cover
Contact Name
Faturachman Alputra Sudirman
Contact Email
atur@uho.ac.id
Phone
+6282251053573
Journal Mail Official
pamarenda@uho.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ilmu Pemerintahan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu Oleo . Kampus Baru Jl. H.E.A. Mokodompit, Kota Kendari, 93232
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 27983838     DOI : 10.52423
Core Subject : Humanities, Social,
PAMARENDA: Public Administration and Government Journal is a peer-reviewed journal published by the Department of Government Science, Faculty of Social and Political Science, Universitas Halu Oleo. Published three times a year in March, July, and November. PAMARENDA: Public Administration and Government Journal publish various concepts of thinking or ideas and the research in the following topics 1) State and Governance, 2) Policy and public services, 3) Government innovation, 4) Local Government and Public Policy, 5) Political and Government, and 6) State and Development.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2023):" : 9 Documents clear
Pelayanan Publik di Kabupaten Kolaka Timur: Tinjauan Kualitatif pada Disdukcapil Kabupaten Kolaka Timur Wicaksana, Dimas Wira; Sartono, Sartono; BB, Suryani
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal Vol 3, No 2 (2023):
Publisher : Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu O

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/pamarenda.v3i2.45373

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kolaka Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kolaka Timur Berdasarkan (1) dimensi tangible, fasilitas pendukung pelayanan di Disdukcapil Kolaka Timur belum memadai dan memuaskan masyarakat, (2) dari dimensi reliability atau kehandalan, Disdukcapil Kolaka Timur telah melakukan pelayanan yang baik, (3) berdasarkan dimensi responsivenes, diketahui bahwa pegawai Disdukcapil Kolaka Timur melayani masyarakat dengan baik, namun terkadang terjadi miskomunikasi antara pegawai yang membuat masyarakat bingung, (4) dari dimensi assurance, Kantor Disdukcapil Kolaka Timur telah memberikan jaminan kemudahan layanan dan jaminan keamanan kepada masyarakat yang mengajukan permohonan layanan di Disdukcapil, (5) dilihat dari aspek empathy, Kantor Disdukcapil Kabupaten Kolaka Timur telah memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat Kabupaten Kolaka Timur. Kata kunci : Kualitas, Pelayanan, Publik
Dinamika Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Lalolara: Peran Pemerintah Kelurahan dan Implikasinya Saidin, Saidin; Faradila, Desi; Nasir, Muh
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal Vol 3, No 2 (2023):
Publisher : Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu O

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/pamarenda.v3i2.46032

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Peran Pemerintah Kelurahan dalam Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Lalolara Kota Kendari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dianalisis secara kualitatif pula, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan informan berjumlah 5 orang yang ditentukan secara purposive, kemudian didukung oleh observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran Pemerintah Kelurahan Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Kelurahan Lalolara Kota Kendari dinilai sudah cukup baik. (2) lingkup kegiatan pemberdayaan masyarakat yaitu, Bina manusia sudah cukup baik, bina usaha juga sudah cukup baik dalam pelaksanaannya, bina lingkungan yang membaawa dampak positif dimana lingkungan menjadi bersih serta bina kelembagaan yang tidak efektif dalam pelaksanaannya. Kata kunci : Peran, Pemerintah Kelurahan, Pemberdayaan Masyarakat
Fasilitasi, Regulasi, Katalisasi: Dinamika Pemberdayaan UMKM di Kolaka Timur Bahar, Riskha Amalia; Kambolong, Makmur; Sahrun, Sahrun
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal Vol 3, No 2 (2023):
Publisher : Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu O

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/pamarenda.v3i2.45469

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM dalam memberdayakan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kabupaten Kolaka Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dianalisis secara kualitatif pula, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan informan berjumlah 7 orang kemudian didukung oleh dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a) Peran pemerintah dalam pemberdayaan pelaku UMKM di kabupaten Kolaka Timur bahwa peran pemerintah sebagai Fasilitator oleh Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Kolaka Timur telah berlansung dengan cukup baik namun tidak bisa dipungkiri jika masih dibutuhkan perbaikan serta usaha lebih dalam peningkatannya, 2) Peran pemerintah sebagai Regulator dalam hal ini pembuatan dan penerapan kebijakan atau aturan yang terkait dengan kegiatan UMKM oleh pemerintah dianggap sudah ada dan telah dijalankan, 3) Peran pemerintah sebagai Katalisator oleh Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Kolaka Timur telah berjalan dengan cukup baik dengan melihat berbagai upaya pemerintah dalam melakukan peningkatan UMKM yang ada baik itu dalam segi SDM ataupun dalam segi kualitas UMKM itu sendiri. Kata kunci : Fasilitasi, Regulasi, Katalisasi, UMKM
Analisis Kualitatif Implementasi Kebijakan Penataan Birokrasi di Era Abdul Aziz di Kabupaten Kolaka Timur Husen, Nurhalisa; Husain, M. Najib; Rajab, Marlina
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal Vol 3, No 2 (2023):
Publisher : Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu O

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/pamarenda.v3i2.46033

Abstract

Penelitian kualitatif ini mengkaji implementasi kebijakan penataan birokrasi di Kabupaten Kolaka Timur selama era kepemimpinan Abdul Aziz. Melalui wawancara mendalam dengan tujuh informan yang dipilih secara purposive, ditambah dengan observasi dan dokumentasi, penelitian ini mengungkap tiga aspek utama: pertama, proses pembuatan kebijakan yang dominan oleh peran aktif pemerintah dalam reformasi birokrasi; kedua, kesesuaian pelaksanaan reformasi birokrasi dengan tujuan kebijakan, terutama di kalangan pejabat pemerintahan; dan ketiga, perlunya fokus pada disiplin, pengembangan, dan motivasi kerja para pejabat sebagai sasaran kebijakan reformasi birokrasi. Hasil ini menyoroti efektivitas dan tantangan dalam proses reformasi birokrasi di Kabupaten Kolaka Timur, serta kontribusi penting pemerintah dalam mendorong perubahan tersebut. Kata kunci : Implementasi, Kebijakan, Penataan Birokrasi, Kolaka Timur
Penyelenggaraan Program Keluarga Harapan: Analisis Transparansi di Kelurahan Tampo, Kabupaten Muna Aprilianti, Aprilianti; Liwaul, Liwaul; Ramayana, Waode Srijuna
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal Vol 3, No 2 (2023):
Publisher : Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu O

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/pamarenda.v3i2.45464

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya ketidak transparanan terhadap penyelenggaraan PKH kepada masyarakat umum di Kelurahan Tampo baik itu dari komunikasi publiknya maupun informasi-informasi mengenai PKH. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Transparansi Penyelenggaraan Program Keluarga Harapan pada Kelurahan Tampo. Jenis Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Fokus dalam penelitian ini terletak pada Transparansi Penyelenggaraan Program Keluarga Harapan yang dilakukan pada Kelurahan Tampo. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Metode yang digunakan dalam menganalisis data penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa transparansi penyelenggaran program keluarga harapan di Kelurahan Tampo dari segi komunikasi publik oleh pemerintah, hak masyarakat terhadap akses informasi, kemudahan akses informasi dan penyusunan mekanisme pengaduan jika ada peraturan yang dilanggar itu belum di lakukan secara transparan. Diharapkan kepada pemerintah/pengelola PKH di Kelurahan Tampo lebih meningkatkan atau dapat menerapkan dengan baik transparansi dan mekanisme yang baik dalam penyelenggaraan PKH, juga memberikan komunikasi serta akses informasi kepada masyarakat umum. Kata kunci : Transparansi, Penyelenggaraan, PKH
Kualitas Pelayanan Kesehatan RSUD Dr. H. L. M. Baharuddin, M.Kes: Analisis Deskriptif dari Perspektif Teori Pelayanan Pratama, Rekha Adji; Nurfalah, Syalfat; Justawan, Justawan
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal Vol 3, No 2 (2023):
Publisher : Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu O

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/pamarenda.v3i2.46034

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelayanan publik diartikan sebagai pemberian layanan (melayani) keperluan masyarakat yang mempunyai kepentingan pada organisasi itu sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan. Tidak hanya untk melayani diri sendiri, tetapi untuk melayani masyarakat dan menciptakan kondisi yang memungkinkan masyarakat mengembangkan kemampuan demi mencapai tujuan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan bidang kesehatan di RSUD Dr.H.L.M.Baharuddin,M.Kes dilihat dari aspek teori kualitas pelayanan yaitu Ketampakan fisik,daya tanggap,kehandalan,jaminan dan empati. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum kualitas pelayanan dirumah sakit baharuddin pelaksanaannya cukup baik dari semua indikator yang mencakupi ketampakan fisik (tangibles),daya tanggap (responsiveness,) kehandalan (reliability), jaminan (assurance), empati (empathy). Namun, masih diperlukan peningkatan kualitas pelayanannya seperti fasilitas fisik yang harus dilengkapi dengan meningkatkan sarana dan prasarana seperti ruang tunggu yang harus dilengkapi, kebersihan WC, Petugas harus lebih cepat respon dalam melayani pasien, kinerja petugas termasuk dokter dan perawat lebih di tingkatkan , serta meningkatkan keramahan petugas. Kata kunci : Kualitas, Pelayanan Kesehatan, RSUD Kabupaten Muna
Penerapan Prinsip Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa Bunga Harapan Dese Lere Kecamatan Basala Kabupaten Konawe Annisa, Nurjihad; Aminuddin, Aminuddin; Asriani, Asriani
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal Vol 3, No 2 (2023):
Publisher : Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu O

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/pamarenda.v3i2.45855

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Undang-undang Nomor 6 tentang Desa, yakni dalam upaya meningkatkan pendapatan masyarakat melalui mobilitas potensi desa yang dibentuk langsung dengan inisiatif masyarakat yang selanjutnya disebut Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam menganalisis data penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prinsip tata kelola BUMDes Bunga Harapan Desa Lere Kecamatan Basala Kabupaten Konawe Selatan dinilai sudah membaik dari segi prinsip Kooperatif, partisipatif, transparansi, akuntabel, dan sustainable. Dilihat dari keikutsertaan, diadakannya musyawarah terlebih dahulu, dan usaha BUMDes yang akan terus berkelanjutan. Kata kunci : Penerapan, Tata Kelola, BUMDes
Produktivitas Kerja Pegawai di Puskesmas Liya: Kuantitas, Kualitas, dan Ketepatan Waktu Rahim, Vian Febrianty; Amir, Muh; Rahman, Rahman
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal Vol 3, No 2 (2023):
Publisher : Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu O

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/pamarenda.v3i2.46045

Abstract

Penelitian ini mengkaji produktivitas kerja pegawai di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Liya, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi. Menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman. Temuan penelitian menunjukkan bahwa produktivitas kerja pegawai di Puskesmas Liya dapat diukur berdasarkan tiga indikator: kuantitas kerja, kualitas kerja, dan ketepatan waktu. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai kondisi kerja spesifik dan sumber daya lokal yang mempengaruhi kinerja di Puskesmas, serta menawarkan arahan untuk peningkatan manajemen dan kebijakan di fasilitas kesehatan serupa. Kata kunci : Produktivitas Kerja, Pegawai, Puskesmas
Optimasi Kinerja Pegawai melalui Pendidikan dan Pelatihan: Analisis pada BKPSDM Kabupaten Kolaka Ariestanto, Jian Adha; Alam, Syamsul; Sudirman, Faturachman Alputra
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal Vol 3, No 2 (2023):
Publisher : Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu O

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/pamarenda.v3i2.45856

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Pendidikan dan Pelatihan terhadap kinerja pegawai negeri sipil di kantor badan kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia kabupaten kolaka di tetapkan informan Kepala badan BKPSDM kabupaten Kolaka, Sekretaris Badan, Kepala Bidang yang terkait. Penentuan sumber data pada orang yang di pilih untuk di jadikan informan yakni dilakukan secara purposive, yaitu di pilih dengan pertimbangan tertentu. Dalam Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitan ini Menunjukkan bahwa Peran Pendidikan dan Pelatihan terhadap kinerja pegawai negeri sipil di kantor badan kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia kabupaten kolaka sudah baik dalam melakukan kinerja. Namun masih ada hal yang perlu di tingkatkan lagi yaitu masalah penempatan pegawai yang sesuai dengan pendidikan dan pelatihannya. Kata kunci : Pendidikan, Pelatihan, Kinerja Pegawai

Page 1 of 1 | Total Record : 9