cover
Contact Name
Vera Sholeha
Contact Email
verasholeha@staff.uns.ac.id
Phone
+6285729001211
Journal Mail Official
ecedjournal@gmail.com
Editorial Address
Departement of Teacher Training of Early Childhood Education Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Early Childhood Education and Development Journal
ISSN : 26847442     EISSN : 27160637     DOI : https://doi.org/10.20961/ecedj
Core Subject : Education,
The Early Childhood Education and Development Journal is a peer-reviewed scientific journal that publishes the results of research and current issues about early childhood education. All topics that we accept only articles relating to early childhood education fields. The journal serves the needs of early childhood practitioners and academicians. This journal has been published since 2019, twice in a year, every April and Oktober. It is published by Early Childhood Education Program, Universitas Sebelas Maret.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2022): Early Childhood Education and Development Journal" : 3 Documents clear
PENGARUH GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI Aulia Fadhilah Indarwan; Elia Hestiningrum; Isfahani Fadia Nur Afifah; Ruli Hafidah; Novita Eka Nurjanah; Jumiatmoko Jumiatmoko
Early Childhood Education and Development Journal Vol 4, No 1 (2022): Early Childhood Education and Development Journal
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.096 KB) | DOI: 10.20961/ecedj.v4i1.52387

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan basis pembentukan karakter moral manusia, sehingga terbentuk perilaku dan kemampuan dasar sesuai dengan tahap perkembangannya. Untuk itu ddiperlukan penanaman nilai nilai moral untuk anak usia dini. Tetapi dalam masa sekarang ini banyak anak usia dini yang sudah memainkan gadget, entah itu gadgetnya sendiri ataupun milik dari orang terdekatnya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak dalam penggunaan gadget terhadap perkembangan moral anak usia dini, dimana pada usia itu usia dimana sel sel otak anak berkembang secara luar biasa. Yang menjadi garis besar permasalahannya yaitu penggunaan gadget lebih banyak menimbulkan dampak negative daripada dampak positive jika digunakan oleh anak usia dini apalagi tanpa pengawasan dari orang dewasa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yaitu studi pustaka atau literature review. Peneliti sudah menjabarkan bebrapa pengaruh yang dihasilkan dari penggunaan gadged yang dilakukan anak usia dini terutama pada perkembangan moral atau karakter anak itu sendiri. Sehingga dalam hal ini orang dewasa dalam artian orang terdekat anak harus selalu mendampingi anak anaknya agar bisa mencapai perkembangan sesuai tahapnya.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI MELALUI SUMBER BELAJAR BAHAN ALAM Yeshinta Resty Trisna Jayanti; Anik Lestariningrum; Isfauzi Hadi Nugroho
Early Childhood Education and Development Journal Vol 4, No 1 (2022): Early Childhood Education and Development Journal
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2454.62 KB) | DOI: 10.20961/ecedj.v4i1.60875

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini pada jalur pendidikan formal berupa Taman Kanak-kanak (TK), Raudatul Athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat. Sekolah bermain merupakan salah satu teknik untuk merangsang anak melalui pembiasaan dan bakat dasar. Belajar pemahaman anak dalam bilangan harus dimulai sejak usia dini, dengan metode yang mudah dipahami. Salah satu konsep aritmatika palingh penting bagi anak untuk dipahami .Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa media bahan alam dapat membantu anak usia dini dalm meningkatkan kemampuan matematika sesuai dengan pola berfikir anak. Pemanfaatan media bahan alam sebagai pembelajaran secara tepat akan membantu anak dalam menimgkatkan beberapa aspek perkembangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan perkembangan kemampuan matematika pada anak usia dini 4-5 tahun ?.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui pemanfaatan media bahan alam dapat meningkatkan perkembangan kemampuan matematika pada anak usia dini. Desain penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik penilaian wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah anak-anak kelompok A yang berjumlah 10 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan bahan alam sekitar meningkatkan kemampuan matematika anak didik. Bahan alam sebagai media pembelajaran mengembangkan kemampuan berfikir unt6uk memahami konsep matematika sederhana yaitu mengenal konsep bilangan, konsep jumlah media yang digunakan dan ukuran media.
PARTISIPASI ORANGTUA DALAM MEWUJUDKAN CHILDREN WELL-BEING PADA MASA PANDEMI ADRIANI RAHMA PUDYANINGTYAS; NURUL KUSUMA DEWI; VERA SHOLEHA
Early Childhood Education and Development Journal Vol 4, No 1 (2022): Early Childhood Education and Development Journal
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.993 KB) | DOI: 10.20961/ecedj.v4i1.56776

Abstract

Masa pandemi covid-19 membawa perubahan di semua bidang, termasuk dalam dunia pendidikan anak usia dini. Pembelajaran yang selama ini berlangsung secara tatap muka, beralih menjadi pembelajaran yang dilaksanakan di dalam jaringan (daring) melalui konsep belajar dari rumah (BDR). Aktivitas pembelajaran semua dilakukan dari rumah. Perubahan ini membawa pengaruh bagi semua aspek perkembangan anak. Orangtua sebagai support system terdekat anak yang berada dalam keluarga mempunyai peran yang besar dalam mendampingi anak untuk menghadapi perubahan lingkungan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk partisipasi orangtua dalam membantu optimalisasi tumbuh kembang anak usia dini di masa pandemi untuk mewujudkan children well-being. Bentuk partisipasi meliputi tiga aspek yaitu fisik, kogntif, serta sosio-emosi. Penelitian dilakukan dengan subjek orangtua siswa TK Kelas A dan B berjumlah 33 orang. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner.

Page 1 of 1 | Total Record : 3