cover
Contact Name
Tuhfatul Janan
Contact Email
tuhfatuljanan4@gmail.com
Phone
+6285333337069
Journal Mail Official
development.staimpro@gmail.com
Editorial Address
Jl. Soekarno - Hatta No. 94B, Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo
Location
Kota probolinggo,
Jawa timur
INDONESIA
DEVELOPMENT : Journal of Community Engagement
ISSN : 28285506     EISSN : 28286529     DOI : https://doi.org/10.46773/Development
Core Subject : Social,
DEVELOPMENT: Journal Of Community Engagement is published by Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics and practitioners interested in devotion to the community.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2023): September" : 8 Documents clear
UPAYA MENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VII MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAI DAN PKN DI SMP ISLAM RIYADLUS SHOLIHIN Fatahilah, Achmad; Achmad, Ridho; Jaeng, Sulaiman
DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement Vol. 2 No. 2 (2023): September
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/djce.v1i2.383

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui usaha para guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa disekolah melalui pembelajaran PAI dan PKN di SMP islam Riyadlus Sholihin. Penilitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dan teknik penelitian yang digunakan yaitu teknik kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII A SMP islam Riyadlus sholihin terdapat 9 siswa yang bermasalah. Setelah dilakukannya perubahan model dan strategi pembelajaran di mata pelajaran PAI dan PKN, jumlah siswa yang mencapai kriteria kedisiplinan makin meningkat. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus, pada siklus pertama, dari 32 siswa terdapat 68.7% - 73.4 % siswa yang sudah disiplin dan pada siklus kedua juga mengalami kenaikan dari siklus pertama yaitu 74.9 % - 89.0% siswa yang disiplin. Guru PAI dan PKN SMP islam Riyadlus sholihin dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa dengam memberikan suatu nasihat dan contoh perilaku secara nyata terhadap siswa dan juga memberikan sanksi dengan tujuan untuk menakut nakuti siswa yang bermasalah.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING KELAS 4 DI MI ZAWIYATUS SALIKIN KECAMATAN KEDOPOK KOTA PROBOLINGGO Nisa, Avita Khoirun; Azizah, Devi Nur; Widiyawati, Evi
DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement Vol. 2 No. 2 (2023): September
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/djce.v1i2.394

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendapatkan hasil dari belajar siswa dan aktivitas dari belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Al-Quran Hadist pada materi idhgom dan iklab dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas IV Mi Zawiyatus Salikin Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo yang berjumlah 15 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur PTK terdiri dari beberapa siklus yaitu dimulai dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas IV Mi Zawiyatus Salikin Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran pada Al-Quran Hadist pada materi idhgom dan iklab dengan mengaplikasikan model pembelajaran Quantum Teaching dalam mata pelajaran Al-Quran Hadist pada materi idhgom dan iklab para siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus. Pada pra siklus tingkat ketuntasan belajar siswa 33,3% dari 5 siswa. Pada siklus I meningkat menjadi 60% dari 9 siswa. Kemudian pada siklus II meningkat pesat mejadi 15 siswa atau 100%. Demikian dapat di simpulkan bahwa dari hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Quran Hadist pada materi idhgom dan iklab yang menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching di kelas IV Mi Zawiyatus Salikin Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo berhasil dan berjalan dengan lancar.Kata Kunci : Hasil Belajar, Al-Quran Hadist, Model Pembelajaran Quantum
MAKNA RELIGIUSITAS DALAM PERSPEKTIF ANAK JALANAN Setiawati, Tanti; Kurnia, Fitri; Rachmawati, Hani Nafi'ah; Prasetiya, Benny
DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement Vol. 2 No. 2 (2023): September
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/djce.v1i2.396

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui religiusitas pada kehidupan anak jalanan serta mengetahui faktor yang melatarbelakangi mereka menjadi anak jalanan di kota Probolinggo. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa anak jalanan masih menerapakan religiusitas di dalam kehidupan sehari-harinya meskipun mereka jarang beribadah seperti sholat, mengaji dan puasa wajib tetapi mereka masih sering melakukan hal-hal keagamaan yang terkadang bagi orang-orang adalah hal yang sepele seperti selalu bersyukur, berdo’a agar tetap diberikan kesehatan dan berharap bisa mendapatkan pekerjaan yang layak, berdo’a sebelum pergi, berdo’a sebelum makan, mendo’akan kebaikan untuk keluarganya, serta masih tetap menghormati ibunya dengan selalu mencium tangannya ketika akan pergi, memiliki sopan santun yang tinggi terhadap orang yang lebih tua dan selalu mengucapkan salam ketika pergi dan pulang ke rumah.Adapun beberapa faktor yang melatarbelakangi para responden menjadi anak jalanan yang pertama adalah responden menjadi korban dari perceraian kedua orang tuanya.Yang kedua, responden bukanlah seseorang yang menempuh pendidikan hingga tinggi, sehingga responden kesulitan dalam mencari pekerjaan yang layak dan memutuskan untuk mengamen.Kata Kunci: religiusitas, faktor yang melatarbelakangi, anak jalanan.
IMPLEMENTASI SEKOLAH ADIWIYATA DI LEMBAGA YAYASAN NURIDDAHLANI TAROKAN BANYUANYAR PROBOLINGGO Adawiyah, Robiatul; Dirgayunita, Aries; Muhammad, Devy Habibi
DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement Vol. 2 No. 2 (2023): September
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/djce.v1i2.429

Abstract

Isu tentang penerapan hidup dengan new normal yang ditandai dengan penggunaan protokol kesehatan yang cukup ketat selama masa pandemi covid 19 ini   membuat semua aktivitas belajar mengajar menjadi sedikit terganggu dan terpaksa proses belajar pun dilaksanakan secara daring. Namun, akhir-akhir ini pemerintah mulai membuka kembali aktivitas sekolah secara offline atau kembali ke sekolah. Sebagaiamana lingkungan sekolah merupakan habitat para pejar dalam menimba ilmu pegetahuan dan tempat berproses dalam membangun karakter. Berdasarkan hal itu maka perlunya menciptakan lingkungan yang sehat dan ramah lingkungan. Dalam menciptakan sekolah ramah lingkungan sesuai dengan peraturan menteri lingungan hidup yang bekerja sama dengan menteri pendidikan dan kebudayaan pada tahun 2006 tentang program sekolah adiwiyata. Dalam hal   ini pendampingan dilakukan di salah satu yayasan yang terdiri dari tiga lembaga yaitu SMP, MTs, dan MA serta pondok pesantren putra dan putri Nuriddahlani dengan mengusung tema Implementasi sekolah adiwiyata di yayasan Nuriddahlani Tarokan, Banyuanyar, Probolinggo. Peserta dampingan terdiri dari seluruh siswa dan dewan guru yang ada di tiga lembaga tersebut.Kata Kunci: Adiwiyata, Lingkungan Hidup, Madrasah
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MELALUI METODE DISKUSI SISWA SMP MIFTAHUL ARIFIN BANTARAN KABUPATEN PROBOLINGGO Mahwiyah, Faridatul; A’yun, Qurrota; Nurussofiah, Febi Fatlika; Khotijah, Siti
DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement Vol. 2 No. 2 (2023): September
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/djce.v1i2.459

Abstract

Pendidikan merupakan suatu upaya serta sebuah usaha yang telah terencana yang bisa dapat mewujudkan suasana belajar agar supaya dapat bisa menciptakan peserta didik yang aktif.   Belajar adalah suatu kegiatan proses bisnis yang dapat dilakukan oleh seseorang guna untuk mendapatkan suatu perubahan dan tingkah laku yang baru sebagai suatu pengalaman di dalam lingkungan dan interaksinya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan prestasi akademik Akidah Akhlak SMP Miftahul Arifin melalui penerapan model pembelajaran Diskusi. Akidah Akhlak yaitu merupakan suatu   landasan atau dasar yang memegang peranan penting di dalam membentuk suatu kepribadian setiap orang muslim. Adapun subjek   pada penelitian ini adalah merupakan guru yang telah menerapkan pembelajaran berbasis diskusi pada peserta didik di SMP Miftahul Arifin. Dalam penelitian ini telah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah dapat diketahui bahwa hasil belajar dari siswi dapat meningkat apabila diterapkan model pembelajaran yang berbasis diskusi, yaitu dari siklus I sampai ke siklus II dari hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dalam siklus satu biasanya mencapai rata-rata 70%, dari nilai rata-rata ini pada kategori masih belum selesai, namun pada siklus dua prestasisi siswa meningkat rata-rata 80% untuk tipe penuh.Kata Kunci : Hasil Belajar, Akidah Akhlak, Metode Diskusi
PEMBERDAYAAN REMAJA PEREMPUAN TERHADAP PENTINGNYA PENDIDIKAN DI KECAMATAN BANTARAN KABUPATEN PROBOLINNGGO Muhammad, Devy Habibi; Adawiyah, Robiatul; Agustin, Maulid; Syaifuddin Romli, Ahmad; Abadiyah, Sa’adatul
DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement Vol. 2 No. 2 (2023): September
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/djce.v2i2.1185

Abstract

As women in the modern era are stakeholders of development, therefore the implementation of development must emphasize the importance of women's empowerment efforts. This article discusses a community service activity conducted to raise the awareness of adolescent girls in Legundi Village, Bantaran Sub-district, Probolinggo Regency, about the importance of education and their role in society. Through a Participatory Action Research (PAR) approach, the activity involved team preparation, observation, research and evaluation to measure the success of the activity. The evaluation results showed an increase in adolescent girls' enthusiasm for learning and understanding of the importance of education. The bibliography includes references on Islamic education, community development and character education.
BUILDING SPIRITUAL RESILIENCE IN THE ELDERLY THROUGH RELIGIOUS COUNSELING PROGRAMS: THE CASE OF MUHAMMADIYAH SENIOR CARE, PROBOLINGGO Hidayah, Ulil
DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement Vol. 2 No. 2 (2023): September
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Muhammadiyah Senior Care Probolinggo has held the community service program in order to fulfil this need by providing Islamic religious guidance as intervention for elderly residents in an effort to improve mental health, spiritual well-being, and social quality of life. Direct engagements served as the main method of penetration, allowing elderly to immerse themselves in the details and experience profound actions during three aspects (aqidah, ibadah, and akhlaq). The participants were comforted in aqidah now after being introduced to the compassionate attributes of Allah, i.e. merciful, and their fears of death started alleviating slowly as a result. Sessions of worship were held along with instructions on how to perform salah and opportunities for congregational prayer and dhikr (remembrance of Allah), forming a bond between the residents spiritually, as well as socially. Guidance of Ethics was to advance a harmonic interaction among care-centre, frequently conflicts were going on, so to merge people within peace and respect. Participatory Action Research (PAR) was applied in the study where the elderly residents actively participated as subjects of the guidance program. Three main phases — pre-guidance, guidance, and post-intervention — were followed in this methodology. The entire process consists of the initial stage by an observation and needs assessment by the guidance through previous meetings with the residence, then based on their history and condition material is designed that best suits them. This was held face to face both as a group and on individual basis in order for the material to be delivered at a pace that fits the capacity of participants. The group sessions were a good way to get people talking, and the individual sessions allowed for more depth and context. The last step was to evaluate the responses of participants and their progression to prepare a report that could be useful for similar programs. Its success is also due to the fact that it was not mandatory, and elderly were motivated to participate. Adaptive techniques like visual and audio methods or personal support helped facilitate understanding, although variability in educational backgrounds or physical limitations posed challenges. Tell the story of Prophets regularly, to draw inspiration from such events, which would assist the adults in absorbing faith-based principles practically. Such beneficial service helps the hawa nafsu of the elderly so that their spirit life can be well maintained in creating a harmonious atmosphere to prepare for the final phase of their life, with the hope of giving rise to Husnul Khotimah. Such a model may offer hope for other similar institutions in the years to come
PENYULUHAN ZAKAT DAN WAKAF DIGITAL BAGI SANTRI Muzayanah; Khoirun Nisa; Izzatun Nafis; Agisca Arifien
DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement Vol. 2 No. 2 (2023): September
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/djce.v2i2.2584

Abstract

The digital literacy gap among santri (Islamic boarding school students) regarding digital zakat and waqf poses a challenge to optimizing Islamic philanthropy in the modern era. This community service program aims to enhance santri's knowledge, skills, and awareness of the concepts, mechanisms, and security of digital zakat and waqf transactions. This activity employed a quasi-experimental method with a one-group pre-test/post-test design involving 45 santri at Arrahman Cidadap Islamic Boarding School. Data were collected through a knowledge test questionnaire before and after the counseling session, then analyzed using descriptive statistics and a paired-sample t-test. The results indicated a statistically significant increase in understanding. The participants' mean score rose from 45.70 on the pre-test to 82.50 on the post-test, with a significance value of (p <.001). This finding proves that an interactive and applicative counseling program is effective in bridging traditional fiqh understanding with modern digital competencies, positioning it as a strategic empowerment model for the pesantren community.

Page 1 of 1 | Total Record : 8