Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi
JBMA ( Jurnal Bisnis, Manajemen dan Akuntansi ) merupakan jurnal ilmiah berkala yang terbit dua kali dalam setahun, Tujuan utama JBMA adalah untuk mendiseminasikan artikel ilmiyah dalam bidang Bisnis, Manajemen dan Akuntansi. Redaksi menerima artikel artikel ilmiyah yang belum pernah di publikasikan baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris
Articles
11 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 12 No. 1 (2025): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret"
:
11 Documents
clear
Analisis Employee Engagement, Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Organizational Citizenship Behavior Perawat Rumah Sakit
Amandha Habsari Priyanto;
Noor Arifin
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol. 12 No. 1 (2025): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54131/jbma.v12i1.217
This study aims to analyze the effect of Employee Engagement, Job Satisfaction, and Organizational Commitment to Organizational Citizenship Behavior (OCB) on employees of Kartini Hospital Jepara. This study uses descriptive quantitative research with sample of 96 employees. Data analysis uses a multiple linear regression approach, data processing using the IBM SPSS version 26.0 application. The results of the study indicate that employee engagement, job satisfaction, and organizational commitment have a significant positive effect to organizational citizenship behavior, with an average t-count > t-table 1.661 and a sig value <0.05. This indicates that the higher the employee engagement, will the higher to carry out extra behavior at work. The higher the employee's job satisfaction, the more proactive they are in helping coworkers and contributing to a positive work environment. Then the better employees who have a high commitment to the organization tend to be more loyal and willing to do additional tasks which are the core of OCB behavior.
Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepemimpinan, Dan Motivasi Terhadap Semangat Kerja Karyawan Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara
Endah Lestari Agustina;
Much. Imron
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol. 12 No. 1 (2025): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54131/jbma.v12i1.218
AbstrakPenelitian ini bertujuan menguji pengaruh lingkungan kerja, kepemimpinan dan motivasi terhadap semangat kerja karyawan Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara. Penelitian ini melibatkan populasinya ialah semua karyawan Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara, di mana penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sampel jenuh. Namun, dari kuesioner yang disebarkan kepada populasi, hanya 96 kuesioner yang berhasil dikembalikan secara lengkap dan valid oleh responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jenis data penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah primer kemudian dianalisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) yang diolah dengan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel lingkungan kerja, kepemimpinan, dan motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap semangat kerja karyawan Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara. Kata Kunci: Lingkungan Kerja, Kepemimpinan, Motivasi, Semangat Kerja
Analisis Variabel Mempengaruhi Turnover Intention: Peran Kepemimpinan Transformasional, Keadilan Organisasi, dan Talent Management
Achmad Danang Nugroho Eko Saputro;
Noor Arifin
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol. 12 No. 1 (2025): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54131/jbma.v12i1.219
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Turnover Intention berbasis Kepemimpinan Transformasional, Keadilan Organisasi, dan Talent Management di Perusahaan Berkah Aakar Mulyo (BAM) Jepara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yang di dapatkan melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan melalui buku, jurnal dan artikel. Populasi karyawan perusahaan Berkah Akar Mulyo Jepara berjumlah 55 orang. Teknik sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. dengan jumlah 55 karyawan Berkah Akar Mulyo Jepara. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan koesioner mengunakan link google form kepada individu atau perorangan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa variabel Kepemimpinan Transformasional tidak memiliki pengaruh terhadap Turnover Intention. variabel Keadilan Organisasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Turnover Intention, sedangkan variabel dan Talent Manajemen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Turnover Intention di Perusahaan Berkah Aakar Mulyo (BAM) Jepara di Perusahaan Berkah Aakar Mulyo (BAM) Jepara.
Evaluasi Mutu Kualitas Layanan Dan Penanganan Keluhan Secara Tepat Untuk Meningkatkan Kepuasan Pengguna di RS Yogyakarta dalam Meghadapi Tantangan Ketahanan Global
Indriyanti, Aris
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol. 12 No. 1 (2025): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54131/jbma.v12i1.220
Layanan kesehatan merupakan salah satu pilar utama ketahanan global, terutama dalam menghadapi tantangan seperti pandemi, bencana alam, dan krisis ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi mutu layanan dan sistem penanganan keluhan di RS Yogyakarta sebagai upaya meningkatkan kepuasan pengguna dan mendukung keberlanjutan sistem kesehatan yang tangguh. Melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif, penelitian ini menganalisis faktor-faktor utama yang memengaruhi kepuasan pengguna serta bagaimana pengelolaan keluhan dapat dioptimalkan.Variabel independent yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan (X), penanganan keluhan secara tepat sedangkan variabel dependent adalah kepuasan (Y). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 50 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan. Hal ini berdasarkan hasil uji t didapatkan t hitung sebesar 3,786, dan dengan nilai signifikasi < 0,05. Nilai R square pada penelitian ini adalah sebesar 0,230. Hal ini berarti bahwa sebesar 23% variabel penelitian, sisanya sebesar 77% dipengaruhi oleh variabel yang lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan mutu layanan dan respon cepat terhadap keluhan mampu membangun kepercayaan masyarakat terhadap layanan kesehatan. Temuan ini relevan dalam mendukung ketahanan sistem kesehatan di tengah tantangan global yang semakin kompleks.
Pengaruh Digital Marketing, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Produk Es Teh Solo di Yogyakarta
Purnama Andri Murdapa;
Anung Pramudyo
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol. 12 No. 1 (2025): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54131/jbma.v12i1.214
The aim of this research is to examine the influence of digital marketing, price and product quality on customer satisfaction with Solo iced tea products in Yogyakarta. The respondents of this research were Solo iced tea customers in Yogyakarta. There were 100 people who were used as respondents in this research. The sampling technique used was convenience sampling. This research uses a questionnaire as a tool for data collection. The data analysis used in this research is multiple linear regression. The research results show that digital marketing, price and product quality influence customer satisfaction with Solo iced tea products in Yogyakarta. The advice that can be given is for Solo iced tea to maintain customer satisfaction by providing quality iced tea so that customers can last a long time and become loyal customers. Social media which is used as a promotional medium can also be used as a medium to build awareness. Can continue to build good price perceptions in front of customers and build a positive image through digital marketing, in this case social media.
Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada E-Commerce Shopee
Taqdirul Alim;
Zufriah, Deniyati;
Muhammad Isnaini Fathoni
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol. 12 No. 1 (2025): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54131/jbma.v12i1.215
This research aims to analyze the influence of customer satisfaction and service quality on customer loyalty at the e-commerce company Shopee. The research design used is quantitative research. The population of this study are active customers of the Shopee e-commerce platform in Indonesia. The sampling method used in this research was purposive sampling and used a questionnaire in data collection. Meanwhile, data analysis uses multiple regression. The research results show that customer satisfaction and service quality have a significant influence on customer loyalty, where customers who are satisfied with the quality of products and services tend to be more loyal and have the potential to make repeat purchases. The conclusion of this research is that e-commerce companies need to continue to improve customer satisfaction through improving service and product quality, as well as responsiveness to customer needs and complaints, in order to ensure sustainable customer loyalty and stable business growth.
Pengembangan Kompetensi Melalui Pendidikan Lanjutan Pegawai Negeri Sipil Pada Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Barat
Hernawati;
Muh. Syarif Ahmad;
Wahyu Nurdiansyah N
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol. 12 No. 1 (2025): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54131/jbma.v12i1.216
Human resources in the organisation are an important factor as the main driver in achieving organisational goals, the existence of employees who have good competence will contribute to the completion of the tasks and responsibilities assigned to each employee, but in reality not all organisations have employees with the competencies needed by the organisation, so strategic steps are needed in creating a work atmosphere that supports the achievement of organizational goals through increasing employee competence. Based on this problem, this study aims to determine competency development through further education of Civil Servants at the Regional Secretariat of West Sulawesi Province. This research uses a qualitative method with a descriptive approach to provide a real, logical, factual and accurate description of the data that occurs in the field through data collection techniques (document review, observation and interviews). The data obtained was analysed based on competency development through further education at the Regional Secretariat of West Sulawesi Province. The results of this study indicate that employees of the Regional Secretariat of West Sulawesi Province who realise the importance of self-development tend to be more committed to pursuing further education, employees value education as an investment in future career development. Continuing education is a selling point and added value to be more confident.
Pengaruh Keterlambatan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Yang Di Mediasi Oleh Kebijakan Kompensasi Di Maskapai Air Asia
Endang Palupi, Nunuk Dwi Garwanti;
M. Ardya Dzaky Amundia;
Chinthia Sari Yusriana
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol. 12 No. 1 (2025): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54131/jbma.v12i1.221
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterlambatan dan harga terhadap kepuasan yang di mediasi oleh kebijakan kompensasi di maskapai Air Asia di Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan Pesawat Air Asia di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling yaitu pengambilan sampel dengan kriteria tertentu yaitu konsumen yang pernah menggunakan transportasi Pesawat Air Asia minimal 3 kali, dan dengan bantuan metode regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui keterlambatan dan harga berpengaruh terhadap kepuasan yang dimediasi oleh kebijakan kompensasi di maskapa Air Asia. di Yogyakarta.
Strategi Bisnis Wisata Alam Pasca Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Wisata Grojogan Watu Purbo Tempel Sleman)
Mutohharoh, Fitriani
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol. 12 No. 1 (2025): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54131/jbma.v12i1.222
Straregi bisnis wisata sangat penting dilakukan dengan mengikuti pertumbuhan wisata di Yogyakarta khususnya di wilayah Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis wisata sebelum pandemic dan pasca pandemic Covid 19, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui analisis SWOT guna meningkatkan daya saing pada wisata Grojogan Watu purbo Kecamatan Tempel, Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang dilakukan di wisata grojogan watu purbo. Dengan Metode analisis SWOT untuk melihat faktor Internal dan faktor Eksternal. Hasil penelitian menujukkan bahwa strategi yang digunakan oleh pengelola wisata Grojoan Watu Purbo menggunakan stategi pemasaran yaitu Marketing Mix. Untuk segi Product, Price wisata grojogan watu purbo secara umum sudah melakukan strategi sebagaimana teori, pengelola harus menjaga dan mempertahankan fasilitas yang sudah ada. Promotion yang dilakukan wisata Grojogan Watu Purbo masih kurang maksimal, pengelola masih kurang dalam Metode Promosi dan cederung pasif. Strategi yang dapat digunakan. Berdasarkan analisis SWOT wisata Grojogan Watu Purbo dapat memanfaatkan dukungan Pemerintah untuk lebih luas memasuki pangsa pasar, memaksimalkan promosi online maupun offline, mengutamakan kepuasan konsumen dengan fasilitas yang memadahi dipertahankan dan kualitas jasa yang ditawarkan.
Pengaruh Gaya Hidup, User Experience, dan Value Proposition Terhadap Loyalitas Pelanggan Apple (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Serta Fakultas Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta)
Adinda Tika Listya;
Sunarta, Sunarta
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol. 12 No. 1 (2025): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54131/jbma.v12i1.223
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh gaya hidup terhadap loyalitas pelanggan (2) pengaruh user experience terhadap loyalitas pelanggan (3) pengaruh value proposition terhadap loyalitas pelanggan (4) pengaruh gaya hidup, user experience, dan value proposition terhadap loyalitas pelanggan Apple pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2019–2021. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2019–2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, (2) user experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, (3) value proposition berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, (4) gaya hidup, user experience, dan value proposition secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kesimpulan yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah gaya hidup, user experience, dan value proposition memiliki dampak terhadap terbentuknya loyalitas pelanggan Apple Inc. Saran untuk Apple terkait variabel yang dibahas dalam penelitian ini antara lain terus memperhatikan aspek gaya hidup dalam pengembangan produknya melalui kustomisasi produk dengan menyediakan lebih banyak opsi warna, desain, atau fitur yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna.