cover
Contact Name
Zul Anwar
Contact Email
zulanwar17@gmail.com
Phone
+62817259116
Journal Mail Official
mandalikaindo@gmail.com
Editorial Address
http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/about/editorialTeam
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal Transformation of Mandalika
ISSN : -     EISSN : 27455882     DOI : -
Journal Transformation Of Mandalika (JTM) e-ISSN 2745-5882 is a scientific journal that accepts articles for publication in all scientific fields. Published every month since September 2020.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 9 (2024): September" : 5 Documents clear
Peningkatan Kreativitas Siswa SMKS Taruna Jaya Prawira Tuban Pada Materi Persamaan Linier Menggunakan Aplikasi Geogebra Gaguk Juniwianto; Rika Yuli Susanto; Intan Devi Agustina; Risalatul Muawanah; Rachmalia Vinda Kusuma
Journal Transformation of Mandalika, e-ISSN: 2745-5882, p-ISSN: 2962-2956 Vol. 5 No. 9 (2024): September
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jtm.v5i9.3270

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa SMKS Taruna Jaya Prawira Tuban dalam memahami materi persamaan linier melalui penggunaan aplikasi GeoGebra. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X yang berjumlah 26 orang . Data dikumpulkan melalui observasi, tes kreativitas, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi GeoGebra secara signifikan meningkatkan kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan linier. Peningkatan tersebut ditunjukkan melalui hasil tes yang menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dan observasi yang menunjukkan peningkatan partisipasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara, siswa juga merasa lebih tertarik dan termotivasi dalam belajar matematika dengan bantuan GeoGebra. Dengan demikian, penggunaan aplikasi GeoGebra dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi persamaan linier.
Analisis Kurangnya Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa di UPTD SD Inpres Wolatang Jon A. Lalang Yame; Yonarius Blegur; Yulianti Etde; Melianus Maniata
Journal Transformation of Mandalika, e-ISSN: 2745-5882, p-ISSN: 2962-2956 Vol. 5 No. 9 (2024): September
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jtm.v5i9.3376

Abstract

Tujuan dilakukan program magang dasar di UPTD SD INPRES WOLATANG yaitu untuk membangun landasan jati diri pendidik melalui pengamatan langsung kultur sekolah, pengamatan untuk membangun kompetensi dasar, pedagogik, kepribadian dan sosial, pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik, pengamatan langsung proses belajar dikelas, dan releksi hasil pengamatan proses pembelajaran. Metode yang kami gunakan dalam kegiatan magang dasar ini yaitu metode observasi dan dokumentasi. Metode observasi dilakukan dengan cara turun langsung ke sekolah UPTD SD INPRES WOLATANG untuk mengamati lingkungan sekolah serta kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di sekolah. Sedangkan Metode Dokumentasi dilakukan dengan mengambil dokumen-dokumen sekolah dan dipelajari serta dijadikan bahan referensi untuk mengerjakan laporan magang dasar ini.
Pelaksanaan Magang Profesi Kependidikan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar di SD Gmit Oo4 Lawahing Wanda rosiana moulaa; Jon A Lalang Yame; Vantica putri Ouw; Yusti Sailana; Yeni Telly; Ribka Labar; Yafet Kornelis Hamap
Journal Transformation of Mandalika, e-ISSN: 2745-5882, p-ISSN: 2962-2956 Vol. 5 No. 9 (2024): September
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jtm.v5i9.3402

Abstract

Magang dasar adalah suatau program dimana seseoarng mahasiswa melakukan praktik diinstansi pendidikan tertentu magang ini bertujuan untuk memberikan pemahaman praktis tentang dunia pendidikan dasar kepada mahasiswa PGSD. Magang dasar ini dilaksanakan kurang lebih selama 1 bulan (6 kali pertemuan) yang bertempat di UPTD SD GMIT OO4 LAWAHING yang merupakan salah satu sekolah yang berada dikecamatan teluk mutiara desa airkenari sekolah dasar ini berada Dibawah Naungan Yayasan Pindoling Alor.Sekolah Dasar SD GMIT OO4 LAWAHING adalah salah satu sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka. Selama magang, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman langsung dalam menghadapi berbagai tantangan dan dinamika yang terjadi di lingkungan sekolah dasar. Mereka akan belajar tentang cara mengelola kelas, menangani berbagai masalah perilaku siswa, dan beradaptasi dengan kebutuhan individual siswa. Selain kegiatan di dalam kelas, mahasiswa juga akan terlibat dalam kegiatan di luar kelas yang relevan dengan pendidikan dasar, seperti kunjungan lapangan, seminar, atau workshop yang diselenggarakan oleh sekolah atau instansi terkait. Hal ini akan memberikan mereka wawasan yang lebih luas tentang pendidikan dasar serta menginspirasi mereka dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Pada akhir magang, mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang profesi guru sekolah dasar dan memiliki keterampilan dasar yang diperlukan untuk menjadi seorang guru yang efektif dan berdedikasi. Magang ini juga diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk terus belajar dan mengembangkan diri dalam profesi yang mereka pilih.
Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Market Place Shopee Akbar; Muhajirin; Julaiha
Journal Transformation of Mandalika, e-ISSN: 2745-5882, p-ISSN: 2962-2956 Vol. 5 No. 9 (2024): September
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jtm.v5i9.3454

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Menurut Sugiyono (2017), metode explanatory research adalah metode penelitian yang bermaksud menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta pengaruh antara satu variabel dengan variabel yang lain. Alasan penulis memilih menggunakan metode explanatory research karena ingin menguji hipotesis yang diajukan sehingga dalam penelitian ini dapat menjelaskan hubungan antar variabel melalui pengujian hipotesis. Pada penelitian ini penulis berusaha menjelaskan hubungan antar variabel (X1), online customer review (X2), online customer rating dan keputusan pembelian (Y).Adapun instrument penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah koesioner dengan menggunakan skala likert, Responden diberikan serangkaian pertanyaan dengan memilih salah satu alternative jawaban yang anggap paling tepat Uji validitaas digunakan untuk mengukur valid atau tidaknya suatu indikator, cara untuk melakukan uji validitas ini yakni dilakukan dengan mengkorelasikan antara skor Pearson Correlation dengan r kritis (Sugiyono, 2017), Nilai koefisien korelasi untuk masing-masing butir dibandingkan dengan nilai r kritis yang dalam hal ini ditentukan 0,30. Jika koefisien korelasi (r-hitung) lebih besar dari r kritis (0,30).dan bernilai positif, maka butir tersebut valid, begitupun sebaliknya. (Sugiyono, 2017).Ukuran dikatakan reliabel jika ukuran tersebut memberikan hasil yang konsisten. Reliabelitas diukur dengan menggunakan metode cronbach alpa (Riduwan, 2008 ), Instrumen dapat dikatakan andal (Reliable) apabila memiliki koefisien keandalan (reliabilitas) sebesar 0,6 atau lebih, bila alpha lebih kecil dari (<0,6) maka dinyatakan tidak reliable (Sugiyono, 2017).Dari hasil pengujian Uji Validitas yang di lakukan dengan menggunakan Program SPSS versi 26.0 maka dapat di nyatakan bahwa variabel Online Customer Review, Online Customer Rating dan Keputusan Pembelian pada keseluruhan instrumen yang di gunakan di nyatakan Valid Karena > 0.30. Cronbach Alpha (α) untuk masing variabel lebih besar (>0.60), maka variable Online Customer Review, Online Customer Rating dan Keputusan Pembelian dapat dikatakan reliabel
Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Social Media Marketing dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Padateras Kopi Kota Bima April Setiawan; Ita Purnama; Muhajirin
Journal Transformation of Mandalika, e-ISSN: 2745-5882, p-ISSN: 2962-2956 Vol. 5 No. 9 (2024): September
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jtm.v5i9.3496

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh secara signifikan Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Social Media Marketing Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Teras Kopi Kota Bima, Jenis penelitian ini termasuk penelitian Asosiatif adalah suatu metode yang dilakukan untuk mengetahui hubungan antara dua variable atau lebih, yaitu variabel (X) dan (Y), Adapun instrument penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah koesioner dengan menggunakan skala likert, Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang ada di kota bima yang pernah membeli Pada Teras Kopi Kota Bima, sampel dalam penelitian ini mengunakan rumus Uknown Population dengan jumlah responden sebasar 96 responden, Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu Obsevasi, Kuesioner, dan Studi pustaka, dengan menggunakan teknik analisa data uji validitas, realiabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, determinasi dan korelasi uji t dan uji f. Hasil penelitian Terdapat pengaruh secara simultan Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Social Media Marketing Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Teras Kopi Kota Bima

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 6 No. 11 (2025): November Vol. 6 No. 10 (2025): Oktober Vol. 6 No. 9 (2025): September Vol. 6 No. 8 (2025): Agustus Vol. 6 No. 7 (2025): Juli Vol. 6 No. 6 (2025): Juni Vol. 6 No. 5 (2025): Mei Vol. 6 No. 4 (2025): April Vol. 6 No. 3 (2025): Maret Vol. 6 No. 2 (2025): Februari Vol. 6 No. 1 (2025): Januari Vol. 5 No. 12 (2024): Desember Vol. 5 No. 11 (2024): November Vol. 5 No. 10 (2024): Oktober Vol. 5 No. 9 (2024): September Vol. 5 No. 8 (2024): Agustus Vol. 5 No. 7 (2024): Juli Vol. 5 No. 6 (2024): Juni Vol. 5 No. 5 (2024): Mei Vol. 5 No. 4 (2024): April Vol. 5 No. 3 (2024): Maret Vol. 5 No. 2 (2024): Februari Vol. 5 No. 1 (2024): Januari Vol. 4 No. 12 (2023): Desember Vol. 4 No. 11 (2023): November Vol. 4 No. 10 (2023): Oktober Vol. 4 No. 9 (2023): September Vol. 4 No. 8 (2023): Agustus Vol. 4 No. 7 (2023): Juli Vol. 4 No. 6 (2023): Juni Vol. 4 No. 5 (2023): Mei Vol. 4 No. 4 (2023): April Vol. 4 No. 3 (2023): Maret Vol. 4 No. 2 (2023): Februari Vol. 4 No. 1 (2023): Januari Vol. 3 No. 12 (2022): Desember Vol. 3 No. 11 (2022): November Vol. 3 No. 10 (2022): Oktober Vol. 3 No. 9 (2022): September Vol. 3 No. 8 (2022): Agustus Vol. 3 No. 7 (2022): Juli Vol. 3 No. 6 (2022): Juni Vol. 3 No. 5 (2022): Mei Vol. 3 No. 4 (2022): April Vol. 3 No. 3 (2022): Maret Vol. 3 No. 2 (2022): Februari Vol. 3 No. 1 (2022): Januari Vol. 2 No. 12 (2021): Desember Vol. 2 No. 11 (2021): November Vol. 2 No. 10 (2021): Oktober Vol. 2 No. 9 (2021): September Vol. 2 No. 8 (2021): Agustus Vol. 2 No. 7 (2021): Juli Vol. 2 No. 6 (2021): Juni Vol. 2 No. 5 (2021): Mei Vol. 2 No. 4 (2021): April Vol. 2 No. 3 (2021): Maret Vol. 2 No. 2 (2021): Februari Vol. 2 No. 1 (2021): Januari Vol. 1 No. 4 (2020): Desember Vol. 1 No. 3 (2020): November Vol. 1 No. 2 (2020): Oktober Vol. 1 No. 1 (2020): September More Issue