cover
Contact Name
Widia Ningsih
Contact Email
widianingsih633@gmail.com
Phone
+6285960430213
Journal Mail Official
jcsjurnal@gmail.com
Editorial Address
Greenland Sendang Recidence, Blk. F No.02, Sendang, Kec. Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45611
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal of Comprehensive Science
ISSN : 296247     EISSN : 29624584     DOI : https://doi.org/10.36418/jcs
This journal publishes research articles covering multidisciplinary sciences, which includes: Humanities and social sciences, contemporary political science, Educational sciences, religious sciences and philosophy, economics, Engineering sciences, Health sciences, medical sciences, design arts sciences and media. Published articles are from critical and comprehensive research, studies or scientific studies on important and current issues or reviews of scientific books.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 6 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS)" : 30 Documents clear
Implementasi Pendekatan Humanistik Pada Materi Pendidikan Agama Islam Melalui Kurikulum Merdeka di SDN Sukaraja I Nur’aeni, Nur’aeni; Herawati, Enok Tati Herni; Ferianto, Ferianto
Journal of Comprehensive Science Vol. 3 No. 6 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS)
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59188/jcs.v3i5.729

Abstract

Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan nilai-nilai spiritual siswa. Namun, dalam mengimplementasikan pendekatan humanistik dalam pembelajaran agama Islam, masih banyak tantangan yang dihadapi, terutama dalam konteks kurikulum yang digunakan. Kurikulum Merdeka sebagai pendekatan pembelajaran yang memberikan kebebasan dan kemandirian kepada siswa menjadi pilihan yang relevan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran agama Islam di SDN Sukaraja I. Dengan adanya pendekatan humanistik, diharapkan siswa dapat lebih terlibat secara aktif dalam pembelajaran, meningkatkan motivasi belajar, dan mengembangkan keterampilan sosial-emosional yang fundamental. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi konsep teori humanistik pada materi Pendidikan Agama Islam melalui Kurikulum Merdeka di SDN Sukaraja I guna meningkatkan efektivitas pembelajaran dan kesejahteraan siswa secara holistik.Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pendekatan humanistik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam melalui Kurikulum Merdeka di SDN Sukaraja I. Pendekatan humanistik menitikberatkan pada pengembangan potensi individu siswa secara holistik, meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dalam konteks pendidikan agama Islam, pendekatan ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan internalisasi nilai-nilai Islam secara mendalam dan personal. Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas bagi sekolah untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan humanistik dalam pendidikan agama Islam di SDN Sukaraja I melalui Kurikulum Merdeka berjalan dengan baik dan efektif. Siswa menunjukkan peningkatan dalam pemahaman konsep-konsep agama dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Guru memainkan peran kunci dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, menghargai, dan memperhatikan kebutuhan individual siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan humanistik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam melalui Kurikulum Merdeka mampu menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan relevan bagi siswa. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih humanistik dan efektif dalam pendidikan agama Islam, serta dapat menjadi referensi bagi sekolah lain dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan pendekatan yang berpusat pada siswa.
Menulis Kisah Pribadi Menjadi Media Curhat dalam Menulis Puisi di SMA Negeri 1 Sukosari Kurniawan, Yudi
Journal of Comprehensive Science Vol. 3 No. 6 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS)
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59188/jcs.v3i6.731

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran menulis puisi pada siswa SMA Negeri 1 Sukosari. Sumber data pada kegiatan ini diperoleh dari respon siswa dalam menulis kisah pribadinya yang dituangkan dalam keterampilan menulis puisi yang dapat dijadikan sebagai media curhat yang bersifat positif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, obsrvasi, dokumentasi, dan perekaman. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik anallisis data Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara garis besar semua siswa mampu menuangkan kisah pribadinya melalui puisi yang ditulisnya.
Parade Pegon Sebagai Budaya Lokal Pada Masyarakat Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun 2024 Wahyuningtyas, Intan; Hasanah, Ulfatul; Widiyanto, Luki
Journal of Comprehensive Science Vol. 3 No. 6 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS)
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59188/jcs.v3i6.732

Abstract

Artikel ini membahas tentang parade cikar sebagai budaya lokal masyarakat desa Sumberejo kecamatan ambulu kabupaten Jember. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengkaji parade Pegon sebagai budaya lokal masyarakat desa Sumberejo kecamatan ambulu, sejarahnya serta perkembangannya hingga saat ini. penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang meliputi studi pustaka dan observasi dengan mewawancarai narasumber untuk pengumpulan data. tradisi Pegon ini merupakan perayaan syukuran yang dilaksanakan tuju hari setelah hari raya idul Fitri atau dikenal sebagai hari raya ketupat. parade ini melibatkan penggunaan cikar, alat transportasi tradisional yang ramah lingkungan ditarik oleh sapi, yang dihias dengan janur dan ornamen lainnya. parade Pegon berawal dari kegiatan syukuran dan doa bersama yang dilakukan oleh para tukang cikar di pantai watu ulo sejak tahun 1945. seiring berjalannya waktu, tradisi ini berkembang menjadi acara festival yang lebih meriah dan modern. perkembangan tradisi ini juga berdampak pada aspek budaya dan sosial masyarakat setempat. dari sekedar syukuran sederhana, parade Pegon kini menjadi festival tahunan yang menarik perhatian wisatawan. namun perubahan ini juga menimbulkan kekhawatiran mengenai hilangnya makna asli dari tradisi tersebut sebagai wujud syukur dan kerukunan masyarakat.
Upaya Meningkatkan Kerja Kelompok Menggunakan Gaya Belajar Berdiferensiasi Siswa X TKR 1 SMK Negeri 3 Surabaya Genanta, Nabila Enggal; Jatiningsih, Oksiana; Suyanto , Rachmad
Journal of Comprehensive Science Vol. 3 No. 6 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS)
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59188/jcs.v3i6.733

Abstract

Penelitian atau karya tulis ilmiah dilakukan dengan tujuan untuk memaparkan tentang upaya meningkatkan kerja kelompok melalui gaya belajar siswa kelas X TKR 1 di SMK Negeri 3 Surabaya. Penelitian dilakukan dengan penerapan penelitian tindakan kelas. Sedangkan untuk metode penelitiannya menggunakan metode kualitatif yang diperkuat juga dari hasil penelitian terdahulu. Kesimpulan dari penelitian ini  dapat dikatakan bahwa kerjasama siswa kelas X TKR 1 SMK Negeri 3 Surabaya dapat meningkat melalui gaya belajar. Salah satu penelitian terdahulu yang peneliti temukan juga  mengatakan bahwa mengetahui gaya belajar dari setiap siswa itu mampu menstimulus keaktifan siswa saat pembelajaran di kelas. Selain itu, terdapat strategi untuk memudahkan proses pembelajaran sesuai gaya belajar diantaranya yaitu, 1) mengajak belajarterhadap apa yang saja yang dilihat siswa dengan cara belajar visual, 2) mengajak belajar dari apa saja yang didengar siswa dengan cara belajar auditorial, 3) mengajak belajar dari gerakan dan sentuhan dari apa yang dirasakan siswa dengan cara belajar kinestetik.
Penegakan Hukum Dalam Menyelesaikan Tindak Pidana Perpajakan Mengenai Faktur Pajak Tidak Sah (Fiktif) Tanudjaja, Tanudjaja; Listiyarini, Rita
Journal of Comprehensive Science Vol. 3 No. 6 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS)
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59188/jcs.v3i6.735

Abstract

Makalah ini mengkaji penegakan hukum dalam menyelesaikan tindak pidana perpajakan terkait faktur pajak tidak sah (fiktif). Pajak merupakan sumber pendapatan utama bagi pemerintah, berperan penting dalam pembangunan nasional. Tindak pidana perpajakan, khususnya penggunaan faktur pajak tidak sah, berdampak negatif terhadap pendapatan negara dan kepercayaan masyarakat terhadap sistem perpajakan. Dalam makalah ini, dibahas regulasi hukum yang sejalan dengan UU No. 16/2009 mengenai Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP), serta tindakan hukum yang diterapkan dalam kasus faktur pajak tidak sah. Analisis ini mencakup upaya preventif dan represif yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk menanggulangi tindak pidana perpajakan. Dalam makalah ini menekankan pentingnya penegakan hukum yang tegas, pengawasan yang ketat, serta edukasi bagi wajib pajak guna mencegah terjadinya pelanggaran perpajakan di masa mendatang. Diharapkan makalah ini dapat memberikan wawasan bagi akademisi, praktisi hukum, dan pembuat kebijakan dalam meningkatkan efektivitas penegakan hukum di bidang perpajakan.
Analisis Tindak Pidana Perpajakan Berdasarkan Pasal 43A Ayat (1) Undang – Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan Tentang Praperadilan Studi Kasus di Indonesia Tanudjaja, Tanudjaja; Budi Cahyono , Suparman
Journal of Comprehensive Science Vol. 3 No. 6 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS)
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59188/jcs.v3i6.736

Abstract

Melihat kondisi perpajakan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Pajak adalah pemasukan utama bagi negara untuk mengatasi pembiayaan dalam menyelenggarakan pemerintahan. Melalui Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Pajak pemerintah berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melakukan kepatuhan pembayaran pajak. Namun dengan maraknya kasus oleh oknum aparat pajak, telah mencederai, mengikikis rasa kepercayaan masyarakat. Kepercayaan masyarakat terhadap aparat pemungut pajak menurun yang disebabkan banyaknya kasus tindakkan penyelewengan seperti korupsi, penggelapan pajak, praktek manipulasi nilai pajak  dan banyak lagi tindak pidana pajak lainnya. Penulis dalam penelitian ini akan membahas tentang Praktek Praperadilan Tindak Pidana Perpajakan Berdasarkan Pasal 43A ayat (1) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 terhadap Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945). Dapat diketahui Praperadilan adalah pranata alat kontrol, koreksi dan evaluasi perbuatan penegak hukum yang melanggar tata cara yang ditetapkan dalam hukum acara. Mekanisme dimaksud tidak menyangkut aspek tindak pidana yang dipersangkakan tetapi melihat kaidah aturan sudah benar ata tidak. Praktek praperadilan sarana yang sering dipakai wajib pajak dalam kasus tindak pidana perpajakan, sehingga pranata praperadilan digunakan hakim dapat mempertimbangkan putusan yang terbaik. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian yuridis normatif, dengan penelitian hukum kepustakaan karena dalam penelitian hukum normatif dilakukan dengan cara meneliti bahan-bahan pustaka atau data sekunder. Dan penelitiannya mengunakan deskriptif analitis yang menggambarkan atau mendeskripsikan ditinjau dari Perundang - undangan Perpajakan yang berlaku.
Pengelolaan Program di Lembaga Paud TK AR RASIAH Salsabi, Kayla; Nurhayati, Nurhayati; Rahma, Zahratur
Journal of Comprehensive Science Vol. 3 No. 6 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS)
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59188/jcs.v3i6.737

Abstract

Pengelolaan program pendidikan anak usia dini (PAUD) memegang peranan penting dalam menjamin kualitas pendidikan yang disajikan kepada anak-anak di usia dini. Studi ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan praktik-praktik pengelolaan yang dilakukan oleh lembaga PAUD dalam mengelola program-program pendidikannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi di beberapa lembaga PAUD terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan program di lembaga PAUD meliputi perencanaan program, implementasi, monitoring, evaluasi, dan pengembangan program. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pengelolaan program termasuk kualifikasi pendidik, sumber daya materi, dan dukungan dari orang tua dan masyarakat. Rekomendasi disajikan untuk meningkatkan praktik pengelolaan di lembaga PAUD agar dapat lebih efektif dalam menyediakan layanan pendidikan yang berkualitas. Perencanaan program memerlukan pertimbangan terhadap kebutuhan dan karakteristik anak usia dini, serta pemastian bahwa program pendidikan disusun sesuai dengan kurikulum yang relevan. Implementasi program melibatkan penggunaan metode pendidikan yang cocok untuk tahap perkembangan anak, serta manajemen yang efektif dari sumber daya manusia dan fisik. Monitoring dilakukan secara rutin untuk memastikan program beroperasi sesuai dengan rencana dan tujuan yang telah ditetapkan. Evaluasi program dijalankan untuk menilai keberhasilan program dan menentukan area yang memerlukan peningkatan. Hasil evaluasi kemudian digunakan sebagai fondasi untuk modifikasi dan perbaikan program di masa depan. Studi ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam pengelolaan program di PAUD, termasuk keterbatasan sumber daya, kekurangan pelatihan bagi staf pengelola, dan kurangnya dukungan dari pihak terkait. Untuk mengatasi tantangan-tantangan ini, diperlukan kerja sama antara lembaga PAUD, pemerintah, dan masyarakat guna meningkatkan pengelolaan program di PAUD.
Penerapan UU No. 12 Tahun 2022 Tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual di Muka Hukum Indonesia Noorsyafina, Noorsyafina; Alfazri, Asty; Sinaga, Nursyakinah; Nisa, Khairatun; Nurhayati, Nurhayati; Angrayni, Lysa
Journal of Comprehensive Science Vol. 3 No. 6 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS)
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59188/jcs.v3i6.738

Abstract

Kasus pelecehan seksual merupakan permasalahan hukum yang kerap terjadi di muka hukum Indonesia. Hal ini bukan hanya karena opini semata melainkan banyaknya fakta-fakta kasus pelecehan yang terjadi pada masyarakat Indonesia. Kasus pelecehan yang terjadi tidak memandang gender dan usia, namun pada umumnya pelecehan sering terjadi pada perempuan baik pelecehan seksual secara verbal ataupun non verbal. Banyaknya korban yang berjatuhan akibat kejahatan pelecehan seksual ini menjadi dorongan munculnya regulasi hukum yaitu UU No. 12 Tahun 2022 tentang tindak pidana kekerasan seksual yang mana UU ini menjamin perlindungan bagi korban pelecehan seksual. Penelitian ini berfokus pada bagaimana penerapan UU No. 12 Tahun 2022 tentang tindak pidana kekerasan seksual, dan apa saja faktor yang menyebabkan meningginya angka pelecehan seksual di Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library reseach (pustaka), sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang meliputi bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. penelitian ini adalah metode penulisan deduktif yang merupakan metode penulisan dengan cara menulis dari sesuatu yang bersifat umum kepada sesuatu yang bersifat khusus. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya UU TPKS tidak dapat mecegah secara maksimal kejahatan pelecehan seksual dan tidak dapat sepenuhnya melindungi hak-hak setiap orang yang menjadi korban pelecehan seksual. jenis penelitian library reseach (pustaka), sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang meliputi bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. penelitian ini adalah metode penulisan deduktif yang merupakan metode penulisan dengan cara menulis dari sesuatu yang bersifat umum kepada sesuatu yang bersifat khusus. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya UU TPKS tidak dapat mecegah secara maksimal kejahatan pelecehan seksual dan tidak dapat sepenuhnya melindungi hak-hak setiap orang yang menjadi korban pelecehan seksual.
Analisis Rasio Profitabilitas dan Rasio Likuiditas Untuk Mengukur Kinerja Keuangan PT. GUDANG GARAM Tbk. PERIODE 2019-2022 Nugroho, Supriadi Agung
Journal of Comprehensive Science Vol. 3 No. 6 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS)
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59188/jcs.v3i6.739

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan pada PT Gudang Garam Tbk periode 2019-2022, jika ditinjau dari Rasio Profitabilitas, Rasio Likuiditas. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun data dalam penelitian ini berupa laporan keuangan PT Gudang Garam Tbk yang terdiri dari neraca dan laporan laba rugi, Tbk selama empat tahun, yaitu periode 2019 hingga 2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja keuangan ditinjau dari Rasio profitabilitas PT Gudang Garam Tbk yang di ukur dengan Return on Asset dari tahun 2019-2022 secara standar rata-rata yaitu sebesar 8,24% menunjukkan kondisi yang kurang baik karena berada di bawah standar industri yaitu 30%, kinerja keuangan ditinjau dari Rasio Profitabilitas PT Gudang Garam Tbk yang di ukur dengan Return on Equity dari tahun 2019-2022 secara standar rata-rata adalah sebesar 12,16% menunjukkan kondisi yang kurang baik karena berada di bawah standar industri yaitu 40%. Sedangkan Rasio Likuiditas PT Gudang Garam Tbk yang di ukur dengan Current Ratio dari tahun 2019-2022 secara standar rata-rata, yaitu sebesar 224,1% menunjukkan kondisi yang baik karena berada di atas standar industri yaitu 200%, kinerja keuangan ditinjau dari Rasio Likuiditas PT Gudang Garam Tbk yang di ukur dengan Quick Ratio dari tahun 2019-2022 secara standar rata-rata adalah sebesar 40,46% menunjukkan kondisi yang kurang baik karena berada di bawah standar industri yaitu 150%.
Analisis Nilai Moral Cerita Rakyat Sumber Bulusan Kudus Nikhlah, Wardatutsani Lathifun; Putri, Noverda Luki Rusiana; Fitriana, Sania Nuranisa; Kanzunnudin, Mohammad
Journal of Comprehensive Science Vol. 3 No. 6 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS)
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59188/jcs.v3i6.740

Abstract

Pada artikel ini kita akan menggunakan struktur Vladimir Propp karena didasarkan pada strukturalisme. Cerita rakyat ini merupakan bagian integral dari warisan Bulusan Kudus dan diwariskan secara turun temurun melalui tradisi lisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis nilai-nilai moral dalam sejarah, serta bagaimana kontribusinya terhadap pengembangan karakter dan perilaku sosial di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik analisis data menggunakan teori Milles Huberman: (a) pengumpulan data, (b) reduksi data, (c) penyajian data, dan (d) data analisis akan disertakan menarik kesimpulan.

Page 1 of 3 | Total Record : 30


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 4 No. 11 (2025): Journal of Comprehensive Science Vol. 4 No. 10 (2025): Journal of Comprehensive Science Vol. 4 No. 9 (2025): Journal of Comprehensive Science Vol. 4 No. 8 (2025): Journal of Comprehensive Science Vol. 4 No. 7 (2025): Journal of Comprehensive Science Vol. 4 No. 6 (2025): Journal of Comprehensive Science Vol. 4 No. 5 (2025): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 4 No. 4 (2025): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 4 No. 3 (2025): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 4 No. 2 (2025): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 4 No. 1 (2025): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 3 No. 12 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 3 No. 11 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 3 No. 10 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 3 No. 9 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 3 No. 8 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 3 No. 7 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 3 No. 6 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 3 No. 5 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 3 No. 4 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 3 No. 3 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 3 No. 2 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 3 No. 1 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 2 No. 12 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 2 No. 11 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 2 No. 10 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 2 No. 9 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 2 No. 8 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 2 No. 7 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 2 No. 6 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 2 No. 5 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 2 No. 4 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 2 No. 3 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 2 No. 2 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 2 No. 1 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 1 No. 5 (2022): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 1 No. 4 (2022): Journal of Comprehensive Science (Jcs) Vol. 1 No. 3 (2022): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 1 No. 2 (2022): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Comprehensive Science (JCS) More Issue