Jurnal Pijar : Studi Manajemen dan Bisnis
Jurnal Pijar : Studi Manajemen dan Bisnis merupakan jurnal yang membahas ilmu di bidang Manajemen dan Bisnis, jurnal ini sebagai wadah untuk menuangkan hasil penelitian baik secara konseptual maupun teknis yang berkaitan dengan keilmuan manajemen dan bisnis. Pijar Jurnal terbit 4 kali dalam setahun yaitu pada bulan Desember, Maret, Juni dan September. terbitan pertama adalah bulan Desember 2022. Naskah yang masuk akan diterima oleh editor untuk kemudian kan dilakukan pemeriksaan kemiripan naskah dengan aplikasi Plagiarism Checker. Proses review dilakukan dengan menggunakan peer review. Jurnal Pijar menerima naskah dengan topik Manajemen umum, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen operasi, pemasaran, manajemen strategis, kewirausahaan, perilaku organisasi, manajemen strategis, perspektif akuntansi praktis, administrasi publik, dan dan topik lainnya yang relevan dengan manajemen dan bisnis.
Articles
14 Documents
Search results for
, issue
"Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Pijar : Studi Manajemen dan Bisnis"
:
14 Documents
clear
PENGARUH TREND FASHION MUSLIM DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KOSUMTIF MAHASISWI UNIVERSITAS MERDEKA PASURUAN
Adinda Rizqy Kusuma Dewi;
Pudyaningsih, Ratna;
Mufidah, Eva
Jurnal Pijar Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Pijar : Studi Manajemen dan Bisnis
Publisher : PT Naureen Digital Education
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.65096/pmb.v2i1.915
The objectives of this research are: 1) To determine the influence of Muslim Fashion Trends and Social Media simultaneously on female students' consumer behavior. 2) To determine the partial influence of Muslim Fashion Trends on the Consumer Behavior of Female Students. 3) To determine the influence of Social Media on Female Students' Consumptive Behavior. This research uses Quantitative Research methods. The population in this study were all female students at Merdeka Pasuruan University who wore the hijab. The number of samples in this study was 53 respondents. The data collection technique uses the observation method through distributing questionnaires and processing using SPSS. The analysis technique used uses descriptive statistical analysis. The research results show that: 1) Muslim Fashion Trends and Social Media simultaneously have a significant influence on female students' consumer behavior by 47% and the remaining 53% is influenced by other variables. 2) Muslim Fashion Trends partially have a significant influence on Female Students' Consumptive Behavior. 3) Social Media partially has a significant effect on the consumer behavior of female students.
IDENTIFIKASI SEGMEN, TARGET DAN PENENTUAN POSISI PASAR
Widyarini, Margaretha Ari;
Basuki, Vivilia Kusuma Jayantie
Jurnal Pijar Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Pijar : Studi Manajemen dan Bisnis
Publisher : PT Naureen Digital Education
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.65096/pmb.v2i1.957
Keputusan tentang penentuan pasar sasaran merupakan keputusan slrategi bisnis yang paling menentukan. Strategi penetapan pasar sasaran adalah tentang bagaimana bersaing dalam setiap pasar yang diminati dimulai dengan analisis strategi penetapan pasar sasaran dan bagaimana pasar sasaran dipilih. Banyak perusahaan yang memanfaatkan pasar sasaran. Pemasaran sasaran diharuskan melakukan langkah utama yaitu mengindentifikasi dan memilah – milah kelompok pembeli ( segmentasi pasar) dan analisis target konsumen.
ANALISIS PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARNA KANTOR PADA LKPP JAKARTA
Rahmadani, Nurullia Suci;
Wolor, Christian Wiradendi;
Marsofiyati, Marsofiyati
Jurnal Pijar Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Pijar : Studi Manajemen dan Bisnis
Publisher : PT Naureen Digital Education
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.65096/pmb.v2i1.958
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengelolaan sarana dan prasaraa kantor pada LKPP Jakarta yang meliputi siklus pengelolaan, penjadawalan dan upaya dalam mencegah kerusakan sarana prasarana. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek Penelitian ini yaitu Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Umum dan Karyawan Pengelola BMN pada kantor LKPP Jakarta. Pengumpulan data data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, data display, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan sarsana dan prasarana dilakukan perencanaan untuk jangka waktu dua tahun kedepan, pengadaan terjadi dari adanya proses perencanaan, Ditribusi sarana dan prasarana terjadi dengan penyerahan berita acara, Pemeliharaan sarana dan prasarana bersifat incidental dan rutin. Inventarisasi sebagai bentuk data arsip sarana dan prasana. Penghapusan Sarana dan Prasarana dilakukan untuk kondisi barang yang sudah tidak layak pakai. Pengelolaan dilakukan untuk memberikan dampak yang optimal terhadap pekerjaan karyawan.
ANALISIS PENGARUH KERJASAMA TIM DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN UMKM DI KOTA BAUBAU
Maulidya, Siti;
Susita, Dewi;
Handaru, Agung Wahyu
Jurnal Pijar Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Pijar : Studi Manajemen dan Bisnis
Publisher : PT Naureen Digital Education
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.65096/pmb.v2i1.959
Analisis pengaruh Kerjasama tim dan lingkungan kerja terhadap loyalitas karyawan UMKM di Kota Baubau. Metode analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Kerjasama tim dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap loyalitas karyawan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 178 Karyawan UMKM di Kota Baubau. Teknik sampel adalah sensus sampling dan data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) Kerjasama tim secara langsung berpengaruh positif terhadap loyalitas karyawan UMKM di Kota Baubau, (2) lingkungan kerja secara langsung berpengaruh positif terhadap loyalitas karyawan UMKM di Kota Baubau. (3) kerjasama tim dan lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap loyalitas karyawan UMKM di Kota Baubau sebesar 23,1% dan sisanya 76,1% dipengaruhi oleh variabel lain.
ANALISIS PROSES PELATIHAN KARYAWAN PADA HANDCRAFT MACRAME (PT SIMPUL TALI INDONESIA)
Selfiana, Vinda;
Wolor, Christian Wiradendi;
Marsofiyati, Marsofiyati
Jurnal Pijar Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Pijar : Studi Manajemen dan Bisnis
Publisher : PT Naureen Digital Education
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.65096/pmb.v2i1.960
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pelatihan handcraft macrame pada PT SIMPUL TALI Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu dengan menggambarkan dan menganalisis permasalahan yang ditemukan. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan data sekunder diperoleh melalui buku-buku, penelitian sebelumnya, dan artikel yang relevan dengan penelitian ini. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pemilik dan karyawan yang terlibat secara langsung dalam proses pelatihan handcraft macrame. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Simpul Tali Indonesia mengadakan pelatihan handcraft macrame secara langsung untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan, tetapi waktu pelatihan yang cukup terbatas dan jadwal pelatihan yang tidak menentu menyebakan pelatihan tidak dilakukan secara efektif. Disarankan PT SIMPUL TALI Indonesia untuk menambah jam dan bisa membuat jadwal pelatihan agar bisa memaksimalkan pelatihan kedepannya
PENGARUH PEMASARAN VIRAL, SELEBRITI ENDORSER, KUALITAS PRODUK, DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI AJAIB DI MASA PANDEMI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA JENJANG SARJANA FE UNJ)
Abimanyu, Kartiko;
Suherman, Suherman;
Siregar, M. Edo Suryawan
Jurnal Pijar Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Pijar : Studi Manajemen dan Bisnis
Publisher : PT Naureen Digital Education
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.65096/pmb.v2i1.962
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pemasaran viral, selebriti Endorser, kualitas produk, dan kesadaran merek terhadap keputusan penggunaan aplikasi Ajaib investasi di masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan asosiatif. Teknik analisis data menggunakan metode regresi linear berganda. Regresi linear adalah teknik statistika untuk membuat model dan menyelidiki pengaruh antara satu atau beberapa variabel bebas terhadap satu variabel respon. Teknik pengambilan sampel dengan model purposive sampling dengan jumlah 339 responden. Hail penelitian menunjukan bahwa Viral marketing memengaruhi keputusan pembelian secara positif dan signifikan; Celebrity endorser tidak memengaruhi keputusan pembelian secara positif dan signifikan; Kualitas produk memengaruhi keputusan pembelian secara positif dan signifikan; Brand awareness mempengaruhi keputusan pembelian secara positif dan signifikan
PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS DAN GAYA HIDUP TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA KONSUMEN MINISO DI SURABAYA
Hasanah, Siti Nur;
Silviana, Resva June
Jurnal Pijar Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Pijar : Studi Manajemen dan Bisnis
Publisher : PT Naureen Digital Education
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.65096/pmb.v2i1.975
Perkembangan teknologi di Indonesia semakin melaju tinggi, begitu pula dengan persaingan di dunia industri ritel. Salah satu perusahaan ritel yang saat ini digemari oleh kalangan muda hingga dewasa yakni, Miniso. Hingga saat ini miniso, selalu jadi daftar toko yang dikunjungi kaum muda bila pergi berbelanja di Mall. Penulis menggunakan dua variabel bebas dan satu variabel terikat serta menggunakan metode kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner dengan menggunakan 100 responden yang berkarakterisitik pernah berkunjung dan pernah membeli produk dari Miniso store di Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara motivasi belanja hedonis dan gaya hidup terhadap pembelian impulsif pada konsumen miniso di Surabaya.
PERADABAN EKONOMI MASA KEBANGKITAN DUNIA ISLAM
Fariz, Luthfi Ahmad;
Khosyi’ah, Syiah
Jurnal Pijar Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Pijar : Studi Manajemen dan Bisnis
Publisher : PT Naureen Digital Education
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.65096/pmb.v2i1.1028
Sebagai mana diketahui kemunduran tiga kerajaan besar Islam terjadi pada abad ke 18 M,dimana Eropa barat mengalami kemajuan secara pesat,dan dimana kelemahan kerajaan-kerajaan Islam memudahkan bangsa Eropa untuk menjajah negara-negara Islam, memasuki pertengahan abad ke 20 M, dunia Islam bangkit memerdekakan negerinya dari penjajah barat, dan pada periode ini mulai bermunculan pemikiran pembaharuan dalam Islam. Era kebangkitan bermula pada tahun 1930 an dengan berkembangnya pemikiran mengenai asas falsafah ekonomi Islam dan prinsip-prinsipnya. Ini menjadi landasan kepada bentuk-bentuk pengkajian yang lain. Kajian sebagian lebih menumpu kepada penguraian bagian-bagian tertentu dalam ekonomi Islam seperti riba, harga, hak milik swasta dan umum, kebebasan ekonomi, hisbah dan lain-lain. Kajian menyeluruh adalah bertujuan untuk menyingkap prinsip dan strategi ekonomi Islam secara menyeluruh. Gema Kebangkitan Islam yang berlaku di era 1970an untuk mengembalikan umat Islam kepada cara hidup Islam yang benar telah mencetuskan dorongan baru kepada intelektual Islam untuk mengkaji bidang politik, ekonomi dan sosial selaras dengan ajaran Islam. Kebangkitan pemikiran ekonomi Islam telah menyebabkan berlangsungnya seminar-seminar mengenai ekonomi Islam. Kebangkitan Ekonomi Islam didasari dengan adanya perubahan sistem ekonomi Islam dengan munculnya lembaga lembaga keuangan syariah dan juga bank-bank syariah termasuk adanya organisasi-organisasi Islam yang ingin memajukan Ekonomi Islam.
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PT.ANEKA TAMBANG PERSERO TBK (ANTM)
Nurafiah, Amelia;
Jamaludin, Ludi;
Murhayani, Murhayani;
Sitanggang, Ropina;
Suherman, Ujang
Jurnal Pijar Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Pijar : Studi Manajemen dan Bisnis
Publisher : PT Naureen Digital Education
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.65096/pmb.v2i1.1035
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan PT Aneka Tambang Tbk pada tahun 2019-2021 dengan menggunakan perhitungan rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio profitabilitas. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu mengolah data-data finansial perusahaan yang telah ada dalam bentuk laporan keuangan dan data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari situs resmi Bursa Efek Indonesia yaitu www.idx.co.id dan PT Antam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahun 2019 dan 2021 PT Antam dapat dikatakan sehat, namun pada tahun 2020 kinerja keuangan PT Antam kurang baik. Adapun demikian, laba yang diperoleh PT Antam dari tahun 2019-2021 pun selalu mengalami peningkatan.
PENGARUH SERVICE QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP CONSUMER TRUST DAN REPURCHASE INTENTION PADA SOCIAL COMMERCE TIKTOK DI DKI JAKARTA: STUDI KASUS PADA PELANGGAN TIKTOK SHOP
Haryati, Dinda;
Suhud, Usep;
Sadat, Andi Muhammad
Jurnal Pijar Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Pijar : Studi Manajemen dan Bisnis
Publisher : PT Naureen Digital Education
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.65096/pmb.v2i1.1041
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh service quality dan brand image terhadap consumer trust dan repurchase intention pada social commerce TikTok di DKI Jakarta: Studi kasus pada pelanggan TikTok Shop. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengguna TikTok Shop yang berdomisili di DKI Jakarta yang pernah melakukan transaksi di aplikasi TikTok Shop. Sedangkan, sampel penelitian ini adalah masyarakat yang pernah bertransaksi di TikTok Shop. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampel, dengan kriteria pengguna TikTok Shop yang minimal enam kali dalam kurun waktu dua bulan berbelanja menggunakan TikTok Shop. Responden penelitian ini berjumlah 280 responden. Responden dalam penelitian ini didominasi oleh responden berjenis kelamin perempuan, sedangkan usia responden didominasi oleh usia 24-30 tahun. Pengujian hipotesis dalam penelitian menggunakan Program Software SPSS versi 24 dan AMOS versi 24. Hasil penelitian menunjukan bahwa service quality mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap repurchase intention, service quality mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap customer trust, brand image mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap customer trust, brand image tidak berpengaruh secara positif signifikan terhadap repurchase intention, customer trust mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap repurchase intention.