cover
Contact Name
Mochamad Rizqi Adhi Pratama
Contact Email
rizqi.adhi@unw.ac.id
Phone
+628976267469
Journal Mail Official
mochamadrizqi89@gmail.com
Editorial Address
Gedung M Lt. 2, Kampus Universitas Ngudi Waluyo, Jalan Diponegoro No. 186, Ungaran, Kabupaten Semarang
Location
Kab. semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Praniti Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
ISSN : -     EISSN : 27749193     DOI : -
Core Subject : Education,
PRANITI: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra is a journal of education, language, and literature published by Department of English Literature, Faculty of Economics, Law, and Humanities, Universitas Ngudi Waluyo. Praniti is published four times annually in January, April, July, and October. We welcome mainly research-based articles concerned with education, language, and literature. The submitted manuscripts should be in English or Bahasa Indonesia (Abstract should be written in English).
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2022)" : 15 Documents clear
SEMIOTIC ANALYSIS "THE OLD MAN AND THE SEA" BY EARNEST HEMINGWAY Salsa Billa Fauziah Tamami; Endang Susilowati
Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (943.525 KB)

Abstract

This paper analyzed the novella entitled The Old Man and The Sea the work of Ernest Hemingway to find the meaning stored in the sign contained in the work by using semiotic theory which is a study of linguistic methods that only focuses on the meaning contained in the sign or symbol. With the theory used in Hemingway's literary work novella, several symbols were found, such as the symbol contained in the character Santiago himself, then the meaning contained in the number 84 symbol in the novella, then the meaning contained in the Marlin Fish symbol, and finally meaning stored in the symbol of the Shark that attacked Santiago's ship when he was about to return to the coast after spending days drifting in the middle of the sea with the big Marlin fish he caught.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV SD NEGERI PENGKOL JEPARA Jiehan Noeril Isvyna Soeharyono; Muhammad Arief Budiman; Ariestika Damayani
Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1044.054 KB)

Abstract

Konteks Penelitian yang mendorong penelitian ini berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada Bapak Rizky Aulia, S.Pd., Guru Bahasa Inggris kelas IV SD Negeri Pengkol Jepara , beliau mengatakan bahwa pembelajaran daring menggunakan media online memiliki pengaruh terhadap keefektifitasan pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Fokus Penelitian ini adalah apakah pembelajaran daring menggunakan media online pada pelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri Pengkol Jepara sudah berjalan efektif? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menganalisis efektifitas pembelajaran daring menggunakan media online pada pelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri Pengkol Jepara. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru Bahasa Inggris Kelas IV, Orang tua dan siswa kelas IV SD Negeri Pengkol Jepara. Teknik pengumpulan data berasal dari observasi. Wawancara, dan angket/kuesioner. Hasil analisis dan pembahasan dari data yang diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan media online pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas IV SD Negeri Pengkol berjalan efektif. Hal ini dibuktikan dari pencapaian keefektifan pembelajaran yaitu 1) Daftar nilai yang diperoleh dari hasil belajar siswa yang diatas KKM 2) RPP dan Silabus berhasil di implementasikan dalah kegiatan belajar mengajar 3) Metode,Model dan Pendekatan yang berhasil diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar 4) Media Pembelajaran berupa video yang bersumber dari Youtube berhasil membantu guru dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah dalam proses pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Innggris sebaiknya peserta didik mulai berdaptasi dengan proses pembelajaran daring, peserta didik mulai beradaptasi belajar menggunakan smartphone atau laptop untuk proses belajar mengajar dan mulai beradaptasi dengan materi pelajaran Bahasa Inggris yang disampaikan guru
PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN REJOSARI 03 SEMARANG Nur Azimatul Khusnah; Henry Januar Saputra; Singgih Adhi Prasetyo
Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1072.927 KB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dimasa pandemi guru belum menggunakan aplikasi yang mampu berinteraksi langsung dengan siswa, sehingga siswa kurang paham akan materi yang diberikan guru saat pembelajaran dan menyebabkan nilai siswa dibawah Ketuntasan Kriteria Maksimum Belajar(KKM).Tujuan penelitian ini untuk mengetahui berapa besar pengaruh pembelajaran daring menggunakan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa. Pemilihan Metode yang digunakan desain one grup pretest-posttest design dengan Populasi penelitian siswa kelas IVA SDN Rejosari 03 Semarang. Data yang diperoleh melalui test (pretest dan postest), wawancara dan documentasi. Diperoleh nilai pretest rata-rata 61 dan nilai rata-rata posttest 80. Uji t Pretest-postest dilakukan untuk mengetahui adanya peningkatan pada hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data pada hasil belajar pretest dan posttest dengan uji-t bahwa diperoleh thitung = 6,035 > ttabel = 2,0129 dengan taraf signifikan sebesar 5%. maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan Pengaruh Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Rejosari 03 Semarang.
PENELITIAN TINDAKAN KELAS UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE DEMONSTRASI DI TK TUNAS MEKAR II PINGIT KECAMATAN PRINGSURAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Nur Rahmawati
Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1035.842 KB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK Tunas Mekar II Pingit. Penelitian ini dilakukan karena peneliti melihat kemampuan motorik halus pada anak yang belum sesuai harapan. Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan motorik halus anak di Kelas B TK Tunas Mekar II Pingit Kecamatan Pringsurat melalui penerapan metode demonstrasi. Sedang Manfaat yang akan diperoleh yaitu Anak-anak akan lebih aktif, kreatif, merasa senang dan kemampuan motorik halus dapat berkembang secara optimal seiring dengan tugas perkembangan yang diharapkan, Guru akan memperoleh sejumlah pengalaman baru, wawasan yang lebih mendalam tentang metode demonstrasi sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan motorik halus yang dimiliki anak, serta sebagai salah satu rujukan yang tepat bagi guru apabila kelak dikemudian hari mempunyai kesulitan yang serupa atau hampir sama,bagi orang tua Sebagai tambahan wawasan baru bagi orang tua bagaimana cara membantu guru dalam mengatasi masalah yang terjadi serta membantu guru dalam menyelesaikan masalah yang terjadi pada diri anak dan bagi peneliti sendiri untuk mengetahui cara menerapkan praktik langsung untuk meningkatkan kemampuan motorik halus dengan penerapan metode demonstrasi pada anak. Dalam Penelitian ini menggunakan metode Observasi dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik halus anak. Sedang metode dokumentasi digunakan untuk mendokumentasikan kegiatan maupun hasil kegiatan siswa. Pada saat dilaksanakan pengamatan dengan metode demontrasi untuk meningkatkan kemampuan motorik halus TK Tunas Mekar II Pingit dengan jumlah siswa 19 anak, Peneliti mencatat pada pra siklus yaitu 32 %. Maka dilakukan penelitian perbaikan, tujuanya untuk mengetahui peningkatan anak terhadap pengembangan motorik halus. Perbaikan dilakukan dengan PTK dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Pada pembelajaran siklus I dengan kegiatan melukis dengan benang dan finger painting dengan pewarna makanan.  Pada pembelajaran siklus II dengan kegiatan melukis dengan cat air dan finger painting dengan jenangan warna. Pada Siklus I mencapai 47 % dan Siklus II naik menjadi 79 %. Simpulan dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Tunas Mekar II Pingit.
ANALISIS PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA SOSIAL WHATSAPP SISWA KELAS V DI SDN KALIKONDANG 4 DEMAK Rika Dwi Handayani; Kiswoyo Kiswoyo; Intan Rahmawati
Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1023.122 KB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah disebabkan adanya pandemi COVID-19 yang terjadi di seluruh Indonesia. Pandemi ini berdampak ke semua aspek kehidupan, baik perekonomian, bidang kesehatan dan pendidikan. Terutama dibidang pendidikan yang harus mendapatkan perhatian khusus agar tidak berdampak buruk. Dalam pembelajaran jarak jauh proses pembelajaran melalui WhatsApp kurang efektif jika diterapkan di wilayah desa sebab terdapat berbagai kendala.Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penggunaan WhatsApp pada pembelajaran di SDN Kalikondang 4 Demak?, 2) Apakah penggunaan WhatsApp dapat digunakan secara efektif dalam pembelajaran daring di kelas V SDN Kalikondang 4 Demak?, 3) Apakah terdapat kesulitan pada siswa kelas V SDN kalikondang 4 Demak dalam pembelajaran daring melalui media sosial WhatsApp? Tujuan yang hendak dicapai untuk mengetahui pembelajaran melalui media sosial WhatsApp siswa kelas V Di SDN Kalikondang 4 Demak dilihat pada proses belajar jarak jauh.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah SDN Kalikondang 4 Demak, dengan mengambil sampel siswa kelas V. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil wawancara, observasi, dan angket. Hasil dari penelitian ini bahwa hasil analisis yang telah dilakukan berkaitan dengan proses pembelajaran yang dilakukan melalui media sosial WhatsApp siswa kelas V di SDN Kalikondang 4 Demak dibuktikan dari hasil yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa dalam penggunaan WhatsApp sebagai proses pembelajaran hanya digunakan sebagai pemberian informasi tugas saja, untuk pengumpulan tugas siswa datang ke sekolah dan pembelajaran menggunakan WhatsApp juga kurang efektif dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kurangnya penjelasan materi dari guru, banyak siswa yang tidak paham materi pembelajaran, rendahnya aspek afektif dan psikomotorik pada pembelajaran, sinyal internet, kesibukan orang tua dan latar belakang pendidikan orang tua dan sebagainya. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru kedepannya diharapkan menggunakan media pembelajaran yang lain untuk membantu menjelaskan materi yang dapat mempermudah pemahaman siswa agar pembelajaran dapat berjalan secara efektif, mampu menciptakan motivasi belajar yang tinggi untuk siswa, kerjasama yang baik antara guru, siswa serta orang tua agar pembelajaran dapat terlaksana dengan lancar.
ANALISIS DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP MORAL SISWA KELAS 4 SDN UNDAAN KIDUL 01 DEMAK Lu’luatuz Zuafah; Kiswoyo Kiswoyo; Ferina Agustini
Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1040.071 KB)

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakin canggih menghadirkan suatu permainan dalam suatu jaringan internet (game online). Dan saat ini game online sudah memasuki pada dunia anak, hal tersebut dapat dilihat dari maraknya siswa sekolah dasar yang menggunakan game online. Kegiatan bermain  Game online tentunya memberikan suatu dampak tersendiri bagi penggunanya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana tingkat kecanduan dalam bermain game online dan untuk mendeskripsikan dampak game online  terhadap moral siswa pada siswa kelas 4 SDN Undaan Kidul 01 Demak. Jenis penelitian ini kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner/angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar siswa mengalami kecenderungan untuk bermain game online dengan perolehan terbanyak 85% atau 17 siswa ketagihan game online dan 70% atau 14 siswa siswa yang semakin hari semakin lama untuk bermain game online. Tingkat kecanduan siswa dalam bermain game online yaitu rata-rata setiap hari dalam seminggu dengan persentase terbanyak diperoleh 60%, dan rata-rata 5 jam lebih dalam sehari dengan presentase terbanyak diperoleh 55%. Dan dalam bermain game online terdapat dampak terhadap moral siswa. Dimana lebih banyak didapatkan dampak negatif daripada dampak positif. Adapun dampak positifnya yaitu siswa dapat berpengalaman dan memiliki keterampilan dalam bidang ilmu teknologi dan dapat dijadikan sebagai hiburan untuk siswa. Sedangkan dampak negatifnya yaitu tingkat emosional siswa meningkat dan sulit terkontrol, siswa menjadi lupa waktu, siswa suka minta uang keperluan untuk game online, siswa menjadi suka berbohong (tidak jujur), siswa kurang peduli dengan lingkungan sekitar, mengganggu kesehatan siswa, dan siswa menjadi pemalas dan sering mengabaikan kegiatan penting lainnya.
PENGARUH PROSES PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MASA PANDEMI KELAS IV SD N 3 BANJARSARI Anggita Larassanti; Muhammad Arief Budiman; Ariestika Damayani
Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1042.569 KB)

Abstract

Konteks Penelitian yang mendorong penelitian ini berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada ibu Ela Astutik, S.Pd., Guru mata pelajaran Bahasa Inggris kelas IV di SD N 3 Banjarsari, beliau mengatakan bahwa proses pembelajaran online pada mata pelajaran bahasa inggris sangat berpengaruh untuk guru, siswa, dan orang tua. Fokus penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pembelajaran Bahasa Inggris di masa pandemi bagi guru, siswa, orang tua dan prosesnya di SD N 3 Banjarsari? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa inggris SD N 3 Banjarsari dimasa pandemi dan pengaruh bagu guru, siswa, orang tua. Metode penelitian ini menggunakan motode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mapel Bahasa Inggris, orang tua, dan siswa kelas IV SD N 3 Banjarsari. Teknik pengumpulan data berasal dari observasi, wawancara,dan angket. Hasil analisis dan pembahasan dari data yang diperoleh bahwa pengaruh proses pembelajaran online pada mata pelajaran bahasa inggris yaitu memiliki beberapa pengaruh untuk guru,siswa,dan orang tua. Pengaruh untuk guru pada proses pembelajaran daring dan luring adalah pada pembelajaran daring guru dibuat sibuk untuk menyiasati pelaksanaan pembelajaran yang efektif bagi peserta didik.  Lalu pengaruh bagi siswa pada hasil belajar yaitu nilai rata –rata pembelajaran daring dan luring didapat hasil pada pembelajaran luring nilai rata-rata siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa inggris adalah 91,selanjutnya pada nilai pembelajaran daring nilai rata- rata siswa yaitu 79,31. Lalu pengaruh bagi orang tua yaitu tugas menjadi bertambah karena harus mendampingi anak saat proses pembelajaran berlngsung. Berdasarkan hasil penelitian ini saran dapat disampaikan adalah adalah guru hendaknya dapat mengembangkan pembelajaran yang dapat membuat kondisi belajar efektif dan berinovasi,sedangkan sekolah hendaknya lebih memfasilitasi guru dalam pelaksanaan pembelajaran terutama pada pembelajaran daring, dan guru dapat memberikan motivasi kepada siswa pada saat pembelajaran agar siswa tetap memiliki semangat yang tinggi walaupun dilakukan secara daring.
PENERAPAN MODEL PBL BERBANTU MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA IIIB SD SUPRIYADI SEMARANG Wisik Agung Novanto; Fine Reffiane; Karsono Karsono
Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1054.087 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema 8 kelas III SD Supriyadi Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas IIIB SD Supriyadi Semarang sebanyak 27 terdiri dari 11 anak laki-laki dan 16 anak perempuan. Variabel bebas Model Problem Based Learning, variabel terikat partisipasi dan hasil belajar pada pembelajaran tematik. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan partisipasi serta hasil belajar siswa pada tema 8 kelas IIIB SD Supriyadi Semarang. Pada prasiklus skor nilai keaktifan peserta didik sebesar 2,85. Setelah dilakukan tindakan dalam tiga siklus keaktifan siswa meningkat menjadi 3,67. Saran dari peneliti, pendidik perlu menggali dan berlatih ketrampilan bertanya tingkat tinggi yang mampu mengungkap dan menggali nilai yang ada dalam diri peserta didik serta guru harus mampu berkreativitas dalam menggunakan media yang tersedia.
ANALISIS MANFAAT PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE BAHASA INGGRIS DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA Septiana Puji Wahyuningsih
Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (948.958 KB)

Abstract

Saat ini pandemi covid-19 telah menghambat proses pembelajaran secara tatapmuka di sekolah, untuk mengurangi hambatan tersebut pembelajaran secara online menjadi suatu cara yang dapat digunakan oleh guru dan siswa untuk mengatasi masalah tersebut. Menjelaskan sebuah materi membutuhkan pendalaman yang lebih dalam, terutama dalam pembelajaran bahasa Inggris. Diwaktu pandemi covid-19 saat ini banyak guru yang memanfaatkan media pembelajaran untuk digunakan dalam pertemuan jarak jauh yaitu dengan cara pembelajaran secara online. Pemanfaatan media dalam pembelajaran dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, meningkatkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan berpengaruh secara psikologis kepada siswa (Hamalik, 1986; Budiman dkk, 2020; Safitri dkk, 2019). Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui cara  membuat siswa memahami materi bahasa Inggris melalui pemanfaatan media pembelajaran Youtube, untuk mengetahui media pembelajaran youtube bermanfaat terhadap pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Menurut Sugiyono (2012:15) Penelitian kualitatif adalah penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan dilakukan secara purposive dan snowbaal, teknik pengumpulan dengan trianggulasi,analisis data bersifat induktif/kualitatif dan hasil penelitian menekankan makna dari pada generalisasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti pembelajaran bahasa Inggris berlangsung dalam  tiga tahap yaitu pada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pemanfaatan youtube terjadi pada tahap kegiatan inti, pada tahap kegiatan inti peneliti menyampaikan materi pembelajaran bahasa Inggris dengan memanfaatkan  media youtube melalui zoom, video pembelajaran bahasa Inggris yang ditayangkan dalam pembelajaran bahasa inggris tentang materi “Toys”. Pemanfaatan media pembelajaran youtube dalam pembelajaran online bahasa Inggris dikelas II SDN Mojoagung 01 menunjukkan bahwa media youtube memiliki manfaat terhadap pemahaman siswa.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN BERBAGAI MEDIA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK MERDISIWI I TUKSONGO KECAMATAN PRINGSURAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Asih Asih
Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1038.505 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan kolase di kelompok A TK Merdisiwi I Tuksongo Kecamatan Pringsurat. Keterampilan motorik halus yang diteliti meliputi keterampilan memberi lem pada gambar, menyusun bahan kolase, merekatkan bahan kolase. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian siswa kelompok A TK Merdisiwi I Tuksongo Kecamatan Pringsurat yang berjumlah 21 anak yang terdiridari 11 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus s.d. September tahun pelajaran 2017/2018 di minggu pertama dan ketiga.Tema Binatang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan alat bantu observasi berupa foto. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan kolase dengan berbagai media dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini. Pada siklus I pertemuan pertama dengan kriteria BSH sejumlah 5 anak apabila diprosentasekan sebesar 23,81%, kriteria MB ada 9 anak atau 42,86%, sedangkanuntuk kriteria BB ada 7 anak dengan prosentase 33,33%. Sedangkan pada pertemuan kedua kriteria BSH ada 9 anak atau sekitar 42,86%, kriteria MB 10 anak atau 47,62, dan untuk kriteria BB adalah 2 anak atau 9,52%. Pada pertemuan ketiga hasilnya untuk kriteria BSH ada 13 anak atau sekitar 61,90%, untuk kriteria MB ada 8 anak atau 38,09% , sedangkan untuk kriteria BB tidak ada. Pada Siklus II pertemuan pertama dengan kriteria BSH sejumlah15 anak apabila diprosentasekan sebesar 71,43%, kriteria MB ada 6 anak atau 28,57%, sedangkan untuk kriteria BB sudah tidak ada. Sedangkan pada pertemuan kedua kriteria BSH ada 18 anak atau sekitar 85,71%, kriteria MB 3 anak atau 14,29, dan untuk kriteria BB sudah tidak ada lagi. Anak mampu memberi lem pada gambar, menyusun bahan kolase, merekatkan bahan kolase tanpa bimbingan dari guru.

Page 1 of 2 | Total Record : 15