cover
Contact Name
M. Fahli Zatrahadi
Contact Email
m.fahli.zatra.hadi@uin-suska.ac.id
Phone
+6281371856122
Journal Mail Official
m.fahli.zatra.hadi@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 27758060     DOI : 10.24014/japkp.v3i1.16380
Jurnal Admnistrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, merupakan media komunikasi ilmiah antar peminat ilmu Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan yang terdiri dari dosen, pakar dan praktisi, mahasiswa dan lain sebagainya. Jurnal ini mengangkat tulisan/karya ilmiah seputas Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan. Artikel-artikel yang dipublikasikan dalam jurnal ini merupakan kajian ilmiah atas masalah-masalah yang berkembang dalam Sekolah, masyarakat, gagasan-gagasan orisinal dan juga ringkasan hasil penelitian yang dituangkan dalam bahasa Indonesia. Artikel dapat berupa hasil penelitian baik pustaka maupun lapangan, analisis teori, asumsi empirik yang berkaitan dengan pengembangan kajian Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan. urnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan (JAPKP) menerbitkan artikel tentang praktik, teori, dan penelitian di semua bidang Administrasi Pendidikan dan Bimbingan Konseling yang mencakup, tetapi tidak terbatas pada: Administrasi Sekolah Administrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran Manajemen Pendidikan Manajemen Perkantoran Supervisi Pendidikan Bimbingan dan Konseling Pribadi Bimbingan dan Konseling Sosial Bimbingan dan Konseling Karier Bimbingan dan Konseling Akademik Bimbingan dan Konseling Sekolah Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi Penilaian dalam Bimbingan dan Konseling Bimbingan Kelompok Konseling Kelompok Konseling Perorangan Konseling Multikultural Analisis dan Modifikasi Perilaku Bimbingan dan Konseling untuk Penyandang Cacat Evaluasi dan Pengawasan dalam Bimbingan dan Konseling Manajemen Bimbingan dan Konseling Rencana karir Psikologi Pendidikan Psikologi Kesehatan Teknik Komunikasi
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2025): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan" : 5 Documents clear
Pengaruh Disiplin Kerja Guru dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Ristiana, Sela
Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan Vol 6, No 1 (2025): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/japkp.v6i1.35085

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) se-Kecamatan Limau, Kabupaten Tanggamus. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Instrumen penelitian berupa angket disebarkan kepada 16 SDN yang menjadi lokasi penelitian, melibatkan sejumlah guru sebagai responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji regresi sederhana, regresi berganda, dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) disiplin kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,447 dan R² sebesar 76,4%; (ii) motivasi kerja juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,654 dan R² sebesar 22,2%; (iii) secara simultan, disiplin kerja dan motivasi kerja memberikan pengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 87,1%. Penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan disiplin kerja dan motivasi kerja guru sebagai upaya strategis untuk mengoptimalkan kinerja mereka.
Inovasi Monitoring Disiplin dan Kinerja Guru: Integrasi E-Presensi dan E-Lapkin Dalam Sistem Informasi Berbasis Digital Kusmiran, Eko; Aswad, Fatqul Hajar; Winata, Ganjar; Istiani, Ana
Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan Vol 6, No 1 (2025): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/japkp.v6i1.35404

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi Sistem Informasi Kinerja Guru (SIKAGUR) yang mengintegrasikan aplikasi e-Presensi berbasis mobile dan e-Laporan Kinerja berbasis web guna meningkatkan akuntabilitas kinerja guru di Kabupaten Pringsewu. Permasalahan utama dalam sistem manual saat ini mencakup rekapitulasi presensi yang tidak efisien, potensi manipulasi data kehadiran, serta kurangnya bukti valid dalam laporan kinerja harian guru. Untuk mengatasi kelemahan tersebut, penelitian ini menerapkan metode Research and Development (R&D) dengan tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, pengujian internal, uji coba lapangan, revisi, dan diseminasi. Sampel penelitian terdiri dari 279 guru (252 guru SD dan 27 guru SMP) yang dipilih dengan metode purposive sampling, mempertimbangkan keterwakilan jenjang pendidikan dan kesiapan teknologinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIKAGUR berhasil dikembangkan dan diuji dengan black-box testing menggunakan teknik boundary value analysis, di mana sistem login e-Presensi dan e-Laporan Kinerja mencapai tingkat keberhasilan 100%. Uji efektivitas menunjukkan bahwa e-Presensi memiliki efektivitas 92,746%, sedangkan e-Laporan Kinerja 93,541%, keduanya dalam kategori Sangat Tinggi. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa digitalisasi sistem kepegawaian mampu meningkatkan transparansi, efisiensi, dan akurasi penilaian kinerja guru. Implementasi SIKAGUR direkomendasikan untuk diperluas ke jenjang PAUD dan Pendidikan Kesetaraan, serta didukung oleh regulasi yang memperkuat kebijakan transformasi digital dalam administrasi pendidikan.
Analisis Pengelolaan Lingkungan Belajar dalam Penguatan Program Pendidikan Karakter Utami, Pajrina; Siswoyo, Siswoyo; Arman, Arman
Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan Vol 6, No 1 (2025): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/japkp.v6i1.33409

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengelolaan lingkungan belajar yang diintegrasikan dengan pendidikan karakter di SD Negeri 30 Waylima, Kabupaten Pesawaran. Pengelolaan ini penting karena implementasi nilai karakter melalui pembelajaran belum sepenuhnya menjadi fokus utama sekolah. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi terkait perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pengelolaan kelas. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, dilengkapi triangulasi teknik, sumber, dan waktu untuk validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan lingkungan belajar mencakup perencanaan strategis, pengorganisasian kelas berbasis kolaborasi, pelaksanaan pembelajaran partisipatif, dan evaluasi yang komprehensif. Guru mengintegrasikan nilai-nilai karakter seperti kerja sama, tanggung jawab, disiplin, dan toleransi melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pengaturan tempat duduk berbasis kelompok, dan kegiatan pembelajaran aktif. Evaluasi dilakukan menggunakan pendekatan formatif, sumatif, dan reflektif, dengan indikator berupa perubahan perilaku positif siswa, keaktifan mereka dalam kegiatan karakter, serta umpan balik dari siswa dan orang tua. Temuan penelitian ini menegaskan bahwa pengelolaan lingkungan belajar yang efektif tidak hanya mendukung capaian akademik, tetapi juga membentuk karakter siswa secara menyeluruh. Implementasi model ini direkomendasikan untuk sekolah lain yang ingin mengintegrasikan pendidikan karakter secara sistematis melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi berbasis kolaborasi.
Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Isnaini, Ana Putri; Kutsiyyah, Kutsiyyah
Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan Vol 6, No 1 (2025): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/japkp.v6i1.35320

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana siswa SMK Kesehatan Nusantara yang mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat mengatasi perilaku prokrastinasi akademik melalui peningkatan self-efficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat efikasi diri yang tinggi lebih mampu mengelola waktu, mengatasi tekanan akademik, dan menyelesaikan tugas tepat waktu. Sebaliknya, siswa dengan efikasi diri rendah cenderung lebih sering menunda pekerjaan, yang berdampak pada hasil belajar dan kesejahteraan emosional mereka. Penelitian ini mengungkap hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dan prokrastinasi akademik, di mana efikasi diri berkontribusi besar dalam membantu siswa mengurangi kebiasaan menunda. Koefisien korelasi sebesar -0,65 dan koefisien determinasi sebesar 43,6% ditemukan menunjukkan hubungan negatif yang signifikan secara statistik antara prokrastinasi akademik dan efikasi diri. Hal ini menunjukkan bahwa efikasi diri berkontribusi sebesar 43,6% terhadap penurunan penundaan belajar, dengan faktor lain yang mungkin berkontribusi sebesar 56,4%Praktiknya, pendidik disarankan untuk mengintegrasikan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keyakinan diri siswa, seperti memberikan dukungan personal, penugasan yang menantang namun realistis, serta evaluasi yang mendorong refleksi diri. Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, di mana siswa merasa mampu dan percaya diri dalam menghadapi tantangan akademik, sehingga prokrastinasi dapat diminimalkan.
Penerapan Biblio Konseling dalam Bimbingan Kelompok untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Marhani, Marhani; Kadir, Abdul; Safira, Mulia
Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan Vol 6, No 1 (2025): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/japkp.v6i1.36190

Abstract

Kesulitan belajar siswa SMA, khususnya dalam mata pelajaran berbasis hafalan seperti Biologi, sering kali berakar pada rendahnya minat baca dan kurangnya keterlibatan aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas teknik bibliokonseling dalam layanan bimbingan kelompok sebagai strategi untuk mengurangi kesulitan belajar. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain one group pretest-posttest. Sampel terdiri dari 10 siswa kelas X IPA 4 di SMA Negeri 5 Palopo yang dipilih secara purposive berdasarkan kriteria minat baca rendah. Intervensi dilakukan dalam empat sesi menggunakan bahan bacaan inspiratif yang diikuti diskusi dan refleksi kelompok. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner skala Likert dianalisis menggunakan uji paired sample t-test. Hasil menunjukkan adanya penurunan signifikan dalam skor kesulitan belajar setelah intervensi, dengan nilai t-hitung 2,310 > t-tabel 2,228 dan kontribusi pengaruh sebesar 40% (R² = 0,400). Temuan ini menunjukkan bahwa bibliokonseling efektif dalam meningkatkan minat baca, memperkuat refleksi diri, dan membantu siswa mengatasi hambatan belajar. Studi ini merekomendasikan pengembangan program konseling literatif yang lebih luas dan terstruktur di lingkungan sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5