cover
Contact Name
Anton Subarno
Contact Email
antonsubarno@fkip.uns.ac.id
Phone
+6281329027365
Journal Mail Official
jikap@fkip.uns.ac.id
Editorial Address
Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS Gedung B Lantai 1 FKIP UNS, Jl. Ir, Sutami, No.36A Kentingan Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi (JIKAP)
ISSN : -     EISSN : 26140349     DOI : https://dx.doi.org/10.20961/jikap
Core Subject : Education, Social,
JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) berisi artikel tentang hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang bidang komunikasi, administrasi perkantoran dan pendidikan.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 3 (2024): Mei" : 10 Documents clear
Pengaruh persepsi promosi dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan aplikasi shopee Dias Murtika Putri; Wiedy Murtini; Patni Ninghardjanti
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 3 (2024): Mei
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i3.77595

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) promosi terhadap loyalitas pelanggan aplikasi Shopee, (2) citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan aplikasi Shopee (3) promosi dan citra perusahaan secara bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan aplikasi Shopee. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Jumlah populasi sebanyak 339 mahasiswa PAP dan 100 mahasiswa diambil sebagai sampel. Sampel pada penelitian ini diambil menggunakan metode purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan kuesioner penelitian menggunakan skala likert 1-4 dan dianalisis dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel promosi terhadap loyalitas mahasiswa pada aplikasi Shopee, dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 4,318 > ttabel 1,984 (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel citra perusahaan terhadap loyalitas mahasiswa pada aplikasi Shopee, dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,037 < 0,05 dan nilai thitung 2,113 > ttabel 1,984 (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel promosi dan citra perusahaan secara bersama-sama terhadap loyalitas mahasiswa pada aplikasi Shopee, dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 37,364 > Ftabel 3,09.Keywords : citra perusahaan; beriklan; dedikasi pelanggan; kuantitatif Abstract: This study aims to determine the effect of (1) promotion on customer loyalty in the Shopee application (2) corporate image on customer loyalty in the Shopee application (3) promotion and corporate image simultaneously on customer loyalty in the Shopee application. The total population is 339 students of PAP and 100 students are taken as samples. This research is quantitative research with a correlational method. The sample was taken using the purposive sampling method. The research data was collected using a research questionnaire with a Likert scale of 1-4 and analyzed using the SPSS version 26 application. The results showed that (1) there is a positive and significant effect of the promotion on customer loyalty of students in the Shopee application, as evidenced by a significant value of 0,000 < 0,05 and tcount value of 4,318 >tcount 1,984 (2) there is a positive and significant effect of corporate image on customer loyalty of students in Shopee application, as evidence by the significant value of 0,037 < 0,05 and tcount value of 2,113 >tcount 1,984 (3) there is a positive and significant effect of promotion and corporate image simultaneously on customer loyalty of students in Shopee application, as evidence by the significant value of 0,000 < 0,05 and Fvalue 37,364 > Ftable 3,09.Keywords:  advertise; corporate image; customer dedication; quantitative
Pengaruh Penerapan Prinsip Good governance Terhadap Tingkat Kepuasan Pelayanan Publik di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karanganyar Vina Tiasari; Patni Ninghardjanti; Anton Subarno
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 3 (2024): Mei
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i3.79073

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui adakah pengaruh yang signifikan pelaksanaan prinsip good governance terhadap kepuasan pelayanan publik di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karanganyar, (2) mengetahui indikator good governance yang paling dominan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelayanan publik pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna layanan publik di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karanganyar yang berjumlah 380 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik uji validitas data pada penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Data analisis data menggunakan uji prasyarat dan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS for Windows 22.0. Hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari sembilan prinsip good governance secara bersama-sama terhadap kepuasan pelayanan publik (Fhitung 29,220 > Ftabel 1,905), dan (2) variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelayanan publik adalah variabel tanggungjawab (X4) dengan nilai koefisiensi sebesar 0,473.Kata Kunci: kesenangan pelanggan; prinsip pemerintahan; pelayanan umumAbstract: This study focuses on KPP Pratama Karanganyar and aims to investigate the impact of good governance principles on public service satisfaction. Specifically, the research addresses two key objectives (1) Effect of Good Governance Implementation: The study examines whether the implementation of good governance principles significantly affects public service satisfaction at the Karanganyar Primary Tax Service Office. (2) Dominant Indicators of Good Governance: It identifies the indicators of good governance that most strongly influence the level of public service satisfaction at the Primary Tax Service Office Karanganyar. The research design for this study utilizes a correlational quantitative research method. The study focuses on the community of public service users at the Karanganyar Primary Tax Service Office, totaling 380 people. The sampling technique employed is incidental sampling. Data collection involves the use of questionnaires and documentation. To ensure data validity, source triangulation and method triangulation are applied. Finally, data analysis is conducted using prerequisite tests and multiple linear regression with the assistance of SPSS for Windows 22.0. Results show (1) the study demonstrates a positive and significant influence of the nine principles of good governance on public service satisfaction (Fcount = 29.220, Ftable = 1.905). (2) The variable that most significantly affects public service satisfaction is responsibility (X4), with a coefficient of 0.473.Keywords: customer delight; principles of government; public service
Hubungan gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan PT Regarsport Industri Indonesia Rita Romadhoni; Anton Subarno; Susantiningrum Susantiningrum
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 3 (2024): Mei
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i3.78433

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan PT Regarsport Industri Indonesia, (2) pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan, (3) pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi secara simultan terhadap kinerja karyawan PT Regarsport Industri Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Regarsport Industri Indonesia yaitu 438 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan sampel sejumlah 81 orang. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner, dan dokumen. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, dengan uji prasyarat: uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan PT Regarsport Industri Indonesia. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung 5,085 > t tabel 1,66462 dan nilai signifikansi sebesar  0,000<0,05. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan PT Regarsport Industri Indonesia. Hal ini dibuktikan dari thitung 6,155 > ttabel 1,66462 dan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan dan budaya organisasi secara simultan terhadap kinerja pegawai PT Regarsport Industri Indonesia. Hal ini dibuktikan dari nilai  fhitung 20,675 > f tabel 3,11 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Temuan lain yang dapat dilaporkan yaitu hasil analisis regresi linier berganda yang diketahui nilai koefisien determinasi sebesar 0.346, sehingga diperoleh hasil persamaan regresi linier Ŷ=55,536+2,146 X1+1,556 X2. Nilai sumbangan efektif gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan adalah 9,7%, sedangkan nilai sumbangan efektif budaya organisasi terhadap kinerja karyawan adalah sebesar 24,9%. Nilai sumbangan relatif gaya kepemimpinan (X1) terhadap kinerja karyawan (Y) sebesar 28%, sedangan sumbangan relatif budaya organisasi (X2) terhadap kinerja karyawan (Y) sebesar 72%, yang apabila dijumlahkan keduanya menjadi 100%.Keywords :  gaya manajemen; kuantitatif; nilai organisasi; prestasi Abstract This study investigates the impact of leadership style and organizational culture on employee performance at PT Regarsport Industri Indonesia. The research employs a descriptive quantitative approach with a survey method. The study population consists of all employees at PT Regarsport Industri Indonesia, and a simple random sampling technique is used to select a final sample of 81 employees. Data collection involves questionnaires and document analysis, while data analysis employs prerequisite tests and multiple regression analysis. The key findings are as follows: (1) Leadership Style: There is a positive and significant influence of leadership style on employee performance. The t-count value (5.085) exceeds the critical t-table value (1.66462), with a significance level of 0.000 (<0.05). (2) Organizational Culture: Organizational culture also significantly impacts employee performance. The t-count value (6.155) surpasses the critical t-table value (1.66462), with a significance level of 0.000 (<0.05). (3) Combined Influence: When considering both leadership style and organizational culture simultaneously, there is a positive and significant impact on employee performance. The f-count value (20.675) exceeds the critical f-table value (3.11), with a significance level of 0.000 (<0.05). Additionally, the multiple linear regression analysis reveals that the equation Ŷ = 55,536 + 2,146X1 + 1,556X2 explains 34.6% of the variance in employee performance (Y). The remaining 65.4% is influenced by other unaccounted variables. These results underscore the importance of effective leadership strategies and a positive organizational culture in enhancing employee performance at PT Regarsport Industri Indonesia.Keywords: management style; organizational values; performance; quantitative
Penerapan jadwal retensi arsip dalam proses penyusutan di Lembaga Kearsipan Kota Surakarta Demayca Mardias Susanto; Hery Sawiji; Susantiningrum Susantiningrum
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 3 (2024): Mei
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i3.80923

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk, (1) mendeskripsikan penerapan jadwal retensi arsip pada proses penciutan arsip di Lembaga Arsip Daerah Kota Surakarta, (2) mengetahui kendala dalam pelaksanaan jadwal retensi arsip di Lembaga Arsip Daerah Kota Surakarta. di Kota Surakarta, (3) menganalisis solusi untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan jadwal retensi arsip di Lembaga Kearsipan Daerah Kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mendeskripsikan data dengan menggunakan kata-kata atau rangkaian kata yang disebut deskriptif. Subjek penelitian adalah arsiparis dan pegawai LKD dan OPD yang dijadikan sampel penelitian. Data dikumpulkan dari informan yaitu kepala dinas, kepala dinas, arsiparis, staf kearsipan dan sumber dokumen. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Pelaksanaan penyusutan arsip di LKD Kota Surakarta sudah sesuai dengan ketentuan ANRI. Proses penyusutan melalui pemilahan arsip dinamis aktif dan tidak aktif dan yang terakhir adalah pemusnahan. Arsip yang dianggap masih digunakan akan disimpan kembali. Namun, jika arsip tersebut dianggap memiliki nilai sejarah, maka arsip tersebut akan dikirimkan ke ANRI; (2) Faktor yang menghambat proses pelaksanaan JRA pertama adalah kurangnya sumber daya manusia yang kompeten di bidang pengelolaan arsip dan kurangnya sarana prasarana yaitu lemari arsip dan rak map; (3) Langkah-langkah yang dilakukan LKD Kota Surakarta dalam mengatasi hambatan pelaksanaan JRA pada proses penyusutan adalah sosialisasi, pendekatan kepada Stake Holder, dan pendekatan langsung.Kata Kunci : JRA; LKD; pengurangan arsip; penyimpanan arsip Abstract: This study investigates the practical implementation of archive retention schedules within the context of archive reduction at the Surakarta City Regional Archives Institute. The research addresses three primary objectives: (1) describing the application of the archive retention schedule, (2) identifying obstacles encountered during implementation, and (3) analyzing strategies to overcome these challenges. The qualitative study involves archivists, LKD (Local Government Archives) staff, and OPD (Regional Work Unit) employees as research subjects. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. Triangulation is used for data validation. The study findings reveal that the implementation of archive depreciation aligns with ANRI (National Archives of the Republic of Indonesia) provisions. Challenges include a shortage of competent human resources and infrastructure limitations. To address these obstacles, the Surakarta City LKD employs socialization, stakeholder engagement, and direct approaches.Keywords: archive reduction; archive storage; JRA; LKD
Hubungan kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSU Ja’far Medika Ria Rosita; Hery Sawiji; Patni Ninghardjanti
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 3 (2024): Mei
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i3.78434

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, (2) pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pasien, dan (3) pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas secara bersama-sama terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang pernah menjalani rawat inap di RSU Ja'far Medika sejumlah 859 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, untuk jumlah dihitung dengan rumus Slovin dan diperoleh sejumlah 90 sampel. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, dengan uji prasyarat: uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan (X1) terhadap Kepuasan Pasien (Y) dibuktikan dengan thitung 5, 601 > ttabel 1,987. (2) Terdapat pengaruh Fasilitas (X2) terhadap Kepuasan Pasien (Y) dibuktikan thitung 3,887 > ttabel 1,987. (3) Terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan (X1) dan Fasilitas (X2) terhadap Kepuasan Pasien (Y) dibuktikan dengan Fhitung 348,664 > Ftabel 2,709. Temuan lain yang diperoleh dari penelitian ini yaitu hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Ŷ=-3,035+0,443X1+0,433X2, sumbangan efektif kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien sebesar 52,807% dan fasilitas terhadap kepuasan pasien sebesar 36,103. Uji determinasi diperoleh hasil sebesar 0,889 yang artinya kualitas pelayanan dan fasilitas mempengaruhi kepuasan pasien sebesar 88,9%, sedangkan 11,1% dipengaruhi oleh variabel lain.Keywords : kepuasan konsumen; mutu pelayanan; sarana  Abstract: This study investigates the influence of service quality and facilities on inpatient satisfaction at Ja’far Medika General Hospital in Karanganyar. A quantitative approach is employed, with data collected through questionnaires from patients who underwent inpatient treatment (n = 859). The sample size (n = 90) is determined using the Slovin formula and simple random sampling. Multiple linear regression analysis, preceded by tests for normality, linearity, and multicollinearity, is used for data analysis. Key findings are as follows: (1) Service Quality (X1): There is a significant influence on patient satisfaction (t-value = 5.601, p < 0.05). (2) Facilities (X2): Facilities also significantly impact patient satisfaction (t-value = 3.887, p < 0.05). (2) Combined Influence: Considering both service quality and facilities, there is a significant impact on patient satisfaction (F-value = 348.664, p < 0.05). The multiple linear regression equation is Ŷ = -3.035 + 0.443X1 + 0.433X2. Service quality contributes 52.807% to patient satisfaction, while facilities contribute 36.103%. The determination coefficient (R-squared) of 0.889 indicates that service quality and facilities collectively explain 88.9% of patient satisfaction, with 11.1% influenced by other variables. Keywords: consumer satisfaction; service quality; tools
Hubungan fasilitas kantor dan disiplin kerja terhadap hasil kerja pegawai KSP Rukun Makmur Sentosa Bulukerto Rizky Rachmawati; Patni Ninghardjanti; Anton Subarno
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 3 (2024): Mei
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i3.78351

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan fasilitas kantor dan disiplin kerja terhadap hasil kerja pegawai KSP Rukun Makmur Sentosa Bulukerto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain assosiatif kausal. Sumber data penelitian meliputi data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan 30 orang responden. Uji validitas dan reliabilitas instrumen tidak dilakukan karena telah mengadopsi dari sumber lain yang telah teruji valid dan reliabel. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Ŷ = 8,92+0,05 X1+0,78 X2+ e. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa fasilitas kantor tidak berpengaruh terhadap hasil kerja pegawai dengan signifikansi 0,38>0,05, sedangkan disiplin kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil kerja pegawai dengan nilai signifikansi 0,00. Hasil uji simultan  menunjukkan bahwa fasilitas kantor dan disiplin kerja secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil kerja pegawai dengan nilai signifikansi 0,00. Uji R Square menunjukkan nilai R2 = 0,81 yang berarti bahwa 81% hasil kerja pegawai (Y) dipengaruhi oleh variabel fasilitas kantor (X1) dan disiplin kerja (X2), dan sisanya sebanyak 19% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.Kata kunci : fasilitas hunian; keluaran pegawai; tekun kerja Abstract: This study aims to determine the relationship of office facilities and work discipline to the work results of KSP Rukun Makmur Sentosa Bulukerto employees. This research is a quantitative study using a causal associative design. Sources of research data include primary data and secondary data. The population in this study was 30 people. The sampling technique uses a saturated sample with 30 respondents. Instrument validity and reliability tests were not carried out because they had been adopted from other sources that had been tested as valid and reliable. The analysis technique used is multiple linear regression. The results of multiple linear regression analysis obtained the equation Ŷ = 8.92+0.05 X1+0,78 X2+ e. The partial test results show that office facilities have no effect on employee performance with a significance of 0.38 > 0.05, while work discipline has a significant effect on employee performance with a significance value of 0.00. Simultaneous test results show that office facilities and work discipline together have a significant influence on employee performance with a significance value of 0.00. The R Square test shows the value of R2 = 0.81 which means that 81% of employee performance (Y) is influenced by office facilities (X1) and work discipline (X2), and the remaining 19% is influenced by other variables outside the study.Keywords: employee output; residential facilities; work diligently
Pengelolaan arsip berdasarkan teori daur hidup arsip di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Eka Puspawati; Hery Sawiji; Cicilia Dyah Sulistyaningrum
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 3 (2024): Mei
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i3.81052

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pengelolaan arsip dengan teori siklus hidup arsip (Life Cycle of Record).  (2) Mengetahui hambatan dalam pengelolaan arsip. (3) Mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan pengelolaan arsip. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dideskripsikan dalam bentuk data deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Sub koordinator Akademik, Penata Arsip dan Pembantu Penata Arsip. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat dan peristiwa, serta arsip dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan data menggunakan metode triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data dengan model interaktif dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian pengelolaan arsip Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan meliputi: (1) Pengelolaan arsip pada Unit Kearsipan FKIP UNS cukup sesuai dengan siklus daur hidup arsip ISO 15489-1, meskipun masih belum maksimal. (2) Kendala yang ada dalam proses pengelolaan arsip adalah terbatasnya sumber daya manusia untuk pengelolaan arsip, penataan sarana dan prasarana yang tidak sesuai dengan pedoman, kesulitan dalam menemukan kembali arsip, kurangnya pemahaman dalam sistem klasifikasi arsip dan pemeliharaan arsip yang tidak mendapat perhatian yang cukup. (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut dengan memperluas kapasitas ruang penyimpanan arsip, meningkatkan kualitas karyawan dan menambah profesional magang dalam pengelolaan arsip, pengembangan digitalisasi arsip atau e-archive, serta pemeliharaan dan keamanan rutin.Kata kunci: daur hidup arsip; kualitatif; tata arsip; warkat Abstract: This qualitative research investigates archive management practices using the life cycle theory of records (ISO 15489-1). The study focuses on the Faculty of Teacher Training and Education (FKIP) UNS Archives Unit. Key objectives include (1) describing the application of the life cycle model, (2) identifying obstacles in records management, and (3) analyzing efforts to overcome these challenges. Data sources include interviews, observations, and documentation. Triangulation methods ensure data validity. Findings reveal that while the FKIP UNS Archives Unit adheres to the life cycle principles, optimization remains a goal. Challenges include limited human resources, non-compliant infrastructure, retrieval difficulties, and inadequate understanding of archive classification. Strategies to address these issues involve capacity expansion, employee training, digitization efforts, and routine maintenance. Keywords: archive management; archive life cycle; qualitative; scrip
Penerapan problem-based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMK Batik 2 Surakarta Fahmi Amrullah; Tutik Susilowati; Jumiyanto Widodo
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 3 (2024): Mei
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i3.78647

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model problem-based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata angkah Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana kelas XII OTKP 2, dan (2) meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model problem-based learning pada mata angkah Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana siswa kelas XII OTKP 2. Penelitian ini merupakan penelitian angkah kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII OTKP 2 yang berjumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan uji validitas kualitatif dengan angka triangulasi sumber dan uji validitas soal dengan expert judgment. Penerapan model problem-based learning dilakukan dengan angkah-langkah yaitu orientasi siswa kepada masalah, mengorganisir siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual atau kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penerapan pembelajaran dengan model problem-based learning yang dilaksanakan dalam 2 siklus dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal tersebut dilihat dari hasil setiap siklusnya yang mengalami peningkatan.Kata Kunci: berpikir tajam; model pembelajaran; memecahkan masalahAbstract:This study aims to (1) describe the application of the problem-based learning model in improving students’ critical thinking skills in the Automation of Facilities and Infrastructure Management subject for class XII OTKP 2, and (2) improve students’ critical thinking skills by applying the problem-based learning model to the eye’s facility and infrastructure management Automation lesson for class XII OTKP 2 students. This research is classroom action research. The subjects of this study were 22 class XII OTKP 2 students. Data collection techniques through observation, interviews, and tests. Data validity used a qualitative validity test with source triangulation techniques and tested the validity of the questions with expert judgment. The application of the problem-based learning model is carried out in the following steps: orienting students to problems, organizing students for learning, guiding individual or group investigations, developing and presenting work, and analyzing and evaluating the problem-solving process. Application of learning with a problem-based learning model implemented in 2 cycles can improve students’ critical thinking skills. This can be seen from the results of each cycle which has increased.Keywords: learning model; solve the problem; think sharp
Peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui implementasi model pembelajaran two stay two stray siswa SMK Batik 2 Surakarta Dita Saopsanggi Pratiwi; Wiedy Murtini; Susantiningrum Susantiningrum
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 3 (2024): Mei
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i3.77598

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XII OTKP SMK Batik 2 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII OTKP 1 SMK Batik 2 Surakarta yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini dibuktikan pada penelitian siklus I dan siklus II. Pada siklus I, presentase ketuntasan tes sebesar 60,87% dan persentase hasil observasi sebesar 60,43%, termasuk ke dalam kategori cukup kreatif. Sedangkan pada siklus II, persentase ketuntasan tes dan hasil observasi meningkat menjadi 82,61% termasuk dalam kategori sangat kreatif.Keywords: berpikir inventif; pembelajaran kooperatif; bertukar informasi Abstract: This research was carried out to know whether the cooperative learning model of the two stay two stray types can improve the creative thinking skills of class XII OTKP SMK Batik 2 Surakarta. This study uses the classroom action research method. The subjects in this study were students of class XII OTKP 1 SMK Batik 2 Surakarta, which consisted of 23 students. Data collecting techniques used in this study were tests, observations, interviews, and documentation. The data analysis used is the analysis of the percentage. The results showed that the cooperative learning model of the two stay two stray types could improve the creative thinking skills of class XII OTKP SMK Batik 2 Surakarta. It was proved by research cycle I and cycle II. In cycle I, the percentage of test completeness was 60,87% and the percentage of observations was 60,43%, which was included in the quite creative category. Whereas in cycle II, the percentage of test completeness and observation results increased to 82,61%, including the very creative category.Keywords: inventive thinking; cooperative learning; exchange information
Pelaksanaan manajemen kearsipan pada bagian tata usaha di SMK Kristen 1 Surakarta Florentina Puspita; Hery Sawiji; Susantiningrum Susantiningrum
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 3 (2024): Mei
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i3.78843

Abstract

Abstrak: Setiap organisasi baik pemerintah maupun swasta perlu memiliki sistem kearsipan yang baik dalam membantu tersedianya data dan informasi dengan cepat. Namun masih banyak organisasi yang belum menyadari pentingnya arsip sehingga sering kali dianggap tidak penting dan tidak diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan manajemen kearsipan pada bagian tata usaha di SMK Kristen 1 Surakarta, (2) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan manajemen kearsipan di bagian tata usaha SMK Kristen 1 Surakarta, (3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala yang ada dalam pelaksanaan manajemen kearsipan di bagian tata usaha SMK Kristen 1 Surakarta. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive dan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Manajemen Kearsipan pada SMK Kristen 1 Surakarta sudah berjalan dengan baik namun masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya (2) Kendala yang dialami dalam pelaksanaan pengelolaan arsip adalah a) masih kurangnya sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya, b) sarana dan prasarana kearsipan yang kurang memadai, c) tidak ada pedoman khusus untuk kearsipan. (3) Upaya untuk mengatasi kendala yang dialami berupa a) memanfaatkan Program magang SMK/Universitas dan bekerjasama antar pegawai, b) menjaga sarana dan prasarana arsip yang ada , c) memberi bimbingan mengenai pengelolaan arsip yang ada.Kata kunci : arsip; pengelolaan arsip; tata kelola Abstract: Every government and private organization requires a robust archive system to facilitate quick access to data and information. However, many organizations still underestimate the importance of archives, leading to their neglect. This study aims to achieve the following objectives (1) Implementation of Archives Management: The research assesses the current implementation of archives management in the administration section of SMK Kristen 1 Surakarta. (2) Obstacles Faced: The study identifies the challenges encountered during the implementation of archives management. These obstacles include (a) Lack of Competent Human Resources and insufficient expertise in archival practices. (b) Inadequate Archival Facilities and Infrastructure: The absence of proper storage and preservation facilities. (c) Lack of Specific Guidelines: The organization lacks clear guidelines for effective archiving. (3) Efforts to Overcome Obstacles: The study proposes strategies to address the identified obstacles. These efforts involve (a) Utilizing Vocational School/University Internship Programs: Leveraging student internships to enhance archival skills. (b) Collaboration Among Employees: Encouraging teamwork and knowledge sharing. (c) Guidance on Archive Management: Providing comprehensive guidance for effective archival practices. The study employs qualitative methods, utilizing purposive and snowball sampling techniques. The findings highlight both successful implementation and persistent challenges in archives management at SMK Kristen 1 Surakarta. By addressing these obstacles, educational institutions can optimize their archival practices and ensure efficient data retrieval and preservation.Keywords: archive management; files; governance

Page 1 of 1 | Total Record : 10