cover
Contact Name
Ahmad Saefulloh
Contact Email
ahmadsaefulloh791@gmail.com
Phone
+6285266576373
Journal Mail Official
parislangkis@gmail.com
Editorial Address
Kampus UPR Tunjung Nyaho, Jalan Hendrik Timang. Palangka Raya
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Jurnal Paris Langkis
ISSN : -     EISSN : 27237001     DOI : https://doi.org/10.37304/paris.v2i2.4153
Jurnal Paris Langkis merupakan jurnal Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya. Ruang lingkup pada jurnal ini mencakup tentang pendidikan, pembelajaran, hukum, politik dan sosial-budaya, filosofi, nilai dan etika sosial kemasyarakatan, serta kearifan lokal dalam bingkai pancasila dan undang-undang dasar negara Indonesia tahun 1945. jurnal ini terbit secara berkala 6 bulan sekali pada bulan Agustus dan Maret yang berasal dari penelitian, pengabdian masyarakat, serta karya ilmiah lainnya yang dihasilkan baik dosen, guru maupun mahasiswa. jurnal ini mulai terbit perdana pada 17 Agustus 2020, dengan Surat Keputusan dari Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan No. 3734/ UN24.3/AK/2019 pada tanggal 27 Agustus 2019 tentang Tim Editorial Jurnal.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2025): Edisi Agustus 2025" : 8 Documents clear
E-POSTER AUDIO HANDEP HAPAKAT: THE EXISTENCE OF DAYAK CULTURE IN STRENGTHENING CULTURAL LITERACY AND CITIZENSHIP OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS Mustika, Maryam; Munandar, Aris; Muh. Khaedir
Jurnal Paris Langkis Vol 6 No 1 (2025): Edisi Agustus 2025
Publisher : PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/paris.v6i1.17261

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini kepada pengembangan E-Poster Audio yang merupakan salah satu media pembelajaran digital dalam proses pembelajaran sebagai sarana untuk mengangkat eksistensi budaya Dayak dalam menguatkan literasi budaya dan kewargaan siswa SMP. Eksistensi budaya local merupakan salah satu factor dalam pendidikan yang dapat memperkuat identitas dan rasa kebangsaan pada generasi muda. Literasi budaya dan kewarganegaraan yang tidak hanya berfungsi sebagai bentuk penjagaan terhadap keberagaman identias bangsa, tetapi juga memberikan benteng pertahanan terhadap potensi disintegrasi sosial diakibatkan oleh intoleransi dan ketidak pahaman terhadap perbedaan. Pemahaman akan literasi menjadi kunci dalam menghadirkan Masyarakat yang berbudaya, beradab, dan aktif dalam mengembangkan kesejahteraan ditingkat internasional dan memajukan tatanan Masyarakat secara global. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Pengembangan Model PIE dengan tahapan terdiri dari Perencanaan (Plan), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Poster yang dihasilkan berupa e-poster audio Budaya Handep Hapakat denga nisi meliputi pengenalan Sejarah, Konsep Budaya Handep Hapakat, Kegiatan-kegiatan yang mengarah ke budaya Handep Hapakat, wujud Handep Hapakat dan nilai-nilai yang diwariskan dalam Budaya Handep Hapakat. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa E-Poster Audio Handep Hapakat memberikan manfaat sebagai media pembelajaran yang layak dan menguatkan literasi budaya dan kewargaan siswa SMP.
PENDEKATAN PSIKOLOGI ISLAM TERHADAP PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM Hidayatulloh, Riyan; Saepul Anwar, Aep
Jurnal Paris Langkis Vol 6 No 1 (2025): Edisi Agustus 2025
Publisher : PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/paris.v6i1.22596

Abstract

Penelitian Penelitian ini mengkaji pendekatan psikologi Islam dalam memahami perkembangan peserta didik dari sudut pandang pendidikan Islam. Metode yang diterapkan adalah studi pustaka dengan analisis kualitatif terhadap berbagai literatur terbaru yang membahas psikologi Islam serta teori perkembangan peserta didik. Temuan kajian menunjukkan bahwa psikologi Islam menawarkan pendekatan holistik yang mengintegrasikan aspek fisik, mental, dan spiritual, yang berbeda dengan teori perkembangan Barat yang lebih fokus pada aspek kognitif dan psikososial. Pendekatan ini menempatkan nilai-nilai keimanan dan moral-spiritual sebagai dasar utama dalam membentuk karakter dan ketahanan mental peserta didik. Implikasi praktisnya terlihat dalam pengembangan kurikulum, pelatihan guru, lingkungan belajar, dan metode pembelajaran di sekolah Islam yang dapat mengembangkan insan kamil secara menyeluruh. Sebagai kesimpulan, psikologi Islam sangat relevan untuk menghadapi tantangan pendidikan modern dengan menanamkan keseimbangan antara dunia dan akhirat bagi peserta didik.
STUDI KONSTRUKSI ILMU PENGETAHUAN (SCIENCE) NIDHAL GUESSOUM Ngatipan
Jurnal Paris Langkis Vol 6 No 1 (2025): Edisi Agustus 2025
Publisher : PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/paris.v6i1.22775

Abstract

Al quran bukanlah kitab ilmu pengetahuan, melainkan kitab yang berisi tentang tanda (ayat). Meskipun demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa di dalam Al quran memuat filsafat ilmu pengetahuan. Kebenaran Al quran bersifat absolut, sedangkan kebenaran ilmu pengetahuan bersifat relatif. Sebagian kalangan beranggapan bahwa informasi dari ilmu pengetahuan yang seakan bertentangan dengan hasil interpretasi atas ayat Al quran atau teks hadis dianggap salah atau sesat, karena bertentangan dengan hasil intrepretasi atas ayat tertentu -terkecualikan ayat yang terkait hal-hal transenden yang sudah final- , padahal status kebenaran keduanya setara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka (library research) terkait konstruksi ilmu pengetahuan menurut pendekatan yang berbeda oleh Nidhal Guessoum. Menurut hasil kajian ini, dapat disampakan bahwa persinggungan antara ilmu pengetahuan dan Al quran berbentuk dinamika dialektis, saling memberi dan terbuka satu sama lain, sehingga jika mincul kontradiksi antara keduanya tidak mesti bermakna salah.
PENERAPAN ASAS IKTIKAD BAIK DALAM MEDIASI PENYELESAIAN SENGKETA WANPRESTASI EKONOMI SYARIAH DI PENGADILAN AGAMA TANGERANG Hazazi, Hizrian Luthfil Khaliq; Nurhayani
Jurnal Paris Langkis Vol 6 No 1 (2025): Edisi Agustus 2025
Publisher : PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/paris.v6i1.22831

Abstract

Iktikad baik merupakan kewajiban dalam proses mediasi yang mengatur partisipasi dan interaksi para pihak yang berperkara di pengadilan. Dalam periode 2022-2024, Pengadilan Agama Tangerang telah menangani 30 perkara ekonomi syariah, 18 diantaranya berkaitan dengan perkara wanprestasi. Dari 18 perkara wanprestasi, hanya 3 perkara yang dapat diselesaikan melalui mediasi dengan iktikad baik. Hal ini menunjukkan bahwa keberhasilan mediasi dengan iktikad baik pada perkara wanprestasi ekonomi syariah di Pengadilan Agama Tangerang masih rendah. Rendahnya perkara yang terselesaikan salah satunya diakibatkan tidak dilaksanakannya iktikad baik. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan iktikad baik dalam pelaksanaan mediasi terhadap penyelesaian sengketa wanprestasi ekonomi syariah serta bagaimana akibat hukum dari tidak dilaksanakannya iktikad baik terhadap penyelesaian sengketa wanprestasi ekonomi syariah di Pengadilan Agama Tangerang dikaitkan dengan teori efektivitas hukum. Metode penelitian ini adalah empiris yaitu melalui data observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan iktikad baik sebagaimana diatur dalam Pasal 7 ayat (1) Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan telah dilaksanakan oleh mediator tetapi, tingkat keberhasilannya masih rendah dikarenakan salah satu atau kedua belah pihak tidak hadir dalam proses mediasi. Jika yang tidak hadir penggugat atau kedua belah pihak maka akan jatuh putusan Niet Ontvankelijke Verklaard (NO), jika yang tidak hadir tergugat maka akan lanjut ke proses pembuktian. Maka, masyarakat harus memiliki kesadaran hukum serta pihak terkait melakukan pengevaluasian secara rutin agar penerapan asas iktikad baik dalam mediasi penyelesaian sengketa wanprestasi ekonomi syariah di Pengadilan Agama dapat lebih efektif.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA Damayanti, Alfiani; Arismundar; Tolla, Ismail
Jurnal Paris Langkis Vol 6 No 1 (2025): Edisi Agustus 2025
Publisher : PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/jpl.v6i1.17270

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk membahas pengaruh media belajar interaktif terhadap minat belajar siswa. Media interaktif adalah alat belajar yang mengajak siswa untuk aktif, seperti aplikasi atau game edukasi di komputer dan perangkat mobile. Banyak penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media ini meningkatkan semangat belajar siswa. Kami mengulas beberapa aspek penting, termasuk jenis media yang efektif, cara penerapannya di kelas, dan dampaknya pada motivasi belajar siswa. Pembahasan juga mencakup tantangan dan peluang dalam menggunakan media interaktif dalam pembelajaran. Kesimpulannya, media belajar interaktif berpotensi besar meningkatkan minat belajar siswa, namun perlu diterapkan dengan tepat agar sesuai kebutuhan pembelajaran.
KURIKULUM UNGGULAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (Studi Komparatif di SDIT Al-Izzah dan SDIT Al-Hanif) Badratul Laela, Neng Linda; Fitri, Shafirah
Jurnal Paris Langkis Vol 6 No 1 (2025): Edisi Agustus 2025
Publisher : PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/jpl.v6i1.23143

Abstract

Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) memiliki keunggulan dibandingkan sekolah dasar umum, terutama pada aspek kurikulum dan pembelajaran yang berbasis kurikulum terpadu (integrated curriculum) dengan mensinergikan kurikulum nasional (Kemendikbud), kurikulum agama (al-Islam), serta muatan lokal, dan dilaksanakan dengan sistem full day school. SDIT dipandang sebagai anasirit taghyir (agen perubahan) yang mengawal transformasi sosial dan budaya, sebab kurikulumnya berlandaskan pada nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadis dengan visi futuristik, sehingga materi pembelajaran diarahkan untuk membekali peserta didik menghadapi perubahan sosial dan kompleksitas kehidupan. Penelitian ini berfokus pada analisis kurikulum unggulan SDIT Al-Izzah dan SDIT Al-Hanif, dengan tujuan memahami desain, konsep, serta implementasi kurikulum yang diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan empiris, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum SDIT terdiri atas kurikulum yayasan, kurikulum pengembangan diri, dan kurikulum pembiasaan dari jaringan sekolah Islam terpadu; SDIT Al-Hanif mengintegrasikan kurikulum Kemendiknas, Kemenag, dan Yayasan; sementara keunggulan keduanya terletak pada kelompok mata pelajaran pengembangan diri dengan perbedaan jumlah dan intensitas jam pelajaran, yakni SDIT Al-Izzah menyediakan 14 mata pelajaran dengan 32 jam pelajaran, sedangkan SDIT Al-Hanif memiliki 10 mata pelajaran dengan 108 jam pelajaran. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya kajian pengembangan kurikulum pendidikan Islam berbasis integrasi
EVALUASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMPN 54 SURABAYA Aliansyah, Revaldino; Suasridewi, Desak Gede; Febrihapsari, Mahardani; Rahmanto, Agus; Prihartanti, Wiwik
Jurnal Paris Langkis Vol 6 No 1 (2025): Edisi Agustus 2025
Publisher : PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/jpl.v6i1.22724

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji mengenai penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan pramuka di SMPN 54 Surabaya menggunakan indikator evaluasi dari William N Dunn. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai instrumennya menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data dan tampilan data untuk analisisnya. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan pendidikan karakter di SMPN 54 Surabaya berdasarkan indikator dari William N Dunn telah dilakukan dengan baik. Ada lima indikator yang menunjukkan hasil baik. Kelima indikator tersebut adalah indikator efektivitas, kecukupan, pemerataan, responsivitas dan ketepatan. Sementara itu satu indikator, yaitu efisiensi masih menunjukkan hasil yang masih belum optimal dalam pelaksanaannya, khususnya terkait dengan efisiensi biaya. Ada beberapa perbaikan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran pendidikan karakter di SMPN 54 Surabaya. Pertama, perlu adanya sanksi terhadap pelatih yang terlambat agar tidak memberikan contoh yang tidak baik bagi peserta didik. Kedua, perlu adanya ketegasan bagi para siwa dan wajib ada pembekalan rutin terhadap pembentukan karakter. Ketiga, dukungan dana bagi pelaksanaan pendidikan karakter agar materi pembelajaran dapat berjalan secara maksimal. 
DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMUNIKASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM Saepul Anwar, Aep; Ridho Firdaus, Dede
Jurnal Paris Langkis Vol 6 No 1 (2025): Edisi Agustus 2025
Publisher : PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/jpl.v6i1.23296

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis integrasi komunikasi dan manajemen pendidikan Islam dalam meningkatkan efektivitas desain pembelajaran PAI di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Sistematis Literatur Review (SLR) untuk menganalisis literatur yang relevan terkait penerapan komunikasi dan manajemen pendidikan Islam dalam pembelajaran PAI.Dengan pendekatan kualitatif melalui Systematic Literature Review (SLR), penelitian menelaah literatur 2020–2025 terkait penerapan kedua elemen tersebut dalam PAI. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur dan wawancara dengan para ahli pendidikan Islam yang berpengalaman dalam pengembangan kurikulum. Penelitian ini masih terbatas kajian yang mengintegrasikan komunikasi efektif dan manajemen pendidikan Islam berbasis nilai tauhid dalam pembelajaran PAI, terutama terkait motivasi, interaktivitas, dan inklusivitas. Penggunaan teknologi sebagai pendukung komunikasi dan manajemen PAI juga belum banyak diteliti. Penelitian ini menawarkan pendekatan baru dengan menggabungkan kedua aspek tersebut, termasuk pemanfaatan teknologi, untuk menghasilkan model pembelajaran PAI yang lebih interaktif, relevan, dan kontekstual di era digital, disertai rekomendasi pengembangan kurikulum dan pelatihan guru. Kebaruan penelitian ini terletak pada model integratif komunikasi–manajemen yang merekonstruksi desain pembelajaran PAI agar lebih adaptif terhadap teknologi dan kebutuhan abad ke-21. Hasil menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif dan manajemen berbasis nilai tauhid meningkatkan motivasi belajar, efektivitas kurikulum, dan suasana kelas yang interaktif. 

Page 1 of 1 | Total Record : 8