cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnalsosains@gmail.com
Phone
+6285703065636
Journal Mail Official
jurnalsosains@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pangeran Cakrabuana, Sendang, Kec. Sumber, Cirebon, Jawa Barat 45611, Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Sosial dan Sains
ISSN : 27747018     EISSN : 2774700x     DOI : 10.36418
Core Subject : Science, Social,
Jurnal sosial dan sains (SOSAINS) is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to social and science fields. The journal is published monthly by Green Publisher Indonesia. Jurnal sosial dan sains (SOSAINS) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of the journal which can be examined empirically. This journal publishes research articles covering social included : Management, Economics, Culture, Law, Geography, and Education and sciences included : Astronomy, Biology, Ecology, Physics, Geology, Geography, Geography, Chemical. Published articles are from critical and comprehensive research, studies or scientific studies on important and current issues or reviews of scientific books. This journal publishes research articles covering social and science. Journal has become a member of Crossref (Prefix: 10.36418) with Online ISSN 2774-700x and Print ISSN 2774-7018
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 11 (2024): Jurnal Sosial dan Sains" : 20 Documents clear
Identifikasi Senyawa Metabolit Sekunder pada Ekstrak Etanol Daun Binahong Aliyyah Nafiisah; Risa Purnamasari; Siti Mudalianah
Jurnal sosial dan sains Vol. 4 No. 11 (2024): Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59188/jurnalsosains.v4i11.27922

Abstract

Latar Belakang: Tanaman Binahong (Anredera Cordifolia) dalam famili Basellaceae merupalan tanaman yang memiliki bahan fitokarma. Tanaman daun binahong memiliki banyak manfaat seperti mengobati kerusakan ginjal, pemulihan luka, melancarkan tekanan darah dan lain sebagainya. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi senyawa metabolit sekunder pada Ekstrak Etanol 70 % daun binahong yang telah disimpan selama 12 bulan. Metode: Penelitian bersifat deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan menggunakan beberapa reagen, disesuaikan dengan golongan fitokimia (alkaloid, fenolik, flavonoid, saponin, tanin, steroid & triterpenoid). Ekstrak Daun Binahong dilakukan proses penyarian dengan metode maserasi. Ekstrak Daun binahong selanjutnya dilakukan uji fitokimia untuk mengetahui kandungan senyawa metabolit sekunder. Hasil: Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada daun binahong yang telah disimpan selama 12 bulan masih terkandungan senyawa metabolit sekunder yaitu flavonoid, tannin, alkaloid dan saponin. Hal ini dapat menjelaskan ekstrak etanol dapat mempertahankan senyawa metabolit sekunder yang terkandung dalam ekstrak sampai 12 bulan penyimpanan Kesimpulan: Metode maserasi dengan pelarut etanol 70% terbukti efektif dalam mempertahankan senyawa metabolit sekunder selama penyimpanan jangka panjang. Hasil ini dapat menjadi dasar untuk pengembangan metode penyimpanan optimal pada ekstrak tanaman obat, mendukung praktik pengobatan tradisional dan formulasi farmasi berbasis bahan alami.
Pemanfaatan Media Kartu Kosakata untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas IX A MTS Miftahul Ulum Anggana Nuni Norlianti; Akhmad Riadi; Ely Sapitri; Siti Rabiatul Aliyah
Jurnal sosial dan sains Vol. 4 No. 11 (2024): Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59188/jurnalsosains.v4i11.27923

Abstract

Latar Belakang: Pembelajaran bahasa Arab memiliki peran penting di madrasah sebagai upaya pengembangan keterampilan berbahasa siswa. Namun, keterampilan berbicara bahasa Arab sering menjadi tantangan karena keterbatasan metode dan media pembelajaran Tujuan: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan utama untuk mengukur efektivitas penggunaan media kartu kosakata sebagai alat bantu dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab bagi siswa kelas IX A di MTs Miftahul Ulum Anggana Metode: Dalam penelitian ini, diterapkan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibatkan dua siklus berturut-turut. Masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, serta refleksi untuk mengevaluasi hasil dan merencanakan langkah selanjutnya. Hasil: Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kosakata secara signifikan mendukung peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam bahasa Arab. Kesimpulan: Hal ini ditunjukkan melalui hasil evaluasi pada setiap akhir siklus, yang memperlihatkan peningkatan kemampuan berbicara siswa secara bertahap dan konsisten. Media kartu kosakata terbukti efektif sebagai alat bantu visual yang meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab secara bertahap. Penelitian ini merekomendasikan kombinasi kartu kosakata dengan metode pembelajaran lain untuk hasil yang lebih komprehensif.
Tantangan Integrasi Rekam Medis Elektronik dengan Sistem Manajemen Rumah Sakit: Dampak pada Keamanan Data dan Efisiensi Biaya Operasional-A Systematic Review Siti Darmiani; Borneo Yuda Pratama; Jihan Maulani; Badrul Islamy; Teuku Arie Hidayat; Vip Paramarta
Jurnal sosial dan sains Vol. 4 No. 11 (2024): Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59188/jurnalsosains.v4i11.27924

Abstract

Latar Belakang: Integrasi Rekam Medis Elektronik (EMR) dengan Sistem Manajemen Rumah Sakit (HMS) menawarkan peluang signifikan untuk meningkatkan perawatan pasien dan efisiensi operasional di fasilitas kesehatan. Namun, kompleksitas yang terkait dengan integrasi ini menimbulkan tantangan signifikan yang harus diatasi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan utama dalam integrasi EMR dengan HMS, dengan fokus pada keamanan data dan efisiensi biaya operasional. Metode: Metode yang digunakan adalah tinjauan sistematis berdasarkan kerangka kerja PRISMA terhadap literatur yang diterbitkan antara 2017 dan 2023 dari database Garuda, OneSearch, dan Google Scholar. Setelah penyaringan yang ketat, tujuh artikel relevan dianalisis. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan integrasi EMR bergantung pada investasi dalam keamanan siber yang kuat, pelatihan staf yang memadai, dan penerapan protokol manajemen data standar. Selain itu, integrasi yang direncanakan dengan baik dapat mengurangi beban administratif dan meningkatkan efisiensi biaya jangka panjang. Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi integrasi yang efektif dapat memaksimalkan manfaat EMR, meningkatkan keamanan data, dan memberikan efisiensi biaya operasional yang signifikan. Implikasi penelitian ini dapat menjadi panduan bagi pembuat kebijakan dan pengelola rumah sakit dalam mengembangkan kebijakan dan investasi teknologi yang mendukung keberhasilan integrasi EMR.
Syaikh Muhammad Husein bin Abdul Gani Al Falimbani (1319-1399 H) dan Kontribusinya dalam Pendidikan Perempuan Dinar Zul Akbar
Jurnal sosial dan sains Vol. 4 No. 11 (2024): Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59188/jurnalsosains.v4i11.27925

Abstract

Latar Belakang: Penelitiaan ini membahas tentang Syaikh Muhammad Husein bin Abdul Gani dan perannya dalam dunia pendidikan islam terutama pendidikan perempuan. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap peran Syaikh Muhammad Husein Falimbani dalam mendirikan Madrasah Al Fatah Al Ahliyah di Mekkah, serta menganalisis relevansi prinsip keadilan Islam yang diterapkannya dalam memberikan akses pendidikan setara bagi perempuan. Metode: Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Hasil: Hasil dari penelitian ini menunjukkan, sebagai seorang cendikiawan, Syaikh Muhammad Husein Falimbani adalah sosok ulama yang mumpuni. Ia menjadi pengajar di beberapa sekolah milik pemerintah dan juga pengajar di Masjidil Haram. Kontribusi Syaikh Muhammad Husein Falimbani yang paling terlihat adalah Madrasah Al Fatah Al Ahliyah sebuah sekolah khusus perempuan. Dengan dedikasinya dan komitmennya yang tinggi ia mendirikan sekolah tersebut. Hal tersebut didorong oleh asas keadilan dalam islam bahwa setiap orang baik laki-laki atau perempuan mendapatkan hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran Syaikh Muhammad Husein Falimbani menjadi inspirasi penting dalam upaya mendorong pendidikan perempuan di dunia Islam. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan model nyata bagaimana pendidikan perempuan dapat diimplementasikan melalui dedikasi ulama dan dukungan komunitas, yang relevan untuk pengembangan pendidikan di berbagai wilayah lainnya.
Accompanying School Children Through The Literacy Tourism Program at Indonesian Literacy Homes Rachma Oriza Sativany; Purwowibowo; Arif
Jurnal sosial dan sains Vol. 4 No. 11 (2024): Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59188/jurnalsosains.v4i11.27927

Abstract

Background: During the COVID-19 period, children were forced to study at home with limited learning facilities. They cannot develop their potential talents due to the lack of interaction between teachers and students, which results in school children not being able to optimally meet their learning needs. Purpose: This study aims to describe the assistance of school children through the literacy tourism program at the Indonesian Literacy House. The research approach uses descriptive qualitative, data collection techniques such as frank or disguised observations, semi-structured interviews, and documentation studies. Methods: Data analysis through data collection, reduction, presentation, and conclusions. Results: The results of this study show that there are four stages in assisting school children at the Indonesian Literacy House, namely registration, preparation, implementation, and evaluation. Conclusion: The Indonesian Literacy House as a non-profit institution engaged in education intervenes through a literacy tourism program, namely tourism-based assistance for school children by utilizing local wisdom resources to solve the problem of basic educational needs of school children.
Makna dan Fungsi Tradisi Tedun di Desa Sambong Kecamatan Sumber, Rembang: Kajian Semiotika Charles Sanders Pierce Mashitoh Anisatullatif; Alfiah Alfiah; Sunarya Sunarya
Jurnal sosial dan sains Vol. 4 No. 11 (2024): Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59188/jurnalsosains.v4i11.31490

Abstract

Latar Belakang: Tedun merupakan sebuah ritual adat yang berakar pada kepercayaan masyarakat terdahulu Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dan fungsi rangkaian prosesi Tedun di Desa Sambong, Kecamatan Sumber, Rembang Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Pierce. Teori Pierce digunakan untuk mengupas makna dan fungsi dari prosesi Tradisi Tedun. Penelitian ini menggunakan metode deskptif kualitatif yang mendeskripsikan data dan analisisnya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, dokumentasi, wawancara, dan teknik catat Hasil: Berdasarkan hasil penelitian dan observasi langsung terhadap pihak penyelenggara, diperoleh bahwa prosesi Tedun sekilas mirip dengan prosesi Tedhak Siten. Namun, Tradisi Tedun hanya terdiri dari tiga tahap yang berupa doa bersama, naik turun tangga dan menyebar undhik-undhik. Masing-masing dari prosesi tersebut memiliki makna syukur yang disertai harapan dari orang tua kepada sang anak. Kesimpulan: Kemudian dari analisis teori semiotika Pierce didapatkan tanda, objek, dan interpretan pada prosesi Tedun ini. Penelitian ini memberikan pemahaman teoritis tentang makna dan fungsi Tradisi Tedun sebagai media untuk mengekspresikan budaya leluhur dan membentuk identitas sosial di masyarakat.
Implementasi Nilai-Nilai Ajaran Buddha dan Tradisi Upacara Adat Ulambana dalam Kontribusi Pengembangan Agama Buddha Sonika Sonika
Jurnal sosial dan sains Vol. 4 No. 11 (2024): Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59188/jurnalsosains.v4i11.31833

Abstract

Latar Belakang: Budaya atau tradisi upacara keagamaan banyak dipengaruhi oleh budaya tempatan, salah satu kegiatan upacara adat Ulambana dipengaruhi oleh adat masyarakat Buddha Tionghoa sebagai bentuk persembahan (puja) kepada leluhur berbakti dan pelimpahan jasa (Pattidana). Tujuan: Untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai ajaran Buddha dalam kegiatan upacara adat Ulambana dan mengetahui dampak kontribusi pada pengembangan agama Buddha Pekanbaru. Metode: Menggunakan purposeful sampling, sampling homogen, pada kegiatan yang sama. Analisis pertanyaan wawancara terstruktur kategori primer informan dari tiga aliran Buddha(Mahayana, Theravada, dan Tantrayana). Tidak terstruktur dengan confirming sampling untuk menguji kasus dan memverifikasi akurasi temuan di lapangan termasuk pengamatan, dan dokumentasi. Hasil: Menunjukkan bahwa implementasi pada nilai-nilai ajaran Buddha pada Upacara Adat Ulambana terlaksana dengan baik, terindikasi secara persentase tingkat pengamalan nilai yang sedang atau berimbang, dari butir indikator 12 nilai yang dijawab informan ternyata nilai pelimpahan jasa(pattidana) terkonfirmasi dilaksanakan semua aliran agama Buddha, sedangkan butir indikator lain hanya sebagai pendukun karena pelaksanaannya secara bersamaan belum optimal, sedangkan tradisi berkeluarga mengikuti upacara adat Ulambana teridentifikasi berkembangnya nilai budaya masyarakat Tionghoa yang seperti nilai kepercayaan, ketaatan, kejujuran, kepatuhan, kebaikan, dan loyalitas. Ini memberi dampak kontribusi positif pada perkembangan agama Buddha secara umum, karena umat telah mengimplementasikan nilai-nilai upacara tersebut secara total dan parsial dalam kehidupan nyata, di samping kerukunan harmonis internal tercapai. Kesimpulan: Implementasi nilai ajaran Buddha Dharma terlaksana dengan baik walaupun belum optimal pada kegiatan upacara adat Ulambana, di samping meningkatnya kerja sama harmonis intern antar umat, partisipasi masyarakat tempatan, berkolaborasi, dan sinergisitas, juga meningkatkan solidaritas sosial dan peduli umat kepada masyarakat lingkungan sekitarnya.
Eksplorasi Emosi dan Nilai Kolektivitas pada Cerita Fantasi “Kura-Kura dan Monyet” Serta “Kancil dan Kura-Kura” pada Buku Ajar Bahasa Indonesia Penerbit Erlangga Lia Metha Sevita Ika Sulistiyarini; Nazla Maharani Umaya
Jurnal sosial dan sains Vol. 4 No. 11 (2024): Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59188/jurnalsosains.v4i11.31834

Abstract

Latar Belakang: Penelitian ini mengenai Kura-Kura dan Monyet serta Kancil dan Kura-Kura, sebagai sarana untuk memahami bagaimana cerita fantasi dapat menjadi media pembelajaran emosional dan sosial yang efektif bagi anak-anak. Tujuan: Berangkat dari pendekatan mimetis, analisis ini melihat cerita fantasi sebagai cerminan kehidupan anak-anak, khususnya dalam pengembangan karakter dan dinamika sosial yang sering dialami dalam interaksi sehari-hari. Metode: Kura-Kura dan Monyet berpusat pada konflik antara kerja keras dan keegoisan, yang menyampaikan pesan tentang pentingnya ketekunan dan kesabaran. Sementara itu, Kancil dan Kura-Kura menonjolkan nilai kolektivitas dan kerja sama dalam menghadapi tantangan, serta strategi cerdik untuk menyelesaikan konflik kelompok. Hasil: Dari perspektif kehidupan anak-anak, cerita ini membuka wawasan tentang berbagai emosi yang dialami tokoh-tokohnya, mulai dari kesabaran, ketidakpuasan, hingga kesadaran diri. Hal ini mencerminkan dinamika emosi dan sosial yang penting bagi anak-anak dalam membangun empati, solidaritas, dan kemampuan berpikir kritis. Selain itu, cerita ini menggambarkan bagaimana sifat egois dan manipulatif berpengaruh negatif pada keharmonisan kelompok, mengajarkan anak-anak bahwa tindakan yang berbasis pada kebaikan dan kerjasama akan lebih dihargai dan berdampak positif. Kesimpulan: Fabel berfungsi sebagai media hiburan sekaligus pembelajaran nilai moral yang mendukung perkembangan emosi dan sosial anak-anak. Cerita fantasi membantu memperkaya imajinasi anak sekaligus memperkuat karakter positif. Pendekatan ini relevan untuk mengajarkan nilai-nilai penting dalam pendidikan karakter di era modern. Fabel mencerminkan kehidupan emosional anak yang sering kali terabaikan oleh pembaca dewasa. Sastra ini berpotensi menjadi alat pendidikan karakter yang efektif dan menarik bagi anak-anak.
The Effect Of Three-Step Interviews The Students’ Reading Motivation in Teaching Reading Widya Sri Wahyuni
Jurnal sosial dan sains Vol. 4 No. 11 (2024): Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59188/jurnalsosains.v4i11.31836

Abstract

Background: This research is motivated by the low reading motivation of students in reading classes during English lessons. This is due to the lack of analysis by some teachers regarding students' needs, which is also caused by the repetitive use of the same learning activities in reading classes, thereby reducing students' interest in learning activities and their desire to read and understand texts. In this study, the researcher focuses on students' intrinsic motivation and uses a learning activity called the Three-Step Interview. Purpose: This study aims to observe the impact of using the Three-Step Interview activity in English teaching, specifically in improving students' reading motivation in reading classes. Methode: This study employs quantitative and qualitative research methods with an experimental approach. The research population consists of 11th-grade science students at SMA Negeri 4 Padang. The sample includes class XI IPA 2 as the experimental group, with 32 students. The Three-Step Interview treatment was given twice, and a comparison treatment was applied twice in the experimental class. The material taught is related to monologue text types based on the curriculum. The instruments provided were questionnaires and tests. Result: The analysis showed an average questionnaire score of 73.97 and 74.43, with an average pre-test score of 79.2 and a post-test score of 81.55. Hypothesis testing was conducted using the t-test, and it was found that the t-table < t-calculated, with values of 1.67 < 1.73 and 1.67 < 1.72. Conclusion: Thus, the hypothesis in this study was accepted, leading the researcher to conclude that the Three-Step Interview significantly improves students' reading motivation in reading classes during English lessons.
Towards Poverty Reduction and Sustainability in West African Countries: Role of Entrepreneurial Empowerment Olubiyi Timilehin Olasoji; Kolade Akinpelu Ayobami; Bamidele Comfort Olaitan
Jurnal sosial dan sains Vol. 4 No. 11 (2024): Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59188/jurnalsosains.v4i11.31839

Abstract

Poverty reduction in Africa is one of the main issues African governments and their financial partners face. Over the years, billions of U.S. funds have been invested to aid African countries in fighting pervasive Poverty. Despite efforts to implement changes and promote growth initiatives, it is obvious that expected outcomes have not been met yet. This study examined the Impact of Entrepreneurial Empowerment on Poverty Reduction and Sustainability in West African Countries with empirical evidence from the Tony Elumelu Foundation. The study's purpose is to assess how the TEF Entrepreneurship Program contributes to poverty reduction in West African countries and adopts an ex-post research design from the TEF financial report expenses on entrepreneurship programs in West African countries. The study finds that TEF entrepreneurship programs contribute to poverty reduction in West African countries by just 28% which is quite impressive. These findings also highlight the significant growing expenses. In developing West African nations, the value of generous organizations that help facilitate the success of those businesses contributes to progress toward the global SDGs through the trend. The study therefore recommends that the analyses should provide strong evidence and validation that these TEF Program pillars are critical for entrepreneurial success and should therefore be retained and continue to be mandatory pillars of the poverty reduction Program.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 5 No. 10 (2025): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 5 No. 9 (2025): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 5 No. 8 (2025): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 5 No. 7 (2025): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 5 No. 6 (2025): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 5 No. 5 (2025): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 5 No. 4 (2025): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 5 No. 3 (2025): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 5 No. 1 (2025): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 4 No. 12 (2024): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 4 No. 11 (2024): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 4 No. 10 (2024): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 4 No. 9 (2024): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 4 No. 8 (2024): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 4 No. 7 (2024): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 4 No. 6 (2024): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 4 No. 5 (2024): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 4 No. 4 (2024): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 4 No. 3 (2024): Junral Sosial dan Sains Vol. 4 No. 2 (2024): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 3 No. 12 (2023): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 3 No. 11 (2023): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 3 No. 10 (2023): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 3 No. 9 (2023): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 3 No. 8 (2023): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 3 No. 7 (2023): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 3 No. 6 (2023): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 3 No. 5 (2023): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 3 No. 4 (2023): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 3 No. 3 (2023): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 12 (2022): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 11 (2022): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 10 (2022): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 9 (2022): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 8 (2022): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 7 (2022): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 6 (2022): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 5 (2022): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 4 (2022): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 3 (2022): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 2 (2022): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 1 (2022): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 1 No. 12 (2021): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 1 No. 11 (2021): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 1 No. 10 (2021): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 1 No. 9 (2021): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 1 No. 8 (2021): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 1 No. 7 (2021): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 1 No. 6 (2021): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 1 No. 5 (2021): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 1 No. 4 (2021): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 1 No. 3 (2021): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Sosial dan Sains More Issue