumas yang paling banyak diminati dan dalam stok atau overstock. Kemudian  dilakukan perhitungan untuk delapan jenis pelumas berdasarkan metode EOQ dan kondisi kebijakan perusahaan sebelumnya. Penelitian ini membuktikan teknik EOQ dapat digunakan lebih efisien  dibandingkan dengan kebijakan perusahaan dalam hal pengelolaan persediaan, dimana dengan penerapan metode EOQ perusahaan mampu mengurangi total biaya persediaan berskor Rp. 1,839,646,159.64 atas tingkat efisiensi berskor 77,9% dalam satu tahun, begitu pula nilai total biaya persediaan dengan kebijakan perusahaan berskor Rp.2,360,611,952.67.
Literasi Digital Terhadap Kinerja Usaha di Perusahaan Bulan Bintang Maju Salsabila, Fathanah; kurniawati, lulu; Ghaida, Putri; Gustiani, Shinta; Ardiansyah, Tedy
Jurnal USAHA Vol 5, No 2 (2024): Desember
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v5i2.2841

Abstract

Keterampilan literasi digital semakin dianggap penting dalam konteks bisnis modern yang terus berkembang. Literasi digital merujuk pada kemampuan seseorang untuk menggunakan teknologi digital dengan efektif dan efisien. Terdapat beberapa permasalahan yang dapat diidentifikasi, tujuan yang diinginkan, metode untuk mencapainya, dan hasil statistika yang dapat diukur. Permasalahan yang sering terjadi adalah kurangnya pemahaman tentang teknologi digital.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatakan Eksperimen, populasi berasal dari karyawan Perusahaan Bulan Bintang Maju. Dari populasi tersebut diambil dua sampel dimana metode awal sebagai kelas control dan metode akhir sebagai kelas eksperimen. Tujuan dari literasi digital dan kinerja usaha di dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan efisiensi operasional.  Metode penelitian yang akan kami pakai adalah metode One Group Pretest and Posttest. Data diperoleh dari sebagian karyawan yang telah diberikan penyuluhan literasi digital lalu melakukan tes sebagian langsung menerima tes tanpa diberikan penyuluhan. Hasil Tes menunjukan bahwa penerapan penyuluhan dapat meningkatkan hasil pemahaman literasi digital karyawan, dimana peningkatan hasil tes tersebut sebesar 9,77%.
THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY, FOOD QUALITY AND PERCEIVED VALUE ON CUSTOMER SATISFACTION IN PADANG PAYAKUMBUAH Aqilah, Khonsa Mumtaz; Aini, Husna N; Nuh, Ahmad; Eddy W, Finantyo
Jurnal USAHA Vol 5, No 2 (2024): Desember
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v5i2.3380

Abstract

The research titled "The Impact of Service Quality, Food Quality, and Perceived Value on Customer Satisfaction at Padang Payakumbuah" focuses on identifying key factors that influence customer satisfaction in the culinary sector, specifically at the BSD branch of Padang Payakumbuah in Tangerang Selatan. Utilizing online questionnaires distributed to customers who dined there in the last three months, the study aims to uncover significant relationships between service quality, food quality, and perceived value. It is anticipated that higher service and food quality will enhance perceived value, leading to increased customer satisfaction. Ultimately, the findings are intended to provide actionable insights for restaurant management to improve service delivery and food offerings, thereby fostering brand loyalty and maintaining Padang Payakumbuah's reputation in the competitive market for traditional Minangkabau cuisine(Dewi et al., 2023).

Page 1 of 1 | Total Record : 10