Articles
12 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 4 No. 2 (2022): Ahwal Syakhsiyah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam"
:
12 Documents
clear
PENGARUH PROFITABILITAS ASURANSI SYARIAH TERHADAP PENGELUARAN ZAKAT PERUSAHAAN
Yola Yulinda;
Fitrah Maharaja;
Asmuni
At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam Vol. 4 No. 2 (2022): Ahwal Syakhsiyah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam
Publisher : Universitas Islam Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.20885/tullab.vol4.iss2.art1
Takaful Keluarga adalah pelopor perusahaan asuransi jiwa syariah di Indonesia. Mulai beroperasi sejak tahun 1994, Takaful Keluarga mengembangkan berbagai produk untuk memenuhi kebutuhan berasuransi sesuai syariah meliputi perlindungan jiwa, perlindungan kesehatan, perencanaan pendidikan anak, perencanaan hari tua, serta menjadi rekan terbaik dalam perencanaan investasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja keuangan (ROE dan ROA) terhadap kemampuan zakat perusahaan pada priode pengamatan 2017-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data diambil dari data sekunder yaitu laporan keuangan perusahaan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan kinerja perusahaan dengan rasio ROE dan ROA sebagai variabel independen dan zakat perusahaan Asuransi Takaful Keluarga sebagai variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ROA dan ROE terhadap perhitungan zakat perusahaan memiliki pengaruh yang positif terhadap zakat perusahaan dengan nilai koefisien korelasi berganda ( R ) adalah 0,795. Dari seluruh hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa Zakat Perusahaan Asuransi Takaful Keluarga dipengaruhi oleh Performa Operasional perusahaan tapi tidak sepenuhnya bisa dipengaruhi oleh ROA dan ROE bisa jadi ada pengendali atau faktor lain yang mempengaruhi pertimbangan perusahaan dalam mengeluarkan kewajibanya membayar zakat.
TINJAUAN SYARIAH TERHADAP TUJUAN INVENSI CRYPTOCURRENCY SEBAGAI INSTRUMEN TRANSAKSI FUTURISTIK
Uun Zahrotunnisa;
Iin Fadila Ramadhani;
Fuat Hasanudin
At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam Vol. 4 No. 2 (2022): Ahwal Syakhsiyah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam
Publisher : Universitas Islam Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.20885/tullab.vol4.iss2.art2
Perkembangan dunia digital kini menuntut manusia melakukan aktivitas secara cepat, begitupun hal nya peranti yang digunakan harus dapat digunakan dimana dan kapan saja. Digitalisasi tidak hanya terjadi pada teknologi komunikasi melainkan juga berkembang pada kegiatan perekonomian, contohnya uang. Perkembangan teknologiyang masif menyebabkan uang sebagai alat tukar di modifikasi menjadi virtual. Sebagai produk industri 4.0 crypto mencuri perhatian para investor berkat eksistensinya dalam menawarkan keunggulannya dan berusaha menyaingi keberadaan uang fiat. Aset kripto yang memiliki jumlah user tertinggi saat ini adalah Bitcoin. Apabila ditilik lebih lanjut sistem yang dijalankan oleh cryptocurrency ditemukan unsur spekulasi dan ketidakjelasan dimana sewaktu-waktu dapat terjadi fluktuasi tinggi dan menyebabkan anjloknya nilai kripto sehingga berpotensi menimbulkan kerugian besar bagi user. Unsur merugikan ini tidak dibenarkan dalam hukum Syar’i. Penelitian ini menggunakan metode library research melalui pendekatan normatif syariah yang bersifat deskriptif analisis. Kemudian, dalam proses identifikasi dalam literature review ditemukan pokok permasalahan. Sumber data primer yang digunakan adalah Fatwa MUI, Peraturan Menteri Perdagangan, Peraturan Bank Indonesia, data sekunder diperoleh melaluipengkajian Kitab Fiqh, Karya Ilmiah, artikel, dan berita. Middle theory dan applied theory dinilai tepat untuk merumuskan hasil penelitian hukum normatif syariah dengan mengaplikasikan analisis SWOT. Tujuan dan urgensi penelitian dipaparkan mengenai hukum syar’i dari unsur-unsur sistem kripto untuk jangka panjang. Uang kripto tidak dapat dijadikan alat tukar maupun investasi jangka panjang, karena tidak ada kebijakan yang menjamin perlindungan kerugian konsumen jika terjadi fluktuasi, dalam kaidah ushul fiqh disebutkan Dar'ul-mafasid muqaddamun ‘ala jalbil-mashalih.
INTERNAL BRANDING FIAI UII DALAM PANDANGAN MAHASISWA
Fihayatin Nufus;
Fitriani;
Rizqi Anfanni Fahmi
At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam Vol. 4 No. 2 (2022): Ahwal Syakhsiyah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam
Publisher : Universitas Islam Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.20885/tullab.vol4.iss2.art3
Internal branding merupakan faktor penting yang harus dimiliki oleh perguruan tinggi. Terutama bagi fakultas ilmu agama islam dalam memberikan informasi dan inspirasi kepada mahasiswa mengenai identitas fakultas, hal itu dapat menunjukkan eksistensi ke publik sebagai salah satu fakultas tertua di universitas islam indonesia yang membawa visi misi islamiyah sebagai Insan Ulil Albab. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pandangan mahasiswa terhadap internal branding yang telah dibangun oleh fakultas ilmu agama islam selama ini. Melalui identifikasi internal branding akan mempengaruhi integritas dan kepuasan mahasiswa terhadap fakultas khususnya dan universitas pada umumnya, yang berimplikasi terhadap brand performance fakultas kedepannya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. subjek yang diamati pada penelitian ini adalah mahasiswa yang memiliki otoritas lingkungan di fakultas ilmu agama islam, dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden dari seluruh program studi yang ada di fakultas. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan mahasiswa berdampak positif terhadap internal branding yang dilakukan oleh FIAI UII berkaitan dengan nilai-nilai khas dan hubungan yang dibangun FIAI UII kepada mahasiswa
PERAN SIKAP PROSOSIAL TERHADAP MINAT BERINFAQ DAN SHADAQOH MENGGUNAKAN QRIS: STUDI KASUS JAMAAH MASJID ULIL ALBAB UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
Mia Yuli Astuti;
Afriana Dewi;
Anton Priyo Nugroho
At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam Vol. 4 No. 2 (2022): Ahwal Syakhsiyah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam
Publisher : Universitas Islam Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.20885/tullab.vol4.iss2.art4
Teknologi digital menunjukkan perkembangan yang pesat dari tahun ke tahun, ditandaidengan adanya inovasi pada sistem pembayaran berbasis digital melalui kodeQRIS.Penggunaan QRIS didukung dengan meningkatnya transaksi cashless (non-tunai),mencapai Rp 305,4 triliun dengan pertumbuhan 49,06% (YoY) sepanjang 2021.Implementasi QRIS ternyata tidak hanya berlaku pada transaksi pembayaran umum,namun juga menjangkau penyaluran infaq dan shadaqah. Keputusan berinfaq seseorangdipengaruhi oleh banyak variabel, salah satunya adalah sikap prososial. Sikap prososialmemiliki pengaruh dalam keputusan seseorang untuk berderma dan membayar zakat.Oleh karena itu, peneliti menambahkan variabel prososial untuk memperluas teori TAMsehingga dapat diketahui pengaruh prososial dalam minat berinfaq dan sedekah melaluikode QRIS sebagai metode pembayaran. Metode yang digunakan adalah metodekuantitatif deskriptif menggunakan continuous rating scale sebagai metode pengukurankuesioner. Analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square dengan smartPLS.Populasi yang digunakan adalah jamaah Masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesiadengan sampel berjumlah 286 responden dengan teknik pengambilan purposivesampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap prososial tidak berpengaruh,sedangkan secara simultan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kemanfaatan,dan sikap penggunaan berpengaruh terhadap minat berinfaq dan shadaqohmenggunakan QRIS. Persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kemanfaatan, sikappenggunaan dan sikap prososial berkontribusi sebesar 73% dan berpengaruh besar padalevel structural mempengaruhi minat berinfaq dan shadaqoh menggunakan QRIS.Sisanya merupakan besar kontribusi pengaruh yang diberikan oleh variabel lain yangtidak diteliti.Kata kunci: Pro Sosial, Infaq, Sedekah, Minat, Kode QRIS
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI GURABUNGA, TIDORE, MALUKU UTARA
Faisal Saleh;
M. Dede Adnan Fahmi;
Junanah
At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam Vol. 4 No. 2 (2022): Ahwal Syakhsiyah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam
Publisher : Universitas Islam Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.20885/tullab.vol4.iss2.art5
Pendidikan karakter sebagai bahan ajar untuk mempersiapkan generasi dimasa yang akan datang. Pendekatan yang digunakan juga sangatlah beragam salah satunya adalah dengan nilai-nilai kearifan lokal yang sangat beragam di Indonesia. Permasalahan yang ditimbulkan saat ini adalah kurangnya apresiasi dan minat untuk mengetahui dan mengamalkan nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari melainkan lebih senang dan bangga menggunakan budaya barat yang banyak menyimpang dan berbeda dengan struktur masyarakat. Penelitian ini akan mendeskripsikan Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter Di SD Negeri Gurabunga, Tidore, Maluku Utara. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis analisis deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapaun kesimpulan dari penelitian ini adalah Pada penelitian ini penulis dapat menyimpulan bahwa pada pengimplemetasian nilai-nilai kearifan lokal dalam membentuk pendidikan karakter yaitu melalui mata pelajaran muatan lokal yang mengajarkan borero-borerogosimo, bahasa, tarian dan adat se atorang. Khsusunya di SD Negeri Gurabunga sangat ditekankan pada borero gosimo dan adat se atorang. Dan juga pada implementasi nilainilai kearifan lokal pada pendidikan karakter yang dilakukan yaitu pada mata pelajaran terkait seperti mata pelajaran muatan lokal dan pendidikan kewarganegaraan.
PERAN MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN SYARI’AH DALAM MEMOTIVASI MAHASISWA UNTUK BERWIRAUSAHA
Muhammad Bayu Anggara;
Erina Nikmatus Sa’adah;
Mir’atun Nur Arifah
At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam Vol. 4 No. 2 (2022): Ahwal Syakhsiyah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam
Publisher : Universitas Islam Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.20885/tullab.vol4.iss2.art6
Motivasi mahasiswa Prodi PAI dalam berwirausaha yang timbul setelah mendapatkan mata kuliah Kewirausahaan Syari’ah, menarik untuk dianalisis lebih lanjut. Hal ini agar dapat diketahui bagaimana peran mata kuliah Kewirausahaan Syari’ah dalam memotivasi mahasiswa Prodi PAI untuk berwirausaha, serta bagaimana materi ataukonten dalam mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan soft skill maupun hard skill agar mereka siap dalam berwirausaha. Adapun penelitian ini nantinya dapat menjadi bahan rujukan bagi Prodi PAI dalam mengembangkan kurikulum mata kuliah Kewirausahaan Syari’ah yang lebih realistis bagi mahasiswa. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan melihat beberapa kriteria yang menjadi pertimbangan dalam memilih informan. Kriteria yang menjadi informan yaitu mahasiswa Prodi PAI yang telah mengambil mata kuliah Kewirausahaan Syari’ah, danyang sudah berwirausaha maupun yang belum berwirausaha. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini adalah teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Keabsaan data dalam penelitian ini dilakukan dengan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan langkah yang bertahab, dimulai darireduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi mahasiswa Prodi PAI untuk berwirausaha dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu; 1) motivasi internal meliputi ambisi untuk hidup mandiri, ambisi untuk mendapatkan penghasilan sendiri, dan kesadaran diri yang tinggi akan ketatnya persaingan mencari lowongan kerja; dan 2) motivasi eksternal meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sosial, serta kesiapan instrumen (modal). Sedangkan peran mata kuliah Kewirausahaan Syari’ah adalah sebagai pemantik motivasi mahasiswa untuk berwirausaha dan sebagai sumber pengetahuanberwirausaha.
TINJAUAN AKSI KESETARAAN GENDER (UII CAREER CENTRE) TERHADAP KARIR ALUMNI DENGAN PENDEKATAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS DAN FIQH MUAMALAH
Siti Inayah;
Nabilah Tri Amalia;
Krismono
At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam Vol. 4 No. 2 (2022): Ahwal Syakhsiyah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam
Publisher : Universitas Islam Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.20885/tullab.vol4.iss2.art7
Pembangunan Berkelanjutan atau lebih dikenal dengan istilah SDGS merupakan lanjutan dari program MDGS yang secara resmi disahkan oleh perserikatan bangsabangsa (PBB) dan para pimpinan negara merupakan upaya untuk mewujudkan dunia 2030 yang lebih baik. Dari 17 tujuan yang dirumuskan dalam Sustainable Development Goals salah satunya adalah untuk menciptakan kesetaraan gender di semua aspek kehidupan, termasuk di dunia karir. Begitu pula dalam Islam, konsep kesetaraan gender khususnya di dunia karir bahkan menjadi pembahasan dalam fiqih muamalah. Dalam hal ini UII Career Center sebagai wadah dalam menegmbangkan karir mahasiswa maupun alumni tentu memiliki peran yang penting untuk mengaplikasikan kesetaraan gender dalam kinerjanya. Melalui penelitian kualitatif ini, peneliti akan melakukan indepth interview dengan pengurus UII Career Center dan mengadopsi data-data terkait untuk menelaah aksi kesetaraan gender yang ada di UII Career Center dalam pandangan fiqih muamalah. Sehingga, hasil dari penelitian ini dapat dijadikan acuan oleh UII Career Center dalam mengaplikasikan konsep kesetaraan gender yang sesuai dengan fiqih muamalah, dan sebagai sumber kajian bagi khalayak umum.
INTERNAL MARKETING DI LINGKUNGAN FAKULTAS ILMU AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
Cahya Wulan Ndin;
Luthfi Hawari Setyawan;
Rizqi Anfanni Fahmi
At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam Vol. 4 No. 2 (2022): Ahwal Syakhsiyah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam
Publisher : Universitas Islam Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.20885/tullab.vol4.iss2.art8
Internal Marketing merupakan pemasaran yang diselenggarakan oleh penyedia jasa untuk pelatihan dan motivasi secara efektif bagi karyawan yang berhubungan dengan pelanggan dan seluruh karyawan dalam tanggung jawabnya untuk menyediakan layanan dan pendukung dalam bekerja sebagai suatu tim untuk dapat memuaskan pelanggan (Sukotjo, 2011). Internal marketing penting untuk meningkatkan kepuasan karyawan. Dalam perguruan tinggi, internal marketing juga banyak digunakan untuk mengevaluasi kinerja sebuah universitas, terkhususnya dalam bidang pemasaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan hasil dari internal marketing Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia dalam lingkup dosen dan karyawan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan pengambilan seluruh populasi dosen dan karyawan di Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia sebagai responden. metode tersebut digunakan agar diperoleh penjelasan atas fenomena Perkembangan Dan Validasi Instrumen Multidimensi Terhadap Internal Marketing Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia.
PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN SUPPORTING ENVIRONMENTAL PROTECTION PADA GENERASI Z TERHADAP MINAT INVESTASI GREEN SUKUK UNTUK MEWUJUDKAN INDONESIA RAMAH LINGKUNGAN
Vira Prajna Cantika;
Ulfi Sheila Pinasti;
Martini Dwi Pusparini
At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam Vol. 4 No. 2 (2022): Ahwal Syakhsiyah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam
Publisher : Universitas Islam Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.20885/tullab.vol4.iss2.art9
Berbagai sumber ilmiah mengungkapkan bahwa kondisi lingkungan dan keadilan sosial yang dibaur dalam aktivitas ekonomi telah menyita banyak perhatian yang mengancam masa depan lingkungan serta kesejahteraan manusia dan kian memburuk seiring perkembangan ekonomi. Masalah lingkungan termaktub dalam tujuan PembangunanBerkelanjutan (SDG’s goals) pada poin 13 tentang Climate Action dan pada poin 11 tentang kota dan pemukiman yang berkelanjutan. Supporting Environmental Protection adalah perilaku mendukung lingkungan dengan membeli dan mengonsumsi produk yang ramah lingkungan. Dalam berpartisipasi pada proyek hijau ramah lingkungan maka, diusunglah produk pendanaan obligasi Syariah yang berwawasan lingkungan (Green Bond) dan investasi ESG (Environment, Social and Government). Sayangnya generasi Z memiliki minat yang rendah terhadap green sukuk padahal data statistik menunjukkan gen Z menempati jumlah penduduk sebesar 27,94% pada sensus penduduk 2020. Selain itu, literasi keuangan sedang marak diperbincangkan yang juga berhubungan denganmotivasi seorang individu untuk berinvestasi di banyak aset. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Sumber data primer didapatkan dari kuesioner berupa pernyataan deskriptif. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan melalui publikasi dan literatur lain yang mendukung penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, apabila literasi keuangan dan supporting environmental protection semakin meningkat, maka minat investasi green sukuk juga akan semakin meningkat. Kedua, variabel literasi keuangan dan supporting environmental protection secara bersama-sama mempengaruhi minat investasi green sukuk. Ketiga, terdapat hubungan yang cukup kuat antara variabel independen dengan variabel dependen. Keempat, variabel independen berkontribusi mempengaruhi variabel dependen sebesar 14,3% sedangkan sisanya 85,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian.
TANTANGAN DAN SOLUSI PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 DI YOGYAKARTA
Muhammad Hilmi;
Fadila Nurul Mustaqimah;
M Nurul Ikhsan Saleh
At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam Vol. 4 No. 2 (2022): Ahwal Syakhsiyah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam
Publisher : Universitas Islam Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.20885/tullab.vol4.iss2.art10
Hadirnya program kampus mengajar menuntut mahasiswa agar mampu berkontribusi dalam kegiatan bermasyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan. Program Kampus Mengajar bertujuan agar mahasiswa dapat menjadi agen perubahan dalam dunia pendidikan baik bidang administrasi, pengajaran, maupun adaptasi teknologi. Dalam implementasi Kampus Mengajar ini tentu mengalami berbagai tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tantangan dan solusi dalam pelaksanaan program Kampus Mengajar angkatan 2 khususnya di wilayah Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah jenis studi kasus dalam penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam. Ada 10 partisipan yang terdiri dari mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 2 dari berbagai sekolah mitra di Yogyakarta. Data hasil wawancara ditranskrip dalam bentuk naratif dan dianalisis menggunakan thematik analysis. Penelitian ini menemukan beberapa tantangan; kompetensi mengajar mahasiswa kurang relevan dengan yang dibutuhkan sekolah, beberapa mahasiswa tidak diberikan kesempatan mengajar, sarana dan prasarana kurang mendukung, guru gagap teknologi, dan miskomunikasi mahasiswa Kampus Mengajar dengan guru di lapangan. Solusinya adalah; perlu ada inovasi dalam pembelajaran, memperbanyak kegiatan ekstrakurikuler dalam mengisi kekosongan dalam mengajar, digitalisasi bahan bacaan di perpustakaan, adaptasi teknologi, dan koordinasi dengan guru dibuat lebih matang sebelum penerjunan di sekolah. Penelitian ini menjadi masukan berharga bagi pemegang kebijakan dan pelaku Kampus Mengajar dalam perbaikan ke depannya.