cover
Contact Name
Diah Eka Sari
Contact Email
diaheka@unimed.ac.id
Phone
+6285261529917
Journal Mail Official
ekasarium@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Kode : Jurnal Bahasa
ISSN : 23015411     EISSN : 25797957     DOI : https://doi.org/10.24114/kjb.v9i3.19972
Core Subject : Education,
Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Aspek kajian jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan konseptual dalam bidang pembelajaran, penilaian, linguistik, dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa dan sastra Indonesia.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 4 (2020): KODE" : 14 Documents clear
Analisis Kritik Sastra Menggunakan Pendekatan Pragmatik Pada Antologi Cerpen Karya Hasan Al Banna Ramadhan Saleh Lubis; Yolandita Octavianty Sipahutar; Jesika Anasthasia Siregar; Sumarni Sumarni Saragih; Gugun Kristina Silalahi
Kode : Jurnal Bahasa Vol 9, No 4 (2020): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (629.75 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v9i4.22044

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyampaikan tujuan tertentu kepada pembaca. Tujuan tersebut berupa tujuan efek estetika, nilai agama, nilai moral, nilai sosial, dan budaya dalam antologi cerpen karya Hasan Al Banna. Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan cerpen karya Hasan Al Banna. Data dalam penelitian ini adalah tujuan kepada pembaca melalui nilia-nilai menggunakan pendekatan pragmatik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Instumen dalam penelitian ini yang dipakai adalah jurnal yang berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis datanya adalah dengan cara membaca teliti, menghayati, memahami, kemudian menganalisis data sesuai dengan aspek yang dikaji dengan cara sistematis dan terperinci. Hasil yang diperoleh terdapat gambaran efek kesenangan, kesedihan, dan efek estetika. Serta terdapatnya nilai-nilai yang dibaca oleh sipembaca seperti nilai agama, sosial, budaya, dan agama. Kata Kunci: Antologi Cerpen, Pendekatan Pragmatik
Badan Bahasa, Pembinaan Bahasa, dan Perpres Nomor 63 Tahun 2019: Refleksi dan Proyeksi Sudaryanto Sudaryanto; Wening Sahayu
Kode : Jurnal Bahasa Vol 9, No 4 (2020): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.339 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v9i4.22285

Abstract

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009, terutama Pasal 41 ayat (1) mengamanahkan bahwa pemerintah wajib mengembangkan, membina, dan melindungi bahasa dan sastra Indonesia agar tetap memenuhi kedudukan dan fungsinya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, sesuai dengan perkembangan zaman. Terkait itu, usaha pembinaan bahasa Indonesia seperti disinggung Pasal 41 ayat (1) tadi, dilakukan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa). Tulisan ini merefleksikan usaha-usaha pembinaan bahasa Indonesia yang sudah atau sedang dilakukan oleh Badan Bahasa saat ini, serta memproyeksikan usaha-usaha serupa di masa depan, terutama pasca-terbitnya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data yang dianalisis ialah berupa data pembinaan bahasa Indonesia yang terjabarkan di agenda terbitan Sekretariat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa tahun 2018, buku-buku mata kuliah Bahasa Indonesia, dan buku-buku ilmiah populer pembinaan bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak Badan Bahasa telah melakukan sejumlah usaha pembinaan bahasa Indonesia, seperti penerbitan bacaan literasi, penyelenggaraan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia, pengendalian bahasa negara, penghargaan Acarya Taruna, penghargaan surat kabar berdedikasi dalam berbahasa Indonesia, dan pemilihan Duta Bahasa. Selain itu, pihak akademisi perguruan tinggi juga ikut melakukan pembinaan bahasa melalui perkuliahan Bahasa Indonesia dan penerbitan buku ilmiah populer. Kata kunci: Badan Bahasa, pembinaan bahasa Indonesia, Perpres Nomor 63 Tahun 2019
Analisis Diksi Dan Majas Dalam Novel Kami Bukan Sarjana Kertas Karya J.S Khairen Tinjauan Stilistika dan Implementasi Sebagai Bahan Ajar Pada SMP Christin Agustina Purba; Meita Sitanggang; Agrita Sari; Betris Maluma Br Manik
Kode : Jurnal Bahasa Vol 9, No 4 (2020): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.522 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v9i4.22029

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif dan penelitian ditemukan dengan kajian stilistika. Hasil penelitian dalam novel ini ditemukan berbagai kata khiasan dan majas yang menambah perbendaharaan penggunaan kata-kata khiasan yang menceritakan kisah perjuangan seorang anak mahasiswa yang mempunyai banyak masalah dalam kehidupannya dan dapat menjadi inspirasi bagi siswa sekolah menengah pertama. Adapun unsur diksi dan majas didalam novel tersebut akan menambah wawasan bagi setiap pembaca dan juga dapat diterapkan didalam pembelajaran siswa sekolah menengah pertama. Di dalam diksi memilki kata pilihan yang menyampaikan gagasan atau cerita di dalam novel yang jarang didengar oleh setiap pembaca dan dapat menambah pengetahuan kata-kata baru yang mungkin jarang didengar oleh pembaca sebelumnya.Dalam peneleitian ini fungsi majas didalam novel dapat menarik pembaca dan menciptakan rasa keinginan membaca dalam novel karena banyak kata-kata yang sangat menarik dan menimbulkan keinginan untuk membaca Kata kunci: diksi, majas, stikistika, novel.
Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme Gagnon & Collay Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Proposal Kelas XI SMA Ulfah Rani Daulay; Rosmawaty Harahap
Kode : Jurnal Bahasa Vol 9, No 4 (2020): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.378 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v9i4.22045

Abstract

Konstruktivisme merupakan salah satu pendekatan yang pemahaman materi pembelajaran didasarkan pada pengetahuaan yang dimiliki. Kontruktivifme mengungkapkan bahwa proses membangun pengetahuan baru tidak terlepas dari pegetahuan yang sudah dimiliki. Teori ini dapat diterapka kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menengah terutama pada materi-materi yang sulit dipahami. Artikel ini mencoba menerapkan teori kontruktivisme dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi Proposal kelas XI SMA melalui penelitian kualitatif deskriptif. Terdapat enam tahapan pembelajaran yang didasarkan pada model kontruktivisme Gagnon & Collay, yaitu tahap memaparkan situasi, mengelompokkan siswa, menjembatani dengan memberi masalah untuk didiskusikan, memberikan pertanyaan, mndemosntrasikan hasil diskusi, dan memberi refleksi atau menindaklanjuti laporan kelompok. Kata Kunci : Teori Kontruktivisme, Pembelajaran, Proposal
Kajian Feminis Dalam Novel Perempuan Terpasung: Gejolak Cinta di Balik Cadar Karya Hani Nagshbandi Mega Situmorang; Megawaty Indah Qemala; Iga Yana Tarigan; Veronica Febriana S
Kode : Jurnal Bahasa Vol 9, No 4 (2020): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.598 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v9i4.22025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik tokoh feminis, kedudukan, peran perempuan dalam novel, masalah-masalah sosial yang dihadapai perempuan dalam novel, maksud pengarang perempuan dalam novel dan mendeskripsikan nilai-nilai yang terdapat dalam novel Perempuan Terpasung: Gejolak Cinta di Balik Cadar karya Hani Naqshbandi. Desain penelitian kualitatif deskriptif dan obyek penelitian sekaligus sumber data ialah karakteristik tokoh feminis, kedudukan atau peran perempuan, masalah-masalah sosial yang dihadapi perempuan, maksud pengarang perempuan, dan nilai-nilai yang terdapat dalam novel. Teknik pengumpulan data yaitu membaca secara cermat, memahami isinya secara keseluruhan, menganalisis data; dengan mengidentifikasi bagian-bagian yang berkenaan dengan kajian feminism. Instrumen kunci dalam penelitian ini ialah peneliti dan pedoman analisis teks dan analisis data menggunakan model miles and Huberman dengan tahapan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi, pemeriksaan teman sejawat, analisis kasus negatif dan proses auditing. Hasil penelitian yang ditemukan ialah karakteristik tokoh perempuan yaitu sabar, baik hati, penyendiri, penurut, pemberontak, dan bijaksana. Kedudukan, peran dan fungsi perempuan ialah seorang isteri bagi suami dan ibu bagi anak-anak, anak terakhir dalam keluarga, penulis di surat kabar. Permasalahan tokoh perempuan ialah permasalahan tradisi/budaya, pernikahan dini dan masalah pasangan hidup. Pengarang perempuan atas novel bermaksud menampilkan permasalahan yang mayoritas dialami oleh semua perempuan yakni penderitaan karena tindakan suami/laki-laki yang kurang menghormati perempuan. Nilai-nilai yang dalam novel ialah nilai agama, moral, pengajaran dan nilai keluarga. Peneliti menyarankan adanya kesadaran anggota masyarakat untuk memperjuangkan hak dan peran perempuan dalam kehidupan sosial. Kata Kunci: Kajian, Feminis, Novel Perempuan Terpasung
Pengembangan Buku Ajar Komprehensi Tulis Berorientasi Nilai-Nilai Karakter Islam (Analisis Kebutuhan) Denik Wirawati; Hasrul Rahman
Kode : Jurnal Bahasa Vol 9, No 4 (2020): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.277 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v9i4.22030

Abstract

Penelitian ini membahas Pengembangan Buku Ajar Komprehensi Tulis Berorientasi Nilai-nilai Karakter Islam (analisis kebutuhan). Dalam penelitian ini menjabarkan dari rumusan masalah yaitu; a. Bagaimana buku ajar Komprehensi Tulis berorientasi pada pendidikan karakter islam yang sesuai dengan kebutuhan dosen dan mahasiswa di Perguruan Tinggi Universitas Ahmad Dahlan? b. Bagaimanakah Pengembangan buku ajar Komprehensi tulis berorientasi pada pendidikan karakter islam? Kajian teori menjabarkan hal-hal yang berkaitan dengan buku ajar, komprehensi tulis, dan nilainilai karakter islam. Metode penelitian yang dilakukan pada tahun pertama ini menggunakan metode deskriptif. Tujuan pada tahap ini adalah untuk menghimpun data-data yang berkaitan tentang ; menganalisis kebutuhan (need analisys) terhadap model buku ajar Komprehensi Tulis berorientasi pada pendidikan nilai-nilai karakter islam. Hasil menjabarkan 1. Kondisi Buku Ajar Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. 100% menyatakan bahwa buku ajar komprehensi tulis berorientasi nilai-nilai karakter islam sangatlah penting, dengan memasukkan unsur islam dalam contoh soal dan bacaan. 2. Analisis kebutuhan mahasiswa terhadap buku ajar komprehensi tulis. Mahasiswa sangat membutuhkan buku ajar komprehensi tulis sebagai salah satu media belajar. Nilai-nilai karakter islam sangat disetujui mahasiswa karena sebagai penambah wawasan agama bagi mereka. Kata Kunci: buku ajar, komprehensi tulis, nilai-nilai karakter islam
Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Orang Miskin Dilarang Sekolah Karya Wiwid Prasetyo Ermina Waruwu; Putri Yuliana Hasugian; Destika Aryanti; Ernia Simalango
Kode : Jurnal Bahasa Vol 9, No 4 (2020): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.204 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v9i4.22046

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur novel, mendeskripsikan masalah sosial, dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Orang Miskin Dilarang Sekolah karya Wiwid Prasetyo. Landasan teori yang digunakan untuk mencapai analisis tujuan ini ialah kajian sosiologi sastra dimana novel sebagai sumber data utama yang berisikan struktur, masalah sosial dan nilai pendidikan karakter. Data penelitian dikumpulkan dengan cara peneliti melakukan olah baca sekaligus menganalisis isi dengan metode kajian secara kualitatif deskriptif. Analisis data dilakukan dengan mereduksi, mendisplay dan menyimpulkan data. Untuk menjamin keabsahan data penelitian, peneliti melakukan pemeriksaan tentang kesesuain obyek penelitian dengan hasil kajian baik hasil kajian tentang struktur, masalah sosial dan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel. Akhirnya, rekomendasi atau saran atas penelitian ini ialah agar novel dapat menjadi sumber nilai pendidikan karakter bagi masyarakat dan hasil penelitian ini dapat juga digunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan bahasa dan sastra Indonesia. Kata Kunci: Sosiologi Sastra, Nilai Pendidikan Karakter, dan Novel
Analisis Gaya Bahasa Dalam Cerpen “Maryam” Karya Afrion Angle Widya Ningsih; Gusni Hutabarat; Juliani Rosmaida Hutahaean; Junita Karlina; Trisnawati Hutagalung
Kode : Jurnal Bahasa Vol 9, No 4 (2020): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.185 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v9i4.22026

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitis, artinya data yang diperoleh dianalisis. Subjek penelitian adalah gaya bahasa cerpen Maryam karya Afrion. Kode sastra, tergambar pada ragam gaya bahasa penegasan, sindiran, perbandingan, dan gaya bahasa lainnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa gaya bahasa penegasan terdapat majas hiperbola, polisendon, retorika, pararelisme, pleonasme, dan repetisi. Gaya bahasa perbandingan terdapat majas alegori, eufemisme, simbolik dan personifikasi. Sedangkan gaya bahasa sindiran terdapat majas sinisme, dan sarkasme. Dan ada gaya bahasa lainnya yaitu majas eklamasio. Di dalam cerpen Maryam, terdapat gaya bahasa yang bervariasi. Kata Kunci: Gaya Bahasa, cerpen
POTRET NILAI NASIONALISME DALAM KUMPULAN CERPEN SEMUA UNTUK HINDIA KARYA IKSAKA BANU Noveria Anggraeni Fiaji; Fitrahayunitisna Fitrahayunitisna; Prisca Kiki Wulandari
Kode : Jurnal Bahasa Vol 9, No 4 (2020): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.73 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v9i4.22039

Abstract

Sastra sebagai penghibur jiwa, sementara juga digunakan sebagai media untuk memotret peristiwa sosial di masa lampau termasuk masa colonial. Penelitian ini bertujuan menganalisis nilai-nilai nasionalisme dalam kumpulan cerpen Semua untuk Hindia karya Iksaka Banu. Penelitian menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan menggunakan pendekatan pascakolonial untuk menganalisis setiap cerita dalam kumpulan cerpen. Nilai-nilai nasionalisme yang dijadikan sebagai indikator adalah nasionalisme berdasarkan Pancasila. Adapun nasionalisme Pancasila terdiri dari: (1) nasionalisme religius, (2) nasionalisme kemanusiaan, (3) nasionalisme berkerakyatan, dan (4) nasionalisme berkeadilan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kumpulan cerpen Semua untuk Hindia memuat semua nilai-nilai nasionalisme yang dijadikan sebagai indikator penelitian. Nasionalisme yang paling banyak disorot dalam tiap-tiap cerpen yakni nasionalisme kemanusiaan. Walaupun dalam kondisi menjajah, sebagian orang Eropa memiliki empati kemanusiaan dengan warga pribumi dengan ia tetap mencintai tanah airnya. Hal sebaliknya juga dialami oleh warga pribumi, yang tidak menganggap semua orang Eropa musuh, mereka saling berkawan satu sama lain. Kata Kunci: nilai; nasionalisme; Semua untuk Hindia;
Perkembangan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Autisme Rahma Nurhidayati Maha; Rosmawaty Harahap
Kode : Jurnal Bahasa Vol 9, No 4 (2020): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.54 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v9i4.22047

Abstract

Penelitian ini berfokus untuk meneliti perkembangan berbahasa pada anak autisme. Proses yang dialami serta gejala-gejala yang timbul dalam berbahasa yang dapat menyebabkan gangguan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Dengan melakukan wawancara kepada pemilik sekaligus terapis bagi anak penderita autisme. Hasil dari penelitian kemudian diamati, dianalisis dan diakhiri dengan kesimpulan. Ada beberapa faktor yang dapat dilakukan untuk meminimalisir gejala-gejala serta meningkatkan kemampuan berbahasa. Hal ini tentu harus dilakukannya kerjasama yang baik antara orang tua dan terapis. Kata-kata kunci: gangguan berbahasa, anak autisme, perkembangan bahasa

Page 1 of 2 | Total Record : 14


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 3 (2025): Kode: Edisi September 2025 Vol. 14 No. 2 (2025): Kode: Edisi Juni 2025 Vol. 14 No. 1 (2025): Kode: Edisi Maret 2025 Vol. 13 No. 4 (2024): Kode: Edisi Desember 2024 Vol 13, No 3 (2024): Kode: Edisi September 2024 Vol. 13 No. 3 (2024): Kode: Edisi September 2024 Vol 13, No 2 (2024): Kode: Edisi Juni 2024 Vol. 13 No. 2 (2024): Kode: Edisi Juni 2024 Vol. 13 No. 1 (2024): Kode: Edisi Maret 2024 Vol 13, No 1 (2024): Kode: Edisi Maret 2024 Vol 12, No 4 (2023): Kode: Edisi Desember 2023 Vol 12, No 3 (2023): Kode: Edisi September 2023 Vol 12, No 2 (2023): Kode: Edisi Juni 2023 Vol 12, No 1 (2023): Kode: Edisi Maret 2023 Vol 11, No 4 (2022): Kode: Edisi Desember 2022 Vol 11, No 3 (2022): Kode: Edisi September 2022 Vol 11, No 2 (2022): Kode: Edisi Juni 2022 Vol 11, No 1 (2022): Kode: Edisi Maret 2022 Vol 10, No 4 (2021): Kode: Edisi Desember 2021 Vol 10, No 3 (2021): Kode: Edisi September 2021 Vol 10, No 2 (2021): Kode: Edisi Juni 2021 Vol 10, No 1 (2021): Kode: Edisi Maret 2021 Vol 9, No 4 (2020): KODE Vol 9, No 3 (2020): KODE Vol 9, No 2 (2020): KODE Vol 9, No 1 (2020): Edisi Januari Vol 8, No 4 (2019): KODE Vol 8, No 3 (2019): KODE Vol 8, No 2 (2019): KODE Vol 8, No 1 (2019): KODE Vol 7, No 4 (2018): KODE Vol 7, No 3 (2018): KODE Vol 7, No 2 (2018): KODE Vol 7, No 1 (2018): KODE Vol 6, No 3 (2017): KODE Vol 6, No 1 (2017): KODE Vol 5, No 3 (2016): KODE Vol 6, No 4 (2017): KODE Vol 6, No 2 (2017): KODE Vol 5, No 2 (2016): KODE Vol 5, No 1 (2016): KODE Vol 4, No 4 (2015): KODE Vol 4, No 3 (2015): KODE Vol 4, No 2 (2015): KODE Vol 4, No 1 (2015): kode Vol 3, No 4 (2014): KODE Vol 3, No 3 (2014): KODE Vol 3, No 2 (2014): KODE Vol 3, No 1 (2014): KODE Vol 2, No 4 (2013): KODE Vol 2, No 3 (2013): KODE Vol 2, No 2 (2013): KODE Vol 2, No 1 (2013): KODE Vol 1, No 3 (2012): KODE Vol 1, No 2 (2012): KODE Vol 1, No 1 (2012): KODE More Issue