cover
Contact Name
Fitria Carli Wiseza
Contact Email
fitriawiseza@gmail.com
Phone
+6285208002263
Journal Mail Official
elmadibjurnal@gmail.com
Editorial Address
Jln. Lintas Sumatera KM. 4 Sungai Binjai Kec. Bathin III Kab. Bungo Jambi 37211
Location
Kab. bungo,
Jambi
INDONESIA
el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
ISSN : -     EISSN : 2829176X     DOI : https://doi.org/10.51311/el-madib.v2i1
el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam the journal is published by Center for Research, Publications and Community Service Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. It’s dedicated for the publication of scientific articles in Islamic Basic Education. The languages used in this journal are Indonesia, English and Arabic. This journal is published twice a year, March and September in printed and online version. The editors receive scientific articles of academics, lecturers, and researchers who have never been published by other Journals.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2025): (September 2025)" : 5 Documents clear
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VI Sekolah Dasar Negri 100/II Muara Bungo Gustantri, Friska Miranda; Riani, Novi; Pajrini, Ani
el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 5 No. 2 (2025): (September 2025)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/el-madib.v5i2.1093

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan strategi SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) di kelas VI SDN 100/II Muara Bungo. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya motivasi belajar siswa yang ditunjukkan oleh kurangnya perhatian, partisipasi aktif, dan antusiasme dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket motivasi belajar yang disesuaikan dengan delapan indikator motivasi belajar menurut teori Sardiman. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus ke siklus. Pada pra-siklus nilai rata-ratanya yaitu 29,8%, Rata-rata pada Siklus I Pertemuan 1 yaitu 32,9%, pada Siklus I Pertemuan 2 yaitu 45,4%, pada Siklus I Pertemuan 3 yaitu 51,6%, pada Siklus II Pertemuan 1 yaitu 60%, pada Siklus II Pertemuan 2 yaitu 69,9%, pada Siklus II Pertemuan 3 yaitu 81,6%, Strategi SQ3R terbukti efektif karena melibatkan siswa secara aktif dalam membaca, membuat pertanyaan, dan merefleksikan isi bacaan, sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu, keberanian bertanya, serta ketekunan dalam menyelesaikan tugas. Dengan demikian, penerapan strategi SQ3R dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca.
Mendeteksi Hambatan Guru dalam Merancang Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Capaian Kompetensi Pertiwi, Linda Ayu; Adilla, Ulfa; Ramadhan, Rahmat Reziq
el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 5 No. 2 (2025): (September 2025)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/el-madib.v5i2.1096

Abstract

Penelitian ini mendeteksi hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam merancang evaluasi hasil belajar berbasis capaian kompetensi di SDN 24/II Koto Jayo. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam (n=9 guru), observasi partisipatif selama enam minggu, dan analisis dokumen (RPP, instrumen evaluasi, catatan penilaian). Analisis tematik mengungkap empat tema utama: (1) ketidakmerataan pemahaman terhadap capaian kompetensi dan rendahnya literasi asesmen; (2) keterbatasan waktu dan beban administratif; (3) keterbatasan sumber daya dan infrastruktur; dan (4) budaya penilaian tradisional yang masih kuat. Artikel ini memberikan rekomendasi praktis berupa pelatihan berbasis praktik, pendampingan berkelanjutan, penyederhanaan administrasi, pengembangan bahan asesmen kontekstual, dan sosialisasi kepada orang tua. Temuan diharapkan menjadi masukan bagi pengembangan profesional guru dan kebijakan pendidikan di tingkat lokal.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Realia Sekolah Dasar Negeri 138/II Daya Murni Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo Wandira, Silviana Ayu; Misnawati, Misnawati; Hidayah, Novita Nurul; Dewi, Yurnalisma
el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 5 No. 2 (2025): (September 2025)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/el-madib.v5i2.1097

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Proses dan hasil peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan media realia pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SDN 138/II Daya Murni Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian difokuskan pada pembelajaran materi "Perkembangbiakan Tumbuhan secara Vegetatif Buatan" menggunakan media realia seperti tumbuhan asli yang dicangkok, distek, dirunduk, dan dienten. Media realia yang digunakan berupa spesimen tumbuhan yang dapat dicangkok, distek, dirunduk, dan dienten. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada seluruh aspek hasil belajar siswa secara kognitif. Pada tahap pra-siklus, ketuntasan belajar siswa sebesar 62,3%. Pada siklus I meningkat menjadi 67,67%, dan pada siklus II meningkat signifikan menjadi 89,46%. Penggunaan media realia terbukti mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi perkembangbiakan vegetatif buatan, serta meningkatkan keterlibatan aktif dan antusiasme siswa dalam proses pembelajaran. Peran guru menjadi lebih aktif dan pembelajaran menjadi lebih berpusat pada siswa melalui kegiatan pengamatan langsung, diskusi kelompok, dan praktik nyata. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media realia efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS.
Pemanfaatan Media Wordwall dalam Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Alam Muara Bungo Juliana, Rina; Yuisman, Dedi
el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 5 No. 2 (2025): (September 2025)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/el-madib.v5i2.1099

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa kelas V di Sekolah Alam Muara Bungo, yang ditandai dengan kurangnya antusiasme dan partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran tematik. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran yang masih konvensional dan minim media interaktif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui pemanfaatan media Wordwall dalam model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengacu pada model spiral Kemmis dan McTaggart yang meliputi empat tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas V Sekolah Alam Muara Bungo pada semester ganjil tahun pelajaran 2025/2026. Data dikumpulkan melalui angket minat belajar, observasi aktivitas siswa dan guru, serta dokumentasi kegiatan, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa pada setiap siklus. Rata-rata skor minat belajar meningkat dari 62,5% pada pra-siklus menjadi 75,8% pada siklus I, dan mencapai 87,9% pada siklus II, dengan jumlah siswa yang memiliki minat belajar kategori tinggi dan sangat tinggi meningkat dari 30% menjadi 85%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa integrasi media Wordwall dalam model PBL mampu menciptakan suasana belajar yang interaktif, menyenangkan, dan berpusat pada siswa, sehingga mendorong keaktifan dan rasa ingin tahu mereka dalam memecahkan masalah pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media Wordwall dalam model Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V di Sekolah Alam Muara Bungo. Hasil penelitian ini merekomendasikan agar guru sekolah dasar dapat mengintegrasikan media digital interaktif seperti Wordwall dalam model pembelajaran berbasis masalah untuk menumbuhkan motivasi dan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar.
Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Pada Siswa Kelas V Melalui Model Problem Based Learning Nisa, Rizkia Ainun; Rahmi, Laili; Zuhara, Nidia
el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 5 No. 2 (2025): (September 2025)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/el-madib.v5i2.1107

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) siswa kelas V melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning/PBL). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pengaatan, refleksi, dan perencanaan ulang. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 91/VI rantau Panjang, dengan jumlah 19 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi tes hasil belajar, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Pada siklus pertama, terdapat peningkatan rata-rata nilai siswa, dan pada siklus kedua peningkatan tersebut semakin signifikan. Peningkatan ini berupa peningkatan hasil belajar kognitif, pada pra penelitian dengan jumlah nilai 42,10%, siklus I 55,26% pada siklus ke II naik menjadi 78,94%. Selanjunya dari aspek afektif dari pra siklus nilai rata – rata yang di peroleh yaitu 51,84%, pada siklus I mendapatkan nilai sebesar 61,57%, lalu naik menjadi 78,29%. Terakhir pada aspek psikomotorik dari pra siklus 51,97%, pada saat siklus I nilai yang di dapatkan adalah 60,60% pada siklus ke II naik menjadi 80,26%, semua aspek tersebut dikatakan sudah mencapai ketuntasan. Dengan demikian, model PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V.

Page 1 of 1 | Total Record : 5