Journal of Education, Cultural, and Politics
Journal of Education, Cultural and Politics (JECCO) invites scholars, researchers, practitioners, and graduate students to submit their empirical original research papers on Education, Cultural and Politics
Articles
23 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 3 No. 2 (2023): JECCO: Sixth Edition"
:
23 Documents
clear
Analisis materi Resolusi Konflik melalui E-Comic
Muhammad Ramez;
Susi Fitria Dewi;
Azwar Ananda;
Ideal Putra
Journal of Education, Cultural and Politics Vol. 3 No. 2 (2023): JECCO: Sixth Edition
Publisher : Departemen Ilmu Sosial Politik Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jecco.v3i2.118
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan E-Comic pada pembelajaran inovatif dalam bentuk materi-materi mata kuliah resolusi konflik di Program studi PPKn FIS UNP yang memenuhi kriteria valid dan layak digunakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri atas pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Prodi PPKn FIS UNP angkatan 2020 yang mengambil mata kuliah resolusi konflik. Instrument penelitian menggunakan format instrument penilaian skala likert. Analisis data menggunakan formula Aiken’s untuk uji konten validitas dan intraclass correlation coefficients (ICC) untuk uji reliabilitas antar rater. Hasil penelitian E- pada pembelajaran inovatif dalam bentuk materi-materi Mata Kuliah Resolusi Konflik di Jurusan PPKN FIS UNP memenuhi kriteria valid. Nilai kevalidan dari E-Comic pada aspek penilaian media memiliki nilai indeks Aiken V rata-rata 0,909 dan dinyatakan sangat valid, Berdasarkan data yang didapatkan, ditemukan bahwa reliabilitas antar media rendah yaitu 0,314. Adapun pada aspek penilaian materi memiliki nilai indeks Aiken V rata-rata 0,900 dan dinyatakan sangat valid. Kemudian reliabilitas antar media rendah yaitu 0,364. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tes validasi E-Comic memiliki validitas cukup tinggi, dan reliabilitas antar rater cukup rendah.
Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi Covid-19
Tika Miranda Asra;
Hasrul Hasrul;
Azwar Ananda;
Yusnanik Bakhtiar
Journal of Education, Cultural and Politics Vol. 3 No. 2 (2023): JECCO: Sixth Edition
Publisher : Departemen Ilmu Sosial Politik Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kesulitan yang ditemukan dalam penerapan sistem pembelajaran daring masa pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kebijakan pembelajaran tatap muka pasca pandemi covid-19 di SMP Negeri 4 Bukittinggi dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung serta faktor penghambat implementasi kebijakan pembelajaran tatap muka pasca pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pemilihan Informan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, sedangkan sumbernya adalah sumber data primer dan sumber data sekunder melalui wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran tatap muka diterapkan untuk mengatasi terjadinya learning loss akibat pembelajaran di masa pandemi yang tidak optimal. Evaluasi pembelajaran tatap muka penuh pasca pandemi di SMP Negeri 4 Bukittinggi dilakukan enam bulan sekali dalam kegiatan supervisi ke kelas. Selama pembelajaran tatap muka ditemukan bahwa interaksi antara siswa dan guru masih kurang, motivasi belajar siswa masih menurun imbas belajar mandiri secara daring, dan karakter siswa yang kurang baik, budaya 5S yang memudar, dan siswa bersikap cuek di lingkungan sekolah.
Kesiapan sekolah dalam penerapan program Sekolah Penggerak
Meylanie Rahma Fitri;
Azwar Ananda;
Fatmariza Fatmariza;
Nurman S
Journal of Education, Cultural and Politics Vol. 3 No. 2 (2023): JECCO: Sixth Edition
Publisher : Departemen Ilmu Sosial Politik Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jecco.v3i2.129
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya program sekolah penggerak yang harus menerapkan kurikulum merdeka. Kurikulum tersebut nantinya diterapkan untuk seluruh sekolah di Indonesia sehingga peneliti tertarik untuk meneliti tentang kesiapan sekolah maupun guru dalam menerapkan kurikulum merdeka pada sekolah penggerak di SMP N 1 Batusangkar. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kesiapan sekolah dan pemahaman guru SMP N 1 Batusangkar terhadap ide kurikulum merdeka, untuk mendeskripsikan kurikulum oleh kepala sekolah sebagai sekolah penggerak, dan untuk mengidentifikasi kendala dan hambatan yang dialami sekolah dalam menerapkan kurikulum pada sekolah penggerak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumen kepada partisipan SMP N 1 Batusangkar, Data yang diperoleh dianalisis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru SMPN 1 Batusangkar belum memahami secara komprehensif ide kurikulum sekolah penggerak. Pada penerapan kurikulum merdeka di sekolah penggerak dalam pembelajaran, guru SMP N 1 Batusangkar, belum menerapkan pembelajaran sesuai dengan ide kurikulum merdeka. Sehingga guru mengalami kendala dan hambatan dalam mengimplementasikan kurikulum sekolah penggerak. Guru SMP N 1 Batusangkar menghadapi kendala dan hambatan dalam merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melaksanakan evaluasi.
Persepsi masyarakat terhadap vaksinasi Covid-19
Kenji Fadjri Yazid;
Maria Montessori;
Henni Muchtar;
Nurman S
Journal of Education, Cultural and Politics Vol. 3 No. 2 (2023): JECCO: Sixth Edition
Publisher : Departemen Ilmu Sosial Politik Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jecco.v3i2.189
Artikel ini bertujuan untuk mengungkap persepsi Masyarakat di kelurahan andalas terhadap program Vaksinasi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data yang memuat pernyataan untuk mengungkapkan persepsi masyarakat terkait masalah penelitian. Sampel penelitian ini berjumlah 99 warga Kelurahan Andalas Kecamatan Padang Timur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan kategori jawaban Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Tidak Setuju (TS) dan Sangat Tidak Setuju (STS). Teknik analisis data menggunakan persentasi normal, uji validitas dengan pearson product moment dan uji reabilitas dengan cronbach’s alpha. Hasil penelitian ini memperoleh tingkat capaian responden (TCR) keseluruhan dengan rata-rata sebesar 66,70% dengan begitu jawaban dari responden dapat dikatakan positif dan baik terhadap Persepsi Masyarakat di kelurahan andalas baik terhadap program Vaksinasi Covid-19.
Analisis mitos larangan bepergian pada hari Selasa dan hari Sabtu di daerah Tiakar
Viny Elvia;
Azmi Fitrisia;
Ofianto Ofianto
Journal of Education, Cultural and Politics Vol. 3 No. 2 (2023): JECCO: Sixth Edition
Publisher : Departemen Ilmu Sosial Politik Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jecco.v3i2.234
Mitos adalah cerita atau kepercayaan yang terdapat dalam sebuah masyarakat. Mitos berfungsi untuk mengungkapkan asal-usul semesta alam, manusia, dan bangsa, serta memberikan arahan dan pedoman kepada masyarakat. Meskipun mitos erat hubungannya dengan kebudayaan primitif, namun mitos masih berkembang di masyarakat modern karena pesan, nilai, dan nasehat yang terkandung di dalamnya. Mitos larangan bepergian pada hari Selasa dan hari Sabtu yang masih berkembang di daerah Tiakar, Kenagarian Guguk VIII Koto, Kecamatan Guguk, Lima Puluh Kota. Penelitian ini didasarkan pada konsep evolusi pemikiran yang dikemukakan oleh Prof. Kuntowijoyo, yang membagi tingkat evolusi pemikiran manusia menjadi tahap mitos, ideologi, dan ilmu. Meskipun kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah merambah di segala bidang, masih terdapat pola pikir yang berlandaskan mitos di tengah masyarakat modern. Mitos ini diyakini sebagai peringatan agar masyarakat tidak bepergian pada hari tersebut karena diyakini akan menimbulkan kesialan atau musibah. Meskipun secara ilmiah hal ini tidak dapat dipertanggungjawabkan, namun masih banyak masyarakat Minangkabau yang mempercayai mitos ini.
Implementasi program pendidikan tahfidz Al-Qur’an dimasa Pandemi Covid-19
Siska Pratama;
Isnarmi Isnarmi;
Hasrul Hasrul;
Susi Fitria Dewi
Journal of Education, Cultural and Politics Vol. 3 No. 2 (2023): JECCO: Sixth Edition
Publisher : Departemen Ilmu Sosial Politik Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jecco.v3i2.51
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk Program Tahfidz Al-qur’an dan faktor pendukung serta implikasi Program Tahfidz Al-qur’an di SMP Negeri 42 Padang dimasa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 42 Padang. Adapun yang dijadikan informan penelitian yaitu para guru dan siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Untuk memastikan data yang diperoleh valid, dilakukan pengujian data melalui triangulasi metode dan triangulasi sumber. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan teknik analisa data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Tahfidz Al-qur’an di SMP Negeri 42 Padang menggunakan buku saku dan dengan menggunakan metode akselerasi dimana dalam pelaksanaan metode ini siswa bisa menghafal Al-qur’an dengan cepat sehingga mereka bisa mengenali huruf dan tajwid dengan baik. Kemudian Faktor pendukung dalam pelaksanaan Tahfidz Al-qur’an yaitu memudahkan siswa untuk memasuki jenjang pendidikan yang mereka inginkan, selain itu juga menjadi penunjang dalam prestasi akademik dan non akademik dimana mereka bisa menjadi utusan dari sekolah untuk berbagai perlombaan.
Fenomena penyalahgunaan smartphone dalam era belajar dari rumah pada siswa MTsN
Rahmi Fauzia;
Junaidi Indrawadi;
Azwar Ananda;
Susi Fitria Dewi
Journal of Education, Cultural and Politics Vol. 3 No. 2 (2023): JECCO: Sixth Edition
Publisher : Departemen Ilmu Sosial Politik Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jecco.v3i2.101
Smartphone sebagai media pembelajaran sangat membantu guru dan siswa terutama pada era belajar dari rumah pada masa pandemi Covid-19. Namun, kenyataannya smartphone banyak disalahgunakan oleh siswa sehingga tidak optimalnya pelaksanaan proses pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui fenomena penyalahgunaan smartphone dalam era belajar dari rumah pada siswa MTsN 1 Solok Selatan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket secara langsung kepada 86 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTsN 1 Solok Selatan sebanyak 600 orang siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Jumlah sampel dihitung dengan menggunakan rumus slovin. Uji Validitas dan reliabilitas dengan menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Fenomena Penyalahgunaan Smartphone dalam Era Belajar dari Rumah pada Siswa MTsN 1 Solok Selatan berada pada kategori cukup yang dibuktikan dengan Tingkat Capaian Responden sebesar 58,52%.
Keterampilan guru PPKn dalam pengelolaan kelas
Rosa Fitria Zonti;
Junaidi Indrawadi;
Azwar Ananda;
Isnarmi Isnarmi
Journal of Education, Cultural and Politics Vol. 3 No. 2 (2023): JECCO: Sixth Edition
Publisher : Departemen Ilmu Sosial Politik Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jecco.v3i2.109
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan Guru PPKn dalam pengelolaan kelas di SMP Negeri 5 Seluma Provinsi Bengkulu. Keterampilan guru PPKn dalam pengelolaan kelas merupakan suatu usaha guru memecahkan permasalahan guna pencapaian kompetensi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan tringulasi sumber. Data yang telah diperoleh tersebut kemudian dianalisis dengan teknik analisis data yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PPKn dalam pengelolaan kelas sudah melaksanakan keterampilan mengelola kelas meliputi Keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan kondisi belajar yang optimal. Pengaturan pada peserta didik yang mencakup sikap hangat dan antusias, tantangan, bervariasi, keluwesan, penekanan pada hal-hal positif, serta penanaman disiplin. Kemudian mengelola interaksi kegiatan belajar mengajar dan upaya mengatasi permasalahan pada pengelolaan kelas. Implementasi pengelolaan kelas pada proses pembelajaran dilaksanakan guru berdasarkan delapan keterampilan dasar mengajar yaitu membuka dan menutup pelajaran, menjelaskan, bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi, membimbing diskusi kelompok kecil, mengelola kelas, serta pembelajaran peseorangan dan kelompok kecil. Kata Kunci: Keterampilan Guru, Pengelolaan Kelas, PPKn
Motivasi masyarakat untuk vaksinasi Covid-19
Dwi Fitri Rima Yoli;
Yusnanik Bakhtiar;
Ideal Putra;
Susi Fitria Dewi
Journal of Education, Cultural and Politics Vol. 3 No. 2 (2023): JECCO: Sixth Edition
Publisher : Departemen Ilmu Sosial Politik Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jecco.v3i2.184
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi, faktor dan kendala yang dihadapi masyarakat dalam mengikuti vaksinasi covid-19 di Kecamatan Sintuk Toboh Gadang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Motivasi masyarakat dalam mengikuti vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Sintuk Toboh Gadang disebabkan karena adanya Kesadaran masyarakat tentang keikutsertaan Vaksinasi Covid-19, adanya sosialisasi untuk masyarakat dari pihak puskesmas mengenai vaksinasi Covid-19, dan adanya kegiatan vaksinasi massal. Faktor yang mempengaruhi motivasi masyarakat dalam mengikuti vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Sintuk Toboh Gadang yaitu menyadari pentingnya kesehatan, karena tuntutan pekerjaan, telah dibukanya sekolah-sekolah, dan adanya fasilitas umum yang mesyaratkan sertifikat vaksinasi Covid-19. Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Sintuk Toboh Gadang dihadapkan pada beberapa kendala, diantaranya sistem informasi dan data yang yang belum sempurna dan jumlah fasilitas kesehatan masih terbatas.
Fenomena anak bekerja di tambang emas
David Hidayat;
Fatmariza Fatmariza;
Henni Muchtar;
Junaidi Indrawadi
Journal of Education, Cultural and Politics Vol. 3 No. 2 (2023): JECCO: Sixth Edition
Publisher : Departemen Ilmu Sosial Politik Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jecco.v3i2.237
Anak adalah karunia dan amanah dari Allah SWT, karena dalam diri anak terdapat harkat serta martabat dan hak – hak sebagai manusia yang senantiasa kita jaga dan harus dijunjung tinggi. Anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta mendapat pendidikan dan perlindungan. Anak merupakan aset dan masa depan bangsa yang juga sebagai penerus cita – cita bangsa. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegunaan uang hasil kerja mereka. Informan dalam penelitian ini ditentukan secara purposive sampling yang berjumlah 6 orang terdiri anak – anak yang berusia 18-19 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Selanjutnya keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Milles dan Huberman dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pemeriksaan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan anak-anak yang melakukan pekerjaan tambang di nagari Abai memiliki alasan umum untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan uang yang didapat juga digunakan untuk keperluan pribadi, beberapa juga untuk membantu perekonomian keluarga.