cover
Contact Name
Mikkey Anggara Suganda
Contact Email
ijpess@unucirebon.ac.id
Phone
+6285263847463
Journal Mail Official
ijpess@unucirebon.ac.id
Editorial Address
Kampus 1: Jl. Sisingamangaraja No. 33 Telp. 0231-235900
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science (IJPESS)
ISSN : 2775765X     EISSN : 27760200     DOI : -
1. PHYSICAL EDUCATION 2. SPORTS SCIENCE 3. SPORTS TOURISM 4. TRADITIONAL SPORTS 5. SPORTS BIOMECANICS 6. SPORT HEALTH 7. SPORTS NUTRITION 8. SPORTS PSYCHOLOGY
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 152 Documents
HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT LENGAN DENGAN KEMAMPUAN SERVIS BAWAH PADA TIM EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SMP NEGERI 9 CIREBON
Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science Vol. 1 No. 1 (2021): March: Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science
Publisher : Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (907.715 KB) | DOI: 10.52188/ijpess.v1i1.130

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi dengan subjek penelitian tim ekstrakurikuler bola voli SMP Negeri 9 Cirebon sebanyak 22 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti tentang hubungan daya ledak otot lengan dengan kemampuan servis bawah, maka diperoleh hasil uji korelasi r hitung adalah 0,633. Angka tersebut apabila dikonfirmasikan dengan tabel interpretasi korelasi berada pada rentangan 0,600–0,800 yang tergolong dalam kategori cukup. Dan hasil tersebut menyatakan bahwa daya ledak otot lengan memberi kontribusi hubungan sebesar 40,06% terhadap kemampuan servis bawah permainan bola voli. Selanjutnya pada hasil uji-t diperoleh t hitung adalah 4,715 lebih besar dari t tabel untuk dk = 22-1 = 21 adalah 2,021. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara daya ledak otot lengan dengan kemampuan servis bawah pada tim ekstrakurikuler bola voli SMP Negeri 9 Cirebon.
HUBUNGAN KELINCAHAN DENGAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA EKSTRAKULIKULER SISWA SMP NEGERI 25 PEKANBARU Alfi Candra; Zulkifli Darwis
Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science Vol. 1 No. 1 (2021): March: Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science
Publisher : Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1058.42 KB) | DOI: 10.52188/ijpess.v1i1.132

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kelincahan dengan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada siswa ekstrakulikuler di SMP Negeri 25 Pekanbaru. 2, untuk mengetahui seberapa besar hubungan kelincahan dengan menggiring bola pada siswa ekstrakulikuler di SMP Negeri 25 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti ektrakulikuler sepakbola yang berjumlah 30 orang dan sampel di ambil semua jumlah populasi dikarenakan kurang dari 100 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi product moment. Teknik pengumpulan data yaitu melalui tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi data tes menggunakan statistik. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi product moment didapat sebesar 0,773 yang berarti menandakan bahwa ada hubungan antara tes kelincahan dengan menggiring bola pada permainan sepakbola. Sedangkan koefisien determinan menyumbangkan 59,75% yang menandakan bahwa ada hubungan antara kelincahan dengan hasil menggiring bola. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “hubungan kelincahan dengan menggiring bola pada siswa ekstrakulikuler di SMP Negeri 25 Pekanbaru”, dapat diterima.
HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN JUMP SHOOT PADA EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET SMP NEGERI 3 CIREBON Dewi Wahyuni; Cahya Setia
Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science Vol. 1 No. 1 (2021): March: Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science
Publisher : Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (729.068 KB) | DOI: 10.52188/ijpess.v1i1.133

Abstract

Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler putra kelas VIII SMP Negeri 3 Cirebon sebanyak 20 orang. Untuk memperoleh suatu data yang tepat dan kongkrit dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode Deskriptif Korelasional dengan tes dan pengukuran, yaitu tes Vertical Jump dan tes Jump Shoot 30 detik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Daya Ledak Otot Tungkai dengan kemampuan Jump Shoot pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket di SMP Negeri 3 Cirebon. Hal ini dapat dilihat dari analisis dengan menggunakan perhitungan rumus product moment didapat nilai sebesar 0,856. Ternyata Daya Ledak Otot Tungkai memiliki kontribusi 73,2% terhadap Jump Shoot bola basket dan sisanya 26,8% ditentukan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
SENAM DAN FLEKSIBILITAS TERHADAP PENURUNAN LEMAK TUBUH PADA ANGGOTA KLUB SENAM ROSALINE MEDAN Faridah, Eva; Samsuddin Siregar
Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science Vol. 1 No. 1 (2021): March: Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science
Publisher : Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.913 KB) | DOI: 10.52188/ijpess.v1i1.134

Abstract

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BOLA VOLI MELALUI METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SDN 12 KECAMATAN WOJA KABUPATEN DOMPU Mulyadi; Anhar
Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science Vol. 1 No. 1 (2021): March: Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science
Publisher : Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.869 KB) | DOI: 10.52188/ijpess.v1i1.135

Abstract

Tujuan penelitian ini meningkatkan hasil belajar bermain bola voli melalui metode bermain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Metode penelitian meliputi 5 hal, yaitu 1) subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 16 anak, 2) Objek penelitian menggunakan metode kelompok bermain, 3) waktu penelitian pada semester dua Tahun pelajaran 2019/2020, 4) lokasi penelitian yaitu di SDN 12 Kecamatan woja kabupaten dompu. 5) tekhnik pengumpulan data meliputi observasi, kuesioner, tes langsung, Hasil PTK ini didapat hasil belajar bola voli menggunakan metode kelompok bermain terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II, baik dari peningkatan rata-rata setiap pertemuan maupun nilai ketuntasan hasil belajar, rata-rata siklus I (70,52) atau 9 siswa (56,25%) dan rata-rata siklus II (80,98) atau 14 anak (87,50%) Sehingga peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 31,25%. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar bola voli pada siswa, dengan kriteria tuntas.
PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN, DAN REKREASI Suciati Rahayu; Adiman
Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science Vol. 1 No. 1 (2021): March: Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science
Publisher : Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52188/ijpess.v1i1.136

Abstract

Penilaian yang sesuai dengan Kurikulum DIKTI bahwa mahasiswa menjadi pusat pembelajaran itu sendiri atau Student Centered Learning (SCL).Maka untuk mata kuliah metodologi penelitian pendidikan diharapkan penilaian autentik sesuai dengan karakteristik mahasiswa menjadi pusat pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk merangkai konsep penerapan penilaian autentik pada perkuliahan metodologi penelitian pendidikan pada program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR). Metode penelitian menggunakan studi pustaka menjadikan penelitian ini berjenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara identifikasi wacana dari buku-buku, makalah atau artikel, jurnal, serta web (internet). Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan kesesuaian penerapan penilaian autentik pada perkuliahan metodologi penelitian pendidikan pada program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR).
EFEKTIVITAS PENINGKATAN KEMAMPUAN SMASH MELALUI LATIHAN 20 KALI PUKULAN DAN 2 KALI 10 PUKULAN Fajar Kurniawan; Mikkey Anggara Suganda
Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science Vol. 1 No. 1 (2021): March: Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science
Publisher : Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52188/ijpess.v1i1.139

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan peningkatan kemampuan smash melalui 20 kali pukulan dan 2 kali 10 pukulan siswa peserta ekstrakurikuler bulutangkis SMP Negeri 1 Moga Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen, dengan desain yang digunakan adalah two group pretest-posttest design. Hasil penelitian pada kelompok 20 kali pukulan diperoleh thitung sebesar -9,562 dan nilai ttabel sebesar 1,753. Oleh karena thitung > ttabel, dapat disimpulkan terdapat efektivitas peningkatan kemampuan smash. Pada kelompok 2 kali 10 pukulan diperoleh thitung sebesar -10,703 dan ttabel sebesar 1,753. Oleh karena thitung > ttabel, dapat disimpulkan terdapat efektivitas peningkatan kemampuan smash. Sehingga dapat diketahui efektivitas peningkatan kemampuan smash melalui latihan 20 kali pukulan maupun 2 kali 10 pukulan, latihan kelompok 2 kali 10 pukulan lebih berpengaruh terhadap tingkat kemampuan smash dalam permainan bulutangkis siswa peserta ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Moga Pemalang.
Peningkatan Hasil Belajar Permainan Bola Voli Melalui Metode Kelompok Bermain Pada Siswa Kelas Iv SDN 12 Mulyadi, Mulyadi; Anhar, Anhar
Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science Vol. 1 No. 2 (2021): September: Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science
Publisher : Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52188/ijpess.v1i2.194

Abstract

Permainan bola voli ialah permainan yang bisa dimodifikasi. Modifikasi dipergunakan menjadi salah satu cara lain pendekatan kelompok Bermain di siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 12 Kecamatan woja kabupaten Dompu, pembelajaran pendidikan jasmani yang dilakukan menggunakan banyak sekali pertimbangan. Penelitian ini bertujuan menaikkan hasil belajar permainann bola voli melalui metode kelompok bermain di peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 12 Kecamatan woja kabupaten dompu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Metode penelitian meliputi lima hal, yaitu Pertama subyek penelitian artinya seluruh peserta didik kelas IV SDN 12 Kecamatan woja kabupaten dompu, yang berjumlah 16 anak, ke 2 Objek penelitian memakai metode gerombolan bermain, ketiga ketika penelitian pada semester 2 Tahun pelajaran 2019/2020, keempat lokasi penelitian yaitu di Sekolah Dasar Negeri 12 Kecamatan woja kabupaten dompu yang terletak pada kelurahan Monta Baru Kecematan Woja Kabupaten Dompu. kelima tekhnik pengumpulan data mencakup observasi, informasi lapangan, tes pribadi, instrumen penelitian meliputi silabus dan RPP, analisis data memakai rumus prosentase. pertemuan dalam penelitian ini dibuat 2 siklus. yang akan terjadi PTK ini didapat yang akan terjadi belajar bola voli memakai metode grup bermain terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II, baik berasal peningkatan rata-rata setiap pertemuan maupun nilai ketuntasan hasil belajar, ratarata siklus I (70,52) atau 9 peserta didik (56,25%) dan rata-homogen siklus II (80,98) atau 14 anak (87,50%) sebagai akibatnya peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 31,25%. kesimpulan penelitian ini merupakan penggunaan metode gerombolan bermain bisa menaikkan akibat belajar bola voli pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 12 Kecamatan woja kabupaten dompu, dengan kriteria tuntas. Saran penelitian ini ialah bila terjadi konflik yang sama maka metode ini mampu digunakan menjadi bahan pembelajaran alternatif.
Pengembangan Tutorial Perwasitan Futsal Berbasis Web Budi, Budi Valianto; Tantri2, Afri; Ilham, Zulpikar; Afstora, Afstora
Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science Vol. 1 No. 2 (2021): September: Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science
Publisher : Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52188/ijpess.v1i2.195

Abstract

Penelitian ini bertujuan buat membuatkan tutorial perwasitan futsal berbasis web buat penikmat futsal umum yang berisi ihwal sejarah, peraturan permainan, perwasitan, video serta kamus futsal yang praktis dipahami serta mudah didapatkan. Metode penelitian yang digunakan merupakan Research and Development dengan mengacu langkah penelitian Borg and Gall yang diadaptasi menjadi 10 langkah. Subjek penelitian ini artinya Pemain serta Wasit. Uji coba grup mungil dilakukan terhadap 8 responden, uji coba grup besar menggunakan 16 responden. Instrumen yang menggunakan angket. hasil data yang diperoleh ialah deskriptif kuantitatif serta kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari akibat angket serta lbr penilaian yang berupa nomor . Data kualitatif yang dianalisis menggunakan menggunakan skala sehingga bisa mengunjukan tingkat kelayakan produk. akibat penelitian menerangkan bahwa tutorial perwasitan futsal berbasis web layak digunakan menjadi media perwasitan futsal yang mudah dipahami serta simpel dihasilkan. hasil tersebut diperoleh dari yang akan terjadi validasi pakar materi sebanyak 93% yang berarti baik/layak, validasi ahli media yang mengambarkan akibat penilaian 89,16% yang berarti baik/layak. di uji coba grup mungil, tutorial ini menerima akibat evaluasi 86,58% yang masuk dalam kategori baik/layak dan di uji coba grup besar tutorial ini mendapat akibat penilaian 89,76% yang masuk dalam kategori baik/layak. dengan demikian mendapatkan konklusi bahwa tutorial ini baik/layak dipergunakan.
Pengembangan Variasi Latihan Footwork Bulu Tangkis Pada Ekstrakurikuler SMA Izet, Zulfikar Ilham; Ade Ros Riza; Yusvita, Henny
Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science Vol. 1 No. 2 (2021): September: Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science
Publisher : Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1008.551 KB) | DOI: 10.52188/ijpess.v1i2.196

Abstract

Tujuan penelitian ini merupakan membentuk suatu rancangan variasi footwork permainan bulutangkis buat anak Sekolah Menengan Atas. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 21 orang, yang terdiri berasal 6 orang uji coba gerombolan kecil dan 15 orang uji coba gerombolan besar . Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development/R&D) yang terdiri asal 8 tahap. Instrumen yang digunkaan buat pengumpulan data memakai angket. Teknik analisis data pada penelitian ini artinya teknik kualitatif. dari hasil uji coba gerombolan kecil terhadap 6 orang siswa ekstrakurikuler bulutangkis Sekolah Menengan Atas Negeri 1 Kualuh Selatan disimpulkan bahwa 10 varisai latihan footwork bulutangkis sudah memenuhi kriteria layak dilanjutkan pada uji coba kelompok besar menggunakan Persentase keterterapan sebesar 77%-96%. lalu hasil uji grup akbar terhadap 15 orang siswa memberikan bahwa 10 variasi latihan tadi telah memenuhi kriteria layak digunakan. Persentase keterterapan variasi asal angket yang sudah dibagikan kepada sampel menunjukkan bahwa 72%-98%. menggunakan demikian yang akan terjadi uji produk diatas maka dapat disimpulkan bahwa 10 variasi latihan tersebut layak digunakan sebagai bentuk variasi latihan buat bisa menaikkan kemampuan footwork bulutangkis serta latihan yang menarik, karena hal tadi olehat krusial dalam latihan agar latihan tadi tidak membosankan serta jadi bahan masukan setiap para instruktur bulutangkis di semua Indonesia.

Page 1 of 16 | Total Record : 152