cover
Contact Name
Anton Subarno
Contact Email
antonsubarno@fkip.uns.ac.id
Phone
+6281329027365
Journal Mail Official
jikap@fkip.uns.ac.id
Editorial Address
Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS Gedung B Lantai 1 FKIP UNS, Jl. Ir, Sutami, No.36A Kentingan Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi (JIKAP)
ISSN : -     EISSN : 26140349     DOI : https://dx.doi.org/10.20961/jikap
Core Subject : Education, Social,
JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) berisi artikel tentang hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang bidang komunikasi, administrasi perkantoran dan pendidikan.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2023): Maret" : 13 Documents clear
Penerapan elektronik parkir (e-parkir) di kota Surakarta Endah Lestari; Cicilia Dyah Sulistyaningrum Indrawati; Anton Subarno
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 7, No 2 (2023): Maret
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v7i2.60681

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memberikan gambaran mengenai penerapan parkir elektronik (E-Parking) di Kota Surakarta; 2) mengetahui upaya-upaya apa saja yang dilakukan untuk meminimalisir kebocoran  retribusi parkir terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan tarif progresif pada penerapan parkir elektronik  (E-Parking) di Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan  pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Jalan Dr Radjiman dan Jalan Gatot Subroto. Data penelitian diperoleh dari informan, peristiwa, dan dokumen dengan teknik purposive dan snowball  sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Keabsahan  data diperoleh melalui triangulasi metode dan sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis data  interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi e-parkir di Kota Surakarta meliputi: (1) perencanaan dan persiapan kelengkapan administrasi e-parkir; (2) sosialisasi e-parkir di Kota Surakarta; (3)  pengisian saldo dan pembayaran e-parkir; dan (4) monitoring dan evaluasi pelaksanaan e-parkir. Adapun upaya Dinas Perhubungan dalam meminimalisir kebocoran retribusi parkir terhadap Pendapatan Asli  Daerah dan tarif progresif pada penerapan Parkir Elektronik (e- parking) antara lain: (1) Kerjasama dengan  Lembaga Berbadan Hukum sebagai pengelola Parkir; (2) penerapan e-parking di Kota Surakarta. Kata Kunci: retribusi parkir; servis transportasi; teknologi Abstract: This research aims to: 1) provide a description of the application of electronic parking (E- Parking) in the  city of Surakarta; 2) find out what efforts are being made to minimize leakage of parking retribution on  Regional Original Income (PAD) and progressive rates on the application of electronic parking (E Parking) in Surakarta City. This research uses descriptive qualitative research with a case study approach.  This research was conducted at Dr. Radjiman Street and Gatot Subroto Street. Research data was obtained from informants, events, and documents with purposive and snowball sampling. Data collection techniques were carried out through observation, interviews, and documents. The validity of the data was  obtained through methodological triangulation and sources. The data analysis technique uses interactive data analysis. The results showed that the implementation of e-parking in Surakarta City included: (1)  planning and preparation of e- parking administration completeness; (2) e-parking socialization in  Surakarta City; (3) filling in the balance and paying for e-parking; and (4) monitoring and evaluating the implementation of e-parking. As for the efforts of the Department of Transportation in minimizing the  leakage of parking levies on Regional Revenue and progressive tariffs on the implementation of Electronic  Parking (e-parking), they include: (1) Cooperation with Legal Entity Institutions as Parking managers; (2) implementation of e-parking in Surakarta City. Keywords: parking retribution; technology; transportation service
Perbandingan penggunaan Google Classroom dan Edmodo pada pembelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Aziz Ramadhan Mulyo; Wiedy Murtini; Anton Subarno
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 7, No 2 (2023): Maret
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v7i2.62556

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar mata pelajaran Dasar- dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis pada media pembelajaran Google Classroom dan Edmodo; dan (2) media pembelajaran yang mendapatkan hasil belajar tertinggi antara Google Classroom dan Edmodo pada mata pelajaran Dasar-dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis. Penelitian ini merupakan penelitian true experimental dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis SMK Negeri 1 Karanganyar yang berjumlah 63 siswa. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis ANCOVA dengan menggunakan IBM SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara media pembelajaran Google Classroom dan Edmodo. Hal ini dibuktikan dengan uji ANCOVA yang menunjukkan bahwa signifikansi sebesar 0,035 < 0,05); 2) Hasil belajar pada mata pelajaran Melakukan Pekerjaan Dasar Kantor dan Layanan Bisnis dari media pembelajaran Edmodo lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar dari media pembelajaran Google Classroom. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pada Google Classroom dan Edmodo (7,409<8,126).Kata Kunci: hasil belajar; media pembelajaran; penelitian true experimentalAbstract: The study aimed to determine: (1) differences in learning outcomes in Basics of Office Management and Business Services on Google Classroom and Edmodo learning media; and (2) learning media that get the highest learning outcomes between Google Classroom and Edmodo in Basics of Office Management and Business Services subjects. This research is true experimental research with a quantitative approach. The population in this study was all students of class X Office Management and Business Services at SMK Negeri 1 Karanganyar (63 students). The research sample was taken using the saturated sample technique. Data collection techniques with documentation and tests. The data analysis technique used was the ANCOVA analysis technique using IBM SPSS 25.0. The results show that: 1) There was a significant difference in learning outcomes between Google Classroom and Edmodo learning media. This is evidenced by the ANCOVA test, which shows that the significance is 0,035<0,05); 2) Learning outcomes in the subjects of Basic Office Management and Business Services from Edmodo learning media are higher than learning outcomes from Google Classroom learning media. This is evidenced by the mean value in Google Classroom and Edmodo (7,409<8,126).Keywords: learning media; learning outcomes; true experiment research
Peran guru dalam memotivasi belajar siswa SMKN 1 Surakarta selama new normal Tika Hapsari; Cicilia Dyah Sulistyaningrum; Muhammad Choerul Umam
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 7, No 2 (2023): Maret
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v7i2.62477

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik di SMKN 1 Karanganyar (2) Hambatan Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik di SMKN 1 Karanganyar (3) Solusi Guru dalam Mengatasi Hambatan Memotivasi Belajar Peserta Didik di SMKN 1 Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini terdiri dari Guru OTKP SMKN 1 Surakarta, Siswa OTKP SMKN 1 Surakarta, Ketua Program Keahlian OTKP SMKN 1 Surakarta, dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan peran guru dalam memotivasi belajar siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dan snowball sampling. Uji validitas yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran guru dalam memotivasi belajar siswa yaitu: a) Membimbing dan melakukan pendekatan kepada siswa, b) Memberikan hadiah, c) Memberikan pujian. (2) Kendala guru dalam memotivasi belajar siswa adalah: a) Keterbatasan kuota dan jangkauan internet, b) Kurangnya variasi metode pembelajaran yang digunakan guru, c) Siswa yang kurang responsif. (3) Solusi guru dalam mengatasi kendala adalah: a) Sharing session antar guru, b) Memberikan bimbingan kepada siswa melalui pendekatan yang humanis, c) Membuat pembelajaran yang kreatif dan inovatif.Kata Kunci: guru sebagai motivator; kuantitatif; studi kasusAbstract: This study aims to determine (1) The Role of Teachers in Motivating The Learning of Students at SMKN 1 Surakarta Staffing (2) Teacher Obstacles in Motivating Learning of Students at SMKN 1 Surakarta Staffing (3) Teacher Solutions to overcome Obstacles in Motivating Learning of Students at SMKN 1 Surakarta Staffing. This research uses a qualitative approach with a type of case study research. The data sources of this study consist of OTKP Teachers of SMKN 1 Surakarta, OTKP Students of SMKN 1 Surakarta, Head of the OTKP Expertise Program of SMKN 1 Surakarta, and documents related to the role of teachers in motivating student learning. The sampling technique is carried out by purposive sampling and snowball sampling. The validity tests used are engineering triangulation and source triangulation. The results showed that (1) The role of the teacher in motivating student learning is: a) Guiding and approaching students, b) Giving gifts, c) Giving praise. (2) Teacher constraints in motivating student learning are: a) Limited quotas and internet coverage, b) a lack of variation in the learning methods used by teachers, c) Students who are less responsive. (3) Teacher solutions to overcome obstacles are: a) Sharing sessions between teachers, b) Providing guidance to students through a humanist approach, c) Making learning creative and innovative.Keywords: case studie; quantitative; teachers as motivators
Analisis Coworking Space di EL Samara Surakarta Sonia Putri Oktavia; Hery Sawiji; Winarno Winarno
JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 7, No 2 (2023): Maret
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v7i2.61942

Abstract

This study aims to determine: 1) coworking space management; 2) barriers to coworking space management; and 3) solutions to overcome the barriers to coworking space man-agement in El Samara, Surakarta. This research is descriptive qualitative research with a type of case study. Data sources include events, informants, and documents in the cowork-ing space. The sampling technique is purposive sampling. Data collection techniques in-clude interviews, observation, and document analysis. The data validity test technique in-volves the triangulation of sources and techniques. The data analysis technique is interac-tive analysis. The results showed: 1) the management of coworking space in El Samara Surakarta by the community manager includes planning, organizing, actuating, and con-trolling in providing various types of collaborative working space as an attraction; 2) barriers to coworking space management in El Samara Surakarta are related to the unifi-cation of the vision and mission of collaboration, staff workload, income, supporting means of remote working communication, dissemination of concept and benefits, as well as administrative services; 3) solutions to overcome the barriers to managing coworking space in El Samara Surakarta, namely looking for potential collaborators, holding intern-ship programs, increasing private offices, planning telecommunication stalls, utilizing in-formation systems, and other facilities for administrative services.
Pengaruh metode pembelajaran daring dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Otomatisasi Tata Kelola Sarana Prasarana Anita Sukma Wardani; Patni Ninghardjanti; Muhammad Choerul Umam
JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 7, No 2 (2023): Maret
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v7i2.61300

Abstract

This study aims to find out: (1) the influence of online learning methods on learning outcomes; (2) the influence of student learning motivation on learning outcomes (3) the influence of online learning methods and student learning motivation on learning outcomes. This research applied quantitative research with correlational methods. The population in this study is all students of OTKP class IX at SMK N 1 Sukoharjo, especially for the 2021/2022 school year, which amounts to 107. The sampling technique used proportional random sampling with a sample count of 84 students. The data collection method is a questionnaire and documentation. Data analysis techniques used prerequisite tests and multiple linear regression analysis. The results of the study showed that: (1) there is a positive and significant influence of online learning methods on the learning outcomes amounting to (tcount 2,981> table1,990) with significance (0.004 < 0.05); (2) there is a positive and significant influence of student learning motivation on the learning outcomes, amounting to (tcount 3, 311> table 1,990) with significance values (0.001<0.05); (3) there can be a positive and significant influence between online learning methods and student learning motivation together on the learning outcomes (Fcount 14,739 > Ftabel 3,190) with a significance value (0.000 < 0.05).  
Pengaruh pengawasan dan disiplin kerja terhadap semangat kerja pegawai Disdagnakerkop UKM Kabupaten Karanganyar Aisyah Nur Aini; Wiedy Murtini; Patni Ninghardjanti
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 7, No 2 (2023): Maret
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v7i2.62021

Abstract

 Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat pengaruh pengawasan terhadap semangat kerja pegawai pada Disdagnakerkop UKM Kabupaten Karanganyar; (2) apakah terdapat pengaruh disiplin kerja terhadap semangat kerja pegawai pada Disdagnakerkop UKM Kabupaten Karanganyar; dan (3) apakah terdapat pengaruh pengawasan dan disiplin kerja terhadap semangat kerja pegawai pada Disdagnakerkop UKM Kabupaten Karanganyar. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh pegawai yang berjumlah 110 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, dengan jumlah sampel 86 orang pegawai. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis dan teknik analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS v25.0. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pengawasan terhadap semangat kerja karyawan (thitung 2,868 > ttabel 1,988 dan signifikansi 0,005 < 0,05); (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin kerja terhadap semangat kerja karyawan (thitung 4,423 > ttabel 1,988 dan signifikansi 0,000 < 0,05); (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pengawasan dan disiplin kerja terhadap semangat kerja karyawan (Fhitung 31,060 > Ftabel 3,11 dan signifikansi 0,000 < 0,05).Kata Kunci: kuantitatif; metode korelasi; pengawasan kerja pegawaiAbstract: This research aims to determine: (1) whether there is an influence of supervision on employee work passion at Disdagnakerkop UKM Kabupaten Karanganyar; (2) whether there is an influence of work discipline on employee work passion at Disdagnakerkop UKM Kabupaten Karanganyar; and (3) whether there is an influence of supervision and work discipline on employee work passion at Disdagnakerkop UKM Kabupaten Karanganyar. Quantitative research approach with a correlational method. The research population is all employees, totaling 110 people. The sampling technique used is simple random sampling, with 86 employees as the sample. The data was collected using questionnaires, interviews, observations, and documentation. The data analysis technique used the prerequisite test and multiple linear regression analysis techniques using SPSS v25.0. The results of this study explained that: (1) there is a positive and significant effect of supervision on employee work passion (tcount 2.868 > ttable 1.988 and a significance of 0.005 <0.05); (2) there is a positive and significant effect of work discipline on employee work passion (tcount 4.423 > ttable 1.988 and a significance of 0.000 <0.05); (3) there is a positive and significant effect of supervision and work discipline on employee work passion (Fcount 31.060 > Ftable 3.11 and a significance of 0.000 <0.05). Keywords: correlational method ; supervision on employee; quantitative
Implementasi sistem informasi pembangunan daerah (SIPD) untuk menunjang perencanaan pembangunan daerah di Kabupaten Wonosobo Shinta Nur Afifah; Anton Subarno; Nur Rahmi Akbarini
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 7, No 2 (2023): Maret
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v7i2.62402

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi, kendala, dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam implementasi SIPD untuk mendukung perencanaan pembangunan daerah di Kabupaten Wonosobo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di kantor Bappeda dan OPD di Kabupaten Wonosobo. Data penelitian diperoleh dari informan, peristiwa, dan dokumen dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi SIPD di Kabupaten Wonosobo meliputi: a) perencanaan SIPD; b) sosialisasi SIPD kepada OPD; c) pengisian data SIPD; dan d) monitoring dan evaluasi terhadap data yang telah dientri dalam SIPD. 2) Hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan SIPD antara lain a) belum adanya Standar Operasional Prosedur (SOP); b) server sering mengalami error; c) indikator yang ada dalam SIPD tidak sesuai dengan kondisi Kabupaten Wonosobo; dan d) jaringan internet yang belum memadai. 3) Upaya yang dilakukan Bappeda untuk mengatasi hambatan tersebut antara lain: a) memberikan bimbingan teknis kepada OPD; b) melakukan koordinasi dengan Kemendagri untuk perbaikan sistem; c) melakukan koordinasi dengan Diskominfo untuk pembuatan sistem “Wonosobo Satu Data”; dan d) memperkuat jaringan internet di setiap OPD.Kata Kunci: kualitatif deskriptif; sistem informasi; studi kasus; teknologiAbstract: This study aims to determine the implementation, constraints, and efforts made to overcome obstacles in the implementation of SIPD to support regional development planning in Wonosobo Regency. This type of research is descriptive-qualitative with a case-study approach. The research was conducted at the Bappeda and OPD offices in Wonosobo. Research data is obtained from informants, events, and documents with sampling techniques using purposive and snowball sampling. Data collection techniques include observation, interviews, and document analysis. The validity of the data was obtained through a triangulation of techniques and sources. The data analysis technique uses interactive model data analysis. The results of this study indicate that: 1) SIPD implementation in Wonosobo Regency includes:a) SIPD planning; b) SIPD socialization to OPD; c) SIPD data filling; and d) monitoring and evaluation of data entered in SIPD. 2) Obstacles that occur in the implementation of SIPD include a) the absence of a Standard Operating Procedure (SOP); b) the server often has errors; c) the indicators in the SIPD are not in accordance with the conditions of the Wonosobo Regency; and d) the internet network is inadequate. 3) Efforts made by Bappeda to overcome these obstacles include: a) providing technical guidance to OPD; b) coordinating with the Ministry of Home Affairs for system improvement; c) coordinating with Diskominfo for the creation of the "Wonosobo Satu Data" system; and d) strengthening the internet network in each OPD.Keywords: case study; descriptive qualitative; information system; technology
Pengelolaan arsip di Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Surakarta Haniyah Salsabila; Cicilia Dyah Sulistyaningrum; Muhammad Choerul Umam
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 7, No 2 (2023): Maret
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v7i2.61914

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan arsip, kendala, dan solusi yang diterapkan untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tipe studi kasus, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, analisis dokumen, dan studi pustaka. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data interaktif dan dibuktikan keabsahannya melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan arsip di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Surakarta masih dilakukan secara manual, dimana kegiatan penciptaan, penyimpanan, pemindahan, pemeliharaan, penyusutan, dan pemusnahan arsip dilakukan secara langsung. Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala yang dialami yaitu jumlah arsip yang dikelola sangat banyak, namun belum adanya ruangan khusus untuk menyimpan arsip, belum adanya pegawai yang memiliki kualifikasi khusus di bidang pengelolaan arsip,  dan  sarana  prasarana  yang  dimiliki belum cukup lengkap, terdapat beberapa lemari, rak arsip, dan boks arsip. Upaya yang dilakukan untuk  mengatasi  kendala  tersebut  antara  lain dengan melakukan alih media arsip, perekrutan pegawai, dan melakukan kerja sama dengan pihak ketiga.Kata Kunci: kualitatif deskriptif; manajemen arsip; masalah; solusi; studi kasusAbstract: This study aims to determine the management of records, obstacles, and solutions applied to overcome these obstacles. This research was structured using a descriptive qualitative approach with a case study type; the sampling techniques used were purposive sampling and snowball sampling. Data was collected by interview, observation, document analysis, and literature study. The data were analyzed using interactive data analysis techniques and proved their validity through source triangulation and technical triangulation. The results showed that the management of archives at Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Surakarta is still done manually, where the activities of creating, storing, moving, maintaining, shrinking, and destroying archives are carried out directly. In practice, there are several obstacles experienced, namely that the number of archives managed is very large. but there is no special room for storing archives, there are no employees who have special qualifications in the field of archive management, and the infrastructure that is owned is not complete enough; there are several cabinets, filing racks, and archive boxes. Efforts are being made to overcome these obstacles, among others, by transferring archived media, recruiting employees, and collaborating with third parties.Keywords: archive management, case studies, descriptive qualitative, problem, solutions
Peningkatan keterampilan public speaking melalui metode Monroe’s Motivated Sequence kelas XI OTKP SMKN 1 Surakarta Brigita Verisda Yuliana; Wiedy Murtini; Susantiningrum Susantiningrum
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 7, No 2 (2023): Maret
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v7i2.61905

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum siswa dengan menggunakan metode MMS di kelas XI OTKP SMK N 1 Surakarta pada mata pelajaran tata kelola kehumasan dan keprotokolan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dibagi menjadi dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan pengumpulan data, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, membandingkan data, dan menyimpulkan data. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif sederhana, observasi keterampilan berbicara di depan umum, analisis data kualitatif, dan analisis deskriptif komparatif. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus yang terdiri dari empat tahap yang saling berkaitan di setiap siklusnya. Berdasarkan data yang terkumpul dari pra-tindakan, siklus I dan II terus mengalami peningkatan. Hasil pra-tindakan menunjukkan terdapat 8 siswa (23,5%) yang dinyatakan tuntas, pada siklus I sebanyak 18 siswa (52,9%), dan pada siklusII sebanyak 25 siswa (73,5%). Hasil data keterampilan berbicara di depan umum didasarkan pada penilaian komunikasi siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode MMS dapat meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum bagi siswa OTKP SMK N 1 Surakarta.Kata Kunci: analisis data kuantitatif; keprotokolan; komunikasi Abstract: This study aims to improve students’ public speaking skills by using MMS methods in class XI OTKP SMK N 1 Surakarta on the subject of public relations governance and protocol automation. This research is classroom action research. The research was divided into two cycles, where each cycle consisted of planning, implementing actions, observing and collecting data, and reflecting. Data collection techniques include observation, interviews, tests, and documents. Data validity uses source-triangulation techniques, comparing data, and concluding data. Data analysis used simple quantitative data analysis, public speaking skills observation, qualitative data analysis, and comparative descriptive analysis. The research procedure formed two cycles that had four stages that were interrelated in each cycle. Based on the data collected from pre-action, cycles I and II have continued to increase. The results of pre-action show there were 8 students (23,5%) who were declared complete; on cycle I, there were 18 students (52,9%); on cycle II, there were as many as 25 students (73,5%). The public speaking skills data result is based on students’ communication assessments. The conclusion of this study is that the application of the MMS method can improve public speaking skills for students of OTKP SMK N 1 Surakarta.Keywords: communications; protocol automation; quantitative data analysis
Pelaksanaan manajemen perbekalan kantor di dinas tenaga kerja Kota Surakarta Dinar Putri Hapsari; Tri Murwaningsih; Nur Rahmi Akbarini
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 7, No 2 (2023): Maret
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v7i2.61656

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, hambatan, dan upaya yang dilakukan untuk menghadapi hambatan dalam pengelolaan perlengkapan kantor di Subbagian Tata Usaha, Kepegawaian, dan Organisasi Dinas Tenaga Kerja Kota Surakarta. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian ini bersumber dari sumber primer dan sekunder. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive dan snowball sampling. Wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen ditetapkan sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif. Penelitian dilakukan berdasarkan prosedur yang sistematis. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) pelaksanaan manajemen perlengkapan kantor meliputi perencanaan, penganggaran, pengadaan, pencatatan, penyimpanan dan pendistribusian, pemeliharaan, penghapusan, dan pengendalian; (2) kendala-kendala yang dihadapi antara lain terbatasnya ketersediaan anggaran, terbatasnya jumlah sumber daya manusia untuk barang yang tidak tahan lama, kurangnya kompetensi IT pegawai bagian perlengkapan, dan kurangnya tanggung jawab pegawai dalam penggunaan barang; (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala, yaitu menetapkan skala prioritas dalam pengadaan barang persediaan, mengajukan usulan penambahan pegawai persediaan ke BKD Kota Surakarta dan memberdayakan pegawai magang, melakukan pelatihan dan pendampingan IT kepada pegawai persediaan, serta memberikan arahan kepada pegawai dan membuat SOP tentang pengelolaan barang persediaan Kata Kunci: kualitatif; manajemen perlengkapan kantor; studi kasus Abstract: This study aims to know the implementation, obstacles, and efforts made to deal with obstacles in office supply management at Sub Bagian Administrasi, Kepegawaian, and OrganisasiDinas Tenaga Kerja Kota Surakarta. The approach of this research is qualitative, based on the type of case study. The data for this research was sourced from primary and secondary sources. Sampling using purposive and snowball sampling techniques. In-depth interviews, observations, and document studies are established as data collection techniques. This research uses interactive model data analysis. The research is conducted based on a systematic procedure. The results of the study are:(1) the implementation of office supply management includes planning, budgeting, procurement, recording, storage and distribution, maintenance, deletion, and control; (2) constraints including limited budget availability, a limited number of human resources for non-durable goods, lack of IT competence for supply employees, and lack of responsibility for employees in the use of goods; (3) efforts made to overcome obstacles, namely setting a priority scale in the procurement of supply, submitting additional proposals for supply employees to BKD Kota Surakarta and empowering interns, conducting training and IT assistance to supply employees, and providing directions to employees and making SOP on the supply management.Keywords: case study; office supply management; qualitative

Page 1 of 2 | Total Record : 13