cover
Contact Name
Mohammad Syahidul Haq
Contact Email
mohammadhaq@unesa.ac.id
Phone
+6285649799995
Journal Mail Official
jurnalpendidikan@unesa.ac.id
Editorial Address
Address: Fakultas Ilmu Pendidikan Gedung O-1 Lantai 1 Jalan Lidah Wetan Surabaya Postal Code 60213 Phone 031-7532160 Fax. 031-7532112 E-mail: jurnalpendidikan@unesa.ac.id
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JP (Jurnal Pendidikan) : Teori dan Praktik
ISSN : -     EISSN : 25276891     DOI : https://doi.org/10.26740
Core Subject : Education, Social,
JP (Jurnal Pendidikan) : Teori dan Praktik e-ISSN : 2527-6891 is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The innovation of teachers and lecturers in the development of the education sector can contribute positively to schools and educational institutions. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) published by Faculty of Education Universitas Negeri Surabaya in collaboration with Indonesia Educationist ist Association (IEA) periodically (1 year 2 times published) with the number of 10 articles each time published (20 articles per year) Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) is a scientific journal that contains and disseminate the results of research, in-depth study, and the ideas orinnovative work in the field of science education. The innovative work of the teachers and lecturers of the development of the education sector which is able to make a positive contribution to the schools and educational institutions the focus of this journal. Character Education Education Issues and Policy Special Need Education Educational Technology and Curriculum Educational Management and Leadership Guidance and Counseling Multicultural Education Early-Childhood Education Elementary Education Non-Formal Education Educational Psychology Teaching and Learning Education Assessment and Evaluatio
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2019): Volume 4, Nomer 1, April 2019" : 10 Documents clear
Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Model Polya Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Mahasiswa indri anugraheni
Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) Vol 4 No 1 (2019): Volume 4, Nomer 1, April 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.224 KB) | DOI: 10.26740/jp.v4n1.p1-6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa pada kelompok yang menerapkan pembelajaran Problem Solving Model Polya dan kelompok yang menerapkan model konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental Nonequivalent Control Group. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan  kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh hasil t hitung < t tabel (5,415 > 1,671) dan nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05). Maka dari itu menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan memecahkan masalah matematika mahasiswa antara kelompok yang menggunakan pembelajaran Problem Solving Model Polya dengan kelompok yang menggunakan model konvensional.
Self-Regulated Learning Siswa SMK Muhammadiyah di Kota Yogyakarta: Kedua Orang Tua Berpengaruhkan? Wahyu Nanda Eka Saputra; Irvan Budhi Handaka; Dita Kurnia Sari
Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) Vol 4 No 1 (2019): Volume 4, Nomer 1, April 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.667 KB) | DOI: 10.26740/jp.v4n1.p7-11

Abstract

Hasil belajar yang maksimal merupakan salah satu pencapaian yang diharapkan oleh siswa, termasuk orang tuanya. Namun, berbagai masalah tentang belajar siswa di sekolah menjadi masalah yang masih dialami oleh siswa. Sebagai contohnya siswa yang enggan melakukan proses belajar yang mandiri dan bahkan siswa cenderung belajar jika dikendalikan oleh guru di sekolah. Permasalahan tersebut tergolong siswa yang kurang mampu mengoptimalkan keterampilan self-regulated learning. Salah satu yang mengindikasi dan mempreduksi tingkat self-regulated learning adalah keberadaan kedua orang tua di rumah siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi perbedaan tingkat self-regulated learning berdasarkan siswa yang tinggal bersama kedua orang tuanya dengan siswa yang tinggal tidak bersama kedua orang tuanya. Penelitian ini melibatkan jumlah sampel sebanyak 415 siswa SMK Muhammadiyah di Kota Yogyakarta yang diambil menggunakan teknik stratified random sampling. Sampel terdiri dari 143 siswa tidak tinggal bersama orang tuanya dan 272 siswa tinggal bersama kedua orang tuanya. Tingkat self-regulated learning diukur menggunakan skala self-regulated learning. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata skor self-regulated learning siswa SMK yang tinggal dengan kedua orang tuanya dengan siswa siswa yang tidak tinggal dengan kedua orang tuanya. Hasil penelitian ini seyogyanya menjadi dasar bagi konselor untuk meningkatkan self-regulated learning siswa dengan melibatkan unsur internal pada diri siswa buka unsur eksternal pada diri siswa seperti peran orang tua.
Developing Reading Handbook Based on Genre Based Approach for Islamic Senior High School Level Kholifatur Rosyida; rasyidah nur aisyah
Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) Vol 4 No 1 (2019): Volume 4, Nomer 1, April 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.067 KB) | DOI: 10.26740/jp.v4n1.p12-17

Abstract

The purpose of the study was intended to develop supplementary reading material based on genre text for students in the tenth grade of Senior High School in order to help the learners in comprehending and interesting to study about Islamic story. This research was conducted by validation product by the experts, and try out. This research showed that the validation product by the experts showed 80% the product was appropriate, and the try out by the students were more than expected interval (l00%-76%). To find out whether the effective of the product, the writer gives the students pretest before implementing the product and posttest after implementing. The finding shows that the t-test calculation from the result of pre-test is 23% and post-test which on  is 80,7%. The result of this study concluded that the product was effective to use. 
Pengembangan Perangkat Pembelajaran SD dengan Model Problem Based Learning (PBL) Bervisi Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Berbantuan MIRACAST Novi Setyasto; Putri Yanuarita Sutikno
Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) Vol 4 No 1 (2019): Volume 4, Nomer 1, April 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.12 KB) | DOI: 10.26740/jp.v4n1.p18-24

Abstract

Pemberlakuan Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses memberikan konsekuensi adanya pergeseran paradigma pengajaran ke pembelajaran, penggunaan pendekatan scientific, dan tematik sehingga perlu diterapkan pembelajaran berbasis masalah serta guru diharuskan memiliki literasi teknologi. Namun kenyataan di lapangan berbeda. Berdasarkan hasil studi pendahuluan dilakukan di beberapa SD Gugus Drupadi Gunungpati Semarang, ditemukan perangkat pembelajaran yang digunakan masih belum sesuai dengan standar proses dan dalam pelaksanaan pembelajaran guru masih jarang menggunakan media pembelajaran dengan teknologi modern mengakibatkan peserta didik kurang aktif dan hasil belajar kurang maksimal. Solusi yang diterapkan adalah dengan pengembangan perangkat pembelajaran model PBL bervisi SETS berbantuan Miracast. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengacu model 4-D dari Thiagarajan tetapi dibatasi pada tahap develop. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, efektif, dan praktis (applicable) serta sesuai standar proses. Subjek uji coba adalah 42 peserta didik kelas IV SDN Sadeng 02, dan 03. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, pengamatan, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi tiga orang ahli terhadap perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria valid. Perangkat pembelajaran efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan hasil uji N-gain didapat nilai gain <g> sebesar 0,48 dalam kategori sedang dan peningkatan rata-rata nilai hasil belajar dari pretest 56 menjadi 77 pada saat posttest. Hasil pengamatan aktivitas peserta didik menunjukkan rata-rata skor 33 berada pada ketegori sangat tinggi. Kepraktisan perangkat pembelajaran terlihat dari respons sangat positif yang diberikan guru dan peserta didik terhadap perangkat pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, diketahui perangkat pembelajaran sudah memenuhi kriteria valid, efektif, dan praktis.
Konseling Kelompok Rasional Emotif Perilaku dalam Membantu Mengatasi Regulasi Emosi Siswa SMP, Efektivkah? Bakhrudin All Habsy; Ifta Nur Faricha; Dimas Heri Suroso
Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) Vol 4 No 1 (2019): Volume 4, Nomer 1, April 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.488 KB) | DOI: 10.26740/jp.v4n1.p25-32

Abstract

This study aims to examine the effectiveness of Rational Emotive Behavior group counseling. Based on this, the research counseling is effective to improve emotional regulation, especially for junior high school students. This study is using the Nonequivalent Control Group Design which is then analyzed using a nonparametric statistical test, i.e Wilcoxon Test. Based on the results of data analysis it is obtained that the z count is -2.707 and the probability number (sig. (2-tailed)) is 0.007. Furthermore, the figure is compared with the z table at a significant level of 0.05 so that it is known as 1.96. Because Z count is wich smaller than z table So it can be concluded that Rational Emotive Behavior group counseling is effective to improve emotional regulation of Junior High School students.
Implementasi Program Polisi Sekolah Sebagai Best Practice Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa SRI ISNANI
Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) Vol 4 No 1 (2019): Volume 4, Nomer 1, April 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (821.629 KB) | DOI: 10.26740/jp.v4n1.p33-42

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi, capaian, kendala, dan solusi dari program Polisi Sekolah demi peningkatan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 02 Arjasa Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode SWOT serta pendekatan fenomenologi. Observasi dan dokumentasi merupakan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data.  Berdasarkan analisis SWOT, kedisiplinan merupakan hal yang sangat krusial dan menjadi kelemahan di SMP Negeri 02 Arjasa Jember. Salah satu strategi WO (Weakness - Opportunity) yang dapat diterapkan yaitu berupa implementasi program kegiatan terpadu untuk meningkatkan kedisiplinan di sekolah, yaitu melalui program Polisi Sekolah.  Secara umum, hasil penelitian menunjukkan bahwa program Polisi Sekolah ini merupakan salah satu bukti nyata bahwa kedisiplinan di lingkungan sekolah dapat diwujudkan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan prestasi siswa. 
Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa April Lia Rahmayani
Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) Vol 4 No 1 (2019): Volume 4, Nomer 1, April 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (103.688 KB) | DOI: 10.26740/jp.v4n1.p59-62

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan media video tehadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimental Design dengan jenis One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Gemah. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Gemah yang terdiri dari 40 siswa dengan menggunakan teknik sampling yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi,dan wawancara.
Hubungan Efikasi Diri, Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Fisika pada Mahasiswa Fisika hendra sulistiawan; nurussaniah nurussaniah
Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) Vol 4 No 1 (2019): Volume 4, Nomer 1, April 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.511 KB) | DOI: 10.26740/jp.v4n1.p43-48

Abstract

Penelitian bertujuan menganalisis hubungan efikasi diri terhadap minat belajar fisika, hubungan kecerdasan emosional terhadap minat belajar fisika dan hubungan secara bersama-sama efikasi diri dan kecerdasan emosional terhadap minat belajar fisika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma ganda dengan dua variabel independent yaitu efikasi diri dan kecerdasan emosional. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efikasi diri dan kecerdasan emosional berpengaruh terhadap minat belajar fisika mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak. Selanjutnya secara khusus dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dengan minat minat belajar fisika berdasarkan nilai signifikansi 0,000<0,05. terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan minat belajar fisika berdasarkan nilai signifikansi 0,002<0,05. Dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan efikasi diri dan kecerdasan emosinal dengan minat belajar fisika berdasarkan nilai sig. F sebesar 0,000 (p<0,05).
Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa septi wahyu utami
Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) Vol 4 No 1 (2019): Volume 4, Nomer 1, April 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (27.452 KB) | DOI: 10.26740/jp.v4n1.p63-66

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bagaimana penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan pada siswa di SDN Gayamsari 01 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian kualitatif, dimana dalam penelitian kualitatif instrument utama adalah peneliti itu sendiri. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gayamsari 01 Semarang bulan Desember 2018 Januari 2019. Dalam penelitian ini digunakan uji keabsahan data triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan di SDN Gayamsari 01 Semarang telah cukup berjalan dengan baik, kegiatan ini dilakukan dengan adanya kegiatan kedisiplinan upacara setiap hari senin dan apel pagi selain hari senin, kemudian juga ada kegiatan berbaris di dalam kelas sebelum masuk kelas untuk memulai pembelajaran serta ada kegiatanmelalui mapel agama yaitu kotak amal untuk bersedekah dan sholat dhuhur berjamaah di mushola sekolah, semua kegiatan tersebut dilakukan oleh pihak sekolah melalui metode pembiasaan. AbstractThis study aims to describe the feasibility of character education through disciplinary activities in students at Gayamsari 01 Elementary School Semarang. The research method used is qualitative research, in which the main qualitative instrument research is the researcher itself. In this study the data technique used was interviews, documentation and questionnaires. This research was conducted at Gayamsari 01 Elementary School in Semarang from December 2018 - January 2019. In this study the validity data of triangulation data were used. The results showed that the implementation of character education through disciplinary activities at Gayamsari 01 Public Elementary School was quite well underway, this activity was carried out with disciplinary announcement activities every Monday and morning apples in addition to Monday, then there were also activities marching in the classroom before entering the class for start learning and there are activities through religious maps, namely charity boxes for charity and dhuhur prayers in congregation at the school mosque, all activities carried out by the school through habituation methods.
Strategi Pengajaran Speaking Bagi Para Pembelajar Bahasa Inggris Berkarakteristik Introvert M. Arif Rahman Rahman Hakim
Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) Vol 4 No 1 (2019): Volume 4, Nomer 1, April 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.522 KB) | DOI: 10.26740/jp.v4n1.p49-58

Abstract

Karakteristik dan kepribadian siswa dapat mempengaruhi kemampuan mereka dalam berkomunikasi. Beberapa ahli menyatakan bahwa dua karakter utama siswa dalam pembelajaran bahasa, yaitu ekstrovert dan introvert, adalah karakter yang saling bertentangan. Dalam hal ini, karakteristik ini dapat mempengaruhi kompetensi komunikasi siswa karena perberbedaan motivasi dan egoisme antara ekstrovert dan introvert. Pada dasarnya, kepribadian siswa dapat membantu pola belajar mereka mencapai keberhasilan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Oleh karena itu, para guru disarankan untuk mengetahui karakter peserta didiknya, karena dengan mengetahui kepribadian mereka, para guru akan dapat memilih strategi pembelajaran yang tepat untuk diterapkan pada proses belajar mengajar di kelas mereka. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi terkait proses belajar mengajar dan strategi yang diterapkan para guru Bahasa Inggris kepada para siswa yang mempunyai karakteristik kepribadian introvert di kelas speaking.

Page 1 of 1 | Total Record : 10