cover
Contact Name
Iis Yeni Sugiarti
Contact Email
caruban.unswagati@gmail.com
Phone
+6282117556837
Journal Mail Official
caruban.unswagati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perjuangan No.1, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132 Telepon: 082117556837
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
ISSN : 26151391     EISSN : 26203219     DOI : https://doi.org/10.33603/caruban.v5i1.5683
Core Subject : Education, Social,
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan Budaya, IPA, Matematika, PKn, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Kesenian dan PJKR) Model Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Media dan Multimedia Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Kurikulum Dalam Pengajaran Untuk Pendidikan Dasar Penilaian (Assesment) dan Evaluasi Dalam Pengajaran Untuk Pendidikan Dasar Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Lesson Study Dalam Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Jurnal ini terbit satu tahun dua kali yaitu bulan Januari dan Juli. Jurnal ini terbit satu tahun dua kali yaitu bulan Januari dan Juli. p-ISSN 2615-1391 dan e-ISSN 2620-3219
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 4 (2023)" : 5 Documents clear
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA SD ISLAM Muftiyah, Al; Suci Handayani; Dwi Sari Ida Aflaha; Aswin Saputra
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6 No 4 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/gq6ypd77

Abstract

Penggunaan model pembelajaran discovery learning di Sekolah Dasar Islam yang di gunakan guru sangat membantu siswa dalam meningkatkan kualitas belajar siswa. Guru dituntut untuk mampu mengaplikasikan sebuah model pembelajaran agar proses pembelajaran berjalan dengan mudah. Dengan demikian artikel ini peneliti buat dengan tujuan memberikan referensi berkaitan dengan model pembelajaran yang dalam penggunaannya sudah terbukti meningkatkan kualitas belajar siswa di Sekolah Dasar Islam. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode meta analisis untuk merangkum hasil dari berbagai penelitian dengan mengkaji literatur yang digunakan peneliti yaitu lima data penggunaan model pembelajaran Discovery Learning yang dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi Kemenristek Dikti. Hasil penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kualitas belajar siswa Sekolah Dasar Islam sangat baik untuk digunakan terutama untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran discovery learning ini di masukkan ke dalam rencana pembelajaran yang dibuat guru sehingga memiliki dampak pada peningkatan kualitas belajar siswa.
LEARNING OBSTACLES DALAM PEMBELAJARAN DARING BAGI SISWA SD Tarmidzi; Nailah Tresnawati; Riski Hana
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6 No 4 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/8wznaj04

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar siswa dalam mengerjakan soal dengan kemampuan C1 s.d. C5 sesuai dengan indikator learning obstacles. Jenis kesulitan yang difokuskan adalah didactical obstacle, ontogenic obstacle dan epistemological obstacle.  Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian 5 orang  siswa kelas IV sekolah dasar pada materi IPA dengan tema energi alternatif.  Hasil dari penelitian ini adalah terdapat beberapa subjek yang mengalami kesulitan-kesulitan dalam belajar. Semua indikator learning obstacle ternyata muncul yakni, ontogenic obstacle, didactical obstacle, epistemological obstacle. Kesulitan-kesulitan belajar yang banyak dialami oleh siswa yakni, didactical obstacle, dan epistemological obstacle.
PERAN SEKOLAH DALAM PEMBINAAN PRESTASI EKSTRAKURIKULER DI SDN SADAGORI 1 Khodari, Rahmad
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6 No 4 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/tqewpw72

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sekolah dam pembinaan prestasi ekstrakurikuler olahraga yang berada di SD Negeri Sadagori 1 Kota Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode Triangulasi dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pembinaan yang dilakukan oleh sekolah sudah baik hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang berprestasi dari berbagai cabang olahraga di berbagai macam kejuaraan, perekrutan peserta berjalan dengan sistematis dan diketahui oleh wali siswa, pelatih sudah berlisensi sesuai dengan bidangnya, sarana dan prasarananya sudah memadai, serta memiliki manajemen yang tersruktur dan terorganisasi dengan baik.
ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIANKEMAMPUAN BERPIKIR KRITISGEOMETRISBAGI SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS MAZE CHASE Jubaeda, Jubaeda; Eko Handoyo; Wasino; Wahyu Lestari; Deni Setiawan
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6 No 4 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/wdn9pa88

Abstract

Kemampuan berpikir geometris pada pembelajaran matematika harus memahami berpikir tingkat awal agar dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya. Tahap kemampuan berpikir peserta didik dijadikan bahan pertimbangan dalam menentukan strategi pembelajaran geometri. Pada umumnya penilaian dilakukan menggunakan tes berbasis paper and pen yang mempunyai kekurangan dari aspek kepraktisan serta kurang menumbuhkan literasi digital peserta didik di abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk meenganalisis kebutuhan pengembangan instrument penilaian berbasis maze chase untuk mengukur kemampuan berpikir geometris peserta didik pada jenjang sekolah dasar ditinjau dari teori Van Hiele. Penelitian ini termasuk studi literatur dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Artikel yang dibahas pada penelitian ini yaitu artikel yang menjelaskan mengenai keterampilan berpikir ditinjau dari teori Van Hiele. Subjek dalam penelitian yaitu peserta didik sekolah dasar yang terbit dari tahun 2020 sampai 2023. Data penelitian dianalisis melalui model interaktif Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa instrumen penilaian kemampuan berpikir geometris peserta didik sekolah dasar berbasis maze chase ditinjau dari teori Van Hiele dibutuhkan guna mengukur kemampuan berpikir geometris peserta didik secara terstrukur. Selanjutnya melakukan penguatan dengan melaksanakan kegiatan pembelajaran berdasarkan kemmapuan yang dimiliki peserta didik. Tingkat berpikir pada peserta didik sekolah dasar diukur dari tahap visualisasi sampai abstraksi berdasarkan pada materi yang ada pada kurikulum sekolah dasar.
IMPLEMENTASI VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SKI PADA PESERTA DIDIK DI MI Dewi Yuliani; Laela Mauludiyana; Muawanah; Zulfatur Romaniyah; Dian Rif’iyati
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6 No 4 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/03zpkv32

Abstract

Peran teknologi pada dunia pendidikan menjadi sangat penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Seorang guru tidak hanya menyampaikan materi saja akan tetapi, guru juga di tuntut untuk dapat menguasai beberapa hal yang dapat menunjang keberhasilan belajar mengajar. Selain itu, guru dapat memanfaatkan media video animasi. Video animasi merupakan objek diam yang diproyeksikan menjadi bergerak yang seolah-olah hidup sesuai dengan karakter yang dibuat dari beberapa kumpulan gambar yang berubah beraturan dan bergantian sesuai dengan rancangan, sehingga video yang ditampilkan lebih variatif dengan gambar-gambar menarik dan berwarna yang mampu meningkatkan daya tarik belajar peserta didik. Berdasarkan latar belakang di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi media video animasi untuk meningkatkan pemahaman sejarah kebudayaan islam pada peserta didik di madrasah ibtidaiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan model kepustakaan atau library research. Teknik pegumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan studi kepustakaan dengan mengumpulkan bahan-bahan yang berkaitan dengan penelitian. Sumber informasi tersebut dapat berasal dari jurnal - jurnal ilmiah dan buku-buku. Hasil dari penelitian ini dijelaskan bahwa implementasi media video animasi dapat meningkatkan pemahaman sejarah kebudayaan islam pada peserta didik di madrasah ibtidaiyah. Seorang Guru sejarah islam harus bisa memanfaatkan teknologi dan membuat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dengan sebaik mungkin agar tujuan pembelajaran bisa tercapai. Dengan media video animasi dapat memudahkan peserta didik dalam proses pembelajaran, membangkitkan minat belajar peserta didik dan meningkatkan pemahaman nya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5