cover
Contact Name
Ali Rahman
Contact Email
ali@uinsgd.ac.id
Phone
+6285721730810
Journal Mail Official
conferences.uinbandung@gmail.com
Editorial Address
Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jl. AH Nasution No.105 Cibiru, Bandung 40614
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Gunung Djati Conference Series
ISSN : 27746585     EISSN : -     DOI : -
Gunung Djati Conference Series merupakan penyedia layanan publikasi dan konferensi berbagai bidang keilmuan yang diterbitkan oleh UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian. Penerbit ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya yang berupa artikel hasil penelitian ataupun penelitian terapan. Informasi mengenai pedoman penulisan artikel dan prosedur pengiriman artikel terdapat pada setiap penerbitan. Semua artikel yang masuk akan melalui ‘peer-review process’ setelah memenuhi persyaratan sesuai pedoman penulisan artikel, kemudian penerbit menyerahkan semua template ke pelaksana konferensi keilmuan. Penerbitan artikel ini dilakukan sesuai kegiatan yang dilaksanakan oleh penyelenggara konferensi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 32 (2023): The 5th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education" : 13 Documents clear
Pengaruh Self Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Kalkulus Vektor Mahasiswa Pendidikan Matematika Annisa Nadya Silmi; Hamdan Sugilar; Asep Suratman
Gunung Djati Conference Series Vol. 32 (2023): The 5th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap prestasi belajar kalkulus vektor mahasiswa pendidikan matematika salah satu perguruan tinggi di Kota Bandung. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kuantitatif yaitu dengan cara mengumpulkan data nilai kalkulus vektor serta mengumpulkan data dengan cara mengisi angket mengenai self efficacy. Kemudian data diolah menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini adalah terdapat dampak signifikan yang positif antara self efficacy dengan prestasi belajar kalkulus vektor. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan, jadi semakin baik self efficacy maka semakin baik prestasi kalkulus vektor
Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi Solehudin Solehudin; Dadan Dasari
Gunung Djati Conference Series Vol. 32 (2023): The 5th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peran Multimedia dalam Perspektif Kecerdasan Emosional Siswa Irma Nurhalimah; Ida Nuraida; Cucu Komala; Hamdan Sugilar
Gunung Djati Conference Series Vol. 32 (2023): The 5th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk mempunyai sistem pendidikan yang berkualitas bagi negara-negara berkembang, media sebagai alat pembelajaran di sekolah menjadi kendala utama yang dihadapi. Upaya-upaya yang dilakukan untuk mendapatkan sistem pendidikan yang berkualitas bagi sebagian besar warga di negara berkembang telah menempuh berbagai strategi termasuk pemanfaatan teknologi multimedia. Namun, pemanfaatan multimedia pada pembelajaran di sekolah juga dapat mempengaruhi pada emosional siswa.iPada penelitian ini penulis akan memberikan ulasan dengan menggali bagaimana multimedia terbukti menjadi strategi atau alat pembelajaran matematika yang sesungguhnya untuk menjembatani menuju pendidikan yang berkualitas dan peningkatan emosional positif siswa pada saat belajar matematika. Metodeipada penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif untuk memperoleh pemahaman yang lebih dalam dan mendetail tentang fenomena yang akan diteliti dengan kajian kepustakaan (library search). Proses kajian kepustakaan dilakukan dengan cara melakukan kajian atau sumber informasi tertulis yang berkaitan dengan topik penelitian dari berbagai studi yang telah melakukan penelitian bagaimana multimedia telah digunakan sebagai alat pembelajaran matematika.uDari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa sebagian besar solusi media pembelajaran yang digunakan sebagai alat pembelajaran menargetkan pada kenyamanan siswa selama pembelajaran. Ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran matematika digunakan sebagai alat yang bisa berdampak positif pada emosional siswa, seperti meningkatkan kepercayaan diri, mengurangi rasa takut, dan menjadi siswa yang aktif
Permasalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika dalam Mengerjakan Soal PISA Alia Azhar; Ida Nuraida; Hamdan Sugilar; Neng Risya Safitri Haryadi
Gunung Djati Conference Series Vol. 32 (2023): The 5th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan artikel ini untuk dapat mengetahui permasalahan siswa dalam memecahkan masalah dalam mengerjakan soal PISA. Subjek penelitian merupakan siswa MTsN di salah satu sekolah di Kabupaten Sukabumi kelas 8A dalam penyelesaikan soal test PISA. Pengumpulan data tersebut yang dilakukan oleh peneliti dalam penelitian ini dengan berupa test soal sebanyak empat butir. Hasil analisis data yang akan disajikan berupa letak kesalahan siswa dalam mengerjakan soal PISA, jenis kesalahan, dan factor penyebab kesalahan siswa dalam pengerjakan soal PISA. Dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa siswa di salah satu sekolah MTsN di Kabupaten Sukabumi ini masih memiliki kemampuan matematis yang rendah. Terlihat setelah diberikannya soal PISA menenai perbandingan dan perkalian pecahan, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pengerjakan soal dan mengaplikasikan rumusnya
Matematika dan Berpikir Kritis di Era Global Firni Widiastuti; Siti Rahmah
Gunung Djati Conference Series Vol. 32 (2023): The 5th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Globalisasi merupakan tantangan yang harus diatasi, khususnya di bidang pendidikan. Peningkatan standar pembelajaran yang mengutamakan pertumbuhan kemampuan berpikir kritis siswa merupakan salah satu tindakan yang dapat dilakukan. Berpikir kritis menjadi keterampilan yang paling penting dalam menghadapi tantangan abad global. Salah satu instrumen untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengklarifikasi pentingnya berpikir kritis dalam pendidikan matematika di abad global. Metode yang digunakan berupa kajian literatur atau studi pustaka. prosedur pengumpulan informasi dan data dengan menggunakan berbagai sumber perpustakaan, termasuk buku referensi, temuan dari studi terkait sebelumnya, artikel, catatan, dan jurnal yang berfokus pada masalah yang sedang dibahas. Hasil dari penelitian ini memaparkan bahwa berpikir kritis dan pembelajaran matematika merupakan dua komponen yang tidak dapat dipisahkan. Namun kemampuan berpikir kritis matematis di Indonesia masih rendah untuk meningkatkannya diperlukan model pembelajaran yang tepat
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Teorema Phytagoras Ismiyati Ismiyati; T. Tutut Widiastuti; Ayi Mumuh Suhendar
Gunung Djati Conference Series Vol. 32 (2023): The 5th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan pemecahan masalah pada pokok bahasan Teorema Phytagoras dengan pengkategorian tingkat kemampuan pemecahan matematis tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian ini memperlihatkan siswa yang memiliki kemampuan kategori tinggi dapat menyelesaikan soal dan mampu menguasai minimal tiga dari indikator pada pemecahan masalah, dan siswa paham dengan permasalahan yang diberikan dan menuliskan apa yang sudah diketahui dan apa yang ditanyakannya, siswa juga mampu merencanakan penyelesaian masalah serta mampu melaksanakan perancanaan penyelesaian masalah dengan baik, benar dan teliti. Begitupun pada tahapan penafsiran siswa mampu memperoleh solusi dengan tepat. Siswa pada kategori tingkat sedang mampu memahami masalah yang telah diberikan dan hanya mampu menguasai dua indicator pada pemecahan masalah, dan siswa pada kategori rendah tidak mampu mengerjakan soal karena kesulitan dalam memahami masalah, sulit untuk menentukan rencana penyelesaian, dan pada memeriksa kembali jawaban
Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam Mengatasi Kecemasan Matematis Siswa Nida Komalasari; T. Tutut Widiastuti A; Sopyan Ali
Gunung Djati Conference Series Vol. 32 (2023): The 5th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang tepat akan mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan mengatasi masalah pembelajaran lainnya. Namun, untuk mencapai pembelajaran yang efektif dan tujuan pembelajaran secara optimal, sejumlah aspek harus dipertimbangkan saat memilih model pembelajaran. Pembelajaran matematika seringkali dihindari siswa karena menganggap pembelajarannya membosankan, juga sering merasa khawatir ketika ditunjuk untuk mengerjakan soal matematika. Rasa khawatir tersebut dikenal dengan istilah Math Anxiety. Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika untuk mengatasi kecemasan matematis pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keefektivitasan model pembelajaran TGT dapat menurunkan tingkat kecemasan matematis siswa. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review, dengan kriteria sumber yaitu : (1) Terindeks oleh Sinta, (2) Diterbitkan pada rentang waktu 2017 sampai 2023, (3) Secara khusus memuat aspek yang akan diteliti. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran TGT dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan, motivasi belajar, dan prestasi belajar siswa. Dengan demikian, ketika keaktifan siswa meningkat maka rasa khawatir, cemas, dan takut dalam belajar matematika akan menurun seiring meningkatnya rasa percaya diri karena siswa merasa senang, santai, dan nyaman saat proses pembelajaran berlangsung
Penerapan Strategi Multiple Representation Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Rahadian Nur Irfan Saepullah; Agus Hikmat Syaf; Yayu Nurhayati Rahayu
Gunung Djati Conference Series Vol. 32 (2023): The 5th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan design Nonequivalent control grup design. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, soal pre-test post-test, dan angket respon siswa. Lokasi penelitian SMPN 8 Kota Bandung dengan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol yang mana pemilihan sampel ini dengan teknik Simple Random Sampling. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi Multiple Representation. Penelitian ini melakukan studi pendahuluan terlebih dahulu untuk menguatkan latar belakang masalah dengan memberikan soal sebanyak indikator kemampuan pemahaman matematis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa, dan respon siswa terhadap strategi Multiple Representation. Hasil penelitian ini yaitu; (i) Keterlaksanaan proses pembelajaran guru dan siswa berada pada kategori baik sekali; (ii) Kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran strategi Multiple Representation termasuk dalam kategori kurang dan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional termasuk dalam kategori sangat kurang; (iii) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan pembelajaran strategi Multiple Representation lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (iv) Siswa kebanyakan merespon positif terhadap pembelajaran matematika strategi Multiple Representation
Penerapan Pendekatan Pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking (RMT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Putri Nur’asyiah; Juariah Juariah; Yayu Nurhayati Rahayu
Gunung Djati Conference Series Vol. 32 (2023): The 5th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sangatlah penting dalam pembelajaran matematika. Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan tersebut yaitu menggunakan pendekatan pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking (RMT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: keterlaksanaan proses pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan pembelajaran RMT; perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran RMT dan pembelajaran konvensional; dan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan pembelajaran RMT. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X-1 sampai X-12 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan kelas X-10 sebagai kelas pendekatan RMT dan X-8 sebagai kelas konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa; tes kemampuan pemahaman konsep matematis; dan lembar angket skala sikap. Hasil penelitian sebagai berikut : keterlaksanaan aktivitas guru memiliki rata-rata 89% dengan kriteria tinggi dan aktivitas siswa sebesar 90% mencapai kriteria tinggi; terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara kelas RMT yaitu memiliki rata-rata N-Gain 0,78 dengan kategori tinggi, dan kelas konvensional yaitu memiliki rata-rata N-Gain 0,61 dengan kategori sedang; siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan pendekatan pembelajaran RMT
English Material Instruction in National Curriculum Aip Syaepul Uyun
Gunung Djati Conference Series Vol. 32 (2023): The 5th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This paper aims to analyze the scope of material instruction provided by the merdeka curriculum, and its compatibility to student needs. The research used qualitative descriptive method with interview and document analysis to collect the data. The research found that the material scope of English in merdeka curruculum never change significantly at least starting from 2004 curriculum. There are some added and taken away, but the essence of the material still remains the same. English material for junior and sinior high school students can be divided into three major parts. The firts is English expression such as introduction, gratitude, apolozy, ability and disability, like and dislike, agreement, posibility, warning and asking giving expression. The second is short functional text such as writing short message, announcement, advertisement, and greeting card. The last one is essay funtional text such as narrative, descriptive, recount, report and procedural text. Meanwhile, the data also shows that the priority skills needed by schools and students are writing and speaking. Therefore, teachers in this case, with the authority they have, can develop the curriculum according to needs. What the school does is use a skills approach, where all material is taught with an orientation towards speaking and writing skills. so that even if the material provided by the curriculum does not directly suit the needs of students and schools, they can still adapt to their needs.

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 49 (2025): RISMA: Riset Magang Mahasiswa Agroteknologi 2020 Vol. 48 (2025): RISMA: Riset Magang Mahasiswa Agroteknologi 2019 Vol. 55 No. 1 (2025): International Conference on Language Learning and Literature (ICL3) Vol. 54 No. 3 (2025): Mathematics Education on Research Publication (MERP) III Vol. 52 (2025): The 9th Conference Series Learning Class: Religious and Social Humaniora Vol. 50 (2025): The 3rd Students Conference of Social Science, Political Science, and Public Adminis Vol. 56 (2025): Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 51 (2025): SCOPE – Sustainability Conference on People and Environment Vol. 47 (2024): Seminar Nasional Biologi (SEMABIO) ke-9 Tahun 2024 Vol. 45 (2024): The 2nd Annual Islamic Education Management Conference 2024 Vol. 44 (2024): Seminar Nasional (SEMNAS) Kimia Tahun 2024 Vol. 38 (2024): Seminar Nasional Perhimpunan Agronomi Indonesia (PERAGI) 2023 Vol. 46 (2024): The 8th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education Vol. 43 (2024): The 7th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education Vol. 41 (2024): The 6th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education Vol. 39 (2024): The 2nd Students Conference of Social Science, Political Science, and Public Adminis Vol. 42 (2024): Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 40 (2024): Mathematics Education Research Publication II Vol. 37 (2024): Conference on Participation and Development in Community Creative Industries (CPD-CC Vol. 30 (2023): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi ke-4 Tahun 2023 Vol. 36 (2023): Annual Islamic Education Management Conference 2023 Vol. 35 (2023): Seminar Nasional Biologi (SEMABIO) Tahun 2023 Vol. 34 (2023): Prosiding Seminar Nasional Kimia Tahun 2023 Vol. 33 (2023): Seminar Nasional Pertanian 2023 Vol. 18 (2023): Prosiding Seminar Nasional Biologi (SEMABIO) Tahun 2022 Vol. 32 (2023): The 5th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education Vol. 31 (2023): The 4th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education Vol. 28 (2023): The 3rd Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education Vol. 27 (2023): The 1st Students Conference of Social Science, Political Science, and Public Adminis Vol. 26 (2023): The 1st Arabic Language Learning International Conference (ALLICO) Vol. 21 (2023): The 1st Nurjati Conference Vol. 20 (2023): The 2nd Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education Vol. 19 (2023): The 4th Conference on Islamic and Socio-Cultural Studies (CISS) Vol. 29 (2023): Conference on Islamic Civilization (CIC) Vol. 25 (2023): Seminar Isu Kontemporer Vol. 24 (2023): Multidisciplinary Research Vol. 23 (2023): Religious Studies Vol. 22 (2023): Conference Series Learning Class Tauhid and Akhlak Vol. 15 (2022): Prosiding Seminar Nasional Kimia Tahun 2022 Vol. 14 (2022): Mercusuar 2022: Studi Keislaman dan Pemberdayaan Umat Vol. 7 (2022): Seminar Nasional Kimia 2021 Vol. 10 (2022): Islamic Religions Education Conference (IRECON) Series 1 Vol. 9 (2022): The 3rd Conference on Islamic and Socio-Cultural Studies (CISS) Vol. 8 (2022): The 2nd Conference on Ushuluddin Studies Vol. 17 (2022): Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education Vol. 16 (2022): CATAH: Conference Article of Takhrij Al-Hadith Vol. 13 (2022): The Conference on Islamic Early Childhood Education (CIECE) Vol. 12 (2022): Mathematics Education on Research Publication (MERP I) Vol. 11 (2022): Conference Series Learning Class Vol. 6 (2021): Seminar Nasional Biologi (SEMABIO) 6 Tahun 2021 Vol. 3 (2021): Mini Seminar Kelas Data Mining 2020 Vol. 2 (2021): Seminar Nasional Tadris Kimiya 2020 Vol. 4 (2021): The 1st Conference on Ushuluddin Studies Vol. 5 (2021): Proceedings Conference on Chemistry and Hadits Studies Vol. 5 (2021): Proceedings Conference on Chemistry and Hadith Studies Vol. 1 (2021): Conference on Islamic and Socio-Cultural Studies (CISS) More Issue