cover
Contact Name
-
Contact Email
ricenovita2011@gmail.com
Phone
+6285263708907
Journal Mail Official
ijirse.official@gmail.com
Editorial Address
Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE) Jl. Tuah Karya Ujung C7. Kel. Tuah Madani Kec. Tampan Kota Pekanbaru-Riau
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering
ISSN : 27972712     EISSN : 27755754     DOI : -
Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE) merupakan Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Institut Riset dan Publikasi Indonesia (IRPI) bekerja sama dengan beberapa Perguruan Tinggi yang Berada di Kopertis X. Jurnal IJIRSE terbit 2 kali dalam satu tahun yaitu Maret dan September, masing-masing edisi memuat 10 (sepuluh) artikel, ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Paper merupakan hasil penelitian yang original dengan plagiasi maksimum 25%. Artikel yang dikirimkan ke Jurnal IJIRSE akan direview minimal oleh 2 (dua) reviewer. Artikel yang dikirimkan harus memenuhi kriteria penilaian dan sesuai dengan instruksi dan template yang disediakan oleh Jurnal IJIRSE. Penulis harus mengunggah Hak Pernyataan Intelektual/ Hak Cipta saat mengirimkan naskah. Makalah harus dikirim melalui Open Journal System (OJS) dengan format .doc atau .docx. Seluruh proses hingga Jurnal IJIRSE diterbitkan tidak akan dikenakan biaya. Jurnal IJIRSE terdaftar di Perpustakaan Nasional dengan International Standard Serial Number (ISSN) Cetak 2797-2712dan Online 2775-5754.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2023): Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering" : 10 Documents clear
Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Menggunakan Multimedia Development Life Cycle Untuk Pengenalan Warna : Application Of Multimedia-Based Learning Media Using Multimedia Development Life Cycle For Color Recognition Makaborang, herman; Talakua, Alfrian
Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE) Vol. 3 No. 2 (2023): Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering
Publisher : Institut Riset dan Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57152/ijirse.v3i2.888

Abstract

Penggunaan media pembelajaran masih rendah yang disebabkan kurangnya sarana dan prasarana di sekolah serta keterbatasan anak dalam memahami materi pembelajaran abstrak terutama pada saat pembelajaran pengenalan warna anak yang menyebabkan guru kesulitan dalam menyampaikan materi. atau benda-benda yang dapat dilihat anak-anak. Oleh karena itu, perlu dikembangkan lingkungan belajar yang interaktif, khususnya pengenalan warna dasar untuk anak dengan konsep ini, yang akan memberikan pengalaman baru kepada siswa selama proses pembelajaran. Lingkungan belajar interaktif dapat menjelaskan visualisasi pembelajaran karena menggabungkan unsur-unsur multimedia seperti teks, gambar dan audio untuk membantu siswa lebih memahami pembelajaran dan meningkatkan kinerja siswa, tidak hanya itu peran orang tua juga diperlukan untuk mengawasi anaknya selama menggunakan gawai. Orang tua tidak hanya berpartisipasi atau memantau, tetapi juga mengajak anaknya untuk berinteraksi dan memilih aplikasi pendidikan  contohnya dalam penerapan media pembelajaran pengenalan warna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merencanakan, melaksanakan dan mengetahui reaksi anak terhadap pengembangan lingkungan belajar konseptual interaktif pengenalan warna untuk anak usia 3-5 tahun menggunakan Metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle yang terdiri dari 6 tahapan yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan adobe animate. Hasil dari aplikasi media pembelajaran pengenalan warna dapat dijadikan sarana atau wadah belajar bagi anak PAUD umur 3-5 tahun dan dapat memberikan nuansa berbeda pada anak dalam belajar serta memberikan inovasi baru dalam media pembelajaran siswa. Hasil menunjukan bahwa respon dari pengguna aplikasi mengatakan bahwa aplikasi bisa digunakan dengan baik, tanpa adanya kendala.
Comparison of K-Means and K-Medoids Algorithms for Grouping Video Game Sales Data in North America: Perbandingan Algoritma K-Means dan K-Medoids untuk Pengelompokan Data Penjualan Video Game di Amerika Utara Rezky Pratama, Aditya; Maulana, Bima; Didho Rianda, Rahmad; El Hasyim, Syaid
Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE) Vol. 3 No. 2 (2023): Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering
Publisher : Institut Riset dan Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57152/ijirse.v3i2.898

Abstract

Analisis cluster merupakan proses spesifik pengelompokan kumpulan objek ke dalam kelas yang serupa. Kluster adalah sekumpulan objek yang mirip satu sama lain di dalam kluster yang sama dan berbeda dari objek di kluster lain. Deskriptif berarti data mining digunakan untuk menemukan pola yang bisa dipahami orang yang menggambarkan sifat-sifat informasi. Di samping itu data prediktif digunakan dalam membangun model data yang berguna dalam melakukan prediksi. Algoritma K-Means Clustering adalah algoritma yang penting dalam bidang data mining dan mudah untuk diimplementasikan dan dijalankan. Selain itu, metode pengelompokan K-Means memiliki varian pengembangan yaitu K-Medoids. Algoritma K-Medoids membantu mengatasi kelemahan dari algoritma K-Means. Banyak data yang akan diambil sebagai sampel adalah 2000 record data. Data tersebut akan diproses yang nantinya akan diperoleh pola rata-rata penjualan video game di Amerika Utara. Dari percobaan yang dilakukan, didapatkan hasil pengolahan K-means menggunakan Rapidminer dengan waktu yang diperlukan hanya rata-rata 1 detik sebaliknya pengolahan data dengan K-medoids memerlukan waktu 2 menit 21 detik. Nilai Davies-Bouldin Index (DBI) pada K-Means lebih rendah dibandingkan K-Medoids yaitu masing-masing 0.727 dan 1.148 yang berarti penggunaan K-means lebih tepat untuk pengolahan data penjualan video game di Amerika Utara.
Rancang Bangun Sistem Informasi Pemeliharaan Alat Kantor Berbasis Web Pada Bmkg Stasiun Meteorologi Sultan Syarif Kasim Ii Pekanbaru : Web-Based Office Maintenance System Design At Bmkg Meteorological Station Sultan Syarif Kasim Ii Pekanbaru Abror, Naufal; Sri Rahayu, Dwi; Mustakim, Mustakim
Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE) Vol. 3 No. 2 (2023): Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering
Publisher : Institut Riset dan Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57152/ijirse.v3i2.899

Abstract

Pemeliharaan alat adalah suatu kegiatan atau tindakan yang memastikan bahwa semua alat Selalu pada syarat baik & siap buat dipakai secara produktif & efisien. Permasalahannya saat Ini adalah Laporan pemeliharaan alat harian masih dilakukan ketik secara manual di Microsoft Word sehingga menyebabkan pembuatan Laporan memerlukan waktu yang lama dan tidak efektif,selain itu laporan-laporan pemeliharaan sebelumnya hanya berbentuk kertas yang sangat beresiko terjadinya kehilangan berkas laporan. Untuk mengatasi Permasalahan tersebut,Diterapkan Aplikasi Sistem Informasi Pemeliharaan Alat Kantor Berbasis Website dengan menggunakan Metode Object oriented analysis and design (OOAD).
Analisa Algoritma Naïve Bayes Classifier (NBC) Untuk Prediksi Penjualan Alat Kesehatan : Naïve Bayes Classifier (NBC) Algorithm Analysis for Prediction Medical Device Sales Ramadhani, Dian; A’yuniyah, Qurotul; Elvira, Winda; Nazira, Nanda; Ambarani, Isnani; Intan, Sofia Fulvi
Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE) Vol. 3 No. 2 (2023): Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering
Publisher : Institut Riset dan Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57152/ijirse.v3i2.941

Abstract

The application of Data Mining in the business scope can be found in the use of Customer Relationship Management (CRM). CRM is a company's effort to manage its sales and customers more optimally. Company Sales Data can be processed into knowledge that can be used to optimize marketing strategies. Purna Karya Scientific is a company engaged in the field of medical/medical devices, laboratory equipment, chemical and dental materials as well as educational aids. In this study has used sales data at PT. After Scientific Work with attributes item code, relation, number of items, and label as class. Then classify medical device sales data by implementing the Naïve Bayes Classifier (NBC) algorithm which can predict sales results by displaying an accuracy value. Implementation was carried out using Google Colab to obtain an accuracy value of 95%, a recall value of 95%, and a precision value of 81%. The results of data on sales of medical devices with 2 classes namely "Selling" and "Not Selling". The resulting value is very good and can be used as a basis for classifying sales of medical devices by analyzing the stock of goods at PT. Full Scientific Work.
Sistem Informasi Keuangan menggunakan Konsep Object Oriented Analysis Design (OOAD: Financial Information System Use Object Oriented Analysis Design (OOAD) Zulkarnain, Zulkarnain; Novita, Rita
Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE) Vol. 3 No. 2 (2023): Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering
Publisher : Institut Riset dan Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57152/ijirse.v3i2.961

Abstract

Pengelolaan keuangan pada Kantor Desa Kayu Ara masih masih dilakukan secara manual dengan menggunakan excel sebagai databasenya. Hal ini membuat proses pengolahan data memakan waktu yang panjang dan dapat menimbulkan beresiko terhadap kesalahan dalam pencatatan atau kehilangan data yang sudah tersimpan. Penelitian ini ialah menganalisis permasalahan-permasalahan yang ada pada pengelolaan keuangan desa kayu ara  dan kemudian merancang sebuah sistem yang dapat memudahkan dalam pengelolaan keuangan. Tahapan analisa dan perancangan sistem menggunakan teknik Object Oriented Analysis Design (OOAD) metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall dan perancangan sistem menggunakan diagram Unified Modeling Language (UML). Hasil akhir penelitian ini dapat berupa sebuah sistem informasi keuangan yang dapat memberi kemudahan bagi kantor desa dalam melakukan pengelolaan keuangan desa Kayu Ara
Rancang Bangun Sistem Informasi Peminjaman Infocus Berbasis Web Pada Fakultas Sains dan Teknologi: Design and Development of a Web-Based Infocus Lending Information System at the Faculty of Science and Technology Mulya, Anggi; Baihaqi, Fajrul Falakh; Novita, Rita
Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE) Vol. 3 No. 2 (2023): Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering
Publisher : Institut Riset dan Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57152/ijirse.v3i2.963

Abstract

Mahasiswa saat ini memerlukan sistem pelayanan akademik dalam peminjaman infocus yang efisien dan efektif dalam rangka memenuhi kebutuhan akademik. Proses layanan peminjaman infocus pada FST UIN SUSKA Riau masih menggunakan proses manual dimana mahasiswa harus datang terlebih dahulu ke bagian umum untuk memastikan infocus masih tersedia dan kemudian melakukan pencatatan peminjaman data secara manual menggunakan kertas yang saya rasa kurang efektif dan efisien. Salah satu langkah yang dapat diambil dan sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu dengan merancang bangun suatu sistem informasi berbasis web guna membantu efektifitas pelayanan peminjaman infocus. Penelitian ini menggunakan metode waterfall. Penelitian ini menghasilkan suatu sistem informasi peminjaman infocus berbasis web yang dapat meningkatan efisiensi, akurasi, dan aksesibilitas dalam proses peminjaman infocus.      
Penerapan Algoritma K-Means dan K-Medoids dalam Pengelompokkan Data Inventaris Rig: Application Of K-Means And K-Medoid Algorithm In Rig Inventory Data Grouping Mubarak, Haykal Alya
Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE) Vol. 3 No. 2 (2023): Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering
Publisher : Institut Riset dan Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57152/ijirse.v3i2.965

Abstract

Perusahaan yang bergerak pada pengeboran minyak dan gas merupakan suatu instansi dengan berfokus pada kegiatan pengeboran sumur migas demi mendapatkan sumber daya dari bawah tanah. Dikarenakan pada perusahaan migas bumi merupakan industri yang memiliki kompleksitas data tinggi, terutama dalam hal pengelolaan inventaris rig atau peralatan yang digunakan untuk pengeboran minyak dan gas. Data inventaris rig mencakup berbagai informasi, seperti kapasitas rig, jenis peralatan, kategori peralatan, dan lain sebagainya. Dengan begitu banyaknya data yang terkumpul, pengelompokan data menjadi kritis untuk memahami pola dan hubungan antar data dalam inventaris rig. Pada penelitian ini, dengan memanfaatkan dua algoritma ini, data kelompok akan ditetapkan oleh inti data masing-masing cluster lalu dihitung mengonsumsi formula K-means dan K-medoids sehingga  membentuk ketetapan dari tiap algoritma, selanjutnya bisa dilakukan perbandingan dengan kelompok yang dapat dianalisis berdasarkan karakter pembantunya. Berdasarkan hasil pengkajian ini, K-Medoids lebih baik dibanding K-Means atas nilai DBI terbaik yaitu 0,073 pada nilai uji K=2.    
Rancang Bangun Sistem Informasi Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Menggunakan Metode Agile Development: Outgoing Mail Filing Information System With Agile Development Method Rizaldy, Agung; Simorangkir, Arnold Cristopel
Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE) Vol. 3 No. 2 (2023): Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering
Publisher : Institut Riset dan Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57152/ijirse.v3i2.967

Abstract

Salah satu lembaga pemerintah yang menangani pendidikan dan budaya adalah Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pelalawan. Administrasi yang terjadi tidak terlepas dari pengarsipan surat atau administrasi surat, seperti surat masuk dan surat keluar. Kantor Dinas Dikbud masih menggunakan sistem pengarsipan yang kurang efektif untuk surat masuk dan surat keluar. Tetap saja, proses dilakukan dengan memisahkan surat masuk dan surat keluar dan menyimpannya di rak lemari arsip. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun sistem pengarsipan surat masuk dan surat keluar yang menggunakan database sebagai penyimpanan data, sehingga proses pencarian dan penyimpanan data menjadi lebih mudah dan dapat menggantikan sistem arsip saat ini yang dilakukan secara manual. Penulis membuat sistem ini dengan menggunakan metode pengembangan Agile dan pemodelan OOAD (Object Oriented Analysis Design). Sistem informasi pengarsipan surat masuk dan surat keluar ini akan memudahkan proses pengarsipan dan pencarian data surat untuk Dinas DIKBUD Kabupaten Pelalawan dan mengurangi kehilangan dan kesalahan pencatatan data surat.  
Analisis Value Chain Dan Penerapannya Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Bagi Perusahaan (Studi Kasus: Rotte Bakery): Value Chain Analysis And Its Application As An Effort To Increase Competitive Advantage For Companies (Case Study: Rotte Bakery) Adawiyah, Arabiatul; Rahman, Arif; Meiwinda, Eka Rizki; Yuliansyah, Yuliansyah
Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE) Vol. 3 No. 2 (2023): Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering
Publisher : Institut Riset dan Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57152/ijirse.v3i2.1224

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rantai nilai perusahaan Rotte Bakery dan mengidentifikasi potensi peningkatan keunggulan kompetitif melalui penerapan konsep rantai nilai. Melalui studi kasus, penelitian ini akan mengeksplorasi proses-produk perusahaan, dari pengadaan bahan baku hingga distribusi produk akhir, dengan fokus pada elemen-elemen kunci dalam rantai nilai. Metode penelitian yang digunakan adalah desktiptif dengan melakukan analisis hasil wawancara dengan pihak terkait, observasi langsung, dan tinjauan literatur untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang proses bisnis dan faktor-faktor yang memengaruhi keunggulan kompetitif. Hasil dari penelitian  ini adalah dapat memberikan gambaran yang jelas tentang kekuatan dan kelemahan dalam rantai nilai Rotte Bakery. Selanjutnya, penelitian ini  merumuskan rekomendasi untuk penerapan strategi yang dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan nilai tambah di setiap tahap rantai nilai. Analisis ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mengoptimalkan sumber daya dan meningkatkan daya saingnya di pasar. Kesimpulan penelitian ini akan memberikan pandangan mendalam tentang potensi penerapan rantai nilai sebagai upaya strategis untuk meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan Rotte Bakery di industri roti dan produk pangan.
Analisa Proses Bisnis Usaha Kue Pelangi Bakery Menggunakan Value Chain Dan Swot Analisis: Analysis Of The Kue Pelangi Business Process Using Value Chain And SWOT Analysis Almaniar, Siska; Adawiyah, Arabiatul; Rahman, Arif; Cucikodana, Yunita
Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE) Vol. 3 No. 2 (2023): Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering
Publisher : Institut Riset dan Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57152/ijirse.v3i2.1313

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis rantai nilai Pelangi Bakery dan menemukan cara untuk meningkatkan keunggulan kompetitif dengan menggunakan konsep rantai nilai. Penelitian ini akan melihat bagaimana bisnis menghasilkan produk, dari pengadaan bahan baku hingga distribusi produk akhir, dengan fokus pada komponen penting untuk rantai nilai. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang proses bisnis dan elemen yang memengaruhi keunggulan kompetitif, penelitian desktiptif digunakan. Ini melibatkan observasi langsung, tinjauan literatur, dan analisis hasil wawancara dengan pihak terkait. Penelitian ini menunjukkan kekuatan dan kelemahan rantai nilai Pelangi Bakery. Selain itu, penelitian ini membuat saran untuk strategi yang dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan nilai tambah di semua langkah dalam rantai nilai. Diharapkan analisis ini akan membantu bisnis mengoptimalkan sumber daya dan meningkatkan daya saing mereka di pasar. Penelitian ini akan memberikan analisis menyeluruh tentang kemungkinan implementasi rantai nilai sebagai langkah strategis untuk meningkatkan keunggulan kompetitif Rotte Bakery di industri roti dan produk pangan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10